Berapa Energi Yang Diperlukan Harry Potter Ketika Terbang Main Quidditch?

harry play quidditch
1) Harry main quidditch

Avada Kedavra…

Tadi sore saya menyempatkan untuk menonton film Harry Potter and The Sorcerers Stone, atau film yang pertamanya. Nggak ada alasan khususnya, sih, kenapa tiba-tiba mau nonton. Tahu-tahu kepingin nonton saja. Ketika lagi menonton, yang bagian belajar naik sapu terbang dan diajak masuk tim quidditch (bola terbang), malah kepikiran: “Itu energinya berapa, ya, yang diperlukan agar bisa melayang begitu?”

Ya, maaf, kalo malah kepikiran yang aneh. Apa-apa, kan, perlu energi. Terlebih itu tindakan yang sangat sulit dilakukan, energi yang diperlukan pasti cukup besar. Karena kita tidak bisa mempraktikkannya sendiri, paling tidak, kan, bisa mengetahui secara teori seberapa besar kekuatan yang harus dimiliki.

Jumlah energi yang diperlukan untuk terbang

Dalam permainan quidditch, peserta yang memainkannya paling tidak harus bisa melayang (memiliki energi potensial) dan bisa bergerak/melaju (memiliki energi kinetik). 

Agar perhitungannya lebih sederhana nantinya, kita bisa menganggap kecepatan Harry Potter saat terbang menggunakan sapunya itu bernilai tetap, tidak mengalami percepatan yang berarti.

Kalo dirumuskan kira-kira begini:

Energi Harry Potter Terbang = Energi Kinetik + Energi Potensial

E = ½.m.v2 + m.g.h

Selanjutnya, kita perhatikan beberapa detil permainan quidditch tadi, terutama pada ketinggian yang diperlukan untuk memainkannya. Kalo melihat dan membandingkan dengan gedung di sekitarnya, juga dari ketinggian penonton, peserta permainan quidditch ini terbangnya tidak begitu tinggi, sekitar 50 meter. 

Kecepatannya juga nggak yang ngebut banget (demi keamanan dan kenyamanan melempar bolanya), kita bisa asumsikan kecepatannya sekitar 12,5 m/s. Nilainya saya ambil dari kecepatan pelari tercepat 100 meter.

Hal utama yang perlu diperhatikan saat terbang tentu saja massa orang yang terbang itu sendiri. Harry Potter atau peserta quidditch lainnya itu ukuran tubuhnya, ya, sama saja seperti orang normal pada umumnya. 

Kita anggap saja 55 kg beserta massa sapunya. Oke, data tersebut sudah bisa kita masukkan dalam persamaan tadi.

E = ½ x 55kg x (12,5m/s)2 + 55kg x 9,8m/s2 x 50m

E = 4.297 kg m2/s2  + 26.950 kg m2/s2 

E = 31.247 Joule

Nah, udah dapat itu jumlah energi yang diperlukan Harry untuk terbang main quidditch.

Etapi, energi yang sebesar itu didapat dari mana?

Sumber energinya tentu saja dari sihirnya. Kalo cuma sampai di sini, ngapain tadi ngehitung segala. Kita telaah lebih jauh lagi. Saat seseorang menggunakan sihir, mereka biasanya akan berkonsentrasi penuh dan mengarahkan konsentrasinya dalam bentuk sihir tertentu yang diwujudkan oleh rapalan mantra. Sama seperti waktu memerintah agar sapunya naik atau menjadikan sehelai bulu untuk terbang (wingardium leviosa).
up broom
2) up
Itu artinya, mereka menggunakan kekuatan otak untuk melakukan telekinesis. Berarti otak adalah penggerak macam-macam sihir yang mereka lakukan. Lalu, dari mana otak mendapatkan energi? Makanan yang dimakan, tentu saja.

Di Hogwarts, ada menu makanan khusus bagi peserta quidditch, namanya Quidditch Player’s Pie. Makanan ini dijelaskan banyak mengandung kalori dan sangat cocok untuk membangkitkan energi. Walo ada banyak menu makanan atau minuman lainnya di Hogwarts, biar mudah, kita ambil quidditch player’s pie ini saja sebagai faktor pembentuk energinya.

Saya tidak tahu persis bahan yang digunakan untuk membuatnya, ada campuran mantra lain yang memberi efek dopping atau tidak, tapi sekali lagi, kita bisa mengasumsikan makanan ini seperti pie pada umumnya, terutama dalam hal kalorinya, yah, dinaikkan dua kali lipatlah nilai kalorinya nanti, karena perannya sebagai makanan khusus pembangkit energi para penyihir.

Berdasarkan data gizi yang disajikan di laman fatsecret.co.id, 100 gram atau satu porsi kue pie rata-rata mengandung kalori sebesar 350 kilo kalori. Kita asumsikan dengan penambahan dua kali lipatnya menjadi 700 kilo kalori (kkal). Atau setara dengan 2.930 kJ. 

Pake bantuan web konversi biar mudah dan gak capek ngitungnya. Makanan yang mengandung kalori ini akan diproses secara alami oleh tubuh, dan otak hanya memanfaatkan 20% dari kalori tersebut.

Artinya, kemampuan konversi 100 gram (1 porsi) quidditch player’s pie tadi, hanya akan menghasilkan sekitar 2.930 kJ x 20% = 586 kJ energi. Atau setara dengan 140 kkal.

Jika untuk melakukan telekinesis (mengeluarkan sihir), energi tersebut digunakan sepenuhnya oleh otak, maka ketika terbang selama 1 detik, Harry Potter akan menghabiskan energi sekitar: 31.247 J = 31,247 kJ atau setara dengan 31,247 kJ : 586 kJ = 0,05 kkal, atau 50 kalori.

Berapa banyak Harry harus memakannya?

Tiap detik Harry terbang dengan sapunya, dia menggunakan energi senilai 50 kalori. Lama satu pertandingan quidditch tidak dijelaskan secara detil, namun di beberapa game ada yang membuat peraturan bahwa bola Golden Snitch dilepaskan setelah permainan mencapai 45 menit. Kita asumsikan permainan ini seperti pertandingan sepak bola saja, 90 menit.

Artinya, Harry Potter harus terus menggunakan sihir, terus menggunakan energinya selama 90 x 60 = 5400 detik. Sehingga, Harry akan memerlukan energi total sekitar 5400 detik x 50 kalori = 270.000 kalori atau 270 kkal.

Dalam 1 porsi atau 100 gram quidditch player’s pie, kalori total yang bisa dimanfaatkan oleh otak sekitar 140 kkal. Berarti, agar memenuhi kebutuhan energinya selama satu pertandingan quidditch, Harry perlu memakan kue pie tersebut sebanyak 270 kkal : 140 kkal ≈ 2 porsi atau 200 gram.

Pantesan namanya quidditch player’s pie, makan dua porsi saja udah cukup. Kalo diganti makanan lain, yang kalori dan sumber energinya sedikit, kayak buah-buahan misal, bisa perlu berkilo-kilo itu hanya buat terbangnya. ^.^




Sumber gambar:
1) https://deadline.com/2022/07/harry-potter-jk-rowlings-quidditch-will-undergo-name-change-approved-governing-bodies-1235073741/
2) scene from the movie
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Berapa Energi Yang Diperlukan Harry Potter Ketika Terbang Main Quidditch? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

0 Comments:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~