V-sika #25: Kenapa Freezer Kulkas Diletakkan Di Bagian Atas? ~ Production Haws

V-sika #25: Kenapa Freezer Kulkas Diletakkan Di Bagian Atas?

Assalamu’alaikum…

Di waktu kecil dulu, teman yang di rumahnya punya air es biasanya sering dibaik-baikin. Biar seabis main, kita bisa mampir ke rumahnya dan dapat ikutan minum air es tersebut. Sekarang, mah, nggak perlu lagi ngebaik-baikin orang hanya demi air es, karena hampir di tiap rumah sudah memiliki kulkas. Kalo ngebaik-baikin buat nikung, sih, masih. Selain untuk membuat air es, kulkas juga digunakan untuk menjaga kesegaran sayuran, buah-buahan, makanan, atau membuat es batu.

Di rumah saya, tiap rak kulkasnya berfungsi untuk membekukan (freezer). Walaupun di rak paling bawah ditujukan untuk mendinginkan (semisal sayuran), tetap saja lama-lama akan beku juga. Berbeda dengan kulkas di rumah teman saya. Kulkas yang dia miliki disebutnya sebagai kulkas type family. Kulkasnya itu dikhususkan untuk menyimpan dan mendinginkan makanan. Nggak sampai membekukan. Kecuali rak paling atas, karena di rak tersebut memang ditujukan untuk membuat es batu (freezer).

Kalo memperhatikan kulkas lebih banyak lagi…
Ternyata, semua rak yang berfungsi untuk membekukan (freezer), diletakkan di bagian paling atas. Belum ada kulkas yang freezer-nya diletakkan di tengah atau di bawah. Kenapa begitu, ya? Apakah hanya kebetulan atau sekadar estetika semata?
kulkas
Tentu saja tidak. Perletakan tersebut didasarkan pada konsep fisika. Ruangan kulkas bisa menjadi dingin karena kalor udara di dalamnya terserap. Penyerapan kalor tersebut dilakukan oleh zat yang disebut freon. Freon dialirkan melalui pipa kecil yang terdapat di belakang ruang kulkas. Sehingga dalam proses pendinginan, terjadi sirkulasi penyerapan kalor di dalam kulkas dan dibuang ke luar kulkas oleh freon.

Freon tersebut hanya dialirkan melalui satu rak pembeku (freezer) dalam kulkas. Karena kalo freon dialirkan di semua rak pada kulkas, maka energi listrik yang terpakai akan menjadi sangat besar dan menjadi tidak efisien. Jadi, freon sebenarnya hanya mendinginkan bagian rak pembekunya saja (freezer) dan rak bagian bawahnya tidak didinginkan. Lantas, kenapa bisa semua ruangan dalam kulkas menjadi dingin?

Volume udara akan menyusut ketika didinginkan
Penyusutan volume udara tersebut akan mengakibatkan massa jenis udara membesar. Akibatnya, udara dingin akan menjadi lebih berat dibanding udara yang hangat. Udara dingin tadi akan bergerak ke bawah, sedangkan udara yang hangat akan menggantikannya di atas.

Berdasarkan prinsip tersebut, udara dingin dalam freezer akan bergerak ke bagian bawah kulkas. Sedangkan udara hangat di bagian bawah kulkas akan bergerak naik ke atas untuk didinginkan. Dan begitulah seterusnya hingga seluruh ruangan dalam kulkas menjadi dingin.


kulkas

Kalo saja freezer dalam kulkas diletakkan paling bawah, maka udara dingin yang terbentuk akan tetap di bawah. Sehingga ruangan bagian atas dalam kulkas tidak akan menjadi dingin. Makanya, dalam pembuatan kulkas, freezer-nya selalu diletakkan di bagian atas.

Sama halnya dengan perletakan AC yang ditaruh di atas ruangan. Sehingga udara dingin yang terbentuk akan mengalir ke bawah dan menyejukkan semuanya. Kalo AC diletakkan di bawah, maka yang dingin hanya bagian permukaan lantainya saja.

Lalu jadi kepikiran, berarti biar dinginnya lebih cepat lagi, pendinginnya diberikan di bagian atas dan bagian bawah saja, ya? Jadi udara yang mengalir ke atas udah berupa udara dingin. Walo bakal ngabisin lebih banyak energi, sih.

****
Karena prinsip yang sama, makanya juga banyak orang berpesan untuk “dinginkan kepala” agar menjadi tenang. Kenapa harus kepala? Kenapa nggak dinginkan kaki aja? Atau dinginkan semuanya? Kalo dinginin semuanya, bisa-bisa hipotermia kayak di kutub utara, hilang di samudera Antartika dan jangan kembali, parasit, parasit, parasit.


kulkas

Di dalam kepala terdapat otak yang berfungsi sebagai pusat saraf. Otak tersebut yang memberikan perintah untuk menanggapi suatu hal melalui jaringan saraf dan neuron. Jadi, neuron dialirkan melalui otak. Yang namanya mengalirkan, tentu prosesnya lebih mudah kalo alirannya dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah. Kalo sebaliknya, akan memerlukan tenaga yang lebih besar. Kurang efisien.

Sebagai pusat, jika kepala sudah dingin (tenang), sebagaimana prinsip pada kulkas, maka seluruh anggota badan juga ikut lebih tenang. Karena neuron dingin dari kepala menggantikan neuron panas di tubuh lainnya.

Kenapa bukan hati yang mesti didinginkan? Padahal emosi, kan, luapan hati
Jadi, hati nggak termasuk dari sistem saraf. Yang disebut hati untuk menunjukkan perasaan itu, ya, sebenarnya otak. Penggunaan hati, ya, sebagai kiasan saja. Karena hati itu fungsinya menyaring racun, makanya orang yang tidak berhati ucapannya sangat beracun. Ya, seperti itu.

Kalo otak diletakkan di bawah, di dengkul misalnya, maka proses penenangan diri dan penyampaian informasi jadi lebih susah. Karena yang dingin hanya permukaan kakinya saja. Maksud otak mengirimkan neuron kata “iya, aku salah, aku asal nyebut saja tadi, maaf, ya” tapi karena neuron dinginnya tetap di bawah dan nggak menggantikan neuron yang sedang panas, yang terucap malah tetep yang panas-panas. “Anjing, bangsat kau.”

Lalu jadi kepikiran, jangan-jangan orang yang melakukan gaya 69 itu tujuannya biar “panas” yang dirasakan jadi cepat dingin. Kan, dengan gaya itu, pendinginnya jadi ada di atas dan di bawah. Walo bakal ngabisin banyak energi, sih~


kulkas


kulkas
“Ilmu tentang penyusutan volume udara saat didinginkan memang tidak bisa dipakai untuk membeli siomay, tapi dengan ilmu tersebut, kita jadi tahu, bahwa tukang siomay nggak bakal bawa kulkas buat jualan siomay panas.”


Salam V-sika
(Baca: Peace-sika)



Sumber referensi dan gambar:
1) http://detektif-fisika-doni.blogspot.co.id/2012/09/mengapa-freezer-kulkas-diletakkan-di.html
2) https://www.hippo-deals.com/haier/refrigerator-freezer-(4-cu-ft)-hnse04-pid43283.html
3) http://www.berpendidikan.com/2016/01/penerapan-dan-pemanfaatan-kalor-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
4) https://twitter.com/tubagus_arvin/status/480984366181408769
5) https://web.facebook.com/komiksi.itek/photos/a.442584572751547.1073741828.442552499421421/556049488071721/?type=3&theater
Previous
Next Post »

20 comments

Click here for comments
20 December 2017 at 16:12 ×

Bangke bener sih. Sempat-sempatnya nyelipin lirik lagunya Gita Gutawa. BEHAHAHAHAHAHAAHAHAW.

Soal kenapa-bukan-hati-yang-didinginkan, aku jadi keingat sama novelnya John Green yang An Abundance of Katherines. Di situ, tokohnya, namanya Colin, dia bilang dia sakit hati karena cewek, tapi dia sendiri ragu apakah itu memang namnanya sakit hati itu karena dia berpikir secara ilmiah. Dia mikir kalau perasaan yang sakit nggak bisa disebut sebagai sakit hati.

BANGSAT. BAWA-BAWA GAYA 69. Ena-ena itu memang bentuk kegiatan yang hot, dan kayaknya gaya 69 adalah gaya yang paling banyak menghabiskan energi daripada gaya yang lain. Mereka sama-sama bekerja keras untuk mendinginkan. Gitu kan, Haw? Aku jadi keingatan film The To Do List, di mana si tokoh ceweknya mau melepaskan keperawanannya. Terus dia mau ena-ena kan. Awalnya pake gaya missionary, eh tapi si ceweknya pengen pake gaya woman on top karena pengen dapat banyak peluang orgasme alias pengen "keluar". Eh endingnya, baru bentar aja si cowok udah "keluar," sedangkan si cewek belum. Momen "keluar" itu aku (dan dari yang aku baca, kamu juga) bisa diartikan sebagai dingin. Dan si cewek berharap dia dapat dingin dengan berada di atas, eh taunya dia masih tetap panas sementara si cowok yang di bawah malah dingin duluan. Nggak selamanya yang berada di atas dingin duluan.

Ih aku komen apa sik. Kalau ada yang aneh dari kata-kataku barusan, mohon beri pencerahannya ya, Haw mesum.

Reply
avatar
21 December 2017 at 12:51 ×

waaahh hari ini gue blogwalking, ini postingan yg paling berisi *eaa, dan anehnya kok selama 20 tahun gue hidup, gue egga pernah ya kepikiran kenapa freezer kulkas diatas bukan dibawah, apakah itu artinya gue kurang mikir? hahaha

btw gue punya tuh temen-temen yang kayaknya otaknya ditaroh didengkul, entah kapan lah mereka pindahinnya

Reply
avatar
Zahrah Nida
admin
25 December 2017 at 15:07 ×

Teruskanlah teruskanlah.

Itulah kenapa salju turun dari atas? Bukannya bawah?
Habis ini cerita ke adek2 ah, biar gue dianggap pinter dan berguna sebagai kakak. Makasih bang.

Reply
avatar
HAYARDIN
admin
25 December 2017 at 23:27 ×

baru tau saya Mas kalau ada 70 cara untuk bahagiain wanita dan sisanya 69, nanti saya tanya Istri saya deh..hahaha...

sepertinya saya terpana dengan buah buahan yang ada didalam kulkasnya Mas, bisa minta buahnya nggak ?

Makasih atas penjelasannya, sepertinya saya dapat Ilmu baru ini mengenai mengapa freezer diletakkan dibagian atas

Reply
avatar
Andi Nugraha
admin
26 December 2017 at 01:05 ×

Iya juga ya, tapi ya itu gambar nggak gitu juga untuk kepala dingin..haha
Sejam aja taro terus, ditimpuk palanya pasti nggak berasa :D

Andai hati bisa didinginkan begitu membuka kulkas ya, Mas. Mungkin nggak akan lebih berkurang penyakit hati ini :D

Reply
avatar
retno
admin
28 December 2017 at 07:12 ×

wah postingan yang bermanfaat, bisa dipake buat bahan cerita sebelum tidur buat anak-anak nih...

Reply
avatar
31 December 2017 at 06:20 ×

Maap maap nih bang. Respon istri gimana tuh setelah ditanyain?

Reply
avatar
31 December 2017 at 06:21 ×

Wanjer ini apaan malah bawa-bawa orgasme? Icha kampret XD

Reply
avatar
31 December 2017 at 06:26 ×

HAW, SUMPAH DAH INI KENAPA KOMEN-KOMENNYA PADA SERU BANGET SIH. MAAP YA JADINYA SAYA BALESIN. WKWK. TADINYA MAU SEMUA TAPI NGGAK JADI DEH TAKUT EMPUNYA BLOG SENYUM-SENYUM SENDIRI KARENA MERASA DIADMININ.

Oke. Hai, Haw!

Ini postingan menjawab semua pertanyaan saya yang sering membantah pepatah "dinginkan hati". Yak benar sekali. Kenapa yang didinginkan hati padahal saraf pengatur emosi ada di kepala? Berkat postingan kamu, saya jadi mendapatkan pencerahan. Terima kasih klinik tongfang!

Btw, sebenarnya kalau untuk kulkas sendiri sih emang dia pakai konsep termodinamika seperti yang kamu jelaskan. Saya juga kalau jelasin ke murid begini anjir. Dan mereka selalu "wah-wah" saat tau bahwa penerapan susunan freezer-rak lain di kulkas adalah penerapan konsep fisika. Bahwa fisika itu mendasari setiap benda dan kejadian di dunia. ALL HAIL FISIKA!

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
1 January 2018 at 15:28 ×

Ih 69 kan Cancer! Masak mau kenak Cancer? Astaghfirullah!

Tapi bener sik cewek diajak shopping pasti langsung bahagya~ 😂😂😂

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:29 ×

Langsung praktikkan!

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:43 ×

Itu buku kenapa ceritanya jadi terlalu berat gitu? masalah hati ini, aku sendiri pernah nanyain ke ustaz yg lagi ceramah, tapi jawabannya hanya mengulang dari pertanyaanku doang. "Hati yang lain" katanya. gitu doang. nggak dijelasin kenapa menggunakan istilah hati.

iya, maksud "dingin" itu ya pas momen keluarnya dan setelahnya. yaaa.. kam lebi taulah kalo tentang itu, Cha. :-bd Karena itu terdapat dua hal/insan yang sama2 panas, terus mencoba mendinginkan. eh, energinya ternyata kurang, padahal udah jelas kalo berdua bakal ngabisin banyak energi, ya pasti akan terjadi kesalahan. satunya jadi dingin, tapi satunya lagi malah makin panas. kayak dua kulakas yang dihadap2kan. kulkas satunya udah didinginkan aam kemampuan kulkas 2, tapi karena kulkas 1 tidak memiliki energi untuk mendinginkan, jadinya kulkas 2 jadi terus2an panas.

ini kenapa malah memperpanjang ngebahas ginian, sih...

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:44 ×

Artinya kamu memiliki kerjaan lain yang lebih penting. saya gak ada kerjaan aja makanya nyasar mikir ke situ. xD

ahahaha... IKWYM... ada auto switchnya kali..

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:46 ×

kau beeegituuuu~

hahaha.. bisa jadi, sih. walo salju sebagian besar lebih dipengaruhi gravitasi.

gausah diceritain ke adeknya, entar dia maboooookkk... mending ceritain drama korea aja..

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:48 ×

sama kayak mayang, lalu istrinya ngejawab apa Mas?

tolong fokus dijaga... xD

ilmu yang sebenarnya nggak terlalu diperluin juga. karena dalam keseharian, nggak tau ilmu ini juga tetep bakal naro ac di atas. dan kulkas ya sedari beli emang begitu.... gak bisa diapa-apain.

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:50 ×

ahahahaha... semapot kalo sampe sejam ditindih pake es batu gitu. xD

kal nggak dicoba belom tau, coba kalo hati panas masuk dan mekap dalam kulkas. kali aja bisa dingin.

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:50 ×

jangaaaaaaannnn... anaknya mabok entaaarrrr.. ceritain kisah kancil ajaaaa...

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 05:59 ×

yaudah sekalian aja sini jadi admin, saya rada2 males soalnya. kirimkan poto terbaru, CV, riwayat penyakit, serta mampu bekerja di bawah tekanan.

tanyain ke guru atau ustaz kayak yang pernah kulakuin aja, May. Lumayan dikasi tambahan nilai.

perkara menjelaskan, kamu lebih ahli, may. ini aja aku gak tau dimengerti apa nggak ama yang baca. belibet soalnya bahasanya. nggak hanya ttg dunia nyata, dunia gaib juga bisa dijelaskan pake Fisika. dulu aku pernah ngepublish yang "Cara setan menampakkan diri" dgn pendekatan rumus einstein itu.

selain itu, kita juga bisa tau kenapa malaikat bisa mengurusi orang banyak berdasarkan dari material penyusunnya (malaikat dikatakan terbuat dari cahaya) dan cahaya memiliki kecepatan yang luar biasa. fisika jaid dibenci ya karena keseringan yg dirasakan murid ya sekitaran rumus dan soal2 serta penyelesaiannya yg ribet itu.

Reply
avatar
Hawadis
admin
2 January 2018 at 06:01 ×

ahahaha... ini masalah cancer aku pernah twit di twitter, kabeb. "Kenapa gemini yang diejek mesum, padahal yang punya lambang 69 itu cancer.." xD

cowok juga bahagya ya klo shoppiinggggg... beda yang dibeli doang.

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon