V-sika #6: Kenapa Kamar Mandi Bisa Membuat Suara Indah?

Assalamu’alaikum...

Hampir semua orang suka bernyanyi dan suka pada penyanyi. Terlebih kalo gebetannya yang menyanyi. Meski tidak semua orang memiliki suara yang nyaman didengar, ada satu tempat yang bisa membuat suara siapa pun menjadi indah. Kamar mandi.

hawadis howhaw
Dengan bernyanyi di kamar mandi, suara kita mendadak seperti penyanyi profesional. Kalo didengar lebih seksama, saat bernyanyi di kamar mandi, suara kita terdengar lebih panjang dan memberikan efek yang mengagumkan. Tapi bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Suara merupakan gelombang, dan gelombang bisa memantul ketika bertemu permukaan keras. Istilah fisikanya disebut echo/gema. Peristiwa gema sering kita jumpai saat berteriak di pegunungan. Misalnya kita berteriak, ‘Kamu Bodooohhh...,’ Maka sesaat kemudian akan terdengar suara yang sama dari kejauhan. Kalo mau mencoba, saya sarankan kalimat teriakannya diganti. Hehe.

Kamar mandi juga memiliki permukaan keras yang bisa menimbulkan gema. Tapi karena jaraknya yang berdekatan dengan sumber suara (orang yang bernyanyi), gema yang terjadi hampir bersamaan dengan suara aslinya. Itulah yang menyebabkan suara kita saat bernyanyi di kamar mandi terdengar lebih panjang. Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah ‘Reverberation’. Peristiwa yang bisa menyebabkan semua orang mendadak bersuara emas di kamar mandi.

‘Mas.. emaaass... cepetan mandinya! Jangan nyanyi melulu. Berisik!’
*eee... bukan emas yang begitu sih maksudnya XD*

hawadis howhaw
Gema

Tapi, kenapa saat kita menyanyi di kamar tidur tidak terjadi peristiwa yang sama. Padahal dinding kamar tidur juga keras dan jaraknya dekat?

Tidak seperti kamar mandi yang sebagian besar kosong, kamar tidur berisi macam-macam barang. Kasur, boneka, pakaian tergantung, lemari, tas, bantal, pigura foto mantan serta benda lain yang permukaannya lunak. Akibatnya, bukan menimbulkan gema, barang tersebut justru menyerap suara.

Jadi jangan heran kalo banyak orang mengajak anda pergi karaoke. Barangkali mereka baru tes suara di kamar mandi.

*****

Di sekitar kita juga sering ada kan, orang yang merasa dirinya pintar dan paling benar. Pokoknya merasa paling lah. Cakep? Dia. Benar? Dia. Kaya? Dia. Presiden? dua. Keduanya juga merasa menang dan paling benar kan.



Orang yang merasa paling, baik paling pintar maupun paling menderita, pada dasarnya memiliki dinding pemikiran dan dinding hati yang sempit/berdekatan. Saat dia merasa atau berargumen, permukaan ‘pikiran’ atau permukaan ‘hati’-nya, akan memantulkan argumennya dan menciptakan gema yang hampir bersamaan. Sehingga seolah ada yang mengiyakan. Akibatnya, dia semakin percaya bahwa dirinya memang hebat.

Orang yang menyanyi di kamar mandi, dengan anggapan suaranya bagus padahal nggak, untuk menyadarkannya perlu teriakan dan gedoran dari orang lain. ‘Berisik woii...’ ‘dhuk dhuk dhuk’ *bayangin suara pintu digedor*

Untuk orang yang merasa dirinya paling, mungkin untuk menyadarkannya juga memerlukan teriakan dan sedikit tamparan orang lain.
‘Plaaakkk...’
‘Sadar dong, di atas langit masih ada langit. Dan di bawah bumi masih ada bumi. Karena takdir setiap yang merasa paling, adalah kehancuran dan kehinaan. Seperti setan yang awalnya dimuliakan, tapi karena merasa paling, ya gitu deh.’


hawadis howhaw
Ilmu tentang Reverberation memang gak kita perlukan saat membeli siomay. Tapi dengan mempelajari ilmu tersebut, kita bisa tahu bahwa sejelek apapun suara, jika didendangkan di tempat yang mendukungnya, pasti akan terdengar sangat bagus. Karena semua keindahan, memiliki tempatnya masing-masing.’

Salam V-sika.
(Baca: Peace-sika)



Sumber Referensi:
Doni A. Yudono
Jawaban.com


Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul V-sika #6: Kenapa Kamar Mandi Bisa Membuat Suara Indah? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

18 comments:

  1. haha betul betul. kamar mandi udah berasa jadi panggung konser tunggal. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamar mandi bisa membuat bahagia, kenapa harus mengemis pada orang lain :p #Gubrak

      Delete
  2. Ternyata selama ini, suara gue hanyalah efek. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buktikan dengan mengikuti kontes Idol mas... kayak bg Indra :-bd

      Delete
  3. makanya kamar mandi jadi tempat favorite gue karoke.. hahahaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu... tapi waktu aku mau favoritin kamar mandimu juga, kok gak bisa? di protek ya? @@,

      Delete
  4. Pantesan karaoke kemarin cuma dapet skor 30, perasaan pas di kamar mandi udah bagus. Ternyata ini penyebabnya. Sungguh terlalu.. lu..lu..lu.. (ceritanya menggema)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^ini orang percaya banget dengan skor karaoke... heran..an an n n n...

      Delete
  5. Mau di kamar mandi atau dimanapun sama aja, suara gue gak nyaman didenger. Tapi gue suka nyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan begitu... kalo bukan kamu sendiri yang bilang suara kamu bagus, lalu siapa lagi?

      Delete
  6. oh jadi gitu, pantes aku PD banget kalo nyanyi di kamar mandi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek yak... tapi kalo gak ada yang teriakin ato yg gedor-gedor, bisa jadi, suaramu memang bagus. |o|

      Delete
  7. "Sejelek apapun suara kita, kalau didendangkan di tempat yg mendukungnya pasti akan sangat bagus."
    Bisa nih jadi ada quote baru, "Everyone can sing...if only in bathroom."
    Hahaha :D

    Btw, salam kenal ya, bang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah... bisa..bisa...
      :-d

      Salam kenal juga Mayang

      Delete
  8. Haha pinter, bener juga mas hahaha

    ReplyDelete
  9. berarti intinya kalau ada yang sok sok gitu selain dengan cara di tampar atau di gedor,bisa lah ya di sumpal pakai kasur bantal dll yang bisa meredam echo nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibunuh aja sekalian :| enta idupin lagi pake dragonball.

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~