MSI Alpha 15: Laptop Gaming Pertama AMD dengan Teknologi Arsitektur 7 nanometer

Assalamu'alaikum...

Semakin meningkatnya inovasi teknologi, permintaan laptop gaming juga ikutan meningkat. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena bermain game di zaman sekarang tidak hanya tentang performa alat gaming-nya, melainkan juga tentang mobilitasnya. Bisa bermain game berdekatan dengan teman, akan terasa jauh lebih meyenangkan.
msi-x-amd
1) Laptop gaming pertama berteknologi arsitektur 7 nm
Misalnya, bermain game online dalam satu squad. Mainnya ramai-ramai di rumah teman. Lalu salah satu temannya ada yang ndablek, kan, bisa langsung ngejitak kepalanya, ya. Hal seperti ini tidak bisa dirasakan jika hanya mengandalkan perangkat komputer yang melekat di rumah masing-masing.

Karena banyaknya permintaan untuk memenuhi kondisi tersebut, banyak brand yang mulai memperkenalkan teknologi laptop gaming terbarunya. Termasuk MSI. Melalui kerja sama dengan AMD, mereka menghadirkan laptop gaming pertama yang berteknologi arsitektur 7nm, berprosesor AMD dan Kartu Grafis AMD Radeon terbaru. Laptop gaming tersebut adalah MSI Alpha 15.

Waktu peluncurannya di pertengahan Desember tahun kemarin, saya dan beberapa teman saya cukup antusias. Sebab, jika tangguh dipakai untuk bermain game berat, otomatis akan tangguh pula untuk melakukan rendering di software 3D.
msi alpha 15 amd ryzen
2) MSI Alpha 15
Laptop gaming sering diidentikkan dengan harga yang sangat mahal. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan prosesor, kartu grafis, dan fitur lainnya yang memang dipilih berdasarkan yang paling baru dan paling berkualitas. Namun, melalui MSI Alpha 15 ini, hak bermain game berat di laptop bisa lebih dijangkau banyak orang. Sebab, meski dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni, harga yang ditawarkannya tergolong lebih murah dibanding laptop sejenis di kelasnya.

Kita lihat dulu kekuatan “otak” yang dipakai MSI Alpha 15

Menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 3750H dan Kartu Grafis Radeon RX5500M akan memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa. Sebab prosesor tersebut merupakan prosesor yang bisa dibilang tertinggi dan terbaru saat ini. Kombinasi sempurna produk unggulan AMD ini, tentu akan membawa perangkat canggih ke tingkatan lebih mainstream. Akan lebih banyak player yang bisa merasakan kecanggihannya.

Desain yang dihadirkan MSI melalui laptop Alpha 15 cukup elegan. Tidak dibuat terlihat full gaming, sehingga bisa masuk di berbagai bidang yang butuh performa laptop tinggi. AMD Ryzen 7 3750H sendiri memiliki jumlah 4 Core dan 8 thread dengan rating TDP 35W, memberikan performa lebih untuk beban ekstra.
msi alpha dengan logo baru
3) Hadir dengan logo baru yang berupa burung phoenix
Dipadukan dengan Kartu Grafis Radeon RX5500M, yang merupakan kartu grafis pertama di dunia untuk platform mobile yang menggunakan Arsitektur 7nm. Sehingga memberikan efisiensi daya dan kinerja yang lebih baik. Radeon RX5500M ini juga sudah menggunakan teknologi GDDR6 yang dapat memberikan bandwidth yang lebih optimal dan menghadirkan pengalaman gaming yang lebih mulus.


Apa saja fitur unggulan lainnya dari MSI Alpha 15?

MSI Alpha 15 juga memiliki banyak fitur yang disajikan untuk para gamers. Mulai dari layar selebar 15.6” IPS Full HD yang memiliki refresh rate hingga 144Hz, dukungan fitur AMD FreeSync™, AMD FidelityFX, dan Radeon™ Anti-Lag. Tak hanya fokus di bagian layar, keyboard yang digunakan merupakan steelseries dengan backlight RGB yang dapat diatur menyesuaikan dengan kondisi permainan. Sehingga kita bisa memiliki pengalaman tersendiri dalam menggunakan keyboard-nya sesuai jenis game yang dimainkan.

Untuk segi suara, MSI Alpha 15 bahkan sudah dibekali dengan speaker yang bersuara 5 kali lebih besar. Akibatnya, kita bisa lebih menikmati tiap efek suara yang muncul dalam permainan. Bahkan sangat membantu jika permainannya berupa “hide and shoot” yang ketika musuh mendekat akan terdengar suara langkah atau gemeresik di dekat kita.

“Dengan beberapa fitur MSI Alpha 15 tersebut saja, menjadikan laptop ini sebagai salah satu pilihan laptop gaming unggulan yang dapat menambah pengalaman bermain game favorit lebih optimal. Dirancang untuk high fresh gaming 1080P, Alpha 15 dapat memberikan performa dan pengalaman visual yang mulus seperti yang diinginkan oleh para gamers,” kata Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia.
uji-coba-termal-alpha-15
4) Uji coba termal MSI Alpha 15 di game DOTA 2
Saya sependapat dengan kalimat Mbak Armawati Cen tersebut, sebab jika kita menelisik fitur lainnya, MSI Alpha 15 bisa dikatakan dapat merebut semua julukan laptop gaming terbaik di kelasnya. Misalnya laptop gaming paling dingin, MSI Alpha 15 bisa mendudukinya. Cooling system yang dimilikinya (cooler boost 5) benar-benar bagus. Dicoba main game dota 2 selama dua jam penuh, termalnya bahkan nggak menyentuh angka 60 derajat celcius.

Mari cek performa MSI Alpha 15 lebih dekat dalam menjalankan game dan software yang terbilang berat

Untuk pengujian Cinebench R15, laptop ini memberikan skor 786 poin dan untuk pengujian dengan menggunakan PC Mark 10 memberikan skor 4414 poin. Skor ini terbilang sangat mumpuni untuk menjalankan program berat seperti Adobe Photoshop CC ataupun Adobe Premier.

Sedangkan pengujian menggunakan real apps, Blender 2.80, dengan merender sebuah model 3D, settingan tinggi, waktu yang dihasilkan adalah 8 menit 20 detik.
haisl uji benchmark alpha 15
5) Nilai benchmark saat main game, makin besr makin bagus
Dalam pengujian menggunakan 3D Mark Fire Strike, skor yang dihasilkan merupakan yang tertinggi untuk kartu grafis sekelasnya, bahkan mencapai 12361. Sementara untuk game lain seperti Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, Ghost Recon Breakpoint, ataupun Borderland, fps yang didapat rata-rata di atas 60 fps dengan settingan 1920x1080 High. Game e-sport seperti PUBG, Fortnite, Dota2, bahkan CS: GO fps-nya pun masih di atas 90 fps.

Dengan hasil pengujian seperti itu, membuktikan bahwa performa MSI Alpha 15 dengan AMD Ryzen 7 3750H dan Radeon RX5500M memberikan performa gaming yang cukup tangguh untuk dimainkan dengan resolusi full HD.


Terakhir, berapa harga laptop tangguh ini?

Rata-rata laptop gaming dengan performa seperti yang telah disebutkan tadi berada di kisaran 18-20 jutaan. Namun, harga MSI Alpha 15 tidak sampai setinggi itu. Meski kinerjanya sangat bagus, harganya berada di angka Rp15.499.000 untuk varian MSI Alpha 15 yang menggunakan Kartu Grafis Radeon RX5500M. Barusan ngecek lagi di Tokopedia, harganya lagi didiskon malah.

Sedangkan varian MSI Alpha 15 yang menggunakan Kartu Grafis Radeon RX5300M dibanderol dengan harga Rp13.999.000. Kedua versi tersebut sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home original dan didukung penggunaan NVMe SSD 512GB yang menjadikannya semakin cepat.

Berikut spesifikasi lengkap Laptop MSI Alpha 15,
spesifikasi msi alpha 15 amd ryzen


Sumber gambar:
1) https://www.msi.com/Laptop/Alpha-15-A3DX
2) Uji Termal oleh Jarrod'sTech (https://www.youtube.com/watch?v=t9pBSgv7QVA)
3) Review Picel Media Group (https://www.youtube.com/watch?v=4CPOpl2LMHE)
4), 5) Review Monaliza (https://www.youtube.com/watch?v=EaqrF8lqFw8)
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul MSI Alpha 15: Laptop Gaming Pertama AMD dengan Teknologi Arsitektur 7 nanometer Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

2 komentar:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~