Kursus Online Microsoft Project Di Skill Academy Beneran Bagus?

interview-kerja
1) Diwawancara
Assalamu’alaikum… 

Beberapa bulan lalu saat masih berada di ibukota, ketika mencoba bergabung dalam suatu perusahaan, saya ditanya, “Memang kamu bisanya apa?” Saya jawab, dong, dengan beberapa keterampilan yang mendukung proyek dengan visualisasi bangunan. Namun, orang yang bertanya mengatakan bahwa keterampilan tersebut tidak terlalu diperlukan saat ini. Mereka lebih membutuhkan yang menguasai program Microsoft Project. 

Kelemahan anak Teknik Gambar Bangunan salah satunya adalah lemah dalam bidang program Microsoft. Terutama Excel dan Project. Sebab, selama mengikuti perkuliahan yang diberikan, program tersebut hampir tidak tersentuh. Bikin tabel kebutuhan ruang saja menggunakan AutoCad. 

Akibatnya, saat ada yang memerlukan pekerja yang memiliki keterampilan visualisasi bangunan sekaligus bisa mengoperasikan Microsoft Project, saya tidak bisa memenuhinya. Mau belajar pun cukup sulit mendapatkan mentor yang tepat. Manajer proyek di tempat saya magang dulu juga bingung dengan program tersebut. Katanya, baru kali itu dia diminta membuat laporan dalam program komputer yang tidak dia kenal. Programnya ada saja, dia tidak tahu. 

Saya sudah mencoba mempelajari melalui Youtube, tapi tidak banyak yang mengulasnya. Tutorial yang diberikan pun hanya dasarnya saja. Tidak sekaligus dengan cara memulai laporannya, pemantauan progres, penggunaan APM, dan penutupannya. Jadinya, ya, makin bingung. 

Lalu disuruh coba belajar di Skill Academy 

Nama Skill Academy ini baru saya ketahui setelah ada program Kartu Prakerja dari pemerintah. Terlepas persoalan pro dan kontra yang beredar saat itu, saya cukup tertarik dengan jasa bimbingan (kursus) yang ditawarkan. Makanya saya mencoba bertanya dan mencari review orang-orang yang pernah menggunakannya. 
skill-academy-awal
2) Banner skill academy tahun lalu
Ternyata, hampir—eh, nggak—semua yang menceritakan pengalamannya kursus di Skill Academy memberikan tanggapan positif. Dengan catatan, saat memilih kelas online-nya, kita memang mau menguasai keterampilan tersebut. Bukan yang asal pilih saja. Sebab, dalam kursus online ini, kemauan kitalah yang menjadi faktor utamanya. Kalo kitanya nggak mau, ya, bakal malas-malasan. 

Mengenal Skill Academy lebih dekat 

Seperti pepatah lama, tak kenal maka tak sayang. Kita perlu mengenal Skill Academy lebih banyak lagi, bagaimana kualitas konten dan instrukturnya, fitur yang disediakan, kemudahan aksesnya, kelengkapan pelatihan yang diberikan, serta harga yang ditawarkan. Kalo memang tidak bagus, ya, langsung kita tinggalkan. 

Skill Academy merupakan platform kursus online terlengkap saat ini. Sebab, kelas yang disediakan sangat banyak. Secara garis besar, ada tujuh kategori kelas yang bisa kita ambil ilmunya. Mulai dari kelas Mentoring, Bisnis dan Keuangan, Pemasaran, Pengembangan Diri, Teknologi dan Software, Persiapan Tes, serta Prakerja. 
web-skill-academy
3) Akses mudah dan lagi diskon itu
Masing-masing kelas tersebut menawarkan lebih banyak keterampilan yang bisa kita coba. Ada keterampilan untuk jadi penulis konten SEO, pintar berinvestasi, sampai jadi youtuber terkenal. Karena saya mau menguasai Microsoft Project, berarti masuk dalam kategori kelas Teknologi dan Software atau Prakerja. Namun, nggak tahu kelasnya juga nggak apa-apa, sih. Tinggal search di kolom yang disediakan paling atas di website atau aplikasinya, mau menguasai apa, entar bakal muncul semua daftarnya. Mudah diakses pokoknya. 

Instrukturnya? Jangan kaget kalo dalam kelas yang kita pilih malah dimentori oleh orang-orang yang terkenal. Sebab, materinya memang disampaikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Banyak yang merupakan manajer perusahaan. Kualitas materi dan penyampaiannya nggak perlu diragukan. 

Fitur yang disediakan? Setelah memilih kelas online yang diinginkan, kita akan mendapatkan akses ke vidio-vidio di dalamnya. Vidio tersebut tidak bisa diunduh, itu hal yang wajar. Hak cipta dan kekayaan intelektual. Namun tenang, kita bisa mengakses vidio tersebut seumur hidup. 

Setelah mempelajari semua materi yang disediakan, kita akan diberikan tes sejauh mana penguasaan kita. Ketika berhasil lulus dari tes tersebut, kita akan diberikan sertifikat yang tentunya bisa kita masukkan dalam CV. 
contoh-sertifikat-skill-academy
4) Contoh sertifikatnya, saya belum dapat, belum lulus
Harganya? Berdasarkan pemantauan saya sebulan terakhir, harga tiap kelas di Skill Academy cenderung belum stabil. Rata-rata masih banyak harga diskon. Kursus online Microsoft Project ini saja harga normalnya sekitar Rp780000. Sampai tulisan ini dibuat, harga yang berlaku masih yang harga diskon Rp250000. Tidak memberatkan bagi prakerja, sih, ini. 

Okelah, Skill Academy beneran platform kursus online terbaik 

Namun, beneran lengkap nggak materi yang disediakan seperti yang kita butuhkan? Saat belajar di Youtube, materinya hanya hal dasar programnya saja, kalo di Skill Academy juga hanya menguasai hal dasar, bukannya lebih baik belajar di Youtube saja? 

Kelas online yang saya coba ini dibimbing oleh Clara. Beliau merupakan manajer proyek di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia. Dia juga punya pengalaman lebih dari 5 tahun dalam memanajamen proyek industri minyak dan gas. 

Apa saja materi yang dia sampaikan? 

Tentu saja tentang program Microsoft Project, tools yang sering digunakan dan fitur lainnya. Di Youtube hanya sampai di sini. Apakah di Skill Academy juga hanya itu? Nggak. Setelah kita diperkenalkan dan sudah sedikit bisa menjalankan programnya, selanjutnya kita juga diberi pelatihan untuk membuat laporan proyek sebenarnya. 
materi-microsoft-project
5) Materinya lengkap sampai praktik
Urutannya: Perkenalan dengan skill yang diinginkan –> sudah bisa –> langsung praktik penggunaannya di dunia kerja. 

Sehingga, setelah mengikuti kelas di Skill Academy, kita benar-benar siap kerja. Nggak hanya sebatas mahir programnya, tapi bingung penerapannya dalam suatu perusahaan. 

Dari hal-hal di atas, sepertinya nggak salah kalo banyak yang merekomendasikan Skill Academy bagi para Prakerja dalam menambah keterampilannya. Bahkan tahun lalu pemerintah langsung menunjuknya sebagai rekanan, bukan? Saking terpercayanya.



Sumber gambar: 
1) https://www.pexels.com/photo/businessman-man-people-woman-5439371/
2) https://berempat.com/news/13239/skill-academy-buka-kelas-pelatihan-online-gratis/
3) https://skillacademy.com
4) https://mayangnovi23.wordpress.com/2019/10/13/bedanya-skill-academy-sama-ruangguru/
5) https://skillacademy.com
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kursus Online Microsoft Project Di Skill Academy Beneran Bagus? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

2 komentar:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~