Berapa Jumlah Beras Sekarung dan Berapa Lama Menghitungnya?

Assalamu’alaikum…

Pandemi masih memberi ancaman. Dalam situasi seperti ini, sangat sulit menemukan bahan makanan pokok yang didiskon. Kemarin saat membeli beras 5 kg, tiap produk berasnya berada di harga tertinggi. Di hari normal, biasanya akan ada produk beras yang di-diskon. Misal harga aslinya RP64000, maka akan di-diskon dengan harga RP56000. Kemarin, semuanya benar-benar dipatok di harga tertingginya.
beras
1) Menghitung beras sekarung
Dulu saat memasuki masa orientasi, kami para siswa diminta untuk membawa beras sejumlah 2000 bulir serta bawaan lainnya. Barang yang diminta tersebut sepertinya akan dikumpulkan dan disumbangkan pada yang kurang mampu. Karena masa itu lagi bodoh-bodohnya, saat mempersiapkan barang bawaan yang diminta, saya menghitung bulir berasnya satu demi satu.

Nggak dibaca nggak apa: Kembalikan Ospek Ke Tujuan Awalnya

Padahal, saya sangat yakin, itu para seniornya juga nggak bakal menghitung ulang hanya demi memastikan jumlahnya. Walopun di awal mereka mengancam akan menghukum kami jika jumlahnya kurang. Mungkin karena banyak yang pernah mengalami, saat menanti seseorang dalam waktu cukup lama, misalnya menunggu selesai berdandan, mereka mengatakan,

“Nungguin kamu selesai dandan, bisa ini kayaknya sambil ngitungin beras sekarung.”

Di masa ini, ketika sudah banyak orang yang mendapatkan pendidikan, serta alat bantu dan data-data tertulis banyak dipublikasikan, apa iya menghitung beras sekarung ini masih memerlukan waktu yang lama?

Varietas beras yang dijual di pasaran

Varietas beras yang bermacam-macam ini memeiliki pengaruh cukup besar dalam penghitungan nanti. Sebab, ukuran dan bobot tiap bulir masing-masing varietas cukup berbeda. Untuk itu, kalo mau menghitung jumlah beras sekarung, kita kudu tahu dulu jenis berasnya.

Bermacam varietas beras ini muncul (dikembangkan) karena selain untuk memenuhi kebutuhan aneka beras, misal beras untuk nasi goreng, nasi ketan, nasi merah atau nasi jepang, juga untuk meningkatkan hasil panen. Ada varietas beras (padi) yang lebih tahan hama dan juga bisa ditanam sepanjang tahun.

Baca juga: Efek Buruk Makan Nasi

Karena jumlah varietasnya sangat banyak, kita fokus saja dengan beras yang paling umum dijual dan banyak dibeli di pasar atau mini market. Beberapa varietas yang banyak ditemui yaitu, beras pandan wangi, beras setra ramos (IR-64), beras rojolele, beras pera (IR-42), dan beras merah.

Beras kencur tidak kita masukkan, ya. Walopun banyak dijual di pasaran, tapi beras yang itu nggak ditanak. Melainkan di-blender dengan kencur, gula dan asam jawa. Yang langsung seduh, sudah berbentuk bubuk sachetan. Masa iya mau ngitungin bubuk beras kencur sekarung?

Berapa bobot beras per 1000 bulirnya?

Data yang membantu penghitungan beras selanjutnya adalah bobot tiap 1000 bulirnya. Angka 1000 di sini dipilih untuk memudahkan perhitungan nantinya, sebab kalo menggunakan bobot per bulirnya, angka yang akan terlibat bakal lebih banyak atau desimalnya lebih panjang.

Dedikasi orang-orang dalam mengembangkan salah satu pangan ini cukup tinggi. Dulu tiap ada varietas baru, mereka menghitung dan mencatat bobotnya per 1000 bulir. Berdasarkan data yang mereka bagikan, berikut keterangan singkat dan bobot masing-masing varietas beras yang banyak dijumpai di pasar tadi.
beras
2) Beragam jenis beras yang dijual di pasar

Beras pandan wangi: Berbentuk cenderung bulat (tidak terlalu lonjong), berwarna putih sedikit kekuningan. Saat ditanak mengeluarkan aroma yang wangi, pulen, dengan bobot per 1000 bulirnya berkisar 27-28 gram.

Beras setra ramos (IR-64): Ini beras paling banyak saya temui di mini market seperti alfamart, indomaret, mungkin karena murah juga, sih. Namun, beras ini nggak bisa disimpan lama-lama. Lebih dari 3 bulan disimpan, saat dimasak jadi nasi akan cepat basi. Tidak memiliki aroma wangi. Bobotnya rata-rata 27 gram tiap 1000 bulir.

Beras rojolele: Hampir sama dengan beras pandan wangi, tapi bentuknya lebih tipis. Walo tidak mengeluarkan aroma wangi saat ditanak, tapi nasi yang dihasilkan sangat pulen. Bobot per 1000 bulirnya mencapai 32 gram.

Beras Pera (IR-42): Memiliki tekstur keras dan kering saat ditanak. Bentuknya kecil dan pipih. Biasa digunakan sebagai olahan nasi goreng, ketupat atau nasi uduk. Harganya lebih mahal dibanding beras ramos karena petani yang menanamnya lumayan jarang. Bobot per 1000 bulirnya sekitar 23 gram.

Beras merah: Ya, warnanya merah. Kalo mau ditanak dan biar nggak keras, harap direndam dulu sekitar 20 menit. Bobotnya sekitar 24 gram per 1000 bulir.

Mari kita hitung jumlah beras sekarungnya

Setelah jenis varietas dan bobot per 1000 bulirnya diketahui, kita lihat juga ukuran karung berasnya. Paling sering ditemui saat membeli beras itu ukurannya 5 kg, 10 kg, 15 kg, hingga 25 kg.

Anggaplah karung beras yang kita bawa ke rumah pacar dan nungguin dia selesai dandan itu berukuran 20 kg (20000 gram). Varietasnya IR-64 atau setra ramos yang bobot per 1000 bulirnya itu 27 gram.

Maka jumlah bulir beras di karung yang kita bawa menemui pacar tersebut adalah:

20 000 gram x 1000 : 27 = 20 000 000 : 27 ≈ 740740 bulir

Atau pas ke rumah pacar lagi bawa varietas beras rojolele dengan ukuran karung 15 kg (15000 gram), sama saja caranya:

15 000 gram x 1000 : 32 = 15 000 000 = 468750 bulir

Cepet ternyata ngitungnya. Apalagi kalo pake kalkulator. Nggak sampai 5 menit. Lebih lama waktu ngebahas varietas berasnya di atas malah. Jadi kalo ada orang yang bilang lama nungguin kalian dandan sampai-sampai sempet ngitungin beras sekarung, itu secara nggak langsung dia mau bilang,

“Wah, cepet juga, ya, kamu dandan. Padahal hasilnya bagus dan cantik begitu.”



Sumber gambar:
1) https://www.linkarnews.com/news/detail/8871/seorang-guru-sd-tugaskan-muridmuridnya-menghitung-100-juta-butir-beras
2) https://lifestyle.okezone.com/read/2018/10/12/298/1963382/mengenal-jenis-jenis-beras-dan-kandungan-nutrisinya-mana-yang-paling-sehat

Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Berapa Jumlah Beras Sekarung dan Berapa Lama Menghitungnya? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

8 komentar:

  1. Kalau suruh mbedain beras IR dan rojolele di lapangan, sesungguhnya saya tak bisa. Yang saya tahu ya cuma "beras putih" gitu doang. Bisa dimasak buat nasi. Udah. Masalah rasa, juga nggak besa mbedain. Enak. Udah, titik xD

    Segala, beras kencur dibawa-bawa. Beda server itu woe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih kesusahan, mas tri, tapi kalo yang ramos premium kristal ama yang ramos biasa, ya, bisa. terlebih kalo udh dimasak.

      tapi kan beras-beras jugaaa.

      Hapus
  2. Ya Alloh Haw aku nengok paragraf bawah serasa diajakin kuliah logika matematika, haw tulung aku lieur urang hahaha

    Ya emang dulu akupun pernah ngalamin dikerjain pas mos atawa ospek, bukan ngitung bulir beras nyampe ribuan sih tapi nebak nama makanan yg dipakein teka teki, heu riweuh emang ospek jaman dulu tuh wkkkk


    Klo varietas beras mestinya aku tanya mertua nih, karena beliau kn petani, jd hapal yg bagus mana
    Tp sejauh yg aku tau, rojolele n pandanwangi is my fav rice, dulu aja anakku yg pertama hampiiiir aja takkasih nama pandan wangi, tp ga jadi haha, ntar takut dibilang nama beras haha
    Tp beras jepang aku masi penasaran loh soalnya mirip ketan

    Klo beras kencur mah kesukaan banget selain kunyit asem #ini mah ga masuk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaan, sebagai lulusan IPB, mah itu kerupuk doang buat teh Nita.

      kalo yang teka-teki gitu, saya malah seneng, kalo salah juga nggak apa. Namanya juga nggak tahu barangnya. Di kampung saya dulu nggak ada. dan bla bla bla.. tapi kalo ngitungin beras, kalo bilang nggak tahu ngitung, itu kan udh parah ya... apalagi kalo buat pembuktian dia beneran ngitungin di depan dan kebetulan itu punya saya..

      wa, kalo petani sih iya, mbak, mereka lebih paham. bahkan sejak masih bulir sekam.

      Ya suka sih sukaa, tapi ya jangan sampe jaid nama anak jugaaaaa.. ahahaha...s elamat kamu, nak, nggak dipanggil rojolele..

      beras jepang kalo gasalah di wilayah jateng magelang dah banyak yg nanem, rasanya lebih enak beras pandanwangi sih menurut saya.

      Hapus
  3. KENAPA JADI MEMBELA PEREMPUAN DANDAN ANDA HEY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, yang salah kan yang bikin perumpamaan ngitung beras sekaruuuunggg... bikin perumpamaan lain laaaaahhh.

      Hapus
  4. Ebuset niat juga ngitungin beras sampe 2000. Kalau saya berhubung anaknya licik pasti ngasal aja dan lgsg googling bobot beras sebutir tanpa peduli itu jenis beras apaan. Btw kalau perbedaan ukuran berasnya hanya lonjong, sedikit lebih lonjong, tidak terlalu lonjong, otak saya yg kurang imajinatif ini agak susah membayangkannya. Mgkn saya cuma bisa bedain beras putih, beras merah, sama beras hitam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda sudah cerdik dari dulu. Saya gak secerdas dan seberani itu dulu untuk menangani. Apalagi timbangan yg dipunya di runah itu timbangan kiloan (ons). Jadi buat nimbang bobot berasnya itu gatau kudu ngumpulin berapa biar se ons (ngitung2 juga dibuatnya). Nyari di internet, tentu gabisa, jaringan hape saja baru mulai masuk waktu itu.


      Lah iya yak. Ngapain ngasi info gitu. Maaf, gambar yg diniatkan buat pembanding masing2nya gak ada. Udh nyari jenis berasnya di gugel tetep gak dapet. Memang klo lagi beli beras yg beda dan dibandingin langsung bakal lebih ngebantu sih.

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~