Wednesday, 14 August 2019

V-sika #30: Apa Yang Dimaksud Dengan Hubungan Arus Pendek Saat Terjadi Kebakaran?

Assalamu’alaikum…

Beberapa minggu ini di wilayah Jakarta selalu terjadi kebakaran. Melalui akun yang mengunggah informasi bencana Jakarta, sekitar 10 hari berturut-turut kebakaran itu terjadi. Dalam sehari, bahkan pernah terjadi 3 kali kebakaran. Saat diberitakan, rata-rata penyebabnya karena terjadi hubungan arus pendek. Apa maksudnya hal tersebut?

kebakaran
1) Kebakaran

Wednesday, 7 August 2019

Howhaw #237: Mencintailah Seperti Perokok

Assalamu’alaikum…

Rokok merupakan lintingan tembakau dengan kertas yang dinikmati dengan cara dihisap setelah ujungnya dibakar. Saya memang belom pernah merokok, atau lebih tepatnya tidak sampai menikmati candunya merokok. Sebab, semasa kecil, waktu pertama kali mendapat kesempatan mencoba rokok, saya malah dapat pecutan setelah dilaporkan teman. Pecut (cambuk) beneran yang biasa dipake buat mecut kuda atau sapi itu.

rokok
1) Merokok

Wednesday, 31 July 2019

Howhaw #236: Keadaan Kosong Yang Menyebalkan

Assalamu’alaikum…

Barusan saya terngiang lagu Kosongnya Dewa 19 yang entah kenapa bikin ngerasa lagi dalam keadaan tersebut. Tubuhnya di sini, jiwanya entah di mana. Walo sudah pergi ke pasar yang ramai biar nggak perlu mecahin gelas, tetap saja merasa sepi. Sendiri memikirkan kamu lah pokoknya. Sepulangnya dari pasar, saya melewati rumah yang tak terurus. Rumah kosong dong itu. Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran.

kosong
1) Kosong

Monday, 17 June 2019

Howhaw #235: [Fiksingkat] Harapan Setiap Bapak

memfiksikan

“Bagaimana menurutmu tentang keperawanan, Nak?”

Minggu malam ini, setelah makan malam yang biasa di rumah, aku bertanya pada anak gadisku tentang kesucian yang dimiliki oleh seorang perempuan. Hal ini menurutku sangat penting dan perlu selalu diingatkan. Karena di masa kemajuan teknologi dan kebebasan mengakses informasi ini, para remaja semakin menyepelekan kesucian dirinya dengan dalih menjadi manusia bebas dan open minded.

Saturday, 8 June 2019

Howhaw #234: Membiasakan Semuanya Terjadi

Eh… apa lebih enak judulnya “menjadikan semuanya terbiasa”, ya? Terserahlah, ya, pokoknya, assalamu’alaikum…

Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh kemarin, serta ditambah merayakan hari raya lebaran, hari-hari selanjutnya akan menjadi biasa lagi. Orang-orang mulai mengeluhkan kegiatan harian setelahnya yang melelahkan seperti biasa. Padahal sebelumnya, kan, kegiatan hariannya itu sudah menjadi kebiasaan. Dan yang namanya kebiasaan atau hal yang biasa, biasanya, akan lebih mudah dijalani, iya, nggak, sih?


biasa
1) Kayak gitu biasa, saya gimana...

Wednesday, 29 May 2019

Howhaw #233: Plasebo

Assalamu’alaikum…

Di kampung saya, saat orang lagi sakit dan berobat ke dokter, mereka selalu minta disuntik. Jika hanya diberikan obat, mereka merasa sakitnya akan lebih lama. Uniknya, hal tersebut beneran berpengaruh. Orang yang sakit dan diberikan pengobatan dengan suntikan, keesokannya langsung baikan malah ada yang langsung sembuh. Padahal, suntikan yang diberikan oleh dokter hanyalah berupa vitamin. Nggak ngaruh banyak ke sakitnya.

plasebo
1) Kepala yang sakit kok lengan yang disuntik, hidup ini gak adil

Sunday, 12 May 2019

Qlue Berkolaborasi dengan Nvidia, Indonesia Smart Nation Bisa Terwujud Lebih Cepat

Assalamu’alaikum…

Waktu semester 5 perkuliahan arsitektur, ada mata kuliah yang namanya Arsitektur Kota. Salah satu yang dipelajari di dalamnya adalah tentang sirkulasi perkotaan. Bagaimana sirkulasi yang seharusnya dimiliki oleh suatu kota berdasarkan fungsinya, seperti wilayah pendidikan, perdagangan dan industri.

qlue
1) Pemandangan kota

Thursday, 9 May 2019

Howhaw #232: Benarkah Kita Harus Mandi Setelah Melayat?

Assalamu’alaikum…

Kembali lagi kita mengulas tentang mitos. Mungkin bagi beberapa orang, membahas mitos atau hal mistis merupakan kesia-siaan. Memelihara kebodohan, karena mitos dianggap sebagai petuah yang nggak berdasar. Orang-orang di zaman dulu dianggap asal sebut saja untuk mengatasi suatu permasalahan. Ditambah lagi, kemajuan teknologi sekarang sudah sangat pesat. Masa harus percaya dengan hal-hal yang nggak jelas.
melayat
1) Logika Mitos