V-sika #17: Kenapa Warna Pakaian Memudar Saat Dijemur? ~ Production Haws

V-sika #17: Kenapa Warna Pakaian Memudar Saat Dijemur?

Assalamu’alaikum...

Ketika pertama kali belajar ngucek, nyuci, jemur, kita biasanya akan diingatkan agar ketika menjemur, pakaiannya mesti dibalik dulu. Tujuannya agar warna pakaian nggak pudar. Atau tepatnya, hanya bagian dalamnya yang pudar, luarnya nggak. Tapi kenapa, ya? Matahari bisa membuat warna pakaian memudar? Padahal kainnya, kan, nggak luntur.

visika
Proses melihat warna
Teorinya, warna adalah sensasi yang timbul pada otak karena adanya cahaya dengan frekuensi tertentu yang masuk melalui mata. Jadi, warna suatu cahaya ditentukan oleh frekuensi dari cahaya tersebut. Berikut daftar frekuensi warna-warna primer dan sekunder yang mana warna-warna tersebut tergabung dalam warna pelangi (mejikuhibiniu).

visika
Tabel frekuensi cahaya pelangi
Pada tabel tersebut terlihat bahwa cahaya yang memiliki frekuensi 400-484 THz akan tampak berwarna merah. Artinya, pakaian yang berwarna merah terang sebenarnya adalah pakaian yang permukaannya hanya memantulkan cahaya berfrekuensi 400-484 THz dan menyerap semua cahaya dengan frekuensi lainnya.

Cahaya dengan frekuensi 400-484 THz (merah) yang dipantulkan oleh permukaan pakaian tersebut selanjutnya akan masuk ke mata dan akhirnya otak akan melihatnya sebagai warna merah. Jika permukaan pakaian tersebut juga memantulkan frekuensi cahaya yang lain, maka warna merahnya semakin tidak jelas. Semakin banyak yang dipantulkan, warna merahnya akan semakin memudar.

visika
Baju memudar
Lalu, berdasarkan pengalaman, kita akan melihat bahwa pakaian yang pudar itu sebenarnya pakaian yang warnanya mengarah ke arah putih. Kenapa bisa begitu? Karena putih adalah cempuran dari semua warna mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu). Mari kita ingat-ingat lagi tentang pelajaran pembiasan cahaya pada prisma.

visika
Pembiasan warna pada prisma
Saat cahaya (putih) melewati prisma, akan tercipta warna pelangi. Begitu pun sebaliknya, saat warna pelangi (mejikuhibiniu) tersebut melewati prisma, hasil pembiasannya adalah warna putih. Nah, mata kita tersebut berfungsi seperti layaknya prisma. Dengan demikian, pakaian yang warnanya memudar adalah pakaian yang permukaannya memantulkan banyak frekuensi cahaya, yang setelah melewati mata, akan cenderung mengarah pada warna putih.

visika
Putih = hasil campuran semua warna pelangi
Lalu, apa hubungannya warna pakaian yang pudar dengan paparan sinar matahari?

Pakaian memiliki warna tertentu karena diberi tinta. Awalnya, molekul tinta tersebut bersifat memantulkan cahaya dengan warna tertentu saja. Misalnya, baju yang diberi warna kuning tajam. Artinya, molekul tinta baju tersebut hanya memantulkan cahaya kuning dan menyerap warna selainnya.

Ketika baju kuning itu dijemur, sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari akan memecah ikatan kimia tinta kuning pada baju tersebut, sehingga kemampuan memantulkan cahaya kuningnya berkurang. Akibatnya, tinta kuning pada baju tersebut mulai memantulkan cahaya selain warna kuning dan mengarah pada warna putih, sehingga warnanya menjadi pudar. Ultraviolet sendiri bisa memecah ikatan kimia tinta pewarna baju karena sinar ultraviolet merupakan kandungan cahaya matahari yang memiliki energi tinggi.

Nah, itulah sebabnya sinar matahari bisa memudarkan warna pakaian. Dari itu, agar warna pakaian lebih awet, hindari paparan sinar matahari langsung ketika menjemurnya.

****

Eh, iya. Ini berlaku untuk warna pakaian loh, ya, kulit tubuh nggak termasuk. Jadi, jangan karna ngeliat pakaian semakin memudar (memutih) karena terkena sinar matahari, lalu mencoba menjemur badan. Jangan! Pakaian itu mengandung tinta, jadi sinar matahari memecah ikatannya sehingga menjadi pudar. Sedangkan kulit tubuh mengandung melanin (pelindung kulit, bersifat warna gelap), yang ketika terkena sinar UV malah semakin banyak.

visika

visika
Akibat sinar UV
Karena pada umumnya orang Asia memiliki banyak melanin dan orang Eropa hanya memiliki sedikit, maka, saat kulit mereka terkena sinar UV, orang Asia akan kehitaman dan orang Eropa akan kemerahan. Penyakit perempuan itu keputihan. Jarang gosok gigi bisa menyebabkan kekuningan.

****

Lalu, kenapa cinta bisa memudar?

Ketika seseorang memiliki ikatan cinta, dia hanya bisa memantulkan (membalas) cintanya hanya pada orang yang dicintainya tersebut. Misal, kamu terikat cinta ama Isyana. Maka, Isyana ini hanya akan membalas cintamu saja. Sedangkan cinta-cinta lelaki lainnya hanya akan diserap (diredam, tak dipedulikan).

Namun, saat terjadi pertengkaran dalam hubungan, sering terjadi kesalahpahaman tanpa ada yang mau mengalah, biasanya kamu dan Isyana akan diem-dieman. Tidak saling menghubungi untuk waktu yang lama. Saat itu, cintanya Isyana akan merasakan terik yang panas.

visika
Berantem 
Belom lagi kalo temen-temennya manas-manasin, “Iya, brengsek emang tuh lelaki. Udah, putusin aja!” atau temennya yang lain bermesraan di depannya. Dan juga ada cinta-cinta lelaki lain yang mengarah padanya serta paparan mantan secara langsung, sedangkan kamu tetap membiarkannya. Maka, sedikit demi sedikit, Isyana mulai memantulkan cinta yang lain tersebut. Kemampuan meredam cinta lelaki lainnya semakin melemah. Cintanya padamu mulai pudar.

visika
"Udah, putusin aja!"
Paparan mantan secara langsung sendiri memiliki sifat seperti sinar UV, yang bisa memecah ikatan dan molekul-molekul move on. Karena itu, jangan biarkan sang pujaan hatimu sering terkena paparan mantan, terlebih secara langsung. Karena cintanya bisa memudar.

Jadi, jangan terlalu sering membiarkan kekasihmu ‘terjemur’, dibiarkan terlalu lama di bawah ‘terik’ yang bikin ‘panas’, serta terkena paparan mantan secara langsung. Karena yang awalnya hanya memantulkan cintamu, lama-lama akan memantulkan cinta-cinta orang lain. Dan cinta yang awalnya terang untukmu, perlahan akan memudar. Tapi, nggak dibiarin ‘terjemur’ bukan berarti malah sering ‘dipake’, ya. Jangan! Halalin dulu kalo mau.


visika
“Ilmu tentang frekuensi cahaya memang tidak bisa dipakai untuk membeli siomay. Tapi, dengan ilmu tersebut, kita tidak akan dengan bodohnya menjemur pakaian tanpa membaliknya terlebih dulu, warnanya pudar, dan kemudian marah menyalah-nyalahkan matahari.”

Salam V-sika
(baca: Peace-sika)



Sumber referensi dan gambar:
https://detektif-fisika-doni.blogspot.co.id/2014/04/mengapa-warna-baju-memudar-jika-dijemur.html
http://www.cottonnorthing.com/img/fading-shirts.jpg
http://webvision.med.utah.edu/imageswv/KallColor3.jpg
http://www.coolminiornot.com/articlesimg/art3f63602238281.jpg
http://b-beautyandloving.blogspot.co.id/2015/05/pentingnya-tabir-surya-dan-bahaya-sinar.html
http://nembino.blogspot.co.id/2014/07/wajah-terbakar-sinar-matahari.html
http://palingseru.com/63103/5-tanda-jika-pacar-atau-kekasih-sudah-tidak-suka-sama-kamu-lagi
http://www.merdeka.com/gaya/10-nasihat-dari-teman-yang-wajib-didengar-setelah-putus.html

Previous
Next Post »

54 comments

Click here for comments
17 February 2016 at 18:13 ×

oh pantes kemaren saya jemur cewek saya loh
biar keliatan putih
eh engga taunya pas diangkat jem 6 sore malah tambah item
abis itu diputusin deh
hore

Reply
avatar
How Haw
admin
17 February 2016 at 18:19 ×

Anda luar biasaaaa....
|o| |o| |o| |o| |o|

Reply
avatar
17 February 2016 at 18:26 ×

Baca Teori Fisikanya hanya bisa manggut2 aja bang, agak berat otakku buat nangkep.. yang aku tangkep kalo sebenernya pakaian yang dijemur terlalu lama itu bukannya memudar, tapi kembali ke warna fitrahnya.

Penyakit perempuan itu keputihan ?? Muahahaha

ujung2nyq nyalahin mantan lagi ya ?? hmmm
Memang berat kalo udah terkena paparan mantan yang terkutuk !!

Reply
avatar
17 February 2016 at 19:24 ×

eh, jadi kalau satu pakaian memantulkan 2 frekuensi warna/ lebih sekaligus, jadi dapetnya pakaian itu beda dari warna sebelumnya/putih, haw ? eh gimana sih -_-

karena memudar terkena paparan mantan, gue jadi inget mantan yang meudarm haw, kena paparan mantan juga si kampret hahaha

Reply
avatar
Elisa
admin
17 February 2016 at 20:25 ×

Jadi intinya sinar UV bisa memudarkan warna pakaian tapu nggak bisa memudarkan kenangan indah bersama mantan, gitu, Haw? #ehgimanasik

Reply
avatar
17 February 2016 at 21:27 ×

Oooh, gini toh penejelasannya. Makanya gue sering dikasih tau Mama tiap kali ngejemur kancut. Ternyata ada alasannya

Btw, asyik nih. Belajar Fisika dihubung-hubungin sama cinta. Pelajaran Penjaskes mana bisa. Hahaha

Reply
avatar
Weri Febri
admin
17 February 2016 at 22:44 ×

Kalau aku sih.. yg bakal kujemur itu si mantan.

Reply
avatar
18 February 2016 at 01:37 ×

Gue pernah tuh, Haw. Jemur baju ampe 3 hari gegara lupa ngangkat. Eh, jemurannya hamil. Duh, kok gini? Maaf-maaf. Gue lupa ngangkat karena lagi ditinggal ke Puncak, tapi orang rumah juga nggak ada yang ngangkat. Alhasil cuma jadi misscall deh. Duh, kok gini lagi? Alhasil baju gue panuan deh. Belang gitu, banyak putihnya. :(

Ternyata karena sinar matahari energinya kuat, ya.

Reply
avatar
18 February 2016 at 07:17 ×

Menurutku cinta bisa pudar karena dipanas-panasi teman hahahhhah

Reply
avatar
18 February 2016 at 07:48 ×

eh baru tau ternyata gini penjelasannya.
kalo baju batik malah jangan di jemur di matahari, malah kalo bisa di angin anginin aja malah.

Ini kok jemuran bisa nyambung ke mantan deh, gak ngerti lagi.
Tapi berguna banget nih postingan. lengkap.

Reply
avatar
18 February 2016 at 08:17 ×

Gue suka tiap main ke sini. Hahaa ada aja ilmu baru. Gue bacanya manggut-manggut.

Selama ini gue kalo jemur baju, bajunya dibalik, iya tujuannya supaya warnanya nggak pudar. Tapi nyatanya, malah cinta dia ke gue yang pudar. -_-'

Gud.
Diibaratkan ke cinta yang memudar. Hohooo kreatif kamu, Nak. Mama bangga.

Reply
avatar
18 February 2016 at 11:31 ×

Pas awal-awal baca aku bawaannya pengen ngangguk-ngangguk dan mencoba konsen sama kalimat demi kalimat, juga gambarnya. Begitu ketemu sama kalimat penyakitnya wanita itu keputihan, konsenku langsung memudar. Jadinya ngakak, Haw. Hahahahaha.

Iya bener, Haw. Kekasih jangan terlalu lama dijemur, dibiarin di bawah terik, apalagi terkena paparan sinar UV alias mantan. Apalagi kalau si mantan memaparkan sinarnya nggak main-main, dengan kekuatan penuh, bisa langsung pudar deh. Bukan pudar lagi mungkin, tapi cintanya langsung butek. Jadi cepat-cepat diangkat kalau memang udah kering, alias dinikahin kalau memang nggak ada yang ditunggu lagi. Iya nggak sih kayak gitu, Haw? Hehe. Huaaaaaaaaa pengen dihalalin biar nggak memudar T____T

Reply
avatar
18 February 2016 at 13:25 ×

Wah, kren nih artikel, dpat ilmu skaligus tips. Berkualitas deh pkoknya.

klo ngbaca tntang frekuensi chaya kyak diatas, jdi inget matakuliah fisika bngunan. Artificial light as colour impact, mas how.kyknya udah profesional nih hahah.

Untuk kulit gk cocok ya? Pntes, kbanyakan melamin sih. Oiya gmana dngan orang eropa yg suka brjemur mas? Apa bgusnya? Kan kulitnya jdi memerah? Tau gmana.mas?

Reply
avatar
Elya emon
admin
18 February 2016 at 13:29 ×

haha itu niki ke bangetan deh

Reply
avatar
18 February 2016 at 13:30 ×

wah baru tahu ternyata itu toh :)

Reply
avatar
18 February 2016 at 20:06 ×

INI JUGA TERMASUK GUYS hahaha

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 14:59 ×

dia roarrrrrrr biasa loh... :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:01 ×

Iya. Itu udah paham. pudar kan artinya melepas lapisan warnanya. kembali ke asalnya juga. :-d

bener emang. namanya juga mantan...e tapi jgn terkutuk juga lah... kan mantan itu berarti dia dan kitanya mantannya dia. berarti, kalo terkutuk, kitanya juga, dong...

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:04 ×

Iya, Er. karena sumber cahayanya itu putih, maka kemungkinan terpantul saat warnanya pudar adalah warna pelangi, yg ketika melewati mata, di otak terbaca menuju putih. tapi kalo yang dipantulkan hanya 2 frekuensi warna saja, warnanya akan berubah. misal, baju ijo muda di bawah lampu berwarna jingga, warnanya bisa menjadi coklat muda. kayak gitu lah.

hahahaha... apa-apaan itu, mantan-manatan yang berpaparan saat berpapasan. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:05 ×

eeeeee.....iya begitu mbak, el... :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:06 ×

Coba aja. kali aja bisa, atau nggak, dibisa-bisain. :-bd

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:14 ×

:-bd
Udah pudar belom pas dijemur?

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:23 ×

Yog.... :D :D :D :D

itu yang adaputihnya kayak panu, penyebabnya lain lagi sih. selain karena sinar matahari, kelembaban dan makhluk sekitar (kayak jamur) juga berpengaruh.

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:29 ×

IYaaaaaa... kan ada itu dibahas, bang... :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:32 ×

teorinya sih begitu, peh...
kalo batik, pas nyucinya juga kalo bisa jangan pake detergen. takut ngerusak warnanya.

eeee...ee...karena fisika kadang bikin pusingm jadi dihubung2kan aja dengan cinta, kali aja jadi ngerti. jadi ngerti kalo ini membingungkan. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:36 ×

Makasih, Mama Bangul...

Mungkin karena dia ngerasa lagi kamu jemur, sih, Ul. dia ngegombal aja kamunya biasa aja. eh, iya nggak, sih?

manggut-manggut karena bingung pastinya itu. aku yang bikin aja bingung.. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:41 ×

apa juga yang ngakakin dari keputihan? @@, semoga dgn kekonsenanmu, kamu menemukan sesuatu yang nggak ada, Nak.

Iyaaaaaa.... begitu, kok. ini kayaknya kamu lebih paham teorinya deh daripada aku, Cha. :-bd udah bisa itu komenan aku jadiin paragraf baru.

dihalalin, maksudnya disembelih, ya, Cha?

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:45 ×

Fisika Bangunan? kamu anak arsitektur, ya? pasti kamarnya berantakan sepanjang minggu. rapinya sehari doang. pasti sering ngeberantakin rumah temen juga. ama kertas-kertas... :-bd

(((melamin))) biarpun merah, tapi tubuhnya jadi hangat. itu yang lebih dipentingkan. di wilayah eropa kan keseringan iklimnya dingin. masalah bagus secara visual, sih, itu tiap orang di tiap negara beda-beda penilaiannya.

Reply
avatar
How Haw
admin
19 February 2016 at 15:50 ×

Pak, bapak komennya dari rumah sakit, ya? moga lekas sembuh.

Reply
avatar
20 February 2016 at 03:21 ×

bah, akhirnya keluar lagi v-sika dari bang how haw..... lama nggak baca wkwkwk ;p
kemana aja bang?

Reply
avatar
20 February 2016 at 09:01 ×

Mau warna pakaian tetap Awet? Tidak mudah luntur?
Gunakan produk deterjen kami SuperClearMan
DIJAMIN!!! Pakian Anda Awet bahkan saat dijemur diatas bara api sekaligus
Info selengkanya silahkan kunjungi website resmi Kami.

Reply
avatar
20 February 2016 at 09:05 ×

Baru tau paparan manatn punya sifat seperti sinar UV :v

Kalo isi dompet yang memudar itu kenapa bang Haw teori'a?
apa karena pantulan dari barang-baran yang berlabelkan diskon?

Reply
avatar
Weri Febri
admin
20 February 2016 at 09:10 ×

Baru mau dicoba.. tapi mantannya siapa? Hahaha *amnesia

Reply
avatar
20 February 2016 at 11:00 ×

Hahahaha saya pikir ini tulisan membahas tentang warna baju yang memudar akibat keseringan dijemur, eh ternyata nyambungnya malah ke mantan ngahahahaha

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 15:15 ×

aku nggak bisa sering-sering ngeblog lagi, Ji. Terkendala hal teknis. :D ini ngeblog sesempat dan sebisanya aja.

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 15:17 ×

Mau deterjen anda awet? gak cepet abis? jangan dipake aja. dipajang.

kamu ini mau jadi apa Chisanak? Sok-sok an jadi penjual deterjen.

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 15:19 ×

karena isi dompetmu dipake buat beli deterjen di atas. makanya cepet luntur. =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 15:20 ×

lah kan emang membahas tentang itu, Faaannn.... hal-hal lain itu hanya dinyambung-nyambungin aja... :ng

Reply
avatar
20 February 2016 at 15:32 ×

Ampun haw...bahasanya ilmiah banget
Eyke trauma ama fisika
Hoho

Owh, klo kepapar uv lama lama tapi jadi kusem sama kayak pakean kannn

Reply
avatar
uben herdian
admin
20 February 2016 at 16:55 ×

Kepikiran aja bahas ginian. Jadi gitu yah. Gue kalo jemur pakaian gak langsung kena matahari secara langsung, sih.

Ini kenapa jadi malah bahas mantan :D

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 17:46 ×

Lup amantan sendiri, jemur mantan orang juga bisa... @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 17:47 ×

Hahahaa... maaf, mbak... :D

Iya. makanya kaloa keapar ama mantan, lama-lama cintanya yg sekarang juga kusam...

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2016 at 17:48 ×

Iya. bagusnya sih gitu, bang Ben. biar awt warnanya. kainnya juga lebih awet. :-bd

maklum, salah fokus...

Reply
avatar
TABUH GONG
admin
20 February 2016 at 21:03 ×

Paedana dimari bro salam kenal aja..

Reply
avatar
21 February 2016 at 19:38 ×

Wih, analisisnya mantep, bang.

Trus mau nanya dong, bang. Kan gelombang cahaya itu hitungannya masuk gelombang elektromagnetik kan ya. Berarti gak perlu medium penghantar. Kalau gelombang cinta gimana, bang? Sama apa beda?

Reply
avatar
21 February 2016 at 22:41 ×

Sekian lama dan baru main kesini lagi :D gaya tulisanmu masih sama dan khas yak Haw :D akhir-akhirnya dikaitkan sama Cinta :D masiiih suka sama gaya tulisanmu ini :D

Reply
avatar
22 February 2016 at 10:54 ×

gelombang cinta mah taneman ,bak daraa.

Reply
avatar
23 February 2016 at 11:57 ×

Oke. gua cuma baca sekilas penjelasan ttg baju. Tapi lebih fokus soal Isyana. lebih mudah memahaminya. Sayangnya, dia gak pernah memahami gua :(

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2016 at 19:06 ×

Itu udah dijawab ama Ipeh... :D

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2016 at 19:06 ×

Salam kenal, Mas. :)

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2016 at 19:07 ×

Kebetulan aja yang dibaca kena ke cinta-cintaannya, Feb.... :D

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2016 at 19:08 ×

Tapi aku bisa memahamimu, kok, Man....

;)

Reply
avatar
Agen Casino
admin
26 May 2016 at 13:29 ×

Artikel yang sangat menarik :D
http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon