Nilai Yang Diinput Thanos Ke Infinity Gauntlet Saat Melenyapkan Separuh Kehidupan

Assalamu’alaikum…

Berbeda dengan tahun ini, di bulan April tahun 2019, kita semua lagi heboh dan gregetannya menunggu lanjutan film Avengers: Infinity War, yaitu Avengers: Endgame. Banyak pihak yang berteori tentang apa yang akan terjadi dan bagaimana para super hero nantinya untuk mengatasi kekuatan Thanos yang sudah memiliki Infinity Gauntlet.
infinity-series
1) Rencana Pak Thanos
Bayangkan saja, Thanos yang sudah begitu kuat, ditambah dengan memiliki kekuatan dari Infinity Stones yang sudah lengkap. Nggak hanya sampai di situ, super hero lainnya sebagian besar juga sudah dilenyapkan. Bagaimana coba menghadapinya kalo situasinya begitu? Sedangkan saat melawan Thanos rame-rame, mereka masih saja kalah.

Btw, saya secara pribadi nggak puas dengan Avengers: Endgame, apaan, Kamen Rider Movie banget jadinya. Padahal, movie Kamen Rider yang cerita dan scene-nya begitu sudah banyak banget. Saya lebih suka yang Avengers: Infinity War. Titik.

Sisi dramatisnya, ternyata Thanos memiliki maksud yang cukup mulia dalam pemusnahan massal tersebut. Dia memang menginginkan keseimbangan antara jumlah sumber daya alam dan makhluk yang mengonsumsinya. Kesimpulan yang dia dapat, ya, jumlah pengonsumsi sumber daya alamnya harus dipangkas sampai sisa setengah saja. Ya, walo memusnahkan setengah itu tetap bakal sia-sia, sih, karena perkembangan makhluk hidup itu juga cukup cepat.

Baca juga: Alasan Orang Memasang Avatar Wajah Separuh

Yang cukup menarik dari proses pemusnahan massal di Avengers: Infinity War tersebut, orang-orang yang jadi korban jentikan Thanos tidak musnah bersamaan sekaligus. Melainkan berpola dengan pengurangan sekian yang jika ditelusuri lebih lanjut tentu akan membentuk suatu deret matematika. Hal ini terlihat jelas dari Nick Fury, yang juga merupakan korban pemusnahan, masih bisa melihat korban lainnya kena jentik duluan.

Jadi, bagaimana sebenarnya proses pemusnahan setengah kehidupan oleh Thanos ini?

Saya juga tidak tahu. Untuk itu lah, mari kita sama-sama telusuri cara pengurangan setengah kehidupan yang dilakukan Thanos dengan bantuan Infinity Stones yang melekat di Infinity Gauntlet yang adegannya tertuang di film Avengers: Infinity War.

Bentar, itu dari tadi kata infinity-infinity terus yang muncul. Seolah di film tersebut mau menunjukkan bahwa semuanya berhubungan dengan hal-hal yang tak terhingga/ infinity. Karna pemusnahannya sendiri juga perlahan dan terus-terusan berderet menuju infinity, kita bisa menyimpulkan secara kasar bahwa pola pemusnahan kehidupan ini memang merupakan suatu deret matematika tak terhingga (infinity).

Contoh deret tak terhingga matematika itu misal satu, dikurang setengah, lalu dikurang setengah dari setengah, lalu setengah dari setengah yang setengah, begitu seterusnya. Ini kayak deret dalam pertanyaan “apakah kalo orang kaget setengah mati, jika dikagetkan dua kali dia akan mati?”. Polanya itu, kan, jadi:

1 x ½ = ½, dikagetin setengah mati lagi berarti ½ x ½ = ¼, dikagetin setengah mati lagi jadi ¼ x ½ = 1/8, dan seterusnya sampai tak terhingga.

Emang nyawanya makin kecil, tapi nggak langsung mati, kok. Namun, ya, jangan dikagetin juga. Kesian orangnya.

Saat Thanos menjentikkan jarinya, dengan maksud menghilangkan setengah kehidupan, yang terpikir di kepala kita tentu ada sejumlah besar makhluk hidup, lalu setengahnya hilang. Udah. Namun, karena di filmnya ditunjukkan menghilangnya sedikit-sedikit, berarti ada suatu pola di sana.
infinity gauntlet thanos
2) Nick Fury masih sempat melihat pelenyapan korban lain
Misal, nih, misal, kekuatan Infinity Gauntlet sendiri memiliki suatu aturan deret tak terhingga yang kudu dipahami. Saat diperintahkan untuk melenyapkan kehidupan, jumlah makhluk hidup yang ada di alam semesta akan berkurang sesuai dengan nilai yang diinput dan berkurang terus menerus senilai itu juga hingga tak terhingga.

Baca juga: Parodi Film Joshua Oh Joshua

Berarti, saat mau memusnahkan setengah kehidupan, Thanos harus menginput suatu nilai di benaknya, yang diproses oleh Infinity Gauntlet (berkekuatan seluruh Infinity Stones), hingga jumlahnya tepat seperti yang diinginkan. Berapa, ya, kira-kira angka yang diinput oleh Thanos kalo infinity Gauntlet-nya bekerja secara pola deret infinity?

Jika semua kehidupan di alam semesta ini bernilai 1, berapakah angka yang harus diinput ke Infinity Gauntlet yang prosesnya berpola infinity series (deret tak terhingga), agar nilai kehidupan yang 1 itu tersisa setengahnya?

Apakah itu ½? Karena niatnya mau memusnahkan setengah kehidupan saja?

Jika menjentikkan dengan nilai seperdua. Maka jumlah kehidupan yang hilang adalah setengah, setengahnya lagi, setengahnya lagi, dan seterusnya. Saat menggunakan nilai ½, bentuk deret matematika tak terhingganya akan terlihat seperti:


thanos 1

thanos2

thanos3



Kita perlu mencari tahu nilai dari deret tak terhingga tersebut biar angka satunya itu jelas berkurang berapa. Untuk itu, kita simpan dulu angka 1-nya (jumlah kehidupan alam semesta) dan mencari nilai deret yang bersimbol summation (sigma) tersebut.
thanos4



Karena tadi polanya berkurang setengah terus-menerus menuju tak terhingga (nilai n menuju ∞), biar mudah ngitungnya, kita kalikan saja dengan 2.

thanos deret

deret thanos2

deret thanos3



Hasil yang didapat dari deret tersebut adalah:
deret thanos



Berarti, kalo Thanos menginput nilai ½ di Infinity Gauntlet, jumlah kehidupan yang tersisa di alam semesta sebanyak:

hasil

hasilnya

hasil thanos


= 0

Salah anjay kalo Thanos menginput nilai setengah buat memusnahkan setengah kehidupan di alam semesta. Karena berdasarkan pola deret infinity, ujung-ujungnya semua kehidupannya justru akan mati walo prosesnya sangat pelan. Namun, Thanos, kan, masih punya Time Stone, bisa di-undo buat nginput nilai yang baru.

Bagaimana kalo menginput nilai ¼ saja?

Masuk akal. Tadi pake setengah, hasil pengurangan deret infinitinya malah satu, sehingga menyebabkan hasilnya nol. Berarti kalo menginputnya seperempat, harusnya deret infinity-nya akan bernilai setengah. Jadi kehidupan alam semesta benar-benar tepat berkurang setengahnya.

Yaudah, kita coba itung ulang pake nilai ¼. Saat dijentikkan, kehiduan di alam semesta langsung hilang seperempat, lalu seperempat lagi, seperempatnya lagi, dan seterusnya.

hitung

hitung2

itunglah



Abaikan dulu nilai satunya dan kita cari nilai deret tak terhingganya.
hitung3



Karena tadi polanya berkurang seperempat terus-menerus menuju tak terhingga (nilai n menuju ∞), biar mudah ngitungnya, kita kalikan saja dengan 4. Untung ada yang namanya copy/paste, nggak capek ketik ulang semua angka dan simbolnya.

perempatan

perempatan3

perempatan4

perempatan5



Hasil yang didapat dari deret tersebut adalah:
hasil



Maka, jika setelah menggunakan Time Stone dan Thanos menjentik lagi dengan input nilai ¼, jumlah kehidupan yang tersisa sebesar:


hasil

hasil

hasil

hasil sisa



Ya Allah, masih salah ini. Kan, maunya beneran sisa setengah doang. Yang lenyap hanya sepertiga, dua pertiga sisanya itu masih banyak. Ah, pake Time Stone lagi mau nggak mau.

Setengah, malah abis semua. Seperempat, masih sisa banyak. Yaudah sepertiga saja.

Nggak perlu penasaran, sih. Udah pasti yang ini bener. Rule of three berlaku di sini. Hehe. Lagian, udah kepanjangan ini artikelnya. Mana isinya angka-angka yang juga bikin pusing si Thanos.

Saat dijentikkan dengan nilai input 1/3 di Infinity Gauntlet, kehidupan di alam semesta lenyap sepertiga. Lalu sepertiga lagi, sepertiganya lagi, dan seterusnya.

pertigaan

pertigaan2

petigaan3



Abaikan dulu nilai satunya dan kita cari nilai deret tak terhingganya.
pertiga4



Karena tadi polanya berkurang sepertiga terus-menerus menuju tak terhingga (nilai n menuju ∞), biar mudah ngitungnya, kita kalikan saja dengan 3.

nilai

nilai2

nilai5

nilainya5



Hasil yang didapat dari deret tersebut adalah:
setengah



Sehingga dengan jentikan yang ketiga kalinya ini dan setelah dua kali mengundo, sisa kehidupan di alam semesta tinggal:


nilai akhir

hasil pertigaan3

sisa setengah

setengahlah



Akhirnyaaaa. Sisa kehidupan di alam semesta tepat setengah. Kini Thanos sudah bisa me-lockdown-kan diri di pematang sawah. Sambil menikmati senja sore dan iringan lagu Surti Tejo. Nggak perlu pusing lagi input nilai dan ngundo pake Time Stone.

Iya, Thanosnya nggak pusing. Saya sekarang yang pusing. Ini masukin angka-angka beserta equation-nya ke blog caranya kek manaaaa? 



Sumber gambar:
1) https://kaltim.tribunnews.com/2019/04/27/ketik-thanos-di-google-search-klik-infinity-gauntlet-di-tangannya-hal-unik-akan-terjadi
2) https://www.cbr.com/nick-fury-thanos-snap-theory/

Referensi:
1) https://id.quora.com/Jika-kamu-memulai-dengan-angka-1-kemudian-dikurangi-0-5-lalu-dikurangi-0-25-dan-terus-dikurangi-dari-setengah-angka-pengurang-Apakah-angka-tersebut-akan-menyentuh-nilai-nol/answer/Muja-Harahap?ch=10&share=bf8722f1&srid=dshoX
2) https://www.britannica.com/science/infinite-series
3) https://ruang-kepalasekolah.blogspot.com/2018/02/deret-matematika-series-kalkulus.html
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Nilai Yang Diinput Thanos Ke Infinity Gauntlet Saat Melenyapkan Separuh Kehidupan Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

16 komentar:

  1. Ini kalau Thanos baca pasti langsung gak jadi dia pake batu-batu itu.

    Hahaha jadinya masukin gambar ya bukan teks. Ngakak. Btw, gue juga lebih suka Infinity War daripada Endgame.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya, berdasarkan kalimat anak buah Thanos ke Tony Stark, "Kamu bukan makhluk terpintar di alam semesta" menunjukkan bahwa para alien itu sangat pintar. Thanosnya juga tentu sangat pintar karena bisa sampai jadi pemimpin mereka. Jadi, ini mah kecil baginya. Asal nggak lagi kepepet mau dipasung ama super hero lain aja.

      ada cara masukin di html mode, bang, tapi saya lebih malas melakukannya. Mending upload gambar sampai puyeng aja lah.

      Hapus
  2. Kapan terakhir kali saya baca soal Matematika sebelum hari ini, ya? Saking lamanya menjauh dari angka, saya pusing duluan sebelum berusaha mencerna perhitungannya.

    Kalau kamu pusing memasukkan angka dan lambang equation, bayangkan coba sebagian pembaca yang ketularan pusingnya.

    Beberapa kawan saya, termasuk saya, juga kurang suka End Game. Meskipun filmnya bisa saya anggap bagus buat menutup perjalanan panjang, sih. Di antara alasan-alasan yang bikin kurang suka, selain klisenya pahlawan pasti menang, kok saya malas dengan adanya suatu pengorbanan demi keselamatan orang lain saat mencari Batu Jiwa. Masih adakah yang semulia itu di dunia seberengsek ini? Bayangkan saja bagaimana ganasnya Sanji yang sudah diberikan makanan ketika terdampar di pulau bersama Zeff. Kebanyakan manusia tentunya berusaha bertahan hidup kan waktu terjebak berdua. Ini malah ribut karena pengin mati, bukannya mempertahankan nyawa. Biar tampak keren, kah? Hahaha. Aduh, komentar apa ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin pusing itu simbol sigmanya dan angka yang berderet doang. Kalo operasi bilangannya mah itu sederhana banget. cuma perkalian dan penjumlahan angka kecil.

      Kalo mau mudah, liat bagian yg bersimbol itu sebagai buah nanas. jadi kayak 4 x nanas = 1 + nanas, itu kan lebih mudah liatnya. hasil itungnya, 3 x nanas = 1, kalo diteruskan, jadinya nanas = 1/3.

      nggak seribet yang terlihat. xD


      saya termasuk yang sebagian temenmu itu, Yog. karen alasan mereka mau mati itu bisa memenuhi latar belakang keren yg didongengkan sejak dulu. mati demi orang banyak. mati demi agama. mati demi keluarga. ya semacam itu. makanya kita kalo bercerita dan berfatwa, emang kudu hati-hati, sih. efeknya jangka panjang dan melekat terus.

      jaid keinget dongeng kancil, bahas kancil ah di postingan entar.

      Hapus
  3. Hanya demi ingin mengetahui "berapa nilai" aja harus sampai dengan 3X percobaan ya, Haw. Coba kalau langsung masukin angka 1/3 di percobaam pertama. Langsung ketemulah itu. Saya kan jadi ikutan puyeng mbaca-mbaca persamaan di atas *ini cuma baca persamaan sama simbol-simbolnya doang lho, nggak sampai ngitung. dasar, bukan manusia eksak memang saya ini. hahaha*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin puyeng emang cuma simbol dan berderetnya aja sih, Wis. Kalo diliat pelan2, itu perhitungan cuma perihal kali dna tambah angka 1 sampai 4. xD

      Ya, kan, tujuannya setengah, masa langsung sepertigaaaaa. langsung selesai dong artikelnya kalo diawali sepertiga. dimarahin junjungan entar kalo pendek. berkomentar sekalimat aja dulu saya jaid contoh buruk blogger.

      Hapus
    2. Ya tuhan xD,aku barusan komemtar 1 kalimat di blogpost terbarumu padahal. Hahaha

      Hapus
    3. Sekarang udah nggak ngefek, Wis. Dulu saya digituin malah makin menjadi saya. komen pake dua huruf doang. Kadang OK. Kadang RT (nama akun yg komentar sebelumnya). xD

      Hapus
  4. Baru ngarti masa aku haw infinity itu sinonimnya tak terhingga

    Serius aku juga tadinya mikir, ini haw nginput bilangan pecahan sih gimana ya, ternyata setelah ku pencet kursor agak lamaan baru ketahuan deh klo bentuknya sudah dalam format gambar, e iya ga sih?

    Sebelumnya, aku ga kebayang gimana caranya ngetik banyak simbul matematika dengan angka pecahan di dashboard blog #yang ada bukan endasku aja yang pusing, tapi juga keyboard leptopnya memed wekeke

    Tapi setelah dipikir-pikir masuk akal juga sih pengandaian tentang upaya pemusnahan massal yang digambarkan tokoh Thanos dalam bentuk pengurangan ke satu bilangan tertentu, dan ternyata yg paling pas jawabannya adalah sepertiga biar dapat jawaban populasi ga habis alias masih ada nol. Karena klo dikurangin pola sepertiga beneran, angka setengahnya itu ketemu...yg which means menyisakan setengah dari populasi yang ada #ealaaa kok aku jadi sok jaksel gini ya #tumben amat aku agak mudeng pembahasan kali ini hahaaa, berarti dulu pas ngelmu bab pembuktian matematika aku ga bolos haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? ini serius? xD

      iyaa. ada cara buat ngubah dan masukin ke htmlnya biar tetap berupa tulisan, tapi saya terlalu malas, Teh Nit.

      ahahaha... karena sebenernya emang simple banget ini. Yang bikin ribet itu cara penulisannya yg banyak berderet dna berlambang aneh. ngitungnya mah cuma kayak satu dikurang setengah, tiga dikali satu dibagi dua.

      Hapus
  5. Wasem aku kok sering bgt typo ya haha nulis mumet aja bisa salah, memed maksudnya td mo nulis keyboardnya mumet wkk

    Btw soal avenger, aku terakhir nonton tuh yg pas ada bagian setting di piramid, tp lupa yg ke berapa, soalnya terakhir ke bioskup sebelum hamidun wkkk

    Tp sejujurnya aku ga gitu gandrung film superhero haw, kecuali klo nontonnya di bioskup yg stereonya bunyinya menggelegar, klo strimingan jatohnya biasane banyak skip skip haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo adalah gaya baru dalam mengetik. kutukan sih sebenernya, saya juga selalu mengalami, sekuat apa pun mencoba ngilangin, malah jaid makin sering.

      nggak masalah, Teh Nit, kan namanya tontonan, ngga harus ikut ama yg banyak orang tonton, pilih yang menurut kita menarik aja, sih. saya juga nggak gandrung amat nonton, sih. Di bioskop aja masih bisa diitung jari. nonton kalo ada temen aja, karena buat diskusi setelahnya. kalo mau nonton sendiri, lebih suka streaming yang ilegal dan gabaik itu. xD itu pun udah jarang banget dilakuin. anime sih jalan teros.

      Hapus
  6. sama kayak yng Yoga omongin
    gue lupa, kapan terakhir kali liat hitung-hitungan seperti ini.

    tapi emang setelah nonton filmnya sih, biasa aja
    gue lebih ke DC sih, bukan anak Marvel
    sorry

    tapi, film Batman vs Superman ampas sih

    btw, ini template lu baru ya?
    keren uy
    apalagi yang di bawah ini, warnanya bisa berubah uy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, sekarang nggak ada pelajaran ngitung zakat, warisan gitu, Zi?

      Iya, trilogi the dark night masih terbaik kalo menurut pribadi. Bahkan Birds of prey saya rasa banyak kurangnya. Justice League punya potensi yang bagus, sayang, kemunculan superman merusak semuanya.

      Kagak. Ini masih template yang sama kayak tahun lalu. walo ada niatan mau ganti, sih karena ada masalah yang cukup mengganggu di pengaturannya. yang baru ganti template itu si Adi Senpai.

      Hapus
  7. liat pecahan-pecahan gitu langsung cape.

    mau bobok.

    dadah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bohong anda. lebih capek mana saat saya dikirimi kertas hitungan revisi anda yang berisi pembebanan pada suatu kerangka bangunan dan jembatan yang ada beban tarik, beban tekan, beban puntir, serta momen inersia yang menggunakan rumus seperduabelas dikali h dikali b pangkat tiga? hah? lebih capek manaaaaa?

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~