Wednesday, 16 July 2014

V-sika #7: Bisakah Memanfaatkan Kulkas Sebagai Pengganti AC?

Assalamu’alaikum...

Di bulan Ramadan ini, keluhan tentang cuaca semakin meningkat yang juga meningkatkan keinginan untuk minum yang dingin-dingin. Sepulang berpanas, kita langsung membuka kulkas. Bukan untuk minum, tapi ngadem. Kan lagi puasa, sedangkan AC gak punya. Saat ngadem di depan kulkas, sempat terbersit dalam pikiran kita, bisa gak ya kulkas dijadikan pengganti AC untuk mendinginkan ruangan saat pintu kulkasnya dibuka terus-menerus?

hawadis howhaw

Untuk menemukan jawabannya, kita harus tahu prinsip kerja kulkas. Suhu suatu zat akan meningkat seiring banyaknya energi yang terkandung. Semakin banyak energi yang dimiliki suatu zat, maka akan semakin panas zat tersebut, begitu pun sebaliknya.

Untuk mendinginkan udara di dalam kulkas, diperlukan energi yang besar, yang berarti juga membuat kulkas semakin panas. Untuk itu, sebagian energi panasnya harus dibuang. Itulah fungsi freon pada kulkas. Untuk membuang energi dan menurunkan panas. Makanya bagian belakang kulkas terasa panas. Jadi, kulkas dapat ‘mendinginkan’ karena panas di dalam kulkas dibuang ke luar.

hawadis howhaw
Prinsip Kerja Kulkas

Misalkan kita membuka pintu kulkas untuk mendinginkan ruangan rumah. Maka kulkas akan menyerap panas ruangan dan membuangnya. Masalahnya, kulkas membuang panasnya di ruangan itu juga. Ya sama saja. Ruangannya gak akan dingin-dingin.

Jadi, kita tidak bisa mendinginkan ruangan dengan membuka pintu kulkas. Kecuali, kulkasnya didesain khusus atau ditempatkan secara khusus dengan pintu kulkasnya di dalam ruangan sedangkan body kulkasnya di luar ruangan. Dengan begitu, kita bisa mendinginkan ruangan karena panas yang diserap, dibuang ke luar ruangan. Sama seperti prinsip kerja AC. Bagian AC yang berfungsi membuang panas diletakkan di luar ruangan sehingga ruangan bisa mendingin.

hawadis howhaw
Bagian Pembuang Panas Pada AC

*****

Sama seperti kasus mendinginkan ruangan. Bisakah kita mendinginkan/ menenangkan hati dengan memiliki pacar baru?

Untuk mencapai kenyamanan dan ketenangan hati, selain pacar baru, mantan juga perlu dipertimbangkan. Kalo pacar baru dan mantan masih diletakkan dalam hati yang sama, ya gak akan nyaman. Bahkan bisa menimbulkan semakin panas saat melihat mantan bergandengan. Ditambah lagi, pacar barunya pasti juga jadi jengkel, ngerasa gak dianggep. Panas deh.

Dari itu, pandai-pandailah merancang hati. Tempatkanlah mantan di luar, sedangkan pacar baru di dalam. “Kenapa gak dihilangkan aja itu mantan?” Seperti kekekalan energi, mantan juga tidak bisa dimusnahkan tapi bisa diubah. Contohnya, bisa diubah menjadi tempat ‘pelarian’.

Tapi yang paling penting tentang kenyamanan hati, bisakah pacar memberi ketenangan, mendatangkan kedamaian, menjauhkan dosa dan murka Tuhan? Nggak. Karena dalam ajaran mana pun, kita disuruh untuk saling mengasihi, bukan saling mendekati zina.

Makanya, kalo mau mendatangkan ketenangan memadu kasih atau mengubah zina menjadi ibadah, letakkanlah pacar di akad nikah. Karena ketenangan tidak akan tercipta jika di satu waktu bermaksud memadu kasih sedangkan di waktu yang sama juga memadu zina. Buanglah keinginan yang mendekatkan zina dan masukkan kebiasaan suka ibadah. Gitu kata ustad saya.



hawadis howhaw
“Ilmu tentang prinsip kerja alat pendingin memang gak akan bisa digunakan untuk membeli siomay. Tapi dengan ilmu tersebut, kita tidak akan melakukan tindakan bodoh dengan membuka pintu kulkas dengan alasan mendinginkan ruangan sebagai pengganti AC. Selain ruangannya gak dingin-dingin, tagihan listriknya juga bakal membengkak.”

Salam V-sika.
(Baca: Peace-sika)




Sumber/referensi:
Doni Aris Yudono
jawaban.com
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul V-sika #7: Bisakah Memanfaatkan Kulkas Sebagai Pengganti AC? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

8 comments:

  1. haha, ngadem pake kulkas? aku banget :D kalo kulkas dibuka terus, lampunya gak mati2, yg seru itu liat lampunya mati dgn nutup pintu kulkasnya pela pelan. #maafgaknyambung :D

    ReplyDelete
  2. Setuju nih sama teori hukum kekekalan energi... mantan itu tidak dapat dihapuskan tapi cuma bisa diubah menjadi bagian lain.. misalnya menjadi tempat pelarian... hahaha sesat sesat X) tapi bener juga ding

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari lestarikan kesesatan agar tidak punah. *apaini*

      Delete
  3. gan, saya gagal fokus sama gagal move on gara-gara baca paragraph terakhir, awalnya tentang menyejukkan ruangan dengan kulkas sebagai pengganti AC, ehh dari kulkas dan AC tiba-tiba nyambungnya ke masalah hati dan akad nikah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... emang demikian pembahasan vsika di sini, biar bisa diinget aja. xD

      Delete
  4. Untuk masalah mesin pendingin, saya lebih tertarik menggunakan pendingin chiller gan kalau dibandingan dengan kulkas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sana, Gan. Saya juga kalo naruh sayur dan eskrim lebih suka di kulkas daripada naruh di chiller.

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~