Sunday, 7 June 2015

Menjauhkan Penyesalan Saat Mengajukan Pembuatan Kartu Kredit dengan Cermati

Assalamu’alaikum...

Di artikel sebelumnya, saya membahas tentang mana yang disebut sebagai uang rakyat. Kesimpulan dari artikel tersebut menyebutkan bahwa uang kertas yang kita pakai sudah menunjukkan uang siapa yang kita gunakan. Meskipun itu hanya sekadar observasi iseng, tapi bagaimana seandainya hal iseng tersebut jadi kenyataan? Sehingga orang harus menggunakan uang kertas berdasarkan statusnya dalam suatu negara.

Misal, sebagai rakyat yang hanya boleh menggunakan uang kertas nominal seribuan, lima ribuan dan sepuluh ribuan, lalu mau membeli sepeda. Jika harga sepedanya satu juta, masa iya harus membayarnya dengan uang sepuluh ribuan seratus lembar?

Alat pembayaran yang berlaku di keseharian tidak hanya berwujud uang ketas, tapi juga bewujud kartu. Kartu kredit, misalnya. Dengan menggunakan kartu kredit, permasalahan tadi bisa teratasi. Karena selain tidak memiliki gambar yang menunjukkan sebagai bagian pejabat atau rakyat, transaksi menggunakan kartu kredit juga lebih simple. Tak perlu membawa cash beratus lembar untuk berbelanja.

Namun, di luar ke-simple-an tersebut, kartu kredit dianggap sebagai pemicu perilaku konsumtif pemiliknya. Mengakibatkan berbelanja sesukanya, trus pusing dengan tagihannya. Dari itu, saat akan membuat kartu kredit harus memperhatikan beberapa hal:

Pendapatan kita berapa tiap bulannya?
Masa iya mau membuat kartu kredit padahal uang saja masih minta-minta sama pesawat yang lewat? Kan nggak lucu. Untuk itu, pastikan dulu pendapatan tetap kita tiap bulannya dan sesuaikan dengan jenis kartu kredit yang akan kita gunakan. Biar nggak ada kebingungan tentang tagihan di antara kita.

review

Kita paling suka/sering bertransaksi tentang apa?
Kartu kredit memang bisa dipakai untuk berbagai transaksi, namun alangkah lebih baiknya jika menggunakannya untuk transaksi yang bisa memberikan kita keuntungan. Ketika membuat kartu kredit, kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti welcome bonus atau hadiah langsung ketika mengajukan pembuatan kartu kredit. Bonusnya bisa berupa cashback, tiket perjalanan atau poin yang jika terkumpul bisa memberikan kemudahan lainnya.

review
Kartu Kreditnya Traveller
Selain welcome bonus, ada juga kartu kredit yang dalam transaksi jangka panjangnya selalu menawarkan keuntungan. Seperti keuntungan dalan hal travel (bonus mileage/frequent flyer, gratis airport lounge dan asuransi), keuntungan langsung (cashback), bebas iuran tahunan, keuntungan transaksi layanan kelas satu (premium), keuntungan suku bunga rendah (interest), potongan harga dan voucher saat membeli bahan bakar (gasoline), keuntungan ketika dining (diskon makan dan minum di restoran dan kafe favorit) atau keuntungan memperoleh poin yang banyak tiap bertransaksi.

Setelah kita tahu transaksi yang sering kita lakukan, pilihlah kartu kredit yang sesuai. Caranya?

Buka situs yang memberikan info lengkap tentang kartu kredit
Info yang bisa kita dapatkan dari situs online bisa memudahkan dan menghemat waktu kita, dibandingkan harus pergi mencari informasinya ke tiap bank. Kalo berdasakan saran dari teman-teman blogger, cermati.com merupakan situs paling tepat untuk menggali berbagai info tentang kartu kredit.

Cermati merupakan start up yang bergerak di bidang teknologi finansial dan memberikan informasi produk finansial yang bermanfaat bagi penggunanya. Seperti informasi tentang kartu kredit, Kredit Multi Guna (KMG), Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit motor, maupun kredit rumah. Secara pengalaman, Cermati telah mengerjakan aplikasi dan situs web yang digunakan oleh lebih dari ratusan juta user di seluruh dunia selama lebih dari 12 tahun. Udah terpercaya banget, ya. Dari itu, kalo mau membuat kartu kredit, lebih baik lihat-lihat Cermati dulu aja.

Buka cermati.com, trus arahkan kursor ke toolbar pilih “semua kartu kredit”. Biar lebih mudah dalam pencarian, atur filternya berdasarkan penghasilan tahunan, iuran tahunan, provider kartu, penerbit kartu serta keuntungan dalam hal apa yang diinginkan (transaksi paling sering dilakukan). Misal travel.

review
Pilih "Semua Katu Kredit"

review
Filter biar lebih mudah, Kartu Kredit Visa untuk travel, misalnya

Setelah menemukan kartu kredit yang sesuai, klik “info lengkap” untuk melihat syarat pengajuan, persyaratan, promo dan lain-lain. Setelah itu, terserah kita, mau apply atau mau lihat yang lain-lain dulu.


review
Info lengkap kartu kredit

Nah, dengan memiliki kartu kredit yang sesuai dan tepat berdasarkan kebutuhan, selain bisa melakukan transaksi yang mudah, kita juga akan mendapatkan berbagai keuntungan. Namun, tentu saja kita juga harus tetap mendisiplinkan diri, untuk tidak bertransaksi telalu banyak karena semuanya serba murah. Ingat pendapatan tetap tiap bulannya, Bro.

Selain memberikan informasi tentang kartu kredit, pinjaman dan simpanan, Cermati juga memberikan info tentang promo yang sedang berlangsung, seperti mal mana yang sedang memberikan promo gede. Artikel yang disajikan di sana juga bermanfaat loh. Seperti tips berhemat saat kuliah dan tips memanfaatkan promo untuk pelajar. Jadi, sering-sering aja nyamperin Cermati biar makin cemat secara finansial.



Sumber gambar:
https://www.flickr.com/photos/aditamayahya/8635654969
http://www.infobanknews.com/2014/09/standard-chartered-tak-khawatirkan-pembatasan-kartu-kredit/
https://www.cermati.com/
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Menjauhkan Penyesalan Saat Mengajukan Pembuatan Kartu Kredit dengan Cermati Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

14 comments:

  1. Aku jadi pengen punya kartu kredit, buat pembayaran Facebook Ads Google Adwords. Pengen belajar IM, euy.

    ReplyDelete
  2. keren penjelasannya, mudah dipahami, memang cermati ahlinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tenyata di Cermati infonya lengkap banget.

      Delete
  3. Lumayan, jadi lebih paham sedikit heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga entar bisa paham lebih banyak, Bang~

      Delete
  4. mmm . . makin banyak ya blogger yang ngreview cermati.com . .
    kapan gue dapet tawaran review . . ?? :/

    Kalo untuk mbuat kartu kredit, ntar aja deh bang . . bikin penghasilan dulu ajah . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... namanya juga startup baru~

      iya, kalo belom ada penghasilan, sebaiknya jangan. :D

      Delete
  5. Baru tau kalau punya kartu kredit bisa memberi keuntungan segitu banyaknya, Haw. Waw lah.

    Ada keinginan sih buat bikin kartu kredit, tapi begitu ingat kalau saldo di ATM aja sering tinggal uang rakyat, jadi gak berani. Mikirin buat bayar tagihannya bikin sakit kepala Emma Stone :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..iya, aku juga mikirnya ke situ. masih belom mampu.

      eh tapi itu cemati bukan cuma tentang aja sih, ada info mal-mal dan kafe yang ngasi diskon. xD

      Delete
  6. Gue juga dapet tawaran ini, Haw. Belum gue tulis. XD

    Wakakakak. Bingung mau nulis apa. Nggak ada deadline juga, jadi agak males. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulis-tulis aja, Yog. aku juga awalnya kagak tahu mau nulis apaan, dihubung-hubungin ama post sebelumnya, jadi begini.

      Delete
  7. Aku masih milih transaksi pakek cash sik. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 memiliki keuntungan dan kerugiannya~

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~