How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

Howhaw #121: Masalah Hidup Ini Hanya Tentang Bertahan Hidup

Respons: 9 comments
Assalamu’alaikum…

Perjalanan hidup manusia di dunia tak selalu lancar dan menggembirakan. Akan selalu ada masalah, masalah dan masalah. Masalah tersebut bisa membuat kita menjadi terpuruk atau juga bisa menjadi lebih baik. Namun, sebenarnya kenapa, ya, kita diberi masalah?

Howhaw #120: Mau Membuat Bahagia dan Menjaga Perasaan Orang Lain? Tetaplah Jelek, Tetaplah Rusak!

Respons: 19 comments
Assalamu’alaikum…

Dalam menjalani kehidupan, tentunya tak akan lepas dari hubungan sosial. Berinteraksi dengan orang lain merupakan kebutuhan tiap manusia. Selain membuat indera dan pikiran makin baik, bersosialisasi juga bisa menciptakan keadaan yang membuat manusia makin bersyukur dan bahagia secara rohani. Saling tolong menjadi faktor penting dalam hal tersebut. Karena jika salah satu mengalami kesulitan, teman sosialisasinya bisa membantunya. Sehingga timbul perasaan haru dan meningkatkan kebahagiaan.

Howhaw #119: [Fiksingkat] Kejutan

Respons: 8 comments
“Keluarga Pak Ryan lagi pulang kampung, Dek. Besok subuh baru pulang, karena paginya memang harus masuk kantor.”

Begitu kata tetangga Audina ketika mengobrol denganku yang terus menunggu di luar pagar rumahnya. Aku menunggunya datang untuk memberikan kejutan sambil menungu di dalam mobil. Sebelumnya aku mengabarkan sedang pergi ke luar kota untuk waktu yang cukup lama.

“Adek nggak mau menunggu di rumah saya saja? Ada kamar yang kosong, kok. Kayaknya malam ini bakal hujan gede, ini anginnya juga mulai kenceng,” ucap tetangganya lagi yang tinggal di seberang rumahnya. Aku menolak dengan halus.

V-sika #20: Kenapa Bulan Tidak Jatuh Ke Bumi?

Respons: 11 comments
Assalamu’alaikum…

Bulan merupakan benda luar angkasa dan merupakan satelit bagi bumi. Bulan yang terlihat di malam hari—terlebih ketika bulan purnama—dianggap memiliki keindahan yang sangat menenangkan, teduh dan tidak menyilaukan. Memang, cahaya bulan yang kita lihat bukan karena bulan tersebut mengeluarkan cahayanya sendiri. Melainkan pantulan cahaya matahari. Hal itulah yang menyebabkan cahaya bulan tidak membuat silau. 

Howhaw #118: Kalau Hanya Mementingkan Hasil dan Akhir, Itu Tandanya yang Kamu Lakukan Nggak Menarik

Respons: 11 comments
Assalamu’alaikum…

Manusia hidup di dunia ini selalu mengharapkan kebahagiaan. Untuk memperoleh kebahagiaan tersebut, banyak orang rela melakukan apa saja. Meskipun yang dilakukannya bisa dibilang melanggar hak orang lain. Dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari, mereka juga memilih yang membuat mereka bahagia. Atau paling tidak, memiliki hobi yang bisa membuat mereka lupa waktu. Karena saking bahagia melakukannya.

Howhaw #177: Tulisan yang Isinya Betul

Respons: 12 comments
Assalamu’alaikum…

Ketika masih esde atau esempe, saat diminta atau disuruh ama senior maju ke depan untuk melakukan sesuatu, dan kitanya malu-malu buat maju, akan ada seorang yang menyorakkan dengan kalimat,
“Rasanya lama betul~
Rasanya lama betul~
Rasanya lama betul~”
Lalu temen-temen kita lainnya ikut-ikutan menyoraki atau maksudnya menyemangati agar kita segera tampil.

Howhaw #176: Kenapa Perempuan yang Selalu Benar? Padahal Lelaki yang Lebih Pakai Logika

Respons: 30 comments
Assalamu’alaikum…

Dalam pergaulan sehari-hari, perempuan dikatakan lebih menggunakan hati atau perasaannya dalam bertindak. Sedangkan laki-laki lebih menggunakan logika atau pikirannya. Misalnya tentang mau makan apa hari ini. Perempuan, yang cenderung menggunakan hati, tentu lebih memilih tempat makan yang selain makanannya enak, juga menginginkan suasana di tempat makan tersebut cozy, nyaman, romantis, ya pokoknya bikin hatinya senang.

Sedangkan kalo laki-laki, dia akan memilih tempat makan yang deket, murah, enak, ya pokoknya yang bikin perut kenyang. Karena memang yang lapar itu perut, kan~ Secara logika, ya, lebih penting menuntaskan masalah perut yang lapar tersebut.

Howhaw #175: Kenapa Kita Harus Menghormati Ibu?

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum…

Pertama, selamat memasuki tahun keempat buat blognya Yoga. Udah. Sebenernya ini gak perlu ditulis, tapi entah kenapa malah ngetikyoga begitu saja. Padahal sedari awal saya sudah Mengunci Ingatan buat gak nulis begini. Tapi mau gimana lagi. Menulis, curhat dan berbagi akan membuat hidup bahagia~

Ibu. Ibu itu adalah mama.
Mama adalah orang…
Yang selalu memukul dan memarahiku.
Itu.

V-sika #19: Apanya yang Mati pada Laut Mati?

Respons: 26 comments
Assalamu’alaikum…

Saat ini, hampir semua orang berusaha untuk menjadi orang yang humoris. Latar belakang usaha mereka tersebut pun bermacam-macam. Ada yang untuk mencari uang, menyembunyikan perasaan sedih mendalam, dan ada juga yang untuk menggaet gebetan. Katanya kan, pria humoris itu merupakan idaman perempuan.

Mungkin lagi berusaha untuk menjadi pria yang humoris, kemarin di kantin kampus ada yang berbicara lantang, “Kalian tau laut mati?” yang lain ngangguk, dia lanjut berbicara dengan intonasi sombong, “Itu aku yang ngebunuhnya.” Ehe he he heh. 

-_- Ya Alloh itu recehan zaman kapaaaaaaaaaaannnnnn?

Dulu, saat pertama kali mendengar kata “Laut Mati”, langsung timbul pertanyaan di benak, “Apanya yang mati?”.

Surga Kecil yang Tersembunyi di Amatoa Resort Bulukumba, Sulawesi Selatan

Respons: 21 comments
Assalamu’alaikum…

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terlebih yang menjadi rutinitas selama seminggu, manusia pasti akan mencapai kejenuhan atau kelelahan. Baik lelah secara fisik, maupun lelah secara pikiran. Kenapa lelah dan jenuh ini bisa muncul?

Menurut Ustaz Pesbuk (karena muncul di feed Facebook, dan nggak jelas sumber aslinya), lelah pada manusia itu muncul karena dalam melakukan aktivitas dunia, manusia nggak mau melihat panduan hidup. Misalnya, dalam ayat Alquran (QS. Al-Jum’ah : 9), perintah salat itu adalah “Berlarilah!”, eh manusianya malah duduk-duduk santai. Pas udah deket mau abis waktunya, baru deh kelabakan. Ya lelah.

Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi