Friday, 18 July 2014

Howhaw #119: Sarang Lebah Kenapa Berbentuk Segienam

Assalamu’alaikum...

Saat berbuka tadi, di antara pilihan yang manis terdapat madu. Iya, yang dibuat ama lebah itu. Yang rasanya manis. Gak bisa basi dan memiliki banyak khasiat. Namun, meskipun madu itu manis dan memiliki banyak manfaat, seorang istri tetap saja tidak menyukai 'madu' suaminya.


Dalam memilih madu yang asli, kita bisa mencoba beberapa tips. Seperti tidak mudah merembes di kertas, tidak disemuti dan jika pentul korek direndam di dalamnya, pentul korek tersebut tetap bisa menyala. Namun, yang paling manjur sih,  suruh papa bawa madu ke rumah. Kalo mama marah, berarti itu ‘madu’ asli.

Tapi yang menarik dari madu bukan hanya khasiatnya, tempatnya juga. Sarang lebah yang digunakan untuk menyimpan madu tersebut bentuknya unik. Segienam. Kenapa gak segiempat atau segi sama sisi yang lain?

hawadis howhaw
Sarang Lebah

Ada beberapa bentuk yang bisa digunakan lebah, seperti segitiga, segiempat sampai segidelapan. Namun, untuk membuat bangun-bangun yang bersambung kontinyu tanpa menyisakan ruang kosong, yang memungkinkan hanya segitiga, segiempat dan segienam. Kekontinyuan yang dimaksud seperti berikut:

hawadis howhaw
Susunan Kontinyu

Kenapa tidak bisa menggunakan bentuk lain selain segitiga, segiempat dan segienam? Karena bentukan yang lain akan memiliki sisa ruang kosong seperti ini:
hawadis howhaw
hawadis howhaw
Susunan Bercelah

Sesuai fungsinya, sarang lebah digunakan untuk menyimpan madu. Dari itu, diperlukan ruang yang besar agar madu yang dihasilkan semakin banyak. Masalahnya, untuk membuat sarang yang besar, lebah harus bekerja lebih keras, di luar kerja keras mengumpulkan madu. Untuk itu, diperlukan ruang yang efisien atau minimalis. Efisien berarti, dengan bahan sesedikit mungkin, menghasilkan ruang sebesar mungkin.

Dari bangun yang bisa diterapkan tadi, mari kita bandingkan mana yang lebih efisien. Panjang keliling bentukan tadi menunjukkan bahan yang diperlukan (bahan lilin untuk membuat sarang). Sedangkan luasnya menunjukkan besar ruangan sarang lebah (jumlah madu yang bisa disimpan).

Misalkan lebah memiliki modal lilin untuk membuat satu ruang dengan keliling 12 satuan. Nah, dengan sisi ruang yang sama panjang dan dengan keliling yang sama setiap bentuk ruang, maka diperoleh hasil sebagai berikut:

hawadis howhaw

Dari perhitungan tersebut, terlihat bahwa dengan keliling yang sama, bentuk segienam menghasilkan ruang yang lebih besar dibandingkan bentuk segitiga maupun segiempat. Itu berarti, bentuk segienam merupakan bentuk paling efisien bagi lebah untuk dijadikan sarang. Padahal, perlu sekolah dan melakukan analisis untuk menentukan bentukan efisien tersebut. Lalu, siapa yang memberi tahu lebah bentukan tersebut efisien? Coba kita tanya kepada mereka yang tak bertuhan.

Lebah yang merupakan salah satu binatang, yang notabene menjadi olok-olokan manusia, ‘Sial. Binatang lu,’ ternyata bisa menentukan dengan benar hal yang perlu analisis perhitungan. Padahal banyak manusia yang ngaku berotak belom bisa menentukan mana yang lebih efisien dari bentukan tadi. Namun, wajar sih, kebanyakan manusia hanya mencari ilmu yang bermanfaat untuk membeli siomay saja. Ya, seperti ocehan mereka, ‘Ngapain belajar statistika, integral, fisika. Itu gak bakal berguna buat beli siomay.’

Melihat hal itu, mungkin manusia gak perlu malu kalo dikatain 'binatang'. Karena nyatanya, banyak binatang yang memiliki kemampuan hebat. Mungkin binatang yang harus malu saat dikatai teman sesama binatangnya dengan umpatan ‘seperti manusia’. Iya nggak sih?


Sumber:
apakabardunia.com/struktur-sarang-lebah
matematikabijak.blogspot.com/heksagonal-sarang-lebah


Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Howhaw #119: Sarang Lebah Kenapa Berbentuk Segienam Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

19 comments:

  1. ini pelajaran apa pak guru? ipa apa matematika? hahhhaks.. kok ngga dikasih PR sih hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajaran... tentang... itu deh pokoknya. gak perlu PR, karena setiap orang punya pekerjaannya masing-masing.

      Delete
  2. WOW!! Keren nih :D eh, ngapain belajar statistika, integral, fisika? pusing tau gak. *kemudian digebukin sama yang punya blog* :))

    ReplyDelete
  3. ini kemarin udah gua nonton sih di trans 7. tapi lupa judulnya apa. haha.
    keren haw. besok2 jualan madu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pernah nonton tipi lagi sih Man, jadi aku juga gak bisa bantu ngingetin. kalomau pesan, aku bisa nyarikan yg asli. minat?

      Delete
  4. kalo lingkaran, cintanya tak berujung *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...yg artinya juga balik ke awal lagi... kalo awalnya jomlo, ya balik lagi ke jomlo... | ~Putus lagi cintaku~ putus lagi jalinan kaaassiiiiihhh~

      Delete
  5. akhirnya tentang siomay lagi.. *laper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Bang, siomaynya dua buat Dwi ya.Pedes.*

      Delete
  6. Woh brati emang bener-bener memanfaatkan ruang banget ya lebah, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebh emang keren. mending miara lebah mas Hen, burungnya dilepas aja.

      Delete
  7. Oh ternyata ada alasannya ya.. Keren nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebah kan pintar. gak asal bikin-bikin. :-d

      Delete
  8. Baru sadar kalo ternyata ada perhitungannya.
    Salam kenal juga, followback boleh?

    Salam dari Galassia del Sogno

    ReplyDelete
  9. ternyata perhitungannya sepertinya rumit, dan gue ngga ngerti -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau aku jelasin lagi dari awal? silahkan baca lagi... :p

      Delete
  10. :-d
    kaya cukup ngitung uang aja deh gue
    *efek jadi anak akuntansi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh... semuanya jadi sepertri uang ya.. @@,

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~