Sunday, 31 December 2017

10 Cara Ampuh Mengatasi Kebosanan Saat Perjalanan Liburan Dengan Kereta Api

traveloka
sumber:industri.bisnis.com

Assalamu'alaikum...

Kereta api bisa menjadi salah satu pilihan transportasi baik jarak jauh maupun jarah dekat untuk liburan kali ini, karena berlibur dengan menggunakan kereta api cukup nyaman dan tentu saja bersahabat dengan kantong. Tiket kereta api termasuk cukup murah dan mudah didapat. Apalagi jika kamu memesan tiket kereta api di situs Traveloka, ada banyak harga promosi yang bisa kamu dapatkan. Ketika berlibur ke Yogyakarta dari Jakarta, saya mendapatkan harga tiket setengah harga, loh. Selain itu pemesanan tiket kereta api melalui situs resminya Traveloka juga mudah dan cepat. Jadi kamu bisa mencoba sensasi baru berlibur dengan kereta api tanpa ribet.

Wednesday, 20 December 2017

V-sika #25: Kenapa Freezer Kulkas Diletakkan Di Bagian Atas?

Assalamu’alaikum…

Di waktu kecil dulu, teman yang di rumahnya punya air es biasanya sering dibaik-baikin. Biar seabis main, kita bisa mampir ke rumahnya dan dapat ikutan minum air es tersebut. Sekarang, mah, nggak perlu lagi ngebaik-baikin orang hanya demi air es, karena hampir di tiap rumah sudah memiliki kulkas. Kalo ngebaik-baikin buat nikung, sih, masih. Selain untuk membuat air es, kulkas juga digunakan untuk menjaga kesegaran sayuran, buah-buahan, makanan, atau membuat es batu.

Friday, 15 December 2017

Howhaw #200: Yang Datar Dan Rata Itu Malah Jadi Impian Banyak Orang, Loh, Sis!

Assalamu’alaikum…

Dalam keseharian, tiap manusia memiliki hal yang bisa ditonjolkan. Entah itu sifatnya, sikapnya, maupun bagian tubuhnya. Hal yang bisa ditonjolkan tersebut biasanya menjadi daya tarik bagi orang lain. Misalnya saja kepintaran. Orang yang menonjol dalam bidang ilmu pengetahuan biasanya membuat orang lain jadi tertarik. Kadang gurunya, temen kelasnya, atau mungkin produk susu. Pake iklan yang modelnya anak pinter, kan, lebih meyakinkan~

Sunday, 10 December 2017

Howhaw #199: Di Atas Langit, Masih Ada Langit Malah Jadi Pepatah Untuk Menyombong

Assalamu’alaikum…

Ada pepatah bijak yang mengatakan bahwa di atas langit masih ada langit. Kalimat tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan seseorang untuk terus bersikap rendah hati dan tidak sombong. Karena sehebat apa pun kita atau pencapaian kita saat ini, masih ada hal lain yang lebih hebat lagi. Jika kalimat pepatah tersebut diformulakan, bisa dianggap sebagai berikut:

Monday, 4 December 2017

Howhaw #198: [Fiksingkat] Menepati Janji

janji

“Dari mana, Nang?” tanyaku saat bertemu Nanang di jalan pulang.

“Dari rumah Abang, ketemu Ibu ama Kak Erna. Menepati janji. Mari, Bang,” ucapnya sambil senyum dan sedikit mengangguk dengan sopan, lalu terus berjalan.

Thursday, 30 November 2017

Howaw #197: Stasiun Yang Membuat Teringat Dengan Kenangan

Assalamu’alaikum…

Di beberapa kisah romansa atau update-an sosial media, untuk menunjukkan keromantisan atau membangkitkan kenangan mereka selalu saja menyebut kopi, senja dan hujan. Selalu saja ketiga hal tersebut yang ditunjuk. Sampai-sampai saya bosan dan jengah tiap kali melihat atau mendengar tulisan atau bendanya secara langsung. Saking jengahnya, tiap ke kafe atau warung kopi, saya mesennya es susu atau nutrisari mangga.

Monday, 20 November 2017

Howhaw #196: Hubungan Pacaran Selalu Diawali Kecurangan

Assalamu’alaikum…

Sudah sejak lama mantan menjadi bahasan yang selalu diperbincangkan sebagai objek bersalah. Mantan itu awalnya berstatus sebagai pacar. Namun, karena ada tindakan dia yang dianggap menyimpang, curang dan salah, akhirnya hubungannya dikandaskan. Menurut saya, seorang pacar yang berbuat curang atau kesalahan itu merupakan perbuatan wajar. Kenapa? Karena sedari awal jadian, emang dimulai dengan kecurangan.

nembak

Begini, ingat nggak apa yang kita lakukan saat akan masuk perguruan tinggi? Mengikuti tes. Kita harus belajar lebih keras dan harus banyak menjawab benar soal-soal yang diberikan. Sehingga kita bisa diterima atau lolos masuk di perguruan tinggi yang kita targetkan.

Lalu, pernahkah kalian mendengar saat orang mau menjadi polisi? Mereka harus melalui tes terlebih dulu. Ada tes fisik, tes kesehatan dan tes tertulis. Porsi tes tertulisnya biasanya lebih sedikit, sih. Jadi jangan heran kalo polisi banyak yang hebat dalam adu otot dan lemah dalam berlogika.

Serta juga saat kita mau membuat surat izin mengemudi. Kita juga diharuskan mengikuti tes. Ada tes drive (mengemudi) dan tes pengetahuan peraturan berlalu lintas.

Hubungannya apa dengan pacar atau mantan yang melakukan kecurangan?
Kalo tidak yakin akan lolos saat mau masuk perguruan tinggi, atau saat akan masuk polisi, atau saat akan membuat SIM, apa yang kebanyakan orang lakukan? NEMBAK. Iya, kan? Kalo kita nembak, maka sudah bisa dipastikan perjalanan masuk kita menjadi lancar dan SIM mudah didapatkan. Namun, tentu saja itu perbuatan curang.

nembak

Nah, saat akan jadian, apa proses yang kalian lakukan? Nembak. Mengatakan “aku cinta kamu”, ditanggapi “aku juga cinta kamu”, baru deh jadian. Hei… itu sebuah kecurangan. Sejak awal hubungan kalian sudah dibangun dengan proses curang. Jadi jangan heran atau kesal kalo ujung-ujungnya akan ada kecurangan-kecurangan lainnya.

Mestinya gimana?
Kembali pada saat akan masuk perguruan tinggi. Dikatakan nembak atau curang kalo kita membayar dulu (di luar biaya tes, aka nyogok), ikut tes sebagai formalitas, lalu diterima. Sedangkan kalo yang nggak curang, biasanya ikut tes, diterima, lalu kalo mau ngasih bayaran ama siapa juga, ya, silakan. Karena bayarannya itu akan dianggap sumbangan, malah dianggap dermawan.

Begitu pun dalam percintaan. Harusnya setelah berbagai pertimbangan, jangan nembak dulu. Namun, ajak jadian. Maksudnya, jangan katakan “aku mencintaimu” terlebih dulu, tapi ajak  “pacaran, yuk”. Kalo udah diterima, baru deh katakan ungkapan perasaanya. Kalimat cintanya itu nggak bakal jadi kecurangan, malah diperlukan untuk terus memperkuat hubungan.

Nembak = Bilang i love you

Registrasi = Ngajak jadian 
         *   orang banyak yang ketuker 
         **  dan banyak yang nembak saat registrasi
         ***hanya berlaku sebelum jadian

Ini belom jadian udah ngaku cinta-cinta aja. Belum juga diterima perguruan tinggi, udah bayar-bayar aja. Curang dan merugikan.

Orang bilang, mengungkapkan perasaan sebelum jadian itu penting, sebagai pengakuan
Padahal pengakuan itu tidak diperlukan. Yang lebih penting itu bukti dan kesaksian. Karena pengakuan kebanyakan bertentangan dengan apa yang diungkapkan. Misalnya, orang yang mengaku teman, tahu-tahunya malah musuh yang bertopeng aja. Di belakang selalu menggunjingkan kita dengan keburukan.

Nah, dari itulah, Malin Kundang bukanlah anak durhaka. Dia nggak mengaku sebagai anak ibunya bukan karena dia tinggi hati. Ibunya saja yang nggak peka dan kurang mengerti.

Kalian tentu pernah mendengar ungkapan ini:

“Orang baik nggak akan mengaku baik”, atau

“Nggak ada maling yang ngaku maling”.

Atau mungkin kalian pernah melihat Instagram seseorang yang membuat caption “Ih, gemuknya aku” padahal di foto itu badannya kurus banget. Juga banyak yang mengaku cinta tapi aslinya mendua. Itu artinya apa? Dalam pengakuan, orang justru mengatakan hal sebaliknya. Makanya diperlukan adanya bukti dan kesaksian. Yaitu orang lain di luar pihak utama, yang bersaksi mengatakan yang sebenarnya.

nembak

Maling nggak akan ngaku maling. Tapi dengan adanya bukti dan saksi, maka bisa disimpulkan apa benar dia maling atau bukan.

Begitu pun Malin. Nggak akan mengaku Malin. Karena kalo mengaku, nanti orang malah nggak percaya. Makanya dia bilang bukan. Eh, malah dikutuk. Sungguh ibu dan warga yang kurang peka. Malang sekali nasibmu, Malin.

Bagitu pun denganku. Aku tidak pernah mengaku mencintaimu, tapi terbukti dari tindakanku dan keterangan temanku kalo aku melakukan hal sebaliknya. Bukan hanya karena aku mengerti hukum tentang “pengakuan”, tapi aku juga tidak mau melakukan kecurangan. Aku tidak mau hubungan kita diawali dengan tindakan ilegal, karena bisa jadi berujung kehancuran. Akan kuungkapkan semuanya kalo kita sudah resmi jadian.

Jadi, bersediakah kau jika kita berada dalam satu ikatan?






Hoeks… jijik w ngetiknya.




Sumber gambar:
1) http://fbcoverocean.blogspot.co.id/2012/09/cute-couple.html
2) https://musik.kapanlagi.com/jukebox/aksi-cara-cowok-nembak-ini-bikin-cewek-klepek-klepek-eab324.html
3) https://www.youtube.com/watch?v=x9NZC4XedsI

Monday, 30 October 2017

Howhaw #195: Kejadian Luar Biasa Dalam Hidup

Assalamu’alaikum…

Pernahkah terlintas di kepala kalian untuk bunuh diri? Ketika menghadapi berbagai situasi dan permasalahan dunia yang memberi tekanan hebat pada pikiran dan jiwa, saya terkadang memiliki pikiran demikian. Namun, karena sedari kecil dididik untuk berakhlak baik, saya nggak pernah mencoba merealisasikan pikiran tersebut.

Guru ngaji saya pernah bilang, membunuh itu perbuatan yang dilarang. Baik membunuh orang lain atau pun membunuh diri sendiri. Balasannya pasti berupa siksa dalam kubur. Sehingga, ketika bunuh diri, yang niatnya agar terlepas dari segala masalah, malah menjadikan masalah tersebut tak berkesudahan.

Wednesday, 18 October 2017

V-sika #24: Kenapa Bau Badan KIta Lebih Tercium Saat Panas

Assalamu’alaikum…

Untuk mengikuti program Pak Jokowi, yang kerja kerja kerja, kita harus melakukan kegiatan/pekerjaan dengan lebih aktif. Tak peduli kondisi dan keadaan kita seperti apa. Mau sudah mandi atau belum, yang penting pekerjaan kita selesai. Namun, kalo kerjanya diiringi aroma bau tak sedap, sih, susah juga, ya.

Thursday, 12 October 2017

Howhaw #194: Cara Cepat Agar Menjadi Orang Yang Kuat

Assalamu’alaikum…

Orang yang kuat selalu dipuji. Begitu pun sebaliknya, orang lemah akan selalu dihina, dibully dan diperolok-olok. Makanya banyak orang yang mau jadi kuat. Siapa juga yang mau diolok-olok, kan? Hanya gara-gara kesal main Moba Lejen dibilang lemah, gamau datang di undangan orang yang sempat menjadi pemilik hati dikatain lemah, makan ayam geprek level 1 ngeluh kepedasan diejek lemah, binatang tawon disebut lemah, sisa-sisa rontokan gorengan juga dbilang lemah-lemah.

Saturday, 30 September 2017

Howhaw #193: [Fiksingkat] Pipis Sendirian

pipis

“Temenin adek ke WC, Bu. Mau pipis.”

Saya merengek pada ibu untuk ditemani pipis karena saya memang penakut.

“Adek, kan, sudah kelas 5 SD, masa masih takut pipis sendirian. Sana pergi sendiri,” ucap beliau sambil terus menatap layar komputer yang berisi kerjaannya.

Howhaw #192: [Fiksingkat] Hafalan

hafalan

“Gaya magnet adalah gaya yang terjadi karena adanya muatan listrik.”

Pak Irwan menjelaskan tentang macam-macam gaya dalam Fisika, tak lupa selanjutnya beliau memberikan contoh soal dan rumus penyelesaian. Mengenai menyelesaikan soal, saya dan beberapa teman sekelas memiliki pendapat yang berbeda.

Saturday, 23 September 2017

Howhaw #191: Kenapa Perempuan Tidak Menyukai Lelaki Yang Terlalu Baik?

Assalamu’alaikum…

Sedari kecil kita diajarkan untuk berbuat baik seperti berbicara dan berperilaku sopan, menghormati orang yang lebih tua, menolong teman yang sedang kesusahan dan membantu nenek-nenek menyeberangi jalan. Dari beberapa ajaran tersebut, sepertinya saya masih belum bisa menyebarkan kebaikan dengan membantu nenek-nenek menyeberangi jalan. Susah dapat momennya.

Di kampung saya, jalanannya nggak begitu besar dan nenek-neneknya masih pada perkasa. Walo sudah menyandang gelar “nenek”, mereka masih kuat menggendong keranjang yang berisi durian atau sayur dari kebunnya. Sehingga membantunya untuk menyeberangi jalan bukan suatu kebaikan. Mereka lebih suka kalo hasil kebunnya dibeli.

Wednesday, 20 September 2017

Howhaw #190: Mengubah Tempe Menjadi Baja

Assalamu’alaikum…

Awalnya saya mau menulis tentang jodoh, tapi nggak jadi. Karena jodoh itu dituliskan oleh Tuhan, kalo saya yang nulis, entar orang mengira saya Tuhan. Nggak mungkin, sih. Namun, mental seseorang siapa yang tahu. Nyatanya, ada yang menuhankan uang dan menuhankan gugel. Aneh, ya, Tuhannya itu gugel. Oh, makanya banyak yang mencari rezeki melalui gugel. Terus apa-apa disuruh gugling dulu, itu maksudnya berdoa minta petunjuk ke Tuhan, ya. Hmmm… ai si ai si.

Thursday, 7 September 2017

Pengaruh Kecintaan Pada Buku Terhadap Keinginan Untuk Mencuri

Assalamu’alaikum…

1.1 Latar Belakang
Buku diibaratkan sebagai jendela dunia. Dengan membaca buku, kita seolah bisa melihat seisi dunia dengan mudah. Layaknya duduk dan menatap ke luar jendela. Namun, yang namanya jendela, bisa juga kotor dan burem. Belum lagi kalo jendelanya jenis jendela nako yang biasanya pake kaca item. Bikin nggak jelas dan malah menimbulkan prasangka dan praduga. Begitulah kalo mendapatkan buku yang kurang baik.

Syukurnya, buku-buku yang seperti kaca burem itu jumlahnya tidak banyak. Sehingga dalam membaca buku, tidak perlu muncul perasaan khawatir. Palingan yang perlu dipertimbangkan adalah selera pribadi. Suka jendela yang menampilkan laut, gunung, pasar, jalan raya atau sawah.

Thursday, 24 August 2017

V-sika #23: Kenapa Bintang Di Langit Terlihat Berkelap-Kelip?

Assalamu’alaikum…

Kelap-kelip bintang nun jauh di sana
Menambah indahnya alam suasana
Kulihat selalu tuk hapus derita
Derita hati yang kurasa

Setelah berpisah barulah terasa
Kasih sayangnya sangat ku damba
Tiada kusangka tiada kuduga
Berpisah dengan guru tercinta

Itu sepenggal lirik dari Mars Perpisahan yang pernah kami nyanyikan saat sekolah dasar. Saya tidak hafal seluruh liriknya, bahkan saat tampil pun juga nggak. Makanya kala itu saya hanya menggerakkan bibir tanpa suara (lipsinc) pada lirik yang nggak saya tahu. Meski tidak hapal, tapi saya paham, kok, maksud dari tiap lirik dan alunan nadanya.

Saturday, 19 August 2017

Howhaw #189: Menikahlah Ketika Sudah Sama-Sama Baik

Assalamu’alaikum…

Minggu lalu, entah kenapa saya lagi ingin melihat keriuhan Facebook setelah cukup lama saya tinggalkan. Di antara status yang dibuat teman-teman saya di lini masa, ada status yang membagikan status orang lain yang berisi link artikel dengan judul “Perempuan Yang Bersekolah Tinggi Memang Tidak Berniat Menikahi Akhi-Akhi Cupet”. Sebaga lelaki gagal baku, saya bingung, apa itu cupet? Samakah dengan pencuri dompet?

Wednesday, 9 August 2017

Howhaw #188: Memang Takdirnya! Ketika Pergi Selalu Bersih, Sedangkan Pulangnya Jadi Kotor

Saat itu kita sedang serius
Merencanakan waktu untuk pergi bermain
Seriusan? Kamu mengajak ke tempat jual mainan?

Di sana…
Ada yang serius bergaya seperti mainan
Ada yang lagi bermain dengan serius
Disaat kamu memperhatikan seseorang dengan serius
Kutarik tanganmu mengajak bermain-main

Kamu menurut sambil tetap serius menatap jauh
Aku pun mulai lebih serius mengajakmu bermain lebih jauh

Kukatakan bahwa dia alien yang sedang bermain
Kamu menanggapiku dengan serius

Ah... kamu selalu saja serius
Bahkan ketika aku memberikan hati untuk bermain
Kamu mempermainkan hatiku dengan serius

Wednesday, 2 August 2017

Howhaw #187: Mari Membully Agar Makin Banyak Orang Sukses

Assalamu’alaikum…

Beberapa minggu terakhir, banyak berita tentang orang yang bunuh diri. Dari orang terkenal sekelas Chester Bennington, hingga orang yang memamerkan proses bunuh dirinya secara live di Facebook. Entah apa penyebabnya. Alasan orang bunuh diri biasanya agar terlepas dari masalah yang dialaminya saat itu, misal sakit hati karena dihina terus ama para tetangga. Padahal kata ustaz, orang yang bunuh diri itu pasti dapat siksa kubur. Jika siksaannya berupa hinaan dari tetangga, kan, malah jadi berabe yak.

Wednesday, 26 July 2017

Howhaw #186: Tentang Janji, Mana yang Pantas Disebut Janji dan Mana yang Omong Kosong

Assalamu’alaikum..

Untuk meyakinkan seseorang atau untuk melakukan kesepakatan bersama, biasanya kita melakukan perjanjian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, janji merupakan ucapan atau kesepakatan antara dua orang atau lebih yang menyatakan kesanggupan dan kesediaan untuk melakukan sesuatu. Dalam pemenuhannya, janji terikat oleh keadaan atau waktu tertentu. Misalnya, akan memenuhi janjinya setelah dia mendapatkan sesuatu, atau akan memenuhinya pada tanggal tertentu di hari mendatang.

Sunday, 23 July 2017

Cosplay Howhaw #2: Inilah Alasannya Kenapa Pencuri, Perampok dan Pemerkosa adalah Orang yang Pantas Dijadikan Pasangan Hidup Kamu

hipwee

Secara pribadi, saya sangat ingin jadi penulis di hipwee, terutama yang jurusan “relationship”. Namun, bukan sebagai kontributor, melainkan penulis tetap. Menurut saya, hipwee sangat menginspirasi melalui tulisannya tentang hubungan percintaan. Mereka bisa membuat semua orang, dari profesi apa pun, sifat apa pun, bisa dijadikan pasangan hidup. Hebatnya lagi, saran mereka berbeda dari orang kebanyakan. Mereka keluar dari pakem “pilihlah pasangan yang baik”. Karena bagi hipwee, memilih pacar yang rajin salat itu adalah alasan yang konyol.

Thursday, 13 July 2017

Cosplay Howhaw #1: Joshua oh... Jejen

kosplay

Nama saya Jojo, tapi bukan yang keong racun, karena teman saya namanya Jejen, bukan Shinta. Sebagai orang miskin, saya mengabdikan diri menjadi pengamen sepulang sekolah. Suatu hari, saya dan Jejen mengamen di pusat perbelanjaan. Namun, diusir sama Pak satpam karena Jejen belom hapal lagu diobok-obok. Masa liriknya diganti, “dikencrot-kencrot airnya dikencrot-kencrot”. Pak satpamnya, kan, ngerasa jadi lelaki kerdus.

Friday, 7 July 2017

V-sika #22: Bagaimana Cara Kerja Pintu Otomatis di Hotel, Rumah Sakit atau Mall?

Assalamu’alaikum…

Ketika jalan-jalan ke mall dulu, saya sempet terkejut karena pintu masuknya membuka sendiri. Setelah masuk, saya memperhatikan pintu tersebut terus-terusan. Tiap ada yang mau masuk atau akan keluar, pintu tersebut selalu terbuka sendiri. Sebenarnya, apakah ada manusia yang menjadi operator khusus membuka dan menutup pintu tersebut dari ruang kendali?

Monday, 3 July 2017

Howhaw #185: Menjadi Orang yang Lebih Baik Itu Nggak Boleh

Assalamu’alaikum…

Di artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan bahwa cara membuat orang lain tetap bahagia itu dengan membuat diri kita terus-terusan jelek dan tetap menjadi rusak. Tentunya hal tersebut bertentangan dengan pesan yang selalu disampaikan orang bijak. Harusnya, kan, kita menjadi manusia yang lebih baik tiap harinya.

Awalnya memang saya berpikir demikian, menjadi pribadi yang lebih baik pastinya akan disukai banyak orang. Siapa, sih, yang nggak suka dengan orang baik. Yekan? Tapi, setelah melihat yang terjadi di keseharian, menjadi pribadi yang lebih baik itu malah membuat banyak orang tidak suka.

Thursday, 29 June 2017

Howhaw #184: Cara Cepat dan Mudah Menghapus Dosa-Dosa Kita

Assalamu’alaikum…

Sejak kecil, kita sudah diperkenalkan dengan istilah “dosa dan pahala”. Jika kita melakukan perbuatan baik, akan mendapatkan pahala. Sedangkan jika melakukan perbuatan jahat, akan diganjar dosa. Dosa akan menyebabkan kita lebih dekat dengan neraka dan pahala akan menuntun kita pada surga. 

Sunday, 25 June 2017

Rumah Uya Sudah Dekat

Assalamu’alaikum…

Nama saya Sarah, 22 tahun, anak Pak Husin yang tahun kemaren baru naik haji. Bapak saya bisa naik haji karena beliau selalu menabung uang hasil menjual buburnya di bank. Bank tersebut mengadakan undian bagi nasabah yang memiliki saldo minimal 3800K dengan hadiah naik haji. Bapak saya memenuhi syarat tersebut. Undian dilakukan 3 tahap secara acak digital dengan membuang/daftar peserta undian. Setelah dua tahap dilewati, tersisa 10 orang termasuk bapak saya. Di undian terakhir, peserta harus datang ke bank.

Thursday, 22 June 2017

Hadapi Situasi Mendadak dengan ASUS E202, Laptop Mungil yang Tangguh

asus e202


Assalamu’alaikum…

Mendadak atau dadakan merupakan suatu kondisi yang muncul tanpa diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut akan menjadikan orang yang mengalaminya bertindak buru-buru. Seperti mendadak mau imsak. Mau tidak mau, harus mempercepat atau buru-buru bersantap sahur. Bisa saja melewatkan sahur malam itu, tapi tindakan pasrah seperti itu tidak baik untuk dibiasakan.

Thursday, 15 June 2017

Howhaw #183: Semakin Ke Timur, Semakin Terbuka

Assalamu’alaikum…

Wilayah Indonesia terbentang dari Barat ke Timur. Di pelajaran IPS, dulu saya sempat menghapal kalo letak Indonesia itu berada di 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Tau deh sekarang udah ngalami penambahan atau pengurangan berapa karena perebutan pulau terluar. Di keseharian, orang-orang mengatakan kalo Indonesia itu menganut budaya ketimuran. Maksudnya, budaya Indonesia lebih condong pada budaya yang katanya lebih sopan dan tertutup dalam berpakaian.

Sunday, 11 June 2017

Review Ember Plastik Bekas Wadah Cat Tembok

Assalamu’alaikum…

Ember, berasal dari bahasa Belanda yaitu emmer, merupakan alat yang kedap air dengan bentuk silinder. Bagian bawahnya datar, sedangkan bagian atasnya terbuka dan biasanya dilengkapi pegangan berbentuk setengah lingkaran. Di kehidupan sehari-hari, ember lebih banyak digunakan untuk mangangkut atau menampung air. Walau tak sedikit pula yang menggunakannya untuk mengangkut pasir dan bahan makanan.

Sunday, 4 June 2017

V-sika #21: Kenapa Telinga Jadi Sakit Ketika Naik Pesawat Terbang?

Assalamu’alaikum…

Melakukan perjalanan wisata ke tempat yang indah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Terlebih perginya bersama dengan orang yang membuat kita senang ketika bersamanya. Meskipun tempatnya jauh, tak akan menjadi masalah selama bisa dicapai. Bahkan dari sisi transportasi, kendaraan untuk melakukan perjalanan jauh sekali pun sudah disediakan. Di laut ada kapal, di darat ada mobil, motor, bus, dan kereta. Dan untuk penerbangan udara disediakan pesawat terbang.

Khusus untuk pesawat terbang, ketika baru mulai terbang atau mendarat, telinga kita biasanya terasa sakit dan sedikit budeg. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Wednesday, 31 May 2017

Howhaw #182: Tulisan Afi Nihaya Itu Biasa Saja

Assalamu’alaikum…

Pertama-tama saya haturkan syukur di hari tanpa tembakau ini, bapak saya sudah dua tahun berhenti merokok. Dulunya, beliau susah banget buat diminta untuk berhenti. Paling lama cuma tiga hari. Pernah saya anjurkan menggantinya dengan cokelat atau buah-buahan secara perlahan, tapi tidak ada yang berhasil. Suatu hari, beliau sering pegal-pegal, batuk dan membuat tidurnya terganggu. Hal tersebut berlangsung cukup lama.

Saturday, 13 May 2017

Howhaw #181: Masalah Hidup Ini Hanya Tentang Bertahan Hidup

Assalamu’alaikum…

Perjalanan hidup manusia di dunia tak selalu lancar dan menggembirakan. Akan selalu ada masalah, masalah dan masalah. Masalah tersebut bisa membuat kita menjadi terpuruk atau juga bisa menjadi lebih baik. Namun, sebenarnya kenapa, ya, kita diberi masalah?

Friday, 5 May 2017

Howhaw #180: Mau Membuat Bahagia dan Menjaga Perasaan Orang Lain? Tetaplah Jelek, Tetaplah Rusak!

Assalamu’alaikum…

Dalam menjalani kehidupan, tentunya tak akan lepas dari hubungan sosial. Berinteraksi dengan orang lain merupakan kebutuhan tiap manusia. Selain membuat indera dan pikiran makin baik, bersosialisasi juga bisa menciptakan keadaan yang membuat manusia makin bersyukur dan bahagia secara rohani. Saling tolong menjadi faktor penting dalam hal tersebut. Karena jika salah satu mengalami kesulitan, teman sosialisasinya bisa membantunya. Sehingga timbul perasaan haru dan meningkatkan kebahagiaan.

Wednesday, 3 May 2017

Howhaw #179: [Fiksingkat] Kejutan

“Keluarga Pak Ryan lagi pulang kampung, Dek. Besok subuh baru pulang, karena paginya memang harus masuk kantor.”

Begitu kata tetangga Audina ketika mengobrol denganku yang terus menunggu di luar pagar rumahnya. Aku menunggunya datang untuk memberikan kejutan sambil menungu di dalam mobil. Sebelumnya aku mengabarkan sedang pergi ke luar kota untuk waktu yang cukup lama.

“Adek nggak mau menunggu di rumah saya saja? Ada kamar yang kosong, kok. Kayaknya malam ini bakal hujan gede, ini anginnya juga mulai kenceng,” ucap tetangganya lagi yang tinggal di seberang rumahnya. Aku menolak dengan halus.

Saturday, 8 April 2017

V-sika #20: Kenapa Bulan Tidak Jatuh Ke Bumi?

Assalamu’alaikum…

Bulan merupakan benda luar angkasa dan merupakan satelit bagi bumi. Bulan yang terlihat di malam hari—terlebih ketika bulan purnama—dianggap memiliki keindahan yang sangat menenangkan, teduh dan tidak menyilaukan. Memang, cahaya bulan yang kita lihat bukan karena bulan tersebut mengeluarkan cahayanya sendiri. Melainkan pantulan cahaya matahari. Hal itulah yang menyebabkan cahaya bulan tidak membuat silau. 

Friday, 31 March 2017

Howhaw #178: Kalau Hanya Mementingkan Hasil dan Akhir, Itu Tandanya yang Kamu Lakukan Nggak Menarik

Assalamu’alaikum…

Manusia hidup di dunia ini selalu mengharapkan kebahagiaan. Untuk memperoleh kebahagiaan tersebut, banyak orang rela melakukan apa saja. Meskipun yang dilakukannya bisa dibilang melanggar hak orang lain. Dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari, mereka juga memilih yang membuat mereka bahagia. Atau paling tidak, memiliki hobi yang bisa membuat mereka lupa waktu. Karena saking bahagia melakukannya.

Sunday, 12 March 2017

Howhaw #177: Tulisan yang Isinya Betul

Assalamu’alaikum…

Ketika masih esde atau esempe, saat diminta atau disuruh ama senior maju ke depan untuk melakukan sesuatu, dan kitanya malu-malu buat maju, akan ada seorang yang menyorakkan dengan kalimat,
“Rasanya lama betul~
Rasanya lama betul~
Rasanya lama betul~”
Lalu temen-temen kita lainnya ikut-ikutan menyoraki atau maksudnya menyemangati agar kita segera tampil.

Wednesday, 18 January 2017

Howhaw #176: Kenapa Perempuan yang Selalu Benar? Padahal Lelaki yang Lebih Pakai Logika

Assalamu’alaikum…

Dalam pergaulan sehari-hari, perempuan dikatakan lebih menggunakan hati atau perasaannya dalam bertindak. Sedangkan laki-laki lebih menggunakan logika atau pikirannya. Misalnya tentang mau makan apa hari ini. Perempuan, yang cenderung menggunakan hati, tentu lebih memilih tempat makan yang selain makanannya enak, juga menginginkan suasana di tempat makan tersebut cozy, nyaman, romantis, ya pokoknya bikin hatinya senang.

Sedangkan kalo laki-laki, dia akan memilih tempat makan yang deket, murah, enak, ya pokoknya yang bikin perut kenyang. Karena memang yang lapar itu perut, kan~ Secara logika, ya, lebih penting menuntaskan masalah perut yang lapar tersebut.

Tuesday, 3 January 2017

Howhaw #175: Kenapa Kita Harus Menghormati Ibu?

Assalamu’alaikum…

Pertama, selamat memasuki tahun keempat buat blognya Yoga. Udah. Sebenernya ini gak perlu ditulis, tapi entah kenapa malah ngetikyoga begitu saja. Padahal sedari awal saya sudah Mengunci Ingatan buat gak nulis begini. Tapi mau gimana lagi. Menulis, curhat dan berbagi akan membuat hidup bahagia~

Ibu. Ibu itu adalah mama.
Mama adalah orang…
Yang selalu memukul dan memarahiku.
Itu.