Howhaw #134: [Memfiksikan] Rumah Kentang ~ Production Haws

Howhaw #134: [Memfiksikan] Rumah Kentang

“Aku sih kagumnya ama cowok yang berani. Bahkan masuk ke Rumah Kentang saja dia nggak takut,” begitu ucapan Silvia yang membuatku pergi ke Rumah Kentang tengah malam begini.

Iya, aku berniat pamer ke Silvia nantinya. Menunjukkan fotoku yang berada di dalam Rumah Kentang saat tengah malam. Agar bisa jadi lelaki yang dikaguminya.

Menurut kabar, bagian paling angker di Rumah Kentang adalah kamar belakang dekat dapur. Pintu depan sudah kulewati, aku melangkah perlahan menuju kamar belakang di dekat dapur.

“Kalo sudah melewati ruang tamu, akan tercium bau kentang yang sedang direbus,” ucap temanku, saat kuminta menceritakan misteri Rumah Kentang. Dia juga belum pernah pergi, tapi dia lebih banyak tahu mengenai Rumah Kentang. Mendengarnya dari orang pintar, yang katanya pernah ke sana.

Seingatku, tiga hari yang lalu aku juga melakukan hal yang sama seperti malam ini. Aku melewati pintu depan dengan berani, berjalan dengan gemetar ke kamar belakang. Mencium aroma tertentu, lalu masuk ke kamar tersebut. Sialnya, waktu itu aku tidak membawa kamera.

Lalu aku memutuskan untuk pulang dan mengambil kamera. Namun, dari arah dapur, sayup-sayup kudengar suara tangisan anak kecil. Karena penasaran, aku bermaksud mendatangi.

“Awwrrhgg...”

Kepalaku seperti terpukul benda yang sangat keras. Aku mengaduh, memegangi kepala dan bersandar sebentar ke dinding. Setelah merasa baikan, kusenter seisi kamar. Tak ada barang yang terlihat berpindah. Mungkin hanya perasaanku saja. Kemudian kulangkahkan kaki menuju dapur. Setelah bebarapa belas langkah, terdengar suara dari kamar yang aku masuki tadi.

*Bhukk...*

Entah itu benda apa yang terjatuh. Bunyinya seperti tubuh yang tumbang ke lantai. Aku terkejut dan terdiam sejenak, lalu kembali melangkahkan kaki menuju dapur. Karena akan percuma kalo kembali ke kamar tadi, pasti tak ada apa-apa.

“Huuu..uuu... huuuu...hu... hi hi hi hi hi..”

Semakin aku mendekat, suara tangisan tersebut semakin mengecil, menghilang dan berubah jadi suara tawa. Saat sampai di dapur, kusenter seluruh sudut ruang. Hanya dapur tua dengan perlengkapannya. Namun suara tadi jelas-jelas berasal dari dapur.

Kusenter kembali tiap sudutnya, terdapat lemari yang ukurannya cukup untuk dimasuki orang. Kuputuskan untuk mendekati dan membukanya. Kutarik gagangnya perlahan, dan tiba-tiba...

“ARRGGGHHHH.....”

Aku terbangun dari mimpi dengan napas terengah. Tubuhku penuh keringat yang dingin. Iya, tiga hari yang lalu aku pernah pergi ke rumah ini, meski itu mimpi, namun aku merasa itu sangat nyata.

“Sil, nanti malam, aku bakal masuk ke Rumah Kentang. Terus aku akan berfoto di sana. Kamu siap-siap aja kagum ya,” godaku saat tadi sore berpapasan di depan rumah. Dia berhenti sejenak, menoleh ke arahku, lalu kembali berjalan menuju rumahnya.

Ngeremehin,” pikirku. Jelas saja, tanpa bukti, semua hanya akan jadi bualan belaka.

Sekarang, aku sudah berada di dalam Rumah Kentang. Setelah melewati ruang tengah, aku mencium aroma bunga. Iya, bunga yang sangat harum, bukan kentang yang sedang direbus. Tanpa menghiraukan aroma tersebut, aku tetap melangkah menuju kamar belakang. Kamar yang katanya paling seram.

Sesampainya di depan kamar tersebut, kuputar gagang pintunya dan membukanya perlahan. Kusenter seisi ruangan. Tak ada yang menyeramkan di dalamnya, hanya ada tubuhku yang sudah beberapa hari terkapar tak bernyawa dengan luka di kepala.

*****

Cerita ini dibuat dalam rangka #memfiksikan dengan tema “hantu”. Jadi, tiap hari Jumat, secara suka-suka kami (para blogger) membuat cerita fiksi. Ya, hanya sebagai media belajar menulis fiksi dan menyeimbangkan postingan yang kebanyakan berisi curhatan. Bagi yang mau ikutan, silakan membuat cerita fiksi, berdasarkan tema, tiap hari Jumat dan sebarkan di Twitter dengan tagar #memfiksikan lalu mention @prtiwiyuliana.

howhaw

Tak ada yang nyata tiap hari Jumat di sini, karena semua hanya fiksi







Previous
Next Post »

100 comments

Click here for comments
20 February 2015 at 07:55 ×

Kok ending-nya bikin gue senyum, ya? Bagus, Haw! Ahahaha udah rapi, sini ketjup :*

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:17 ×

rumah kentang itu seperti apa iya mas :)

Reply
avatar
20 February 2015 at 08:41 ×

Wees makin jago aja, nih. Jadi si "aku" itu sebenernya udah meninggal ya? Kece.

Ntar kalo event #30HariMenulisSuratCinta sudah selesai, gue pengin ikutan juga ah.

Reply
avatar
Rima
admin
20 February 2015 at 09:02 ×

Twistnya kena! Bagus. Untung nggak begitu serem, jadi nggak perlu tutup mata bacanya. :')

Reply
avatar
20 February 2015 at 09:07 ×

Aku benar-benar terbawa sama cerita ini, sempet ngerutin dahi karena nebak-nebak cerita. Cuma gak ketebak. Pas bagian akhir cerita malah bikin kaget. :-bd

Tapi keseluruhan keren How, soalnya aku jadi penasaran. Walaupun baca ampe diulang dua kali.

Reply
avatar
20 February 2015 at 16:16 ×

Syiiitttt. Udah bikin aja lu, Haw.
Gue bingung mau nulis apa. :(
Meskipun, cerita ini nggak ada serem-seremnya. Hahaha. Tapi kereeeennnn!

Reply
avatar
anna
admin
20 February 2015 at 16:47 ×

wah tulisannya keren. paling susah buat fiksi apalagi yang tema hantu. ajarin dong.... o:)

Reply
avatar
20 February 2015 at 20:35 ×

wih. bisa deh ini bisa. haha. susah ya ternyata bikin cerita horor yang bisa bikin kita merinding ketakutan. Kayaknya masih mending punya lo deh daripada punya gua

Reply
avatar
Ringo
admin
20 February 2015 at 20:36 ×

Mau doong diketjup :*

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
20 February 2015 at 20:36 ×

Kayak rumahnya Spongebob, mb.

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
20 February 2015 at 20:39 ×

Keren Haw. Pokoke keren lah. :D

Reply
avatar
20 February 2015 at 22:44 ×

Hahaha sial! Ini keren!

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:32 ×

Wa wa wa... parah ini, udah di dunia nyata gak pernah dapet, di komentar puu direbut. *kejem amat*

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:33 ×

Anjir, rumah Spongebob.

Awalnya mau ditulis rumah tua, tapi karena nggak jado deskripsi yg detail, jadinya milih Rumah Kentang, dengan harapan agar yang baca dapet gambaran. Eh, tapi kayaknya salah, mestinya memang harus dideskripsikan. Maaf ya, Kak. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:35 ×

Iya, jadi tiga hari yang lalu itu bukan mimpi, dia aja yang ngerasa itu mimpi. Setelah kepalanya terpukul, dia kemudian mati. Yang ngelangkah ke dapur itu udah jadi arwah. Nah, yang didenger suara tumbang dari kamar itu tubuhnya dia. Gitu sih. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:38 ×

Iyakali, Rim ngebacanya sambil tutp mata. Eh, tapi kan tulisannya tetep kedengeran...dari luar jendela.

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:39 ×

Biasanya mesti baca 3 kali baru ngerti loh, Pak. Aku sih bacanya ampe 33 kali. Sunnah.

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:41 ×

Elu doang yang bikin puisi tentang hantu. Padahal itu lebih susah.

Tapi iya sih, gue nggak bisa bikin cerita serem, udah nyoba berkali-kali tetep aja ngerasa biasa. xD Makanya bikin kayak gini aja.

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:42 ×

Bener, susah banget. apalagi sekarang film hantu yang mengedepankan visual audio saja juga berkurang horrornya. gimana pake tulisan doang.... ini saya juga lagi belajar lho.

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:44 ×

Iya, Man. Padahal udah ngusahain bikin detail yang serem, tapi gak ngefek. Pengin dibuat lebih sadis, malah jadi psycho.

Mana bisa dibandingin, gue bikin cerita tentang apa, lu bikin cerita lain. Pasti memiliki kekurangannya masing-masing lah.

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:45 ×

Nah, gitu dong, Nggo. Gue yang dikatain keren. Jangan tulisannya. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 00:46 ×

Ampun, Bang. Gue jangan disialin. Gue shionya monyet lho. @@,

Reply
avatar
21 February 2015 at 03:25 ×

Waaah keren banget, Bang. Twistnya dapet banget. Awalnya sempet bingung dan nggak paham. Pas baca sampe 3kali baru paham kalo ternyata dianya udah meninggal wkwkwk

Reply
avatar
How Haw
admin
21 February 2015 at 04:11 ×

*Ini pertama kalinya lu manggil gue "Bang", Mas* *tinggal nunggu dipanggil sayang aja ini*

Hahaha, meski bacanya pelan-pelan banget pun, tetap nggak akan ngerti kalo sekali baca. karena pas endingnya akan timbul pertanyaan, "Kok dia mati? kapan?" Baru deh ngecek ke atas lagi. :ng Biar afdol, genapin aja, Mas bacanya.

Reply
avatar
Firstan Rude
admin
21 February 2015 at 08:28 ×

Ini ceritanya sama kayak filmnya nggak. sih ?

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
21 February 2015 at 08:54 ×

mau bilang keren udah banyak yang mewakili, jadi mau nanya aja. Jadi si aku dibunuh sama siapa, manusia atau hantunya? Yang nangis itu manusia atau hantu? Kenapa si aku malah mencium aroma bunga?
Sumpah penasaran. Kalo gue lebih menikmati cerita kayak gini jadi gak terlalu serem tapi, kalo dipikir lagi ternyata horor. Ceritanya sejenis cerita goosebumps R.L Stine gitu, keren *duh jadul amat bacaan gue -_-*

Reply
avatar
21 February 2015 at 09:18 ×

kalau beneran nyata paling seru juga =D

Reply
avatar
Ai Wida
admin
21 February 2015 at 09:58 ×

Ini rumah kentang hasil dari film bukan mas haw?

Reply
avatar
devina putri
admin
21 February 2015 at 11:50 ×

ceritanya bagus mas,dari awal alur ceritanya rapi mas.Udah jago nih bikin cerita fiksinya :)

Reply
avatar
21 February 2015 at 12:18 ×

endingnya bikin gue bilang,, hiiiiiy!!
keren, gue suka ceritanya :D

Reply
avatar
Arie Je
admin
21 February 2015 at 20:18 ×

Turut berduka ya Haw,, semoga tenang disisi-Nya.. Saat baca komen ini, jangan tengok ke belakang..
Gue serius, jangan nengok ke belakang ketika lo baca komen gue ini.
jangan.
gue udah peringatin lo ya.
karena kalo lo nengok ke belakang,
ya nggak bisa sambil baca komennya~
#dudududududu~

Reply
avatar
21 February 2015 at 20:39 ×

Awalnya aku pikir itu cuma mimpi, eh baca endingnya yg ada malah ketonjok. Ternyata udah mati. Bagus bang X)

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:18 ×

Nggak, beda bangett... ini cuma minjem nama rumahnya doang biar ada bayangan.

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:21 ×

Kalo yang itu nggak perlu dijawab, soalnya entar jadi nggak ada penasarannya. Udahlah tulisan ini gak serem, nggak bikin penasaran juga. @@,
Itu... aku belum pernah baca/nonton cerita itu...kalo disebut cerita terbaru, aku pasti percaya kok.

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:22 ×

Kalo aku mah nggak mau. wong ujung-ujungnya yang meranin malah mati. =(

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:23 ×

Iya, itu judul film... tapi cerita ini nggak ada hubungannya sama sekali ama filmnya. Numpang ketenaran seremnya doang.

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:24 ×

Wah.. syukur deh kalo ada yang suka dan ngerti alurnya..

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:26 ×

hiiiiyy.... :ng
Terima kasih, Kak.

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:27 ×

hush hush hush.... INI CUMA CERITAAAAAA...... *amit-amit cabang MLM*

Rie, elu udah sarapan hari ini?

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:35 ×

Hati-hati Fan... kalo ketonjoknya kena kepala, bisa mengalami kejadian sama lho...

Reply
avatar
Achmad Fazri
admin
22 February 2015 at 08:20 ×

Gak kebayang deh kalo ceritanya beneran,, wong dijalan kalo nyium bau kentang itu katanya ada makhluk halus Genderuwo,,

Reply
avatar
i Jeverson
admin
22 February 2015 at 13:41 ×

mantep endingnya. gue jadi keinget film the sixth sense, yang gak sadar kalau dia udah mati...
tapi kalau ngomong tentang rumah kentang, gue jadi keinget film nya boy william..

Reply
avatar
22 February 2015 at 18:59 ×

btw, itu knp ya kepalanya? ko bisa luka? :P

Reply
avatar
22 February 2015 at 19:37 ×

Malam jum'at itu waktunya tidur :-D

Reply
avatar
22 February 2015 at 21:33 ×

Ngebaca ini kok jadi laper, ya, Bang? #GagalFokus
Eh sumpah deh, ngebaca postingan #memfiksikan yang horor-horor gini bikin merinding aja ._.

Reply
avatar
22 February 2015 at 23:02 ×

Keren banget deh bro, suka banget dah ama ceritanya :)
salam kenal ya bro

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:25 ×

Oh... baru tahu gue mitos yang itu. :)

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:25 ×

Terima Kasih, Kak.

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:27 ×

Gue nggak tahu siapa pemeran di film Rumah Kentang... yang jelas ini judul emang diambil dari film itu. Kalo the sixth sense, gue nggak pernah nonton.

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:28 ×

*nggak mau jawab* =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:30 ×

Kalo malem lain...?

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:31 ×

Semoga kamu segera didatangi aroma kentang, Nduk. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 00:35 ×

Iya, salam kenal juga. :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
23 February 2015 at 01:05 ×

Kasian.. Jadi hantu, jomblo pula.. Hidup ini terlalu kejam. :'

Reply
avatar
How Haw
admin
23 February 2015 at 02:03 ×

*dheg*
malah fokus ke bagian yang itu. =(

Reply
avatar
23 February 2015 at 05:48 ×

Shio lo monyet? Bukan urusan gue. :(
Haw, kayaknya gue perlu ngobrol sama lo deh.

Reply
avatar
melissa nath
admin
23 February 2015 at 09:51 ×

kenapa namanya rumah kentang padahal dalemnya bau bunga? hehehe. baca dari awal udah ngeri-ngeri gimana gitu, ternyata enggak serem ah kirain ada psycho-psychonya haha, salam kenal

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2015 at 01:18 ×

Iya, 'kentang' banget.... Nonton SAW aja kalo mau yang psycho :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2015 at 01:19 ×

*enggg,,,,,,, (tanda-tanda minta putus ini mah)

Reply
avatar
24 February 2015 at 01:21 ×

Gak gitu, enggak. Kalo mau homo, lo aja. Jangan ajak gue. :3

Reply
avatar
How Haw
admin
24 February 2015 at 01:31 ×

Lah, itu... Mau ngomongin apaan? @@,

Reply
avatar
24 February 2015 at 11:49 ×

gue suka lewat rumah kentang itu.. tapi engga pernah ada apa-apa, bahkan baunya ngga ada xD twistnya keren banget haw hahaha.. gue ngiriii pengen bikin jugaaakk!!

Reply
avatar
Keke Naima
admin
24 February 2015 at 12:33 ×

ah, ternyata udah meninggal, ya. Gak terduga endingnya :)

Reply
avatar
24 February 2015 at 15:43 ×

Rumah kentang aslinya ada pa gag sih... mampir ya ke www.gembulnita.blogspot.com

Reply
avatar
24 February 2015 at 18:18 ×

Jadi, laki-laki sejati itu harus ke rumah kentang yaa? Wkwk :D

Reply
avatar
Ope
admin
24 February 2015 at 21:03 ×

"hanya ada tubuh yang terkapar tak bernyawa dengan luka di kepala"
ini tubuh siapa yak? :D manusiakah? :D

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:13 ×

Oh, gitu. Yaudah sharing-sharing aja ya. Tapi kalo takut ngeganggu, kadang-kadang juga boleh kok. =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:15 ×

Udah, kak Beb. Jangan ditambah kekejaman ini dengan diketawain.

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:16 ×

Coba masuk pas tengah malem, Cha.

Ikutan aja ntar Jumat, cek mention pas hari kamis. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:27 ×

Emang endingnya didugain kayak gimana?

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:27 ×

Ada, tuh si Disha sering ngelewatin tempatnya.

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:28 ×

Iya, buruan gih pergi pas tengah malem. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 00:34 ×

Itu ngtipnya kurang lengkap. *nyuruh baca ulang* *maksa*

Reply
avatar
25 February 2015 at 04:03 ×

Gue mau mengakui tebakan gue tadi salah, Haw. Endingnya gak keduga. Tulisannya juga keren, soalnya gue kebawa suasana. Pantes lo dapet komen kecup dari Tiwi. Pasti senangnya bukan main tuh. Hahaha. Etapi, rumah kentang itu rumah kosong tak terurus yang letaknya berada dekat sama taman suropati kan? Gue pernah kesana malem-malem. Awalnya cuma ngelewatin doang sih. Eh terus malah berhenti. Dan hawanya panas. Beda banget 10 meter jarak setelahnya, yang hawanya dingin.

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 04:28 ×

Iya, tapi dihalangi ama si Ringo tuh.

Setahu gue sih, rumah kentang ada di dua tempat, Jakarta (Rumah Kentang Prapanca) ama yang di Bandung. Mungkin waktu lu lewat, lagi terjadi panas lokal kali, kayak ujan lokal gitu yang ujannya cuma sepetakan wilayah doang. *nyari logika biar gak takut*

Reply
avatar
25 February 2015 at 05:30 ×

Serah lo, Haw. Terseraaaah. :((

Reply
avatar
How Haw
admin
25 February 2015 at 05:38 ×

Hahaha... Jangan terbakar emosi gitu, kan gue jadinya kepingin nanya, "Kenapa Agung ini dibakar?"

Reply
avatar
25 February 2015 at 05:41 ×

Cari tau sendiri. Jelaskan dalam dua halaman! :D

Reply
avatar
25 February 2015 at 08:13 ×

oooh rumah tua iya mas .. tau deh sekarang rumah kentang itu rumah tua :)

Reply
avatar
25 February 2015 at 08:31 ×

Kirain karena judulnya rumah kentang, ceritanya juga bakalan kentang. Endingnya kampret :)))

Reply
avatar
25 February 2015 at 19:53 ×

Yaudah deh besok-besok aku panggil 'sayang' aja. Aku tau kamu kan udah kelamaan jomblo, Mz.. Makanya nggak ada yang manggil sayang wkwkwk.

Coba deh ini cerita dibikin film pendeknya gitu. Tapi, kamu yang harus jadi pemeran utamanya. Pasti bakalan keren banget deh;3

Reply
avatar
How Haw
admin
26 February 2015 at 00:07 ×

*udah dapet*
..karena tak selamanya Agung itu direbus, buktinya hari ini dibakar..emosi. :ng

Reply
avatar
26 February 2015 at 00:08 ×

Dua halaman, Haw! Gue tunggu. Harus dua halaman. :3

Reply
avatar
How Haw
admin
26 February 2015 at 00:10 ×

...dan ini juga pertama kalinya gue dipanggil "Mz", dikira anaknya Alm. Ustaz Zainudin kali...

Oh, iya. Sebelom dipanggil 'sayang', aku praktikin dulu ya. ehm ehm....

Ah, bilang aja kamu cuma pengin ngeliatin aku dalam pidio doang kan, yang?

*aseli, geliii.....*

Reply
avatar
How Haw
admin
26 February 2015 at 00:11 ×

Iya, aku juga gak nyangka ceritanya nggak kentang begini... @@,

Reply
avatar
Mita
admin
26 February 2015 at 13:34 ×

Twist ending. Bagus ceritanya :))

Reply
avatar
Anonymous
admin
26 February 2015 at 18:20 ×

ceritanya bagus dengan twist yang keren mas. mungkin ini cerpen ya, jadi saya merasa terlalu cepat bacanya, atau mungkin penulisnya membuat tempo yang cepat ya hehe
nice story mas :3

Reply
avatar
26 February 2015 at 18:54 ×

kunjungan perdana yang cukup menegangkan, gue kirain ini semacam cerita bersambung gitu abis ada nomernya ternyata bukan :D
Ehm, kapan2 pgen nyoba juga ikutan memfiksikan, kayanya seru juga tuh :)
Oh ya maksudnya rumah kentang tuh apa yaa kurang begitu memahami, apakah tempat jualan kentang atau kentangnya hidup dan mempunyai rumah layaknya manusia -_-

Reply
avatar
Heru Arya
admin
26 February 2015 at 23:20 ×

Ada rumah kentang, ya. Wah-wah. Sepertinya itu serem, ya. :D

Agak nyesek memang, baca endingnya.

Kapan-kapan, gue pengen nyoba ah...

Reply
avatar
How Haw
admin
27 February 2015 at 02:11 ×

Hahaha... rumah kosong, tua dan gak keurus. gitu lah pokoknya.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 February 2015 at 02:13 ×

Halaman parkir ama halaman rumah, Pak?

Reply
avatar
How Haw
admin
27 February 2015 at 02:22 ×

Awalnya mau bikin fiksi kilat, malah kepanjangan... Ya bisa dibilang ini udah menjadi cerpen sih.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 February 2015 at 02:23 ×

Hahaha... itu nomor cuma penanda postingan keberapa pada tiap label kok... :)
*berarti gak banyak yang tahu tentang rumah kentang* *aku merasa gagal*

Reply
avatar
How Haw
admin
27 February 2015 at 02:24 ×

Lebih sereman rumah wortel... :ng
Ikutan aja, Jumat ini temanya "Tidur"

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
11 March 2015 at 22:29 ×

nggak, goosebumps itu novel yang ngehits banget pada masanya tahun 90an, ceritanya macem gini bikin mikir dan ending tak terduga.. *jadi pengen baca lagi*

Reply
avatar
How Haw
admin
12 March 2015 at 02:26 ×

Jadi penasaran ama novelnya. Di Toserba ada nggak ya?

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon