Apa Benar Kalau Mengintip Orang Mandi Bisa Membuat Mata Bintitan?

Assalamu’alaikum…

Kita nggak pernah tahu kapan tepatnya mengalami mata bintitan. Sepengalaman banyak orang, pada hari sebelumnya, mata mereka nggak kenapa-kenapa. Pas bangun tidur pagi harinya, tahu-tahu mata sudah bintitan saja. Diusakan untuk mengobatinya saat itu juga biar hilang, nggak bisa. Alhasil, terpaksa beraktivitas dengan keadaan tersebut.

Saat bertemu dengan teman dan melihat mata kita yang bintitan, mereka biasanya akan mengejek.

“Abis ngintipin orang mandi kamu, ya?”
intip
1) Mengintip orang lagi mandi
Padahal, jika kita mengingat-ingat kembali kejadian hari kemarin, sepertinya kita tidak ada melakukan kegiatan yang sepertinya menarik tersebut. Artinya, mata kita bintitan bukan karena mengintip orang lagi mandi. Namun, kenapa setiap mengalami mata bintitan, orang-orang langsung menuduh kita sebagai tukang intip? Apa iya kalo kita mengintip orang yang lagi mandi, bakal mendapatkan kondisi mata bintitan seperti yang lagi di alami ini?

Kalimat itu keluar dari petuah orang tua di sekitar kita
Seperti ungkapan mitos kebanyakan, yang memopulerkan suatu kejadian yang sulit dijelaskan memang selalu berasal dari ucapan orang yang lebih tua. Mereka berkata tentang suatu input (misalnya ngintip) akan selalu memberikan output (misal bintitan), tanpa menjelaskan prosesnya.

Sebagai anak yang taat dan selalu patuh serta percaya dengan orang yang lebih tua, kita biasanya akan ikut memercayai dan ikut menyebarkan petuahnya. Mungkin awalnya kita bingung dengan petuahnya, tapi karena banyak yang memercayainya juga, kita pun manut saja.

Terlebih jika ada pengakuan orang yang mengatakan kalo petuah tersebut memang benar. Dia mengalami mata bintitan setelah hari sebelumnya dia mengintip orang yang lagi mandi. Jadinya, kita semakin memegang kuat petuah tersebut dan langsung menuduh orang yang matanya bintitan sebagai tukang intip.

Namun, apa petuah yang sekarang kita anggap mitos, tentang mata bintitan akibat ngintipin orang mandi, itu benar?

Kita tinjau dulu apa itu mata bintitan
Bintitan, bin titan. Titan itu raksasa, besar. Walo ini hanya cocok-cocokan nama saja, tapi mata bintitan memang suatu kondisi kelopak mata yang membengkak atau membesar di satu titik. Mata bintitan itu terjadi karena tumbuhnya bintil merah di kelopak mata. Seperti ada bisul kecil di kelopak mata, baik bagian dalam atau bagian luarnya.
intip
2) Jerawat di mata
Penyabab utama mata bintitan adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini ada di setiap kulit manusia, nggak berbahaya. Namun, kalo bakteri ini menumpuk dalam jumlah banyak, kulit kita akan mudah mengalami infeksi.


Penumpukan bakteri ini disebabkan karena faktor kebersihan. Mudahnya, kalo kulit kita kotor, ya, bakterinya numpuk. Kalo numpuk di kelopak mata, maka kelenjar minyak di kelopak mata akan tersumbat. Terjadi peradangan. Tangan kotor menyentuh mata, dan adanya sisa kosmetik bisa menyebabkan penyumbatan tersebut. Sehingga terjadi bintitan.

Sekarang kita lihat proses atau teknik dalam mengintipnya
Saat ada orang lagi mandi dan kita mau mengintip, maka kita akan mencari celah kecil yang bisa membantu keinginan kita tersebut. Lubang kunci di pintu, dinding yang bolong, dan lubang ventilasi bisa kita manfaatkan.

Setelah menemukan celah tadi, kita akan mulai melihat keadaan sekeliling, memastikan keamaan diri. Jika aman, kita tinggal mendekatkan wajah dan mata ke arah lubang yang jadi celah tersebut. Oh, targetnya masih vidio call-an.


Karena kadang lubang intipan yang sangat kecil, kita susah mendapatkan pandangan yang pas. Lalu kita akan semakin merapatkan mata kita ke posisi lubangnya. Masih belum kelihatan jelas, karena adanya gangguan cahaya dari luar. Kemudian kita akan menangkupkan tangan kita ke dinding untuk menghalangi cahaya dari luar. Juga untuk memfokuskan arah cahaya dari dalam kamar mandi ke mata kita. Sehingga pemandangan di dalamnya terlihat lebih jelas.

“Nah, itu dia udah mulai joget-joget ke arah kamera hapenya yang ditempel di dinding kamar mandi.”

Lalu, apa hubungannya ngintip tadi dengan penyebab bintitan?
Gagang dan lubang kunci kamar mandi itu kotor. Lubang di dinding kamar mandi yang tersembunyi itu juga kotor. Ventilasinya apa lagi, jarang dibersihkan. Saat mengintip, kita begitu saja menempelkan mata kita ke bidang yang kotor tadi. Ya, memudahkan penyumbatan kelenjar minyak di mata, lah.

Belum lagi kalo kita memfokuskan cahaya dengan menangkupkan tangan kita yang kemungkinan tangan kita itu juga kotor. Saat mengintip, biar mata nggak kelilipan, kita biasanya membersihkan celah atau dindingnya dengan telapak tangan kita.
intip
3) Mengintip dengan ilmu fisika agar cahayanya konvergen
Eh, tangan yang kita gunakan buat ngelap tadi kita pakai buat memfokuskan penglihatan, yang artinya, tangan kita yang kotor jadi menyentuh mata. Kotor, bakteri numpuk, kelenjar minyak di kelopak mata kesumbat. Bintitan kemudian.

Jadi, ngintip orang mandi bisa bikin bintitan itu benar
Kalo cara mengintipnya tidak memperhatikan kebersihan mata. Asal tempel mata di bidang yang kotor karena begitu inginnya melihat pemandangan di dalam kamar mandi. Kalo sudah dapat bintitan, jangan lupa untuk ditangani. Walo mata bintitan sendiri nggak berbahaya, tapi bisa sangat mengganggu aktivitas kita.

Agar mata bintitan cepat hilang, kompres dengan air hangat. Jaga kebersihan mata dengan mencucinya menggunakan sabun berbahan lembut (nggak bikin mata perih). Kurangi sementara penggunaan kosmetik untuk mata. Kalo mau menyentuh area mata, jangan lupa mencuci tangan.

Nah, kalo sudah sembuh dan masih mau mengintip orang mandi. Perhatikan kebersihannya. Fyi, masa-masa sekarang ini merupakan waktu terbaik untuk mengintip, loh. Orang-orang, kan, jadi sering mandi. Dinding dan lubang kunci juga sering dibersihkan, bahkan sudah diberi disinfektan. Kebersihannya terjamin~

Etapi nggak perlu diintip juga, sih. Mereka kadang saat mandi sambil nge-live, kok.


Sumber gambar:
1) https://nikmatislam.com/mengintip-rumah-orang-boleh-nggak-ya/
2) https://www.alodokter.com/bintitan
3) https://www.suratkabar.id/14496/news/walah-kades-ini-ketangkap-basah-intip-wanita-mandi-sambil-pelorotin-celana

Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Apa Benar Kalau Mengintip Orang Mandi Bisa Membuat Mata Bintitan? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

26 komentar:

  1. Lu suka nonton orang mandi sambil live apa gimana dah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau link-nya atau cuma keyword di app atau situsnya aja, Bang? *smirk*

      Hapus
    2. Kirim ke WhatsApp aja.

      Hapus
    3. Nyimpen file live-nya itu nggak boleh, bang. Nggak aman juga. nggak diizinin ama yg bikin juga.

      Hapus
    4. Allohuakbar aku ngakak lihat percakapan ini

      Hapus
    5. Baru juga mau nulis, SHARE LINK, GAN!

      Hapus
  2. Itu karena bakteriiii #tadinya aku mau teriak gitu haw, e ternyata di oaraagraf tengah beneran ditulis bakteri wkwkwk #kirain bakal ilmu cocoklogi dari awal hingga akhir seperti biasa hahahhaha

    Ternyata memang make sense ketika ngintipnya megang area deket lubang yang kotor yes hahahha

    Aku uda tau lama soalnya uda pengalaman, pengalaman bintitan terus ke dokter terus dibilang kena bakteri, bukan ngintipnya loh ya hahahah
    Dan bintitan itu pegal banget, dikasi air anget lumayan, tadinya malah aku kasih bawang putih malah makin pedih, yaudah ke dokter, dikasih petuah petuah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti biasaaaaa... seolah saya membagikan cocoklogi di semua artikel. sedih saya. T.T Padahal udah berusaha maksimal untuk menjelaskan dengan bahasa yg mudah dan logis. Karena emang mencari sisi ilmiah dari mitos2 yg ada.

      ya kan di mitos itu juga tidak menekankan dan mendetailkan apanya dari ngintip yg bikin bintitan, Mbak. kita yang mendengar dan yang membagikannya saja yang ngasal.

      Hapus
    2. Ga kok haw, jangan ngambek haw hihi
      Bcandaaa

      Etapi kalau kutelisik telisik blog kamu artikelnya semakin mudah kok dipahami walaupun di judul selalu mengulas mitos yang dikaitkan dengan fakta berdasarkan analisa ilmu dan logika, nah logika yang dimainkan di sini....

      Hapus
    3. ahahahah... iya, mbak, gimmick doang itu. saya mah kalo ngepos ya karna sayanya emang suka ngebahas itu, kalo orang juga suka ya alhamdulillah, kalo nggak ya yaudah.

      ada cocokloginya juga kok, mbak, walo nggak asal cocok-cocokan kayak A=1, B=2, atau surat 45 ayat 7. atau nyari nama yg cocok/pas dari bahasa yang orang yg mulakan mitosnya saja gatau kalo ada bahasa itu.

      nyari sesuatu yang masuk akal dari hal yang orang abaikan padahal itu hal yang terkenal luas itu menarik buat saya sendiri.

      Hapus
  3. Selain ngintip orang mandi, kalau di daeraku dulu orang bisa bintitan karena udah ngasih sesuatu, tapi tiba-tiba diminta lagi sama yang punya. Dan kita nyebutnya timbilen. Wkwkwk.

    Seumur-umur, saya nggak berani itu bawa hp ke kamar mandi. Takut nyemplung kloset / bak mandi. Lah ini malah ada yg sampai ngelive?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di kotaku, pontianak, itu kalo ada yg ngambil apa yg dikasi bakal borok siku. nggak ke mata larinya, karena yang ngasi tangan.

      saya juga nggak pernah main hape di kamar mandi, Wis. tapi sbg info, ada alat yang bisa bantu nempelin hapenya ditembok, gurita-gurita apa gitu namanya. Nggak bakal jatuh, aman, dan tangan juga bebas. tau banget ya, saya.

      Hapus
    2. Bapak nyambi ngojol juga ya pak? Hahaha.

      *Bener kan, kaya yang dipakai ojol-ojol itu bukan?

      Hapus
    3. Iya bener yang ituuuuu... ahahaha

      Hapus
  4. Mending ngintipin org mandi pake teropong. Aman. Ngga akan ketauan. Mata jg ngga akan bintitan wkwk

    Btw, aku baru tau ternyata penyebabnya adalah bakteri haha orgtua jaman dulu blg bintitan itu karena matanya dikencingin kecoa pas tidur hahahaa yawlaa dan aku dulu malah percaya2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibilangin ngintip pake siaran live aja~

      hah... kecoa kalo kencing emangnya gimana, bangul? jongkok apa bediri?

      Hapus
  5. Untunglah aku ngga pernah ngintipin orang mandi, seringnya ngintipin isi chat pacar waktu dia lagi whatsappan. Aman. Jauh dari bintitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiatik, sekarang banyak chat yang isinya itu nyuruh mandi dan ngevidio call. T.T

      Hapus
  6. Kok tau ada yang mandi sambil ngelive, Bang Haaaaw?
    Btw mengintip dengan ilmu fisika oke juga istilahnya. Padahal kita udah sering melakukannya ya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah ketonton saat swipe swipe story IG.

      padahal mah itu ya ngintip secara naluriah doang yak... xD

      Hapus
  7. Hahahaha, kurang kerjaan banget sih nonton orang mandi :D
    Ada-ada aja.
    Saya pernah juga bintitan, anak-anak saya sering malah waktu rambutnya gondrong, kayaknya kena rambut deh, jadinya dikucek mulu dan kebetulan tangannya kotor.
    Jadi deh bintitan.

    Dan paling nggak enaknya, bingung ngobatinnya, khususnya kalau anak yang kena

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena memberi tontonan sedang mandi, itu kerjaannya host, mbak~

      iya, karena dikucek, kotor, ketusuk helai rambut. ngintip cuma jalan tol buat hal kotor dan kejadian tadi lebih gampang saja.

      sering dicuci aja sih sebenernya, cuma ya sehar-hari kadang rada keganggu.

      Hapus
  8. Kalo gitu ..., lubang intipnya disemprotin disinfektan dulu,hahaha eh#🤭

    Memang benar sih kalo ngintip tuh bikin bintitan soalnya waktu aku kecil pernah ngalami begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu lagi, bang, sekarang semuanya udah dikasi disinfektan sendiri ama penghuninya. egek pandemi. makanya saya bilang ini adalah masa-masa yg tepat buat mengintip~

      Hapus
  9. Masih kentel banget sih ungkapan seperti itu, bintitan selalu disangkutpautkan (bener ga sih nulisnya) dengan intip mengintip. Padahal kita gak pernah melakukan sesuatu hal seperti itu sebelum terjadinya bintitan. Nahh kalo bintitan terjadi karena lingkungan yang kotor itu bener banget, apalagi kan orang banyak dirumah, semuanya libur mandinya juga ikutan libur, sampe bau tidak mandi tidak terasa baunya wkwkwkw... ngekek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo tahu bisa bau begitu kayaknya mending milih mandi aja sih bang. masa slaing aduaduan bau sekeluarga.

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~