Kenapa Kalo Suaranya Terdengar Jelas, Posisi Kuntilanaknya Malah Jauh?

Assalamu’alaikum…

Sekarang kita dianjurkan untuk tetap di rumah agar pandemi ini bisa lebih mudah diatasi. Dulu, sewaktu kecil, saya juga sering disuruh untuk di rumah saja, terutama saat malam hari sepulang mengaji. Nggak dibolehin main petak umpet atau permainan luar lainnya. Diceritakan, bahwa kalo saya keluar rumah, bisa-bisa bakal diculik makhluk halus.
distorsi
1) Udah dipilih yang nggak serem ini gambarnya
Cerita makhluk halus tersebut ternyata juga didapatkan oleh teman-teman saya yang lain. Sehingga saat main di siang hari, kami gantian bercerita tentang makhluk seram ini. Mulai dari suaranya, mukanya, pakaiannya, tempat munculnya, dan sebagainya. Dari banyaknya cerita mengenai ciri-ciri kemunculannya, ditambah tontonan film horor di televisi, makhuk halus yang paling kami takuti berjenis kuntilanak. Bukan berarti makhluk halus lainnya tidak menyeramkan, tapi kuntilanak ini memiliki skill yang lebih banyak.

Pocong, gondoruwo, wewe gombel, ketika muncul baru kita akan ketakutan. Namun, kuntilanak punya tambahan skill mengeluarkan suara ketawa. Jadi, walaupun wujudnya belum kelihatan, hanya dengan suara ketawanya saja, kita bisa dibuat ketakutan. Menanggapi ketakutan akan suara kuntilanak tersebut, para tetua memberikan petuah teori kemunculannya, yang sampai saat ini masih diyakini banyak orang.
“Kalo suara ketawanya jelas, berarti kuntilanaknya jauh. Kalo suaranya terdengar samar, berarti kuntilanaknya lagi di dekat kita.”
Padahal, jika kita mengamati suatu bunyi-bunyian. Makin dekat kita dengan sumbernya, suara yang kita dengar akan semakin jelas. Lalu itu kenapa suara kuntilanak bisa mengalami fenomena yang berbeda? Kalo kuntilanaknya di dekat kita, harusnya, suaranya juga terdengar nyaring (jelas), bukan malah terdengar samar berasal dari kejauhan. Memangnya secara ilmiah, hal itu bisa terjadi?

Sayangnya, itu beneran bisa terjadi. Untuk membahas fenomena suara kuntilanak ini, kita harus mengamati tentang makhluk apa si kuntilanak ini dan apa saja yang orang-orang alami saat kemunculannya.

Kuntilanak itu makhluk halus

Tidak memiliki raga yang berupa zat padat tentunya. Terlebih lagi, kuntilanak termasuk dalam jenis setan. Setan terbuat dari api yang merupakan energi. Sehingga, kuntilanak bisa disebut juga sebagai suatu energi. Bagaimana cara setan yang berupa energi ini memunculkan wujudnya?

Kita jauhkan dulu kemampuan orang indigo yang bisa melihat mereka. Karena kita membahas penampakan, jadi kita nggak perlu kemampuan khusus. Itu murni usahanya kuntilanak untuk menampakkan diri.


Sebagai bekal pengetahuan, bahwa untuk muncul dan mengeluarkan suara, kuntilanak memerlukan energi yang sangat besar. Sehingga saat muncul, dia sering nangkring duduk-duduk. Kecapean.

Apa yang terjadi saat suara kuntilanak terdengar?

Berdasarkan cerita orang-orang yang mengalaminya, mereka mengatakan dirinya langsung merasa gelisah. Tidak nyaman, dan mau segera menjauh ke tempat yang suaranya tidak terdengar, atau berusaha agar suaranya tidak kedengaran lagi.

Suara merupakan suatu gelombang. Manusia bisa mendengar suara karena memiliki gendang telinga yang memproses gelombang tersebut. Meski demkian, tidak semua jenis suara bisa didengar oleh manusia.

Kita hanya bisa mendengar gelombang suara dengan frekuensi antara 20Hz sampai 20000Hz. Disebut juga sebagai suara audiosonik. Untuk gelombang suara yang frekuensinya di bawah 20Hz, disebut sebagai suara infrasonik, dan untuk yang di atas 20000Hz dikenal dengan suara ultrasonik.

Suara Kuntilanak ini, merupakan suara jenis apa?

Karena kita bisa mendengarnya, berarti termasuk suara audiosonik. Namun, ternyata tidak semua orang bisa mendengarnya. Dari cerita yang lain juga, saat mereka lagi kemah, hanya beberapa saja yang bisa mendengarnya. Berarti, kuntilanak juga bisa mengeluarkan suara jenis lainnya.

Siapa lagi yang bisa menyadari atau mendengar kuntilanak ini? Anjing dan kucing diceritakan bisa mengetahui keberadaannya. Saat terdengar suara kuntilanak, anjing dan kucing dikabarkan mengalami hal yang hampir sama dengan manusia. Mereka gelisah, menggonggong mengeong ke arah tertentu. Selain itu, kelelawar juga sering jadi hewan yang akrab dengan hal-hal mistis.
distorsi
2) Liat apaan lu, Jing?
Anjing, kucing, kelelawar, merupakan hewan yang bisa mendengar suara ultrasonik. Maka, langsung saja kita anggap bahwa suara kuntilanak inii merupakan suara ultrasonik, sebab kedatangan kuntilanak lebih dulu disadari oleh hewan tersebut.

Selain itu, lumba-lumba juga bisa jadi contoh hewan yang juga berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan suara ultrasonik. Coba dengarkan suara lumba-lumba di youtube, suara yang dikeluarkan lumba-lumba, sangat mirip dengan suara makhluk gaib yang sering ditunjukkan dalam film horor atau dianggap sebagai suaranya makhluk halus.

Jadi, kuntilanak mengeluarkan suara ultrasonik. Lalu, kenapa kita bisa mendengar suara ultrasonik yang harusnya nggak kedengaran oleh manusia? Terus, apa hubungannya jenis suara ini dengan suara kuntilanak yang terdengar jauh, padahal makhluknya di dekat kita?

Adanya sifat distorsi non-linear

Suara ketawa kuntilanak terdengar sangat jelas seperti di dekat kita, tapi saat kita menoleh, nggak ada siapa-siapa. Lalu, kita mengintip ke luar jendela, rada jauh di sana, terlihat mbak-mbak kuntilanak menatap ke arah kita. Orang yang lewat tidak menyadarinya dan bahkan tidak mendengarnya. Apa kita sudah gila?

Nggak, kok, tenang aja. Hal ini dikarenakan adanya distorsi non-linear. Jadi, udara akan mendistorsi gelombang suara, mengubah gelombang ultrasonik suara mbak kuntilanak, menjadi gelombang audiosonik.

Baca juga: Kenapa Suara Jadi Lucu Saat Menghirup Helium?

Saat kuntilanak mau mencari perhatian, dia akan fokus ke mana/ke siapa suaranya akan diarahkan. Anggaplah kita sasarannya yang lagi baca di teras rumah dan berjarak 100meter darinya. Kuntilanak tadi kemudian tertawa dengan gelombang ultrasonik.

Dalam perambatan suaranya di udara, terjadi distorsi sedemikian rupa sehingga frekuensinya berkurang. Saat gelombang suaranya mencapai atau sedikit melewati kita, frekuensinya sudah menjadi gelombang audiosonik. Dan, kita pun kaget kebingungan.
distorsi
3) Distorsi dalam perambatan suara ultrasonik kuntilanak
Begitu pun saat kuntilanak berada di belakang kita, dia mencoba menarik perhatian kita dengan tawanya. Namun, karena suaranya merupakan gelombang ultrasonik, kita tidak mendengarnya. Suara ketawanya terus merambat jauh dan mengalami distorsi non-linear. Lalu pada jarak tertentu, suaranya berubah menjadi gelombang audiosonik dan kita baru bisa mendengarnya. Kita kaget, dan memeriksa sekeliling. Eh, tepat di belakang kita~

Nah, begitulah...

Kenapa suara kuntilanak yang terdengar jelas itu menandakan dia lagi berada jauh, dan kalo suaranya samar, kuntilanaknya justru berada di dekat kita. Berterimakasihlah dengan fenomena suara kuntilanak ini, serta pada petuah orang tua dulu, karena di masa sekarang, fenomena distorsi non-linear ini bisa dimanfaatkan sebagai audio spotlight. Penggunanya bisa memfokuskan suaranya ke sudut tertentu tanpa mengganggu pendengaran orang lain di sekitarnya.

Fenomena suara kuntilanak saja bisa begitu bermanfaat buat perkembangan teknologi. Jadi jangan pernah ragu, suaramu yang melantunkan kalimat “bagaimana kabarmu?” juga pasti sangat bermanfaat bagi orang yang saat ini begitu merindumu.


Sumber gambar:
1) https://pamartanusantara.co.id/tafsir-mimpi-melihat-kuntilanak/
2) https://www.youtube.com/watch?v=8Br4nxj3xBQ
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kenapa Kalo Suaranya Terdengar Jelas, Posisi Kuntilanaknya Malah Jauh? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

18 comments:

  1. Luar biasa ilmu sains-nya ini suara mbak kunti aja bisa dijelaskan dari sudut pandang ilmu alam dan dengan bahasa yang mudah dipahami. keren deh ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusaha menjawab apa-apa yg membingungkan di keseharian saja. Ini juga pake teori yg paling dasar, kalo mau yg detail, kudu bahas audio masking, amplitudo, kuadrat terbalik... kali aja punya anak entar nanya suara kuntilanak kan~

      Delete
  2. Gue bacanya tengah malam merinding disco nih. Gak nyangka ternyata ada penjelasan sainsnya, Tapi ada gak mas contoh benda nyata gitu yang menghasilkan suara itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mas Bimo. Belom banyak emang, tapi bisa dicari di gugel atau yutup dengan kata kunci "Holosonic Audio Spotlight", biasa digunakan di museum, pusat perbelanjaan dan galery.

      Delete
  3. ... gokil.

    akhirnya rasa penasaran masa kecil saya terjawab sudah!

    tapi muncul pertanyaan baru: distorsi nonlinear terjadi secara otomatis atau bisa diatur manual oleh si pemilik suara (dalam hal ini mbak kunti)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Distorsinya selalu terjadi secara alami. Itu udah jadi sifatnya udara.

      Gelombang ultrasonik sendiri lebih mudah difokuskan dibanding gelombang suara lain, jadi mudah diarahkan. Karena kita tidak tahu seperti apa dan sebesar apa energi mbak kunti ini, tentu saja kita akan menganggap beberapa faktornya menjadi konstan.

      Kalo di teknologi yg sudah dikembangkan, sifat distorsi nonlinear ini kudu dikendalikan agar suara ultrasoniknya berubah sesuai keinginan kita. (Ribet ini, yang jelas ini ttg perhitungan panjang gelombang, amplitudo, frekuensi, kerapatan udara dan sejenisnya)

      Namun, dalam kasus mbak kunti, saya menganggapnya dia nggak bisa. Karena kalo bisa, harusnya saat dia dekat, suaranya juga akan terdengar jelas.

      Delete
    2. Mungkin karena selain hanya bisa berkomunikasi lewat gelombang audiosonik, juga mbaknya berasal dari dunia yang berbeda kali ya.

      Oiya, apakah suara mbak kunti itu juga bisa putus-putus kayak kalau kita lagi telponan dan sinyal ngadat? Misalnya suaranya jadi hihihihi ......hi......hh..hhh...i...ii...h.....i.....hhhhhh...i gitu. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

      Delete
    3. Nggak bisa, bang. kalo udah putus (ilang) ya ilang. Kalo ada suara lanjutan ya emang dia bersuara baru lagi. xD Gelombang ultrasonik ini jauh lebih bisa dikendalikan karena frekuensinya tinggi. contohlah kelelawar, dia menggunakan gelombang ultrasonik buat memandu terbang dalam kecepartan yang lumayan, kalo sampe putus2, dia bakal nabrak2 melulu.

      Delete
  4. Mantap, ternyata suara mbak kunti bisa dijelaskan secara fisika :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bisa sih seharusnya, secara, fisika itu emang bagian dari proses adanya dan berlangsungnya apa pun di alam sendiri. Kita saja yang kadang masih belum memahaminya.

      Delete
  5. Kalau suara hati yang patah juga terdengar jelas (apaan coba?), itu tandanya mbaknya juga menjauh kan, Haw? Xixixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya. ahahaha

      anjer, sampai sekarang saya juga masih mendengar suara sejenis patahan-patahan tersebut.

      Delete
    2. Anjir ini ada penjelasan ilmiahnya nggak? Hahaha

      Delete
    3. gausah nyari ilmiahnya lah kalo begini, nyari yang lain aja mungkin... kalo bisa... kayaknya gabisa.

      Delete
  6. Zzzzzzz fisika, kali ini disuguhin pelajaran fisika, oh my god haha
    Etapi kreatif bgt km haw sampai dibikin infografis dong, dan itu kunti nya kliatan unyu banget

    Klo masalah skill lebih dibanding hantu lain, mendadak aku jd pnasaran wewe gombel pas nampak itu berarti vuma diem aja ya ama genderuwo, etapi jand sampe ngliat juga deh amiiit amiiit

    Tp bener sih cerita legenda desa masi ada sih yg nglarang magrib2 anak2 kluyuran, takut ketemu kolong wewe, lampor atau sejenisnya, hiiiy atud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini dikisahkan cuma diem dengan pertunjukan keadaan dirinya yang membesar di dada. Gondoruwo diem juga, sambil mengeluarkan bau menyengat. Pocong apalagi, melayang2 doang.

      sekarang udah jarang ya pengalaman mistis yang bikin warga sekampung ngetok2 kuali lagi.

      Delete
  7. Akhirnya saya membaca ini juga. Karena waktu itu pas mau baca udah malem jadinya takut. Walaupun sejauh ini saya nggak pernah dikasih dengar suara mbak kunti, jadi mau dia jauh apa dekat tetap nggak kedengaran hehehe.

    Tapi keren juga ini dibikin versi ilmiah. Jadi mau tau suara-suara lainnya, termasuk suara hati~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal ini bukan cerita horooooorrrr. Gmabarnya saja saya pilih yg gak serem.

      coba denger suara lumba2 dulu aja, Tiw, kalo tenang berarti boleh lanjut dneger suara alam lain, kalo malah gelisah yg ada, mending balik denger lagu indie lagi saja.

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~