How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

Kembalikan OSPEK ke Tujuan Awalnya

Respons: 98 comments
Assalamu’alaikum...

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang biasa disebut OSPEK, merupakan kegiatan awal kuliah yang kenangannya bisa terbawa sampai akhir usiah. Entah itu kenangan yang membuat air mata membuncah, maupun kenangan yang membuat wajah tersenyum cerah. Awalnya, OSPEK dilakukan dengan tujuan mengenalkan kampus dan sistem perkuliahan bagi mahasiswa baru. Namun, beberapa tahun terakhir, OSPEK malah menghasilkan tindak kekerasan senior pada juniornya.


Howhaw #157: Mengenal Orang-Orang Berkebutuhan Khusus dan Istilah Tuna-asmara

Respons: 73 comments
Assalamu’alaikum...

Orang berkebutuhan khusus merupakan orang yang dianggap berbeda dan sulit berkembang. Mereka memerlukan perlakuan dan “hal-hal khusus” untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dulu, orang yang bekebutuhan khusus dianggap oleh keluarganya sebagai aib. Sehingga orang-orang tersebut cenderung dikurung dan dilarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan mereka menjadi orang yang anti-sosial dan tidak mandiri.


Howhaw #156: Kemudahan Itu Datangnya Setelah Kesulitan atau Bersamaan dengan Kesulitan?

Respons: 75 comments
Assalamu’alaikum...

Kesulitan merupakan suatu keadaan yang menyebabkan seseorang melakukan usaha lebih keras lagi. Namun, meskipun sudah mengerahkan seluruh usaha, kesulitan yang dihadapi masih saja tentang itu-itu saja. Yang artinya, kesulitan tersebut tak kunjung hilang.

Menurut para tetua, dalam menghadapi kesulitan seperti itu, kesabaran dalam diri harus selalu dijaga. Karena setelah kesulitan, pasti akan datang kemudahan. Masalahnya, kata “setelah” tidak memiliki standar satuan. Bagaimana jika kemudahan itu datang setelah kita tak bisa bergerak lagi? Kan telat. Padahal kata Pak ustaz, kemudahan itu datangnya bersamaan dengan kesulitan. Jadi, yang bener yang mana?


V-sika #15: Gelas Kaca Tebal Lebih Mudah Pecah Dibanding Gelas Kaca Tipis Saat Diberi Air Panas

Respons: 107 comments
Assalamu’alaikum...

Ada banyak bentuk penyajian minuman, mulai dari yang dingin sampai yang panas. Ternyata, dalam penyajiannya, material gelas yang digunakan juga harus diperhatikan. Seperti minuman panas yang lebih disarankan disajikan dalam gelas kaca dibanding gelas plastik. Namun, ketika menuangkan air panas ke dalam gelas kaca, sering dijumpai gelas kaca yang digunakan tiba-tiba retak/pecah. Padahal gelas kaca tersebut cukup tebal. Anehnya, saat air panas yang sama dituangkan ke dalam gelas kaca yang lebih tipis, malah tidak terjadi apa-apa. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Howhaw #155: [Cerbung] Persil 1 - Kepergian Adit

Respons: 79 comments
Hadi terus memacu motornya lebih cepat, menyalip dengan sigap kendaraan di depannya. Dia terus menambah kecepatan, bagaikan seorang mahasiswa yang kesiangan, ngebut agar tidak terlambat. Dan memang, saat itu matahari sedang berada tepat di atasnya dan dirinya sedang terlambat. Debu berterbangan di atas jalan aspal yang rusak berlubang. Sudah banyak orang yang menjadi korban jalan tersebut, karena melepas tangan untuk mengucek matanya yang kelilipan. Namun tetap saja kata ‘terlambat’ terlihat lebih mematikan.

Beberapa saat sebelumnya, Hadi berada di dalam kelas memperhatikan dosennya menjelaskan tugas Studio Perancangan Bangunan Tinggi. Tiba-tiba handphone di saku celananya bergetar. Sebuah pesan dari Aryo, sahabatnya sejak SMA.

Howhaw #154: Mari Lestarikan Serta Wariskan Mitos dan Mistis Demi Lingkungan yang Lebih Baik di Indonesia

Respons: 101 comments
Assalamu’alaikum...

Sebagai makhluk hidup, manusia sangat bergantung pada lingkungannya. Begitu pun sebaliknya, lingkungan juga bergantung pada manusia yang menempatinya. Saling ketergantungan tersebut menimbulkan hubungan timbal balik yang dalam pelajaran Biologi disebut dengan ekosistem.

Beberapa tahun terakhir ini, isu tentang lingkungan semakin ramai dibicarakan. Hal tersebut dipicu oleh keadaan lingkungan yang kian memburuk. Mulai dari perairan, hutan, pegunungan, energi, limbah sampai lingkungan sosial yang mencakup moral pun semakin memburuk.

Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi