Maksud Pasanganmu Saat Bilang Cinta Masa Lalunya Sudah Dikubur Dalam-Dalam

Assalamu’alaikum…

Di beberapa cerita romansa yang saya baca, karakternya ada yang bilang begini. “I like your last name. Can I have it?”. Ah, itu terdengar manis. Ya, walo jika kita logikakan secara awam, solusinya tinggal bikin selametan bubur merah dan ngurus penggantian identitas ke kantor terkait, sih. Namun, pernyataan cinta secara nggak langsung semacam itu, emang terasa lebih ngena aja.

Di cerita yang lain, setelah mengungkapkan perasaannya, pasangannya membalas dengan pertanyaan. “Bukankah kamu sebelumnya sangat mencintai mantanmu?” Pertanyaan tersebut dilontarkan untuk memastikan hubungannya ke depan tidak akan terganggu oleh hal-hal di masa lalu. Soalnya, menjalani hubungan yang tak terikat beban sebelumnya saja sudah cukup berat.
mengubur cinta
1) Mengubur cinta dalam-dalam
Untuk meyakinkan, pasangannya membalas, bahwa semua perasaan cintanya di masa lalu sudah dia kubur dalam-dalam. Saat ini hanya ada kamu (si lawan bicara) satu-satunya. Setelah bertatapan, mereka lalu digambarkan langsung berpelukan. Namun, apa iya kalo cintanya dikubur dalam-dalam, artinya dia sudah tidak ada perasaan lagi dengan mantannya?

Mari belajar dari minyak bumi

Minyak bumi berasal dari jasad organik hewan maupun tumbuhan yang mati, menjadi fosil, lalu terkubur akibat tertimbun oleh endapan pasir dan lumpur. Sisa-sisa organisme tersebut kemudian terdegradasi (dekomposisi senyawa kimia secara bertahap) oleh bakteri sehingga membentuk kerogen.

Karena pengaruh waktu, temperatur dan tekanan, endapan lumpur tadi akan terakumulasi di suatu cekungan, lalu membentuk batuan sedimen yang mengandung bintik-bintik minyak. Batuan sedimen tersebut dikenal sebagai batuan induk (source rock).

Semakin lama, batuan yang terkumpul makin banyak dan meningkatkan gaya tekanan. Akibatnya, temperaturnya akan semakin meningkat. Senyawa karbon yang terkandung di batuan tadi akan mengalami proses pematangan dan berubah menjadi gas.

Selanjutnya, gas karbon tadi ada yang mengalami proses pemanasan lagi dan bereaksi dengan hidrogen sehingga membentuk hidrokarbon. Hasil akhir dari proses ini adalah minyak bumi (mentah) dan gas alam yang bisa dimanfaatkan kemudian.
pembentukan minyak bumi
2) Proses pembentukan minyak bumi
Lalu hubungannya dengan mengubur cinta dalam-dalam itu apa? Ya, nggak ada juga, sih. Hanya sebagai landasan curiga saja. Jangan-jangan dia mengubur cinta masa lalunya dalam-dalam agar cinta tersebut mengendap.

Karena dengan pengaruh waktu dan tekanan dalam hubungan kalian nanti, cinta yang mengendap itu bakal berproses menjadi matang. Jadi, jangan heran kalo nanti dia bakal ngehubungi lagi si cinta yang dikubur dalam-dalam tersebut. Toh, semua orang rebutan, kan, untuk jadi juragan minyak dan mengabaikan kelestarian alam yang diakui sangat mereka cintai~

Cinta masa lalunya dikubur. Kayak biji tanaman, ya?

Saat mencoba verifikasi perasaannya, dia meyakinkan bahwa perasaannya terhadap mantan sudah terkubur. Kita menganggap bahwa pernyataannya itu berarti dia sudah tidak memiliki perasaan lagi. Cintanya kepada mantan sudah mati dan tak akan muncul lagi, seperti manusia yang manjadi mayat dan dikubur. Lupanya kita, yang dikubur itu tidak melulu soal mayat, iya, kan? Biji tanaman pun bisa.

Menanam biji itu prosesnya, ya, mengubur-mengubur juga. Biji/benih merupakan embrio hasil perkembangbiakan generatif pada tanaman. Jika biji ini kita kubur di media yang tepat atau subur, sebuah tunas akan muncul dan bertumbuh menjadi tanaman baru.
pertumbuhan biji tanaman
3) Proses bertumbuhnya biji yang ditanam (dikubur)
Kita mau menjalin hubungan dengan seseorang, biasanya, karena kita tahu bahwa orang tersebut berhati baik. Hati yang baik sama saja artinya dengan hatinya bagus, menyuburkan. Hati yang subur, kan, media yang paling baik dalam menumbuhkan benih-benih cinta, ya?

Jangan-jangan, dia mengubur cintanya itu bukan untuk menghilangkan perasaannya. Melainkan agar cintanya dia yang dulu, bisa tumbuh kembali dengan subur, hingga akhirnya berbuah dan bisa dia dipetik. Kamu? Siap-siap aja mulai mengalami kalayuan.

Ingat juga, dong, dengan yang namanya harta karun?

Harta karun biasanya terdiri dari beberapa atau tumpukan barang yang nilai jualnya cukup tinggi. Artinya, barang yang dianggap sebagai harta karun merupakan barang berharga. Bisa saja itu emas, perak, informasi rahasia, maupun surat-surat kepemilikan.

Di cerita pencarian harta karun, dalam mengikuti petunjuk kode atau peta bertanda “X”, mereka juga mempersiapkan diri membawa alat-alat penggalian. Hal ini menunjukkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kebanyakan harta karun itu letaknya terkubur jauh di dalam tanah. Artinya lagi, pemilik harta karun selalu menganggap bahwa menguburkan hartanya adalah cara terbaik untuk menjaganya. Sehingga, nanti dia (atau penerusnya) bisa menggali kembali setelah pergi jauh dalam waktu lama.
peta harta karun asli
4) Peta harta karun yang terkubur
Cinta pasanganmu kepada mantannya itu juga dia kubur dalam-dalam. Bukankah itu bisa saja berarti dia menganggapnya sebagai harta yang berharga? Yang suatu saat bisa dia gali kembali? Posisi harta karun di peta itu hampir selalu diberi tanda X. Dan sadarkah kita? Bahwa mantan itu sebutannya adalah X (eks).

Semakin dalam, semakin istimewa

Penggunaan istilah “hati” dalam hubungan sosial menunjukkan tindakan yang sungguh-sungguh. Apa-apa yang dikerjakan “dari hati” atau “sepenuh hati” berarti dikerjakan dengan serius, penuh keyakinan dan tanpa merasa terbebani, serta disematkan pula harapan yang tinggi untuk membahagiakan objeknya.

Membantu sepenuh hati atau menulis pakai hati adalah ungkapan yang mungkin sering kita dengar dalam bersosial. Ketika masuk ke ranah hubungan relationship, yang mana merupakan hubungan dua hati, penggunaan kata “dari hati” saja dirasa tidak cukup. Harus ditambah dengan penekanan yang membuatnya terasa lebih serius lagi.

Muncullah kemudian istilah mencintai dari hati yang paling dalam, atau mencintai dari relung hati, atau mencintai dari palung hati terdalam, atau juga lubuk hati terdalam. Penambahan unsur “terdalam” membuatnya memiliki makna penekanan yang menunjukkan keseriusan yang lebih tinggi lagi. Cinta dalam hati yang tidak diungkapkan saja dianggap cinta yang sangat besar, kan? Hanya karena menggunakan kata "dalam".

Kembali ke ucapan pasangan yang mengubur cinta masa lalunya dalam-dalam. Cinta itu tumbuhnya di hati, dikuburnya juga dalam hati, kan. Tempat di hati yang paling istimewa—karena paling menunjukkan kesungguhan—adalah bagian hati paling dalam. Berarti kalo orang mau mengubur cintanya dalam-dalam, bukankah itu maksudnya dia memasukkan cinta tersebut ke bagian hati yang paling istimewa? Terlebih itu dikubur, yang artinya juga dia tidak mau cinta tersebut pergi darinya, sehingga bisa terus bersemayam di hatinya.

Dari itu, jangan sampai terkecoh lagi nantinya. Saat kita mendengar pasangan bilang cinta ke mantannya sudah dikubur dalam-dalam, nggak boleh langsung merasa senang atau lega. Korek lagi informasinya maksud dia sebenarnya bagaimana dan menguburnya di mana.

Atau jika pelaku penguburannya adalah kita sendiri, mending digali lagi, deh. Keluarkan dan abaikan. Daripada suatu hari nanti malah bingung sendiri. Kok, bisa masih sangat cinta padahal perasaannya sudah dikubur dalam-dalam sejak lama? Nyari perkara sendiri, sih.


Sumber gambar:
1) https://jagad.id/cara-menghilangkan-perasaan-cinta-menurut-islam/
2) http://dmsenergi.blogspot.com/2015/09/proses-terjadinya-minyak-bumi-gas-alam.html
3) https://wonderopolis.org/wonder/how-do-seeds-sprout?replytocom=58426
4) https://www.doylc.asia/2019/01/peta-harta-karun-bajak-laut-asli.html
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Maksud Pasanganmu Saat Bilang Cinta Masa Lalunya Sudah Dikubur Dalam-Dalam Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

16 komentar:

  1. Itulah kenapa delapan dari sepuluh remaja Indonesia mengalami sakit hati berlebih karena diselingkuhi pasangan yang katanya sangat mencintainya. Agar tidak terjadi lagi hal demikian, selalu sedia Yakult sebelum tidur.

    BalasHapus
  2. Bubur merah buat selamatan ganti nama itu adat mana sih? Aku taunya pake nasi kuning/tumpengan hahaha

    Daripada dikubur dalam-dalam yang berpotensi tumbuh kembali apa mending digali terus dibunuh aja kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempatku nasi tujuh warna, Af. Kalo nasi kuning terlalu biasa kedengerannya. Kek sarapan.

      Aku lupa daerah mana, tapi memang selain tumpeng, ada yg pake bubur merah.

      Abis dibunuh lalu dikubur dalem2 lagi?

      Hapus
    2. Ini beneran apa becanda sih :((

      Bubur merah tuh dibikinnya pake bubur mutiara yang warna merah itu? Eh iya kan udah dijawab gatau daerah mana ya, berarti mungkin gatau juga dibikinnya dari apa.

      O tentu saja tidak. Kalo bisa setelah dibunuh mending diceburin ke asam sulfat :))

      Hapus
    3. Beneran hei... dikasi pewarna makanan aja. bikinnya dikit, sealascangkir lah. dan gak dimakan semua sendirian, hanya sedikit dan rame2 makannya.

      bubur merah bukan bubur mutiara yg itu. hahahaha. warnanya gak merah sih, Af, lebih ke coklat. penyebutannya beda, ada yg bilang namanya bubur merah putih, karena ada topping bubur putih (atau santan). aaa, kayak bubur sumsum warnanya. tapi bahannya itu ya bubur yg buat sarapan itu (tanpa ayam suwir, tanpa kacang, tanpa teri, tanpa bawang, tanpa kerupuk)

      anda rada2 psiko juga, ya, jan banyak2 baca buku thriller.

      Hapus
    4. Di Jakarta, minimal setahun sekali saya pasti dapat anteran bubur merah putih begini dari tetangga. Tapi biasanya tuh yang bikin keluarga dari orang yang habis sembuh dari sakit lama dan parah begitu. Semacam syukuran bisa sehat lagi. Terkait ganti nama, kebanyakan sih bocah yang mungkin juga sakit-sakitan begitu, akibat salah kasih nama atau keberatan nama. Haha. Mumpung masih kecil kan, belum banyak terlibat urusan pendataan kayak KTP, SIM, dll. Soalnya jarang nemu orang dewasa ganti nama. Bakal ribet dan kayaknya akan keluar banyak duit buat mengurus.

      Hapus
    5. Iya, Yog. Sebagian besar orang yang ngeganti nama anaknya karena sering sakit-sakitan. Kalo orng dewasa ganti nama biasanya karena perlu identitas baru, atau lebih menguatkan identitas kebersamaan pasangannya. Di luar negeri udah lumrah, di Indonesia hanya sebatas ganti nama panggilan. Misal, Bu Asmat, Bu Broto.

      Hapus
    6. Oh, iya saya baru paham ketika kamu menyebut bubur sumsum Haw. Karena dalam bayangan saya bubur merah putih ya bubur mutiara kayak di abang-abang es cendol. Hahaha.

      Terus saya kirain, bubur merah putih itu pasti bubur gurih dengan toping manis. Atau justru kayak bubur sumsum yang dikasih gula cair itu lho. Yaampun apa saya harus mengulik khazanah perbuburan sekarang?

      Psiko otaknya doang, kelakuannya mah.... nga tau. Hehe.

      Yogs, saya setuju kalo itu. Ganti nama karena sakit-sakitan. Seinget saya dulu juga teman ada yang sampe ganti nama waktu SD. Saya mau minta ganti nama tapi tidak jadi padahal termasuk sering sakit juga. Tapi setelah gede alhamdulillah sehat saja, jadi ga perlu ganti nama. Ahahaha

      Hapus
  3. Kayaknya yang selama ini saya kubur itu lebih banyak berkaitan dengan impian dalam hidup ketimbang masalah romansa.

    Perihal mengubur cinta dan akhirnya balikan sama mantan, sepertinya bukan saya banget dalam 5 tahun terakhir. Entah kenapa dari yang tadinya doyan putus-nyambung, tiba-tiba berubah jadi tipe orang yang ketika sudah melepas, ya sudah tak akan memintanya kembali. Jadi, selama masih sayang dan bisa dipertahankan, saya enggak akan minta putus begitu aja ataupun pergi. Makanya sewaktu orang-orang bisa dapat pacar baru dalam waktu 1-3 bulan, saya masih suka kaget sekaligus takjub. Cepat amat menyembuhkan hatinya dan bisa menerima orang baru. Takutnya seperti yang kamu tulis, diri kita cuma jadi timbunan baru, buat menutupi kuburan kisah cinta lamanya yang kemungkinan besar bakal digali lagi.

    Saya minimal 6 bulan, normalnya 8-12 bulan, baru deh bisa memulai kisah lagi. Sekarang malah kebablasan sampai dua tahun anjrit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama banget gue enggak baca atau denger kata "anjrit", Yog. Hahaha

      Hapus
    2. Firman, anda kalo mau mendengar kata anjrit, baiknya menonton vidio QnA cewek-cwek tiktok atau qna cewek-cewek cantik yang dikasi pertanyaan tabu atau digodain di yutup.

      Yogs, saya nggak bakal banyak komentar. Namun, dari haisl menonton QnA cewek-cewek di yutup, dengan bangga dan diawali kalimat "jujur nih", mereka menjelaskan bahwa cara aman, terbaik, saat akan putus itu adalah mencari pengganti terlebih dulu. sehingga terbebas dari kegalauan.

      Hapus
    3. QnA apakah yang kamu tonton, Haw?

      Hapus
    4. Saya lupa Af, cukup banyak yang berargumen begitu di vidio tiktok dan qna yutup yang mewawancarai narasumber yang mereka anggap berani dengan kenakalan. vidionya kadang keputer sendiri saat dibiarin autoplay wawancara solehsolihun dulu.

      oiya, barusan search di yutupnya, ada satu yang saya ingat karena masih cukup baru. Namun ingat, perlu ngefilter banget semua perkataannya. cukup membuat ingin memaki kadang.

      #BasianLoy yang judulnya Loy dan Demi suka durasi yang sama?

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~