Thursday, 25 June 2015

Howhaw #160: Pertanda Sesuatu Akan Berakhir

Assalamu’alaikum...

Di dunia ini, semua hal memiliki akhir. Entah itu sinetron, pertandingan, kebahagiaan, kesulitan, maupun kehidupan. Ketika mencapai akhir, ada orang yang berbahagia karenanya dan ada juga orang yang bersedih dibuatnya. Tergantung dari apa yang dirasakan sebelumnya. Orang yang sebelumnya berbahagia, saat bertemu dengan akhir, kesedihan yang akan dirasakan. Begitu pun sebaliknya.

Namun, meskipun mendatangkan kesedihan, banyak orang yang selalu menantikan sang akhir tersebut. Misalnya dalam pertandingan sepak bola, meskipun peluit mulai baru saja ditiup, selalu saja ada orang yang menanyakan skor akhirnya. Atau juga menebak-nebak hasil akhir pertandingannya akan seperti apa.

Kalo kata ustaz, untuk menjadi pribadi yang baik dalam hidup, kita harus sering-sering mengingat akhir kehidupan. Bahkan nabi pun pernah bersabda bahwa manusia yang paling cerdas adalah yang paling sering mengingat mati (akhir hidupnya). Hal ini menunjukkan bahwa ‘akhir’ merupakan sesuatu yang sangat penting.

Dengan mengingat akhir kehidupan, seseorang bisa terhindar dari sifat sombong. Orang yang dalam kesulitan juga bisa tetap berbahagia, karena kesulitannya pasti akan berakhir. Yang muda akan bersemangat berusaha karena merasa selalu diintai oleh sang akhir. Yang tua akan semakin rendah hati karena sadar sang akhir telah menyapa tiap hari.

howhaw
Kapan berakhir dari apa, Om?
Meskipun kedatangannya pasti, namun, selalu saja ada pertanyaan yang terlintas dalam benak ketika menghadapi atau menjalani sesuatu.

Kapan ini akan berakhir?

Mengetahui sang akhir akan datang, tentunya bisa mengingatkan diri agar lebih siap menghadapi dan tidak menyerah. Misalnya ada orang yang menggali tanah mencari batu akik bernilai milyaran. Saat menggali berminggu-minggu, belum ada tanda-tanda akan menemukan batu akik tersebut. Dia menggali lagi, namun tetap saja belum jelas kapan proses menggalinya akan berakhir.

Dia mengingat-ingat perjuangannya menggali, “Sudah sejauh ini,” pikirnya. Dia lalu menggali lagi, namun hasilnya tetap nihil. Karena tak kunjung ketemu, dia memutuskan untuk menyerah. Padahal jika dia menggali sedikit lagi, dia akan menemukan apa yang dia cari.


howhaw

Ketidaktahuan akan datangnya akhir bisa mengubah rezeki menjadi kesia-siaan. Jika saja si penggali batu akik ini menyadari pertanda akan bertemu dengan akhir, dia akan semakin bersemangat dan mendapatkan apa yang dinantikannya.

Bagaimana kita bisa tahu kalo sesuatunya akan berakhir?

Kalo akhir hidup manusia, normalnya (atau mencapai usia tua), akan ada tanda-tanda khusus. Seperti tubuhnya semakin lemah, semakin susah berbicara atau dengan bahasa lain, kembali menjadi bayi. Tapi tubuhnya tetap gede.

Demi kesiapan manusia, saat dunia ini akan berakhir juga diberikan tanda-tanda khusus. Yang pernah saya dengar, tiga di antaranya yaitu diangkatnya ilmu pengetahuan (banyak orang bodoh), bebasnya Baitul Maqdis dari kekuasaan Yahudi dan matahari terbit dari barat.

Atau bisa disimpulkan, semuanya akan kembali ke awal. Matahari yang terbenamnya di barat, arahnya malah ke timur (tempat awalnya terbit). Baitul Maqdis kembali bebas seperti pada awalnya dan manusia banyak yang menjadi bodoh, seperti keadaan awal dunia.

Dari itu, saya berkeyakinan bahwa dalam hal apa pun kita akan menjumpai akhir ketika melihat atau banyak mengingat keadaan awal. Misalnya di film misteri. Ceritanya akan mencapai akhir ketika ada flashback kejadian awalnya. Iya, kan?

Saat menjelang ujian akhir, apa yang dilakukan sekolah? Iya, mengajarkan kembali pelajaran awal. Soal ujian akhir pun banyak tentang pelajaran awal. Hal tersebut terjadi karena memang saat bertemu dengan akhir, kita akan melihat dan banyak mengingat hal-hal yang ada di awal.

Seperti halnya juga luka di kulit. Luka tersebut dikatakan akan berakhir (akan sembuh) ketika kulit mulai kembali seperti keadaan awalnya. Iya, kan?

Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat kita simpulkan dengan pasti bahwa tanda sesuatu akan berakhir adalah munculnya kembali hal-hal yang ada di awal. Baik terlihat maupun teringat.

Jadi, selama seminggu ini, sudah berapa kali pacar kamu menceritakan awal kalian bertemu? Lalu mengingatkan kalo kamu sudah berubah, tidak seperti dulu lagi. Itu pertanda loh~ 



Sumber gambar:
https://oldiesindonesia.blogspot.com/2012/09/derita-tiada-akhir-black-brother.html
https://www.ilhamtaufiq.com/2012/04/seberapa-kuatkah-anda-menjalankan-bisnis/
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Howhaw #160: Pertanda Sesuatu Akan Berakhir Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

46 comments:

  1. Kalimat terakhir adalah kode untuk bubaran *eh :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap-siap aja kalo udah denger kalimat begitu. :D

      Delete
  2. Keren kesimpulannya. :)

    oke, jadi sekarang kapan kamu terakhir kali ditolak cewek How? Bisa diceritakan gimana kejadian awal nembaknya?
    *PLAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ditanyain? Kasi kontak kakak :lv aja~ dan kamu bakal jadi bagian dalam ceritanya. :D

      Delete
    2. Ah, kamu How.
      Cerbung yg judulnya Kepergian Adit aja belum disambung sambung juga -______ -
      :(

      How mah gitu ..

      Delete
    3. Malah lari ke cerbung. -____-

      aku usahain jumat depan, deh. tapi nggak janji.

      Delete
    4. Iyaa dong. :D

      Harus janji.
      Yeeay jumat depan :)

      Delete
    5. Iya. Iya. Iya. *Lalu mikirin premis*

      Delete
    6. SATU TAHUN KEMUDIAN...





      HOW, MANA CERBUNGNYA??

      Delete
    7. 100 tahun kemudian....

      dulu, ada kepercayaan bahwa suatu blog yang bernama howhaw.com akan membuat lanjutan dari cerita kepergian Adit, tapi ketika cerita tersebut akan dipublish, ceritanya menghilang. Kini, ada seorang anak yang akan melanjutkan dan membuktikan kepercayaan tersebut, namun dia dikucilkan oleh teman-temannya,

      Saat itu, guru iruka lah yang membimbingnya untuk menjadi raja bajak laut dan menuntunnya menemukan ceritanya. Hingga akhirnya anak tersebut menyadari bahwa semua jawabannya ada di ujung langit. Dia ke sana dengan seorang anak. anak yang tangkas dan juga pemberani.

      Delete
  3. Kalau akhir kuliah, bgmna, bang? Apa gue harus ikut ospek lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... nggak gitu juga.
      Tapi biasanya akan teringat kenangan ospeknya, ketika masih banyak teman saat maba. biasanya loh. tau deh kalo gak biasa.

      Delete
  4. jadi, sesuatu akan berakhir kalau hal2 yang dulu di awal muncul? hmm. mungkin benar, seperti luka yang dikatakan berakhir kalau sudah sembuh dan kembali seperti semua. epic juga logika nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jev. Begitu. Chapte one piece terbaru juga menerapkan hal yang sama kok. arc dressrosa mau berakhir dan mereka mengingat kejadian awal.

      http://3.bp.blogspot.com/-_bPtBH5mzvM/VYvGDnjhy8I/AAAAAAAACYs/JUvC-3UMy-c/s1600/11.jpg

      Delete
    2. Mendukung teori tentang tanda berakhir selalu mengingat saat awal.

      terserah Oda sensei aja. penginnya sih ada ceweknya lagi~

      Delete
  5. Postingannya tumben gak panjang, Haw. Bukan karena lagi puasa kan? Aku masih bisa sambil dengerin lagu bacanya.

    Itu kenapa deh kalimat terakhir bikin aku jadi kepikiran....... Good job, Haw :(

    Iya, semua akan akhir, Termasuk hubungan pacaran. Entah berakhir di kata putus atau berakhir di pelaminan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, emang kebetulan pendek. karena males juga sebagian.

      hiyaaaa.... Cha...

      berakhir di januari aja, Cha~

      Delete
  6. Wah bang Haw ini bisa aja nulisnya, pertama bahas sesuatu yang akan berakhir. Akhir-akhirnya malah bahas pacar yang membuka kenangan masa lalu.

    Luka kalau mau sembuh kan gatel dulu, tergantung orangnya kalau ditahan rasa gatelnya pasti sembuh. Kalau digaruk jadi infeksi dan nggak sembuh-sembuh deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenangan masa lalu dan hubungan berakhir itu ide utamanya. :D

      Biar gak digaruk pun, kalo kulitnya belom berproses kembali seperti awal, itu lukanya belom berakhir loh~

      Delete
  7. Anjriiit banget nih cerita. Endingnya itu sebenarnya inti dari segala permasalahan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Zan. Itu ide utama postingannya. Tau aja lu. :-d

      Delete
  8. Kampret, ujung-ujungnya. Wkakaka!

    Gue baca lagi ke awal, manggut-manggut karena setuju sama tulisan lu. Begitu baca sampe akhir lagi, mendadak kesel!

    Makanya gue nggak begitu suka untuk bersikap manis di awal. Nanti dibilang berubah ini-itu. Pffft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal udah gak bersikap manis di awal, kan, Yog. Kok hubungannya tetap berakhir? O_O

      *survey* #ApakahMasihAdaPengaruhAwalDiDalamnya

      Delete
  9. jadi lo awalnya jomblo gimana haw? dan kapan akan berakhir? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, Man. aku gak inget awalnya jadi jomblo.

      jadi, kayaknya status ini belom akan berakhir. =(

      Delete
  10. depan-tengahnya bagus mengispirasi, eehh belakangnya. Mungkin ini tanda akan segera berakhir :')

    ReplyDelete
  11. bagus ini, tapi belakangnya.................wkwk

    ReplyDelete
  12. Ada yang bilang kalo akhir adalah awal dari sesuatu yang baru . . aku dengernya dari anime death note bang . .

    Klo soal akhir hidup manusia, kata ustadz ku ada tanda2 kayak mimpi sih biasanya . . biasanya klo mimpi tenggelem di air, itu bentar lagii orang itu akan menemui ajalnya . .
    mmmm . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan tentang sesuatu yang baru, rencananya mau dibuat setelah iklan yang akan lewat.

      itu...beneran mimpi tenggelam? O_O

      Delete
  13. Aih, Yang terakhir itu kok kayak true, ya?

    ReplyDelete
  14. Kalo yang ga punya pacar musti jawab apa Haw buat pertanyaan kalimat terakhir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. *ini yang nanya malah yang udah punya pacar* *aku merasa tersindir*

      Nggak usah dijawab. Gak dinilai juga, kok~

      Delete
  15. Yak, jadi dari awal sampe akhir baca ini, kata2nya bagus banget, ngena bangett... Eh.. Akhirannya begitu ternyatah... Untung aku gak punya pacar, jadi gak ada yg harus ditakutkan! Haha :D Hidup jomblo!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Hidup. Tapi jangan seumur hidup juga~ :D

      Delete
  16. Aku sering kok ngomong gitu ke Febri, Haw. Tapi tujuannya beda. Ekekekkk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Tapi ekspresi dan keterkejutan yang diciptakan bisa sama~
      siap-siap aja loh, kabeb~

      Delete
  17. terus perjuangan sayah sampai kapan dong berakhirnya. kudu inget-inget awal perjuangan dong ya. biar tau batasannya

    ReplyDelete
  18. seperti biasanya omhaw.. :-bd makna intinya selalu di belakang

    ReplyDelete
  19. sepertinya aku mulai hilang ingatan ,ah aku dimana -_- *plak digampar sama mas haw

    ReplyDelete
  20. Ada awal, ada akhir. Diantara keduanya ada proses. Disinilah kita harus membuat akhir yang terbaik.

    ReplyDelete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~