How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

V-sika #11: Mengapa Saat Pakai Kipas Angin, Badan Tetap Gerah?

Respons: 42 comments
Assalamu’alaikum...

Dalam suatu waktu, khususnya di musim kemarau, kita pasti pernah merasakan kepanasan yang teramat sangat. Meskipun seharian nggak keluar rumah, namun kita tetap saja merasa panas dan pengap. Mau nyalain AC, nggak punya. Maka pilihan terakhir yaitu menyalakan kipas angin. Anehnya, meskipun kipas anginnya nyala di tingkat kecepatan paling tinggi, tubuh kita tetap merasa panas dan gerah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita harus mengetahui cara kerja kipas angin terhadap tubuh. Mengapa tubuh bisa merasa lebih sejuk jika memakai kipas angin? Padahal kipas angin tidak memiliki kandungan freon atau pendingin udara.

howhaw
Kipasan dulu
Tubuh kita selalu menghasilkan panas untuk menjaga suhu tubuh tetap konstan di sekitar 37°C. Sebagian panas tersebut, secara terus-menerus, akan menguap ke udara melalui permukaan kulit. Akibatnya, akan terbentuk semacam hawa panas di permukaan kulit kita.

Secara umum, suhu udara lebih dingin dibandingkan dengan suhu tubuh kita. Suhu di dalam ruangan atau yang biasa disebut suhu kamar yaitu sekitar 27°C. Saat kipas angin dinyalakan, akan terbentuk aliran udara, di mana udara yang mengalir tersebut merupakan udara yang berada di ruangan.

Ketika kita mengarahkan kipas angin ke tubuh, aliran udara yang dihasilkan akan membuat lapisan hawa panas tadi menjauh dari kulit dan digantikan oleh udara yang lebih dingin. Ketika kipas angin dimatikan, aliran udara pun akan terhenti. Lalu kulit kita akan membentuk lapisan hawa panas. Sehingga kulit kita akan terasa hangat kembali.

Jadi, kipas angin bisa membuat tubuh kita menjadi sejuk karena memanfaatkan udara ruangan yang lebih dingin. Nah, jika udara di sekitar kita memiliki suhu yang cukup panas, maka kipas angin tersebut tidak bisa membantu kita untuk mendinginkan tubuh.

Hal tersebut terjadi karena udara yang dialirkan oleh kipas angin memang sudah panas. Sehingga lapisan hawa panas di permukaan kulit kita juga digantikan oleh udara yang bersuhu panas. Panas berganti panas, maka tak ada efek dingin yang kita rasakan. Kita malah akan menjadi semakin gerah dan semakin kesal.

“KOK DIKIPASIN TETEP PANAS SIH?”

*****

Lalu, mengapa ada orang yang susah move-on? Ngerasa masih sakit hati padahal udah punya pacar baru.

Seperti cara kerja kipas angin dalam mendinginkan tubuh, hati juga mengalami cara kerja yang sama. Kalo kipas tak bisa mendinginkan badan karena udara yang dialirkan juga panas, hati juga begitu. Hati tak akan bahagia kalo yang menggantikan juga memiliki sifat dan tampang yang hampir sama. Belum lagi kalo tetap berada di lingkungan yang sama.

Nggak bisa move-on bisa terus terjadi karena ngerasa yang baru nggak senyaman yang lama. Anggaplah mantan itu adalah kamar yang sudah pengap. Lalu kamu mencari kamar lain yang lebih sejuk. Eh, malah dapat kamar yang lebih panas. Tentu kamu akan berpikir, mending tetep di kamar kamu aja deh.

Cara yang dianjurkan oleh ahli Termal untuk mengatasi hal tersebut yaitu membuat ventilasi dan jendela yang lebar dan dibuka secara teratur.  Selain itu, juga bisa memanfaatkan AC, namun tentunya akan menambah beban biaya. Bukannya malah dengan mengganti kamar, apalagi dengan kamar yang tata ruangnya sama.

Dari itu, dalam menjalin hubungan harus dipikirkan sejak awal. Jangan asal “Ih, aku suka”, melainkan juga lihat hal-hal lainnya. Seperti pikiran dan hatinya yang lapang terbuka, sehingga selalu bisa menghadirkan kesejukan. Namun, jika sudah terlanjur dan menghadirkan gerah, jangan langsung memutuskan untuk ‘pindah kamar’. Karena kamu bisa memasang AC. Minta bantuan orang lain untuk mengakurkan. Orangtua, terutama. Karena susah move-on keseringan bukan tentang sulit melupakan, tapi karena ngerasa meninggalkan orang yang ‘benar’.

howhaw
“Ilmu tentang cara kerja kipas angin pada tubuh memang tidak bisa dipakai untuk membeli somay. Tapi dengan ilmu tersebut, kita nggak perlu ngomel-ngomel bego nyalahin kipas karena nggak bisa ngedinginin badan. Apalagi nyari-nyari kesalahan pacar karena sedang rindu ama mantan.”

Salam V-sika.
(Baca: Peace-sika)




Referensi dan Sumber Gambar:
http://detektif-fisika-doni.blogspot.com/2012/08/mengapa-kipas-angin-dapat-mendinginkan_4828.html

http://www.anneahira.com/kipas-angin.htm


Share this:
Previous
Next Post »

Ditulis Oleh : How Haw ~ Production Haws

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul V-sika #11: Mengapa Saat Pakai Kipas Angin, Badan Tetap Gerah? Please share jika menurut anda bermanfaat. Jika ada pertanyaan, hubungi saya melalui kontak di menu bar atau di alamat surel: how.hawadis@gmail.com

:: Salam Howhaw ! ::


42 comments

Kalo nyalain kipas angin, bagian depannya gue kasih es batu Haw, jadi dingin deh.
Iya bener, kipas angin ga selalu bikin sejuk. Sate kambing misalnya, dikipasin bukannya adem, malah makin mateng.
Masalah mantan no comment deh. Takut Raisa baca.

Oh gitu.. ._.

Enak panas-panasan ih. Bikin kurus. :P

Baca komentar kamu ngungkit-ngungkit Raisa aku malah pengen nglempar kipas Nggo.

Aku gak suka kipasan, ataupun pakai AC. Soalnya gak kuat, sama gak kuatnya ngelihat mantan. *Emang punya mantan? #Biarin

Asal suka itu sama kayak nurutin hawa nafsu, padahal gak suka-suka amat. Cari yang lebih nyaman, eee... malah dapetnya sama aja. Ya bikin susah move on.

Kalo ngapunya pacar harus masang AC dimana Haw? ._.

Jadi, selama ini!! Mantan gue itu ibarat Kamar yang pengap?!

Oooo jadi intinya keseringan make kipas angin . .?? Menyebabkan kita susah move-on yaa . .??

Sebenernya, kalau kita udah tau cara kerja kipas angin seperti itu, lalu gak menggunakan kipas angin ketika sedang panas, maka kita bisa menghemat penggunaan listrik. Nah, dana yang terkumpul dari penghematan listrik itu kan bisa dipakai untuk beli somay ... *orang finance banget kan gue, huahaha*

Lemparin es batu aja tuh si Renggo, Pak. xD

Iyakali, Nggo bakar sate cuma pake kipas doang.

Masa sih panas-panasan bikin kurus? engep iya.

Ada rencana mau bikin mantan, Pak?

kebanyakan orang sekarang sih gitu, alesannya nyari yang lebih baik. Eh, gak dapet.

Jangan pasang ac, pasang namaku di hatimu aja. *haw haw... kurang-kurangi modus*

...dan berarti elo ninggalin dia karena ngerasa gerah. Kesian, kak.

Hahaha... iya kalo pacarannya ama kipas angin.

O_o Iya, istri-able banget. Pernah bermimpi punya pasangan sedeng kayak aku nggak, Kak?

*haw...haw...haw..laporin ustaz nih*

Jika meresa panas langsung aja Ice Bucket Challenge, agar suhu badan menjadi stabil kembali. :D

Bener juga, Haw. Tapi, alhamdulillah, kamar gue pake AC. Tinggal hati gue yang belom gue pasang AC...

Payah! Bahas mantan. Pasti lu lagi inget mantan ya, Haw? Lu lemah! Hahahaha. *kabur ditiup kipas angin*

Cieeeh korelasinya pas banget Kak Haw hahahah
Emang bener, susah move on itu lebih kepada telah meninggalkan orang yang benar :')

Di kamarku cuma ada kipas angin, pantesan aja jadi susah move on. Boleh minta tolongin pasangi AC nggak? Biar cepet move on dan berpindah hati ke kamu, Mz...

Baru pertama kali baca tulisan yang ini, aku langsung nyari tukang AC. Biar bisa mup on.

hush... elu mau matiii??? kalo panas trus tiba-tiba disirami air dingin, itu gayanya gede banget. Efeknya ayak melepuh lho. Coba aja praktikin, gelas diisi air panas atau dipanasin, lalu kosongin dan isi pake air yang sangat dingin. PECAH... apalagi tubuh..

Hatinya disimpen dikulkas aja biar dingin.

sssttt.... jangan keras-keras entar banyak yang tahu. Ini gue sengaja ditulis biar gak kedengeran orang lain loh. Malu kan kalo ketahuan.

Iyah... dan dapet pengganti yang salah.

Percuma kalo lo, Gung. Kamu nggak butuh AC, tapi butuh penghapus. Elo kan mantannya lukisan. *lalu kabur*

Alhamdulillah ya Allah. Nikmat mana lagi yang harus didustakan? Disepik Imas begini....

Ah, daripada elo. Gak bisa move on, malah nyalahin kipas angin. Hih!

*aku tersentak* *lalu sungkem pada kipas angin*

Woe...
Gila! istriku udah mau lahiran malah ngasih ide cemerlang kek gini *Ehhh..

oh, jadi gitu yaa, tapi masalahnya bukanya ruangannya yg gak nyaman, tapi ruangannya udah penuh :(

Penggunaan AC bisa bikin global warming, kan ya?
Apakah gagal move on juga bisa bikin pemanasan global di hati pasangan yang baru? Coba jelasin dong, Bang :p

Ruangan penuh kalo sirkulasi udaranya lancar, tetep berasa adem kok... Kamu pake kamar kos-kosan? Itu kan tujuannya emang buat bersama, jadi kalo nggak nyaman karena penuh, itu resiko. Yang artinya, kamu memilih kamar yang nggak bisa dimiliki sendiri.

Iya, gitu. Make AC berarti kan udah adem = sudah move on. Korelasinya berarti, kalo udah move on dan bahagia, mantan pasangan yang bakal ngerasain panas. @@,

Pak, Pak... sadar pak. nyebut...nyebut... nyebut nama selingkuhan yang ditargetkan.

ahh. bentar. gua mau manggut2 dulu. kok lo bisa pinter banget ya masalah ginian. keren gila.

makanya gua gak suka masang kipas angis di kekuatan tinggi, bukan dingin, malah makin pengap.
trus ini kok ada bahas mantan. mantan gua udah nikah di postingan lo sebelumnya.
btw, tukang servis ac terdekat di mana ya?

Sama, Man. Mantan gue juga. =(
Emang lu punya AC?

*hebatnya cewek* rela engep-engepan demi badan kurus.

Hahahaha kerenan ini dari pada punyaku kyaknya. Mantap2 dah dua jempol buat om How.

Hahaha... gak bisa dibandingin kali. ini analisis, punyamu kan bersajak. =D

I am Hwa Jurong, a Private Money Lender do you need a loan to start up business or to pay your bills and a corporate financial for real estate and any kinds of business financing. I also offer Loans to individuals,Firms and corporate bodies at 2% interest rate. I give out loan to serious minded people that are interested of loan if interested contact this email: hwajurong382@yahoo.com or hwajurong12@gmail.com

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan lumayan bisa diajak jadian.


Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi