How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

V-sika #19: Apanya yang Mati pada Laut Mati?

Respons: 26 comments
Assalamu’alaikum…

Saat ini, hampir semua orang berusaha untuk menjadi orang yang humoris. Latar belakang usaha mereka tersebut pun bermacam-macam. Ada yang untuk mencari uang, menyembunyikan perasaan sedih mendalam, dan ada juga yang untuk menggaet gebetan. Katanya kan, pria humoris itu merupakan idaman perempuan.

Mungkin lagi berusaha untuk menjadi pria yang humoris, kemarin di kantin kampus ada yang berbicara lantang, “Kalian tau laut mati?” yang lain ngangguk, dia lanjut berbicara dengan intonasi sombong, “Itu aku yang ngebunuhnya.” Ehe he he heh. 

-_- Ya Alloh itu recehan zaman kapaaaaaaaaaaannnnnn?

Dulu, saat pertama kali mendengar kata “Laut Mati”, langsung timbul pertanyaan di benak, “Apanya yang mati?”.

Surga Kecil yang Tersembunyi di Amatoa Resort Bulukumba, Sulawesi Selatan

Respons: 21 comments
Assalamu’alaikum…

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terlebih yang menjadi rutinitas selama seminggu, manusia pasti akan mencapai kejenuhan atau kelelahan. Baik lelah secara fisik, maupun lelah secara pikiran. Kenapa lelah dan jenuh ini bisa muncul?

Menurut Ustaz Pesbuk (karena muncul di feed Facebook, dan nggak jelas sumber aslinya), lelah pada manusia itu muncul karena dalam melakukan aktivitas dunia, manusia nggak mau melihat panduan hidup. Misalnya, dalam ayat Alquran (QS. Al-Jum’ah : 9), perintah salat itu adalah “Berlarilah!”, eh manusianya malah duduk-duduk santai. Pas udah deket mau abis waktunya, baru deh kelabakan. Ya lelah.

Howhaw #174: Kenapa Wanita Seperfect Raisa Bisa Kandas Dalam Menjalin Hubungan?

Respons: 44 comments
Assalamu’alaikum…

Beberapa hari yang lalu, netizen sempat dihebohkan oleh kabar putusnya Raisa. Meskipun dulu mereka—Keenan dan Raisa—juga pernah putus, trus nyambung lagi dan bikin lagu Kali Kedua, tetap saja kabar putusnya mereka ini masih saja menghebohkan. Sampai-sampai jadi trending topic di Twitter. Ya… walo trendingnya dibikin lucu-lucuan, sih, karena memang belom tahu apa penyebabnya.

Howhaw #173: [Fiksingkat] Lelaki Penjual Es Krim

Respons: 50 comments
“Mas, kok sampai segininya buat nyari duit?”

Begitu pertanyaan yang beberapa kali kudapatkan karena masih saja berkeliling menjual es krim walau hari sedang hujan. Pertanyaan tersebut biasanya hanya kutanggapi dengan senyuman dan anggukan, lalu mulai mengayuh sepeda lagi untuk berkeliling. Biasanya, banyak orang yang memberikan tatapan kasihan. Tapi jak jarang juga yang memberikan tatapan kekaguman.

“Demi istrinya, dia bekerja keras mencari rezeki.”

Howhaw #172: Bagus atau Jelek, yang Penting Berkarya? Iya Kah?

Respons: 31 comments
Assalamu’alaikum…

Di era yang serba modern saat ini, saat bepergian ke tempat baru, orang-orang akan mengandalkan tiga hal sebagai penunjuk arah. Pertama, artikel yang menjelaskan rute tujuan dengan pendekatan memanfaatkan landmark sebagai penanda. Kedua, temannya yang tahu wilayah tesebut dengan pendekatan telepon dan chat. Terakhir, menggunakan GPS. Itu semua bisa dilakukan jika ada sinyal telekomunikasi atau jika ada koneksi internet.

V-sika #18: Mengapa Saat Mencuci Pakaian Harus Menggunakan Detergen?

Respons: 55 comments
Assalamu’alaikum...

Berkegiatan sepanjang hari, terutama dengan melakukan aktivitas yang menyebabkan pakaian penuh noda, bisa menciptakan kerepotan lainnya. Pakaian menjadi kotor. Mau nggak mau kita harus mencucinya agar memiliki baju yang bisa dipakai di hari berikutnya. Untuk mencuci pakaian kotor tersebut, kita disarankan atau diajarkan untuk menggunakan detergen agar kotoran yang menempel pada pakaian menghilang. Lalu, pernahkah kalian berpikir, kenapa mencuci baju mesti menggunakan detergen? Apakah tidak bisa jika hanya menggunakan air saja?

Howhaw #171: Bunga Merupakan Pertanda Sesuatu Akan Berakhir, Jangan Jadiin Hadiah!

Respons: 56 comments
Assalamu’alaikum...

Sejak dulu, bunga dipilih sebagai hadiah untuk mewakili perasaan. Cinta, senang, bangga, kecewa, semuanya bisa diungkapkan dengan bunga. Bunga yang dijadikan ungkapan juga berbeda-beda. Semisal bunga mawar untuk mengungkapkan cinta, bunga matahari sebagai ungkapan memberi motivasi dan menunjukkan ketangguhan, serta bunga bank sebagai balik jasa memberikan piutang.

Howhaw #170: Anak Kecil yang Hebat Adalah Anak yang Bisa Melakukan Apa yang Orang Dewasa Nggak Bisa

Respons: 39 comments
Assalamu’alaikum...

Keindahan masa kecil selalu menjadi memori yang menyenangkan. Saking menyenangkannya, banyak orang yang ingin kembali ke masa-masa ketika mereka masih kecil. Bermain ke sana ke mari. Udah gede, tetep ke sana ke mari juga, sih, mencari alamat..*teng teng*. Namun, karena kemajuan zaman, menjadi anak kecil di masa sekarang itu sulit banget. Penuh persaingan yang mematikan.

Howhaw #169: Menangis Merupakan Tanda Ketakwaan, Kecerdasan dan Kekuatan! Bukan Tanda Kelemahan

Respons: 44 comments
Assalamu’alaikum...

Air yang keluar dari mata sering dijadikan tanda kelemahan, cengeng istilahnya. Dikasarin dikit, nangis. Tapi, apa iya tangisan merupakan lambang kelemahan?

Mungkin karena identik dengan anak kecil atau bayi, makanya tangisan dianggap sebagai kelemahan. Bayi itu masih lemah, bayi itu tidak bisa hidup mandiri, bayi itu sering nangis. Berarti yang sering nangis sama aja seperti bayi. Lemah. Pasti begitu asal mula anggapannya.

Kopdar Bareng Anak-Anak Jabodetabek

Respons: 64 comments
Assalamu’alaikum...

Untuk membuat cerita tentang kopdar, pengin sekali rasanya kerasukan Imas Agustini atau Dwi Nanoki biar bisa menceritakan secara panjang lebar, detail, dan menarik. Atau kerasukan Yoga biar ceritanya lucu dan menghibur. Karena jujur saja, saya tidak pandai menceritakan tentang keseharian.

Berang-berang makan cokelat, berangkat...
Hari itu saya berangkat pagi sekali. Karena mesti naik angkot dua kali. Belum lagi ngetemnya. Minggu pagi pukul setengah tujuh, saya sudah berada di stasiun Bogor. Nungguin kereta yang akan berangkat. Janjian dengan Yoga di stasiun Tanah Abang pukul delapan, yang kalo berangkat setengah tujuh pasti nggak bakal telat.

Howhaw #168: Cara Meraih Impian Berdasarkan Kisah Cinderella

Respons: 53 comments

Assalamu’alaikum...
.
“Apa impianmu dalam hidup ini, kawan?” tanyaku.

“Menikah dengan Tania,” ucapnya.

“Kan, tinggal lamar saja?”

“Nggak semudah itu. Apalah gue ini... Dari segi materi kurang. Sering dihina dan nggak bisa ngebalas. Jangankan baju, celana dalam juga cuma punya satu,” jawabnya merendah.

Howhaw #167: [Cerbung] Persil 5 - Tuhan Untuk Liyan

Respons: 29 comments
Cerita sebelumnya...

Sebelum kematian Adit

Semenjak lulus SMA, aku mulai menjadi orang yang agak kesepian. Aku tak lagi memiliki teman yang menjunjung kesolidaritasan. Rela menderita demi kebersamaan. Yang ada sekarang malah keegoisan. Berebut minta contekan tugas, sedangkan tugasku yang dicontek mereka malah tidak dikumpulkan. Kurang ajar. Teman-teman di sekitaran rumah juga demikian, hobinya nantangin anak-anak seberang jalan buat berkelahi. Walau nggak ada sebab-musababnya. 

Howhaw #166: [Cerbung] Persil 4 - Resonansi Hadi

Respons: 15 comments
Cerita sebelumnya...

Dari kami bertiga, saya yang paling telat berkenalan dengan Liyan. Aryo yang ditunjuk mendekati pertama kali mendekati Liyan, punya alasan setelah menjadi bayangan (selalu muncul di sekitar Liyan). Wira yang emang dulunya playboy, punya banyak cara mendekati Liyan. Dengan berpura-pura mengambil bola basket yang menggelinding ke arah Liyan, dia pun berhasil berkenalan. Saya? Menyedihkan.

Howhaw #165: [Cerbung] Persil 3 - Dribel Wira

Respons: 11 comments
Cerita sebelumnya...

Gue bingung ama cerita bersambung ini. Kenapa pas bagian gue, judulnya malah kayak goyangan Duo Serigala gini, sih? Mentang-mentang di narasi depan gue diceritain sebagai kapten olahraga basket yang ada teknik dribelnya. Nggak perlu dipaksain gini juga kali.

Kalo mengingat tentang Adit, dia teman yang paling tampan di antara kami. Dari nama-nama kami aja, nama Adit yang keliatan keren. Ini yang bikin cerita pasti juga iri, makanya tokoh Adit dibikin mati. Iya, kan, Haw?

Howhaw #164: [Cerbung] Persil 2 - Sajak Aryo

Respons: 9 comments

Aku sepertinya terlalu percaya diri. Ternyata tidak mudah menaklukkan seorang gadis bernama Berlian Felisia agar jatuh cinta. Untuk sekadar tertarik pun, sepertinya tidak. Makanya cerita ini lama berlanjut. Beberapa bulan ini, setahun jika ditambah dua bulan lagi, kami benar-benar berusaha membuat Liyan agar jatuh cinta pada kami bertiga. Yang setelahnya, dia akan kami campakkan, tentunya.

Menarik perhatian perempuan itu tidaklah terlalu susah, mestinya. Mereka kaum yang lebih mementingkan perasaan dibanding pikiran, banyak drama. Sehingga, sesuatu yang bersifat tidak sengaja akan mudah menjadi perhatian.

Howhaw #163: LGBT bisa jadi solusi dalam hubungan

Respons: 70 comments
Assalamu’alaikum...

Baru-baru ini, isu tentang LGBT kembali merebak. Pro-kontra tentang keberadaan mereka semakin sering diperbincangkan. Yang pro mengatakan bahwa hubungan cinta antarmanusia merupakan hak semua orang, termasuk hubungan sesama jenis. Yang kontra menentang karena hubungan sesama jenis merupakan perbuatan yang dilaknat Tuhan dan merupakan penyakit mental yang bisa menular.

Uniknya, dalam pro-kontra tersebut bukan hanya perang pendapat, tapi juga perang ungkapan (quotes).

V-sika #17: Kenapa Warna Pakaian Memudar Saat Dijemur?

Respons: 53 comments
Assalamu’alaikum...

Ketika pertama kali belajar ngucek, nyuci, jemur, kita biasanya akan diingatkan agar ketika menjemur, pakaiannya mesti dibalik dulu. Tujuannya agar warna pakaian nggak pudar. Atau tepatnya, hanya bagian dalamnya yang pudar, luarnya nggak. Tapi kenapa, ya? Matahari bisa membuat warna pakaian memudar? Padahal kainnya, kan, nggak luntur.

Howhaw #162: Banyak Memiliki Akan Membuat Orang Merasa Tidak Memiliki Satu Pun

Respons: 96 comments
Assalamu’alaikum...

Memiliki banyak hal akan membuat seseorang merasa keberadaannya diakui. Misalnya, memiliki banyak mobil, maka orang-orang akan mengakuinya sebagai orang yang kaya raya dan dihormati. Dengan kata lain, semakin banyak memiliki, maka seseorang akan semakin dikenal.

Namun, memiliki banyak hal juga menimbulkan efek samping. Secara tidak sadar, manusia akan merasa dirinya tidak memiliki sama sekali di saat dia memiliki hal tersebut dalam jumlah yang banyak. Contohnya, orang yang memiliki banyak uang, akan merasa dirinya tidak memiliki cukup uang, sehingga dia akan terus menerus mencari uang lagi. Lagi dan lagi. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Howhaw #161: Rasa Memiliki Membuat Orang Semakin Tak Peduli

Respons: 96 comments
Assalamu’alaikum...

Hai... sudah beberapa bulan blog ini kagak ada postingan baru. Seolah-olah, blog ini kagak ada pemiliknya. Padahal sejak awal didaftarkan, blog ini sudah saya klaim menjadi hak milik.

Ngomong-ngomong tentang kepemilikan, sebenarnya, arti memiliki itu membuat seseorang semakin peduli? Atau malah membuat seseorang semakin tak mau tau, sih?

Ungkapan “anggap saja milik sendiri”
Ungkapan tersebut bertujuan untuk mempersilakan seseorang untuk bertindak seperti miliknya sendiri terhadap kepunyaan orang lain. Sehingga orang tersebut tidak malu-malu dalam menggunakan sesuatu tersebut dan memudahkannya dalam beraktivitas. Misal, dipinjami motor.

Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi