Prosesor AMD Ryzen 5000 Series Digaet Banyak Brand Laptop

AMD-ryzen-5000
1) AMD Ryzen 5000 series telah tiba
Assalamu'alaikum...

Awal tahun 2021, AMD meluncurkan mobile prosesor barunya, AMD Ryzen 5000 series. Prosesor ini dapat menjawab kebutuhan akan laptop yang dapat digunakan secara lancar menjalankan software atau game terbaru yang mensyaratkan spesifikasi tinggi. Tentu dengan catatan harganya tidak terlalu tinggi.

Dalam peluncuran yang ditayangkan melalui virtual tersebut, dikatakan bahwa laptop yang berprosesor AMD Ryzen 5000 series bisa segera didapatkan di negara masing-masing. Tepatnya kapan? Waktu itu saya juga belum mendapatkan kepastian.

Namun, pada Selasa kemarin, saya mendapatkan sebuah paket beserta undangan untuk menghadiri acara virtual peluncuran Prosesor AMD Ryzen 5000. Acaranya digelar pada hari Rabu keesokannya. Dengan begitu, jelas sudah bahwa untuk Indonesia, laptop berprosesor AMD Ryzen 5000 series resmi bisa didapatkan per bulan April 2021
undangan-virtual-lauch
2) Tok tok tok, paket~ Asyiap
Ngantuk saat menunggu virtual launch-nya
Sekitar pukul satu dini hari, ada keperluan mendadak yang mengharuskan saya melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Sepulangnya, sudah masuk waktu tengah hari. Belum tidur, kepikiran bisa-bisa nggak fokus ikutan nonton peluncuran prosesor AMD terbaru. Sudah tidur saja kadang masih ngantuk kalo disuruh zoom meeting.

Namun anehnya, meski belum tidur, saya malah segar keasyikan main-main di web www.ryzen5000-poweryournext.com yang merupakan tempat virtual launch-nya. Nyobain game yang ada, motret diri di booth foto virtual, dan melihat produk laptop dari OEM atau brand yang menggunakan prosesor AMD tersebut.

Ketika acaranya dimulai, penyampaiannya juga disertai dengan animasi ala-ala hi-tech dengan animasi hologram yang menarik. Belom ama reviewer yang kadang ngelawak saat melakukan pengujian performa prosesornya. Ngantuk yang tadinya menyerang, malah ikutan nonton. Nggak nyerang lagi.
Virtual-launch-amd-menarik
3) Presentasi oleh Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia
Poin utama dalam virtual launch
Suatu produk biasanya menargetkan pasar tertentu, tanpa melarang user di luar target pasar tersebut untuk menggunakannya juga. Selama acara virtual launch Prosesor AMD Ryzen 5000 series bertajuk  Power Your Next, banyak hal menarik yang disampaikan. Seperti performa, efisiensi, fleksibilitas, dan inovasi.

Namanya produk baru, tentu harus melakukan peningkatan dalam aspek-aspek tersebut. Yang artinya, prosesor AMD Ryzen 5000 series ini pastinya memiliki kemampuan di atas prosesor pendahulunya. Pokoknya, kalo beli laptop berprosesor ini sudah pasti kualitasnya lebih bagus. Jelas. Lalu, apa saja poin utama yang perlu kita ketahui terkait virtual launch tersebut?

Dikhususkan bagi gamer, kreator dan profesional. Sebab, mereka ini yang paling bersuara untuk mendapatkan laptop berprosesor dengan performa tinggi yang mendukung kerjaan hariannya dan fleksibel dibawa ke mana-mana. Kita yang hanya main Harvest Moon di laptop sambil nonton drakor boleh ikutan punya kalo mau. Toh, main menggunakan emulator seperti Citra juga perlu spesifikasi tinggi, kan?

Stok produk ber-AMD di market place akan meningkat dua kali lipat. Ini kabar yang bagus, beberapa bulan terakhir kerasa banget sulitnya mendapatkan laptop dengan prosesor dan VGA Card yang bagus seperti Ryzen 4000 series. Sebab laptop tangguh dan murah seperti itu banyak peminatnya. Mau ngerakit PC murah bertenaga tinggi AMD pun susah. Di pasaran stoknya hampir selalu kosong karena banyak yang ngeborong.

Munculnya laptop berlayar OLED dan dukungan wifi 6. Seperti ASUS ZenBook 13 OLED UM325 berprosesor AMD Ryzen 5000U. Ini termasuk bagian dari inovasi kerja sama AMD dan OEM untuk terus memanjakan pengguna dengan teknologi terbaru. Layar yang digunakan makin canggih, pengalaman visual yang dihadirkan makin mewah tentunya.

AMD Ryzen 5000 seri HX bisa di-overclock dengan risiko yang minim. Oh iya, Prosesor terbaru ini terbagi ke beberapa seri, yaitu seri U (untuk lini laptop mainstream), seri H untuk kelas ultrabook, seri HS untuk gaming tinggi dalam tampilan laptop tipis, dan seri HX untuk performa paling tinggi.
Amd-overclock
4) Laptop di-overclock
Memang, laptop-laptop sebelumnya bisa di-unlocked atau overclock, tapi risiko kerusakan yang ditimbulkan amat besar. Sebab, overheat yang terjadi bisa merusak hardware-nya. Nah, dengan penggunaan prosesor AMD terbaru ini, panas yang ditimbulkan sangat kecil. Sehingga laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000 seri HX sangat aman untuk di-overclock dan membuat performanya meningkat sampai 23 persen.

Baterai panjang umur. Meski performanya sangat tinggi,  daya yang diperlukan ternyata cukup rendah. Akibatnya, laptop bisa dipakai seharian. Bahkan, jika hanya digunakan untuk nonton, ada brand yang menjamin baterainya bisa kuat sampai 18 jam lebih karna bantuan prosesor AMD Ryzen 5000 series.

Daftar OEM yang menggaet prosesornya. Meski prosesor AMD terbaru ini bagus, kalo nggak terpasang di produk laptop kesayangan, kan, berasa nggak afdol, dong. Dari itu, AMD semakin meluaskan kerja samanya sehingga semua orang bisa merasakan performa AMD di merk laptop kesayangan kita.

Merk laptop yang telah dirilis menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 series ini di antaranya ada ASUS ( VivoBook Flip 14, VivoBook S14 dan S15, ROG Flow X13, ROG Zhepyrus Duo 15 SE), ACER (Aspire 5, Swift 3, Swift X, Nitro 5, Spin 5), HP (Pavilion 14, OMEN 15), Lenovo (Legion 5 Pro, Legion 7, Yoga Slim 7 Pro, Yoga 6 dan 7), serta varian laptop lainnya dari MSI dan Dell.
Hp-pavilion-14-amd
5) Satu dari banyak laptop berprosesor AMD Ryzen 5000 series
Langsung kemimpi-mimpi untuk punya
Acara vitual launch-nya selesai, si ngantuk kembali nyerang. Hanya saja, sepertinya si ngantuk ini juga jadi  kepengin ama laptop berprosesor teranyar AMD tadi. Jadinya, saat ketiduran, di mimpi saya malah lagi nyobain laptop convertible berprosesor AMD Ryzen 5000 series dan dipake ngerender di Lumion lancar jaya.

File model 3D yang gede, cepat selesainya. Saking cepatnya, mimpinya pun ikutan selesai. Ya Allah, bentar banget ngerasain punya gadget bagusnya. Nggak bisa apa punya laptop berprosesor AMD Ryzen 5000 series beneran aja?


Sumber gambar:
1) https://asset.kompas.com/crops/Ha5TP1KK6GEjYecTYP7hk2s-BT8=/180x90:1260x810/750x500/data/photo/2021/03/31/606424a44f6b4.png
2) Dokumentasi pribadi
3,5) Tangkapan Layar Virtual Launch Power Your Next
4) https://www.tomshardware.com/amp/how-to/overclock-intel-cpu


Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Prosesor AMD Ryzen 5000 Series Digaet Banyak Brand Laptop Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

0 Comments:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~