Padahal Mampu Menembus Tembok, Tapi Kenapa Ucil Bisa Tertabrak Lori?

Assalamu’alaikum…

Dua minggu terakhir bulan puasa, saya selalu menyempatkan untuk menonton sinetron Tuyul dan Mbak Yul. Bukan menyempatkan kali, ya, melainkan nggak tahu mau nonton apa di saat tengah malam dan lagi nggak bisa tidur sampai waktu sahur. Pemilihan menonton sinetron tersebut juga random, sih. Tetiba saja youtube nge-play vidio Tuyul dan Mbak Yul saat dibiarkan autoplay.

Ketika mendengar soundtrack pembuka sinetronnya, saya jadi teringat dengan pertanyaan suatu akun di media sosial. Padahal bisa menembus tembok, tapi kenapa Ucil sampai tertabrak lori?
kok bisa tertabrak lori
1) Kok, bisa tertabrak lori, ya?
Memang, di soundtrack lagu Tuyul dan Mbak Yul, diceritakan bahwa si Ucil adalah spesies tuyul yang tidak mau mencuri lagi, padahal mencuri bagi kaum Tuyul adalah suatu kewajiban. Oleh raja tuyul, Ucil akan diberi hukuman, tetapi Ucilnya lari ke dunia manusia. Dikirimlah algojo untuk menangkapnya.

Dalam pelariannya, si Ucil disebutkan sampai-sampai menabrak lori. Oiya, lori ini merupakan kereta/gerobak yang bisa dipakai untuk mengangkut barang atau penumpang. Pada adegan di sinetronnya sendiri, lori tersebut diganti dengan alat tranportasi yang lebih umum, mobil. Berikut lirik lengkap lagu Tuyul dan Mbak Yul-nya.

Kata cerita di antah berantah
Tuyul sedang bersidang
Si Ucil tuyul yang suka melawan
Mencuri tak mau dia

Ucil pun tak mengerti
Dikungkung dia lari
Dikejar algojo, sampai-sampai tertabrak lori
Untung ditolong Yuli

Tertabrak. Kok, bisa? Kemana perginya kemampuan tembus-tembusnya?

Kalo kita mau menyempatkan menonton ulang sinetronnya, kita bakal langsung tahu kok, jawabannya. Ada dua faktor yang memengaruhi fenomena menembus tembok yang dilakukan oleh kaum tuyul.

Pertama, keinginan dari si tuyul yang bersangkutan. Jadi, skill menembus tembok ini merupakan kemampuan yang memerlukan kendali manual. Kalo tuyulnya mau menembus, maka skill-nya bisa diaktifkan. Kalo sedang tidak mau, atau tidak menyadari ada tembok/penghalang lainnya, ya, mereka nggak akan bisa menembusnya.
bisa mengatur kapan tembus kapan tidak
2) Bisa mengatur kemampuan menebusnya
Hal ini dibuktikan dengan penggambaran bahwa si tuyul masih bisa sangkut di pohon, masih bisa kepentok, dan bisa mengangkat barang-barang manusia. Kalo kemampuan menembus si tuyul selalu aktif, gimana ceritanya ada adegan minuman melayang? Harusnya tangan tuyulnya auto gak bisa megang gelasnya, dong.

Ingat tidak dengan adegan Ucil yang menolong Mbak Yul saat diganggu orang jahat? Ucilnya bisa menarik baju, memukul dan menendang penjahatnya. Sama juga ketika tuyulnya mencuri, uangnya bisa mereka pegang. Sebab, kaum tuyul memang bisa mengatur dirinya, kapan harus tembus.

Faktor kedua adalah pengaruh baju yang dipakai. Kita semua pasti tahu, jika si Ucil memakai pakaian manusia, maka sifat tubuhnya akan seperti manusia. Akibatnya, kaum manusia bisa melihat wujud si tuyul. Dia tidak akan bisa menggunakan kekuatan tuyulnya sampai dia melepas pakaian manusianya.

Sadar tidak kenapa lirik terakhir lagu Tuyul dan Mbak Yul itu “untung ditolong Yuli”? Kok, Mbak Yul bisa menolongnya? Kan, kaum tuyul nggak bisa dilihat manusia. Iya, saat kejadian tertabrak tersebut, si Ucil sedang memakai pakaian manusia. Makanya Mbak Yul bisa segera menolong Ucil. Yang nabrak, ya, mbak Yul-nya juga, sih, secara tidak sengaja.
penyebab-ucil-tertabrak-lori
3) Ucilnya lagi pakai baju manusia saat tertabrak
Nah, begitulah kejadiannya kenapa si Ucil bisa tertabrak lori meskipun punya kemampuan menembus tembok. Jika tidak tahu mau menonton apa di rumah saat situasi begini, Tuyul dan Mbak Yul bisa jadi pilihan. Menghibur iya, mendidik iya, menyindir juga iya.

Review singkat beberapa sinetron tuyul

Ada sekitar empat versi sinetron tuyul yang sudah saya tonton.
- Tuyul dan Mbak Yul (1997-2002)
- Tuyul Millenium (2003)
- Di Sini Ada Tuyul (2014)
- Tuyul dan Mba Yul: Reborn (2016)
Tuyul Millenium memiliki season 2, Tuyul Millenium 2 + Mbak Yul, tapi saya belum pernah menontonnya. Keburu dihapus youtube juga. Setelah 2016, memang rada susah mencari berbagai hal di internet. Banyak yang diblok dan dihapus.
Kalo mau menonton sinetron tuyul, saya sarankan menonton yang versi pertama. Jumlah episodenya juga sudah sangat banyak. Tiga lainnya diabaikan nggak apa-apa. Namun, kalo mau lanjut menonton semuanya, ya, nggak masalah juga, sih. Hanya saja, mungkin bakal berasa cringe nantinya.

Di versi tuyul yang pertama, kita bakal disuguhkan cerita utama tentang pengejaran si Ucil oleh dua algojo tuyul. Cerita sampingan yang berbeda tiap episodenya juga disajikan dengan apik. Mereka mengangkat isu-isu sosial, pentingnya sekolah, pesta piala dunia, dan kearifan lokal yang berbalut komedi ringan hingga slapstick.

Semua karakter dan rule-nya juga terjaga, dalam artian tetap konsisten sejak diperkenalkan. Tuyul tidak bisa dilihat manusia (hingga memakai baju manusia), senjata tuyul hanya berpengaruh pada makhluk gaib, dan manusia tidak bisa melihat senjata tuyul.

Adegan komedi yang ada ngatain karakter lainnya, diletakkan di situasi yang tepat. Misal, Untung yang ngatai Budi, budek, karena apa yang diminta Untung, si Budi malah membawa barang berbeda. Atau Samson yang dikatai goblok oleh Pampam, karena tidak pernah tahu istilah-istilah yang sudah umum. Kalo berdasarkan pengamatan saya, tuyul versi pertama ini nilainya 8/10.

Namun, kenapa Ucil dikejar terus? Kenapa nggak dibiarin saja kalo sulit ditangkap? Toh, cuma satu tuyul

Ketakutan raja tuyul, jika membiarkan si Ucil, adalah akan banyak tuyul lainnya yang mungkin akan mengikuti pilihan si Ucil. Terlebih, dalam ceritanya, Ucil selalu memengaruhi tuyul lain yang dijumpainya untuk berhenti mencuri.

Nah, di sekuelnya, Tuyul Millenium, ketakutan raja tuyul tersebut terbukti. Tuyul yang bernama Acil, ikut-ikutan si Ucil dan berhenti mencuri. Di tahun millenium itu, banyak tuyul yang punya kesadaran bahwa tiap tuyul bebas menentukan nasibnya sendiri. Berulanglah adegan pengejaran tuyul insaf oleh dua algojo tuyul.
acil dan abangnya
4) Acil curhat pada abangnya perihal berhenti mencuri
Karena berupa sekuel dan karakter Acil yang unik, juga kemampuannya yang didukung teknologi (ala-ala kemajuan masa millenium), sinetron Tuyul Millenium menurut saya masih terbilang seru. Belum lagi ada pemeran Ucil (Ony Syahrial) yang muncul dan ikut membantu Acil melawan algojo. (6,5/10)

Di Sini Ada Tuyul mengangkat cerita sedikit berbeda. Cerita utamanya bukan di tuyulnya, melainkan pada karakter pemeran utamanya, Irfan, yang selalu dizalimi. Dia dituduh mencuri uang, nasibnya seperti cinderella atau Lala di sinetron Bidadari lah. Difitnah dan dibully mulu.

Melihat manusia ada yang sampai dituduh begitu, Unyu (tuyul piaraan Pak Jamrud), memutuskan untuk berhenti mencuri. Lalu setelah kejadian tolong-menolong, Irfan dan Unyu berteman. Pak Jamrud yang tidak terima satu tuyulnya pensiun, kemudian menyuruh dua tuyul piaraan lainnya untuk menangkap Unyu agar bekerja untuknya lagi.
di sini ada tuyul
5) Irfan si anak soleh dibully
Secara cerita, saya nggak begitu suka, sih. Namun, masih bisalah diberi nilai 4,5/10. Namun, kalo demen nonton sinetron yang dulu terkenal dengan kalimat “tolong Baim ya Allah” atau sejenisnya, mungkin kalian akan cocok nonton tuyul versi yang ini.

Tahun 2016 adalah tahunnya film ala reborn-reborn

Dimulai oleh Warkop DKI: Reborn yang ceritanya menurut saya nggak jelas—jelek. Muncul kemudian sinetron reborn lainnya. Ada jin, jinny, dan tuyul. Hasilnya, ya, sama. Nggak jelas juga. Jangan-jangan reborn itu di kamus perfilman Indonesia emang bermakna nggak jelas.

Satu-satunya yang membuat sinetron Tuyul dan Mba Yul: Reborn dulu sempat naik, ya, karena mengambil cerita “Tuyul dan Mbak Yul”. Udah. Orang yang menontonnya berharap bakal bernostalgia dan disajikan cerita yang menyenangkan seperti dulu. Namun, yang muncul malah cerita yang rada mengganggu di mata dan telinga.

Komedi slapstick, sih, iya, tapi ceritanya jangan dibuat berantakan dan pokoknya ngatain sambil ketawa saja. Selain memaksakan ceritanya itu lucu, Tuyul reborn ini juga terlalu berusaha agar ceritanya terlihat logis. Misalnya, kenapa mereka berlari saat memburu Ucil padahal bisa ilmu teleportasi. “Teleportasinya hanya bisa dipake lima kali sehari”, katanya. Padahal, dalam sekali penayangannya, dalam satu hari, mereka teleportasinya ada yang sampai tujuh kali.
tuyul rebon ada pamela bowie
6) Mungkin juga karna pesona Pamela Bowie, makanya rame awal kemunculannya
Sejak menit kesatu episode pertama, cerita Tuyul dan Mba Yul: Reborn ini memang sudah nggak logis. Ucil, kan, kabur. Dikejar algojo. Ucil bisa menembus pohon, algojonya nggak bisa. Ucil bisa dalam sekali lompat menyeberangi danau yang lebar, algojonya nggak bisa. Bisanya hanya jalan di atas air danau, itu pun satu tuyul algojonya mesti digendong.

Melihat algojo tuyul berjalan di atas air, Ucil berucap, “hebat sekali mereka”. Ya Allah, hebatan mana dengan yang sekali lompat, danau lebar terseberangi, hah? Bahkan, berdasarkan keterangan algojonya, Ucil sekali lompat juga bisa melewati gunung. Algojonya yang nggak bisa. Bahkan, Ucilnya bisa berubah wujud jadi Raja Tuyul, dan algojonya nggak bisa mengetahuinya.

Di mana-mana, orang lari itu karena nggak bisa menghadapi kekuatan yang mengejarnya. Pertanyaan saya, pengarang seperti apa yang membuat cerita, karakter algojo lemah mengejar karakter yang jauh lebih sakti?

Kemudian algojonya diberi senjata, ya, sama lah seperti cerita tuyul sebelumnya. Tahu tidak apa salah satu senjata yang dipakai algojo mengejar Ucil? SAPU TERBANG, yang tidak bisa mereka kendalikan. Mereka, kan, bisa teleportasi. Yang sekali ngilang langsung muncul di tempatnya Ucil. Ngapain mereka harus pakai sapu terbang? Itu pun nggak bisa mereka kendalikan. Sumpah, kesel saya pas nontonnya.

Ngapain, sih, berusaha bener buat terlihat logis kalo ceritanya diniatkan absurd? Gak usahlah diberi narasi alasan masuk akal yang nggak nyambung dengan ceritanya. Fokus main karakter dan sentil-sentil fenomena yang lagi rame sajalah.

Belom ditambah cerita samping kesehariannya Mba Yul dan pacarnya. Se-cringe sinteron azab bagian jenis azabnya lah. Entah kalo penulis ceritanya emang sama. Rule-nya juga nggak konsisten. Ucil, yang pakai baju manusia, masih bisa mengecilkan tubuh dan pakaiannya ikut nyusut (mengecil karena ada teman kelasnya yang nakal nunggu depan pintu). 

Senjata tuyulnya juga masih ambigu. Senjata khusus tuyul, tapi bisa menggosongkan manusia. Bisa dilihat dan dipegang manusia juga. Namun, sering juga diceritakan nggak kelihatan oleh manusia saat dipakai/dibawa oleh tuyulnya. Rada bikin bingung saja, sih. Mungkin mau mencontoh Tuyul Millenium yang Ony (manusia) juga sering gosong dan bisa melawan kaum Tuyul.

Namun, pada versi millenium itu, Ony mengalami kejadian kompleks yang membuatnya berkebalikan dengan fenomena Ucil dulu. Ucil jadi seperti manusia karena memakai pakaian manusia, sedangkan Ony jadi bisa melihat bangsa gaib karena pengaruh senjata tuyul. Asep (pembantu Mba Yul), selamanya nggak bisa melihat tuyul, tapi terus-terusan gosong oleh senjata gaib yang nggak kelihatan gaib. Bingung jelasinnya.  

Adegan yang bisa sangat menarik di tuyul reborn harusnya saat Ucil berhasil dibawa kembali ke gunung.

Kita pasti bertanya-tanya, kan, apa yang akan terjadi kalo Ucil benar-benar tertangkap?

Saya juga sering bertanya demikian. Karena begitu gigihnya algojo mengejar, begitu pentingnya menangkap Ucil sampai raja tuyul turun tangan. Namun, apa yang kita dapatkan di tuyul reborn mengenai Ucil yang berhasil ditangkap? Ucilnya dikurung pake kandang ayam. Rajanya lalu pergi tidur. Algojo yang lemah dan gobloknya disuruh mengawasi (episode 3).

Nge-reborn cerita Di Sini Ada Tuyul mungkin maksudnya, yang Unyu dikurung di kandang ayam oleh majikannya. Bedanya, di cerita tuyul yang itu, Unyunya kemudian dimasukin ke dalam botol (cara nangkap tuyul oleh manusia). Di tuyul reborn, Ucilnya nggak sampai dibotolin. Beneran dibiarin aja dengan keterangan kurungan ayamnya dialiri listrik sehingga tidak bisa kabur. 
nasib ucil jika tertangkap
7) Ucil kan nggak mau mencuri, dikurung begitu, ya, keinginan Ucil malah terwujud, dong~
Hei, kalo itu kurungan ayam bisa membuat Ucil nggak bisa kabur, kenapa nggak dikombo ama skill teleportasi saja sejak awal? Ngilang, lalu muncul di atas Ucil, kurung deh, selesai. Ah.

Karena dibiarin dijaga oleh algojo yang goblok, Ucilnya berhasil kabur lagi. Tahu cara kaburnya? Copy-paste tanpa edit menggunakan cara si Kancil kabur dari kurungan pak tani yang dijaga seekor anjing. Persis. 

Saya pikir, setelah Ucil berhasil ditangkap dan dibawa ke gunung/dunia tuyul, Ucilnya bakal disidang, bakal dihukum berat dan dijadikan contoh ancaman agar tuyul lain tak berani berhenti mencuri. Eh, tahunya nggak sepenting itu. Dikurung doang mah jadinya malah ngewujudin keinginan si Ucil. Nggak mau mencuri -> Dikurung -> Nggak bisa mencuri lagi -> Mimpinya tercapai. 

Kalo di-rating, menurut saya, Tuyul dan Mba Yul: Reborn ini nilainya 3/10. Masing-masing satu poin untuk ke-lola-an Mimi, kecantikan Laras dan akting kerennya Radit (Keisha Alvaro). Tuyul dan Mba Yulnya? Mending nggak usah ada. 


Sumber gambar:
1) https://paragram.id/berita/tuyul-dan-mbak-yul-sitkom-paling-progresif-di-zamannya-7088?page=1
2) https://www.youtube.com/watch?v=vmuS_TQ1c4A&t=480s
3) Tuyul dan Mbak Yul ep. 1 (https://www.youtube.com/watch?v=HLP6lJkxjkI)
4) Tuyul Millenium ep. 1 (https://www.youtube.com/watch?v=os16V1-sY9w)
5) Di Sini Ada Tuyul ep. 1 (https://www.youtube.com/watch?v=SNIhn0KgaoY&t=2069s)
6) https://www.youtube.com/watch?v=tVqnHjgqIfc
7) https://www.youtube.com/watch?v=B-ZrjO24p68
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Padahal Mampu Menembus Tembok, Tapi Kenapa Ucil Bisa Tertabrak Lori? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

17 komentar:

  1. HAHAHAHAHA. CUMA MAU KETAWA AJA. KARENA KAYAKNYA ENGGAK PERNAH NONTON SELAIN YANG VERSI AWAL. ULASANMU SEPERTINYA SUDAH MEYAKINKAN TANPA PERLU MEMBUKTIKAN.

    Lupa pencet capslock lagi, terus jadi kapital semua. Bodo amatlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tontonlah, hey, biar bisa memvalidasi dan mengoreksi review saya. kali saja saya salah, walo saya merasa nggak salah dalam menilai sih. ampe saya tonton berulang loh 10 episode awal versi yg reborn.

      Hapus
    2. kan menurut nasihat orang bijak, jika tidak suka dengan orang/sesuatu, coba digali dulu lagi, coba dikenal lebih dalam lagi.

      saya udah coba bang. dan benar, setelah nonton berulang lebih dalam, dari yg awalnya tidak suka, sekrang saya jadi benci, bang.

      Hapus
  2. Kayaknya saya cuma nonton Tuyul dan Mbak Yul sama Tuyul Millenium. Dua lainnya nggak ngikutin. Bahkan yang reborn pun sempat lihat sekilas terus nggak tertarik.

    Well, pas jaman sinetron Tuyul dan mbak Yul lagi hits pada jaman itu, saya sampe pernah bela-belain datang ke Cibubur buat liat syutingnya. Sampe ketemu sama si pemeran algojonya itu. Terus bapak saya malah ngajak mereka ngobrol pake bahasa Jawa karena mereka kalo di sinetronnya selalu ngomong, "Gagal maning, gagal maning, son."

    Sebuah kenangan masa kecil yang mengasyikkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di masa tontonan kita hanya televisi, bisa menjumpai orang yg sering muncul di tv itu merupakan kebahagiaan yg besar, sih. di kampungku dulu, emak saya bela-belain jalan kaki abis magrib sejauh puluhan kilometer hanya untuk melihat roma irama manggung. xD

      kalo mau nonton lagi, liat dah di yutup, nggak lengkap2 amat, tapi yg versi Ony Syahrial ada smeua.

      Hapus
  3. Gue paling banyak nonton yang versinya Ony Syahrial. Kalau yang versinya Daus, lupa-lupa ingat. Yang menyenangkan dari versinya Ony, pemeran Sandra dan Mbak Yul-nya cantik. Jadi seneng aja nontonnya. Hahaha, hidup Shinchan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klao yg Daus minu, kayaknya nggak aps disebut versi, sih, bang. emang lanjutannya.

      nah kalo mbak yul, baru banyak versinya. ada tiga mbak yul selama tayangnya loh. (tya ivanka gak termasuk, karena dia berperan sebagai adiknya yg meski dipanggil mbak yul juga).

      jadi, mbak yul yg mana yg paling cantik, bang?

      kalo saya senengnya nonton Jinny bang kalo perihal cantik~

      Hapus
    2. Gue bahkan gak tau kalau itu lanjutannya. Kalau yang jadi mbak yul, pokoknya yang judulnya Tuyul dan Mbak Yul aja gue ingatnya, dulu di TPI kalau gak salah. Gue enggak tau yang jadi mbak yul-nya siapa hahaha. Kalau Jinny, yang pertama itu Diana Pungky bukan sih?

      Hapus
    3. Seingat saya, Mbak Sandra memang oke. Dia yang masih SMA itu, kan? Karakter perempuan di situ fungsinya buat pemanis doang berarti, ya?

      Jinny alias Diana Pungky mah aduhai sekali.

      Hapus
    4. Ersa Mayori itu, kalo dibilang pemanis, ya, masuk, kalo dibilang peran pendukung ya masuk juga, dibilang peran yang "waras" alias manusia normal biasanya, ya masuk juga. karna ada peran lainnya yang orangnya terlihat rada oon.

      Diana pungky, satu2nya dan selamanya.

      jangan coba nonton Jinny versi yg bukan Diana Pungky!!!

      Hapus
    5. Wah iya, Ersa Mayori. Habis kepoin profilnya, ternyata udah tua, tapi mukanya masih kayak ABG ya. Hahaha.

      Hapus
    6. yaiyalah bang udah tua, itu sinetron tuyulnya aja tayang pas kita masih kecil2... SD aja belom kayaknya, atau baru masuk.

      Hapus
  4. melihat kekuatan tuyul di serial ini, jadi ingat kemampuan mutannya si Kitty Pryde di X-Men. Kitty bahkan juga bisa membuat orang lain punya kemampuan menembus benda2 padat dengan nempel dia doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo di sinetron Tuyul, Katty ini adalah Melati. Tuyul perempuan temannya Ucil awal-awal baru kabur. Dia bisa mengecil, Ucilnya belom bisa, saat dia memegang Ucil dan menegcil, Ucilnya juga ikutan mengecil. apa tuyul ini makhluk mutan, Njus?

      Hapus
    2. seingetku tuyul itu termasuk makhluk gaib

      Hapus
    3. Pertanyaannya dibalik, deh. Apakah para mutan yg bisa tembus2 tembok itu beneran ada atau hanya hal gaib?

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~