Howhaw #207: Pentingnya Menjaga Pola Makan dan Tidur Bagi Hubungan Percintaan ~ Production Haws

Howhaw #207: Pentingnya Menjaga Pola Makan dan Tidur Bagi Hubungan Percintaan


Assalamu’alaikum…

Seringkali kita dengar ketika orang berdebat atau memberi masukan terhadap suatu permasalahan bahwa teori itu lebih mudah dibanding praktiknya. Menurut saya tidak begitu, memang ada kalanya teori lebih mudah, tapi sering juga ditemukan sebaliknya. Praktik jauh lebih mudah dibanding teorinya. Yang menjadikannya mudah atau sulit adalah kemampuan diri. Padahal, kemampuan tiap orang berbeda-beda.

Misal, anak yang pintar olahraga, akan menganggap olahraga di lapangan itu lebih mudah dibanding teori tentang asal mula bentuk dan ukuran lapangannya. Artinya, praktik lebih mudah dibanding teori. Misalnya lagi, jika dihadapkan dengan sepiring nasi goreng, lalu diperintahkan untuk praktik makan nasi goreng dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan makan nasi goreng, kira-kira lebih sulit mana?

makan
  
Untuk praktik makan nasi goreng, ya, tinggal diambil pake sendok dan langsung makan aja kayak biasa. Mudah. Namun, apa yang dimaksud dengan makan nasi goreng? Makan adalah kegiatan memasukkan benda/makanan ke dalam mulut, mengunyahnya beberapa kali lalu menelannya. Nasi, merupakan makanan yang berasal dari beras yang dimasak dengan air (ditanak) sampai lembut. Goreng adalah kegiatan memasak dengan minyak. Lalu nasi goreng adalah nasi yang dimasak dengan minyak, diberi bumbu, kecap dan tak jarang disajikan dengan rasa pedas.


Sehingga, makan nasi goreng adalah kegiatan memasukkan makanan—yang berasal dari beras yang ditanak, lalu dimasak lagi dengan minyak, diberi bumbu, kecap, cabe—ke dalam mulut, mengunyahnya beberapa kali lalu menelannya. Selesai menjelaskan teorinya, temen di samping yang langsung praktik makan udah kenyang dan kesenengan duluan. Jadi jelas bahwa tidak selalu teori itu lebih mudah dibanding praktik.

Berbicara tentang makan, kita memang harus memberinya perhatian lebih
Makhluk hidup memerlukan makan agar bisa terus bertumbuh dan berkembang. Kalo nggak makan, jangka panjangnya bisa menyebabkan kematian. Di jangka pendeknya, akan menyebabkan kelaparan, melemahnya sistem imun dan ketidakstabilan emosional.

Untuk menghindari lapar yang menghambat aktivitas harian kita, disarankan untuk menjaga pola makan secara teratur. Sarapan, makan siang dan makan malam. Kalo asupan makan kita terjaga, terlebih makanannya bergizi sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna, kita bisa tahan terhadap berbagai penyakit. Kalo kita nggak makan, tubuh akan mudah lemas dan capek.

makan

Perut kenyang, hati pun senang. Begitu kata Ehsan Upin Ipin, sehingga emosi jadi lebih stabil. Kenapa bisa terjadi demikian? Saat makan, tubuh memberikan respon terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh pencernaan. Di dalam sistem pencernaan, terjadi proses pembentukan glukosa dari bahan makanan yang ditelan dan selanjutnya diubah jadi energi.

Setelah makan, tubuh melepaskan hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin. Hormon-hormon ini berfungsi untuk meningatkan kadar gula darah, memberi efek perasaan kenyang, dan memproduksi insulin yang akan dialirkan ke dalam sel penyedia energi. Di saat yang sama, otak melepaskan hormon serotinin dan melatonin yang bisa memberikan efek tenang dan kantuk.

Tuh, kan ribet teorinya. Lebih mudah praktik langsung makan ampe kenyang sih. Intinya, makan memang bisa membuat badan lebih rilex sehingga tidak mudah marah. Makanya ketika ada delay pesawat, penumpangnya sering diberi makanan. Biar marahnya hilang berganti tenang. Sialnya, makanan yang diberi rasanya nggak enak. Namun, setidaknya, omelan penumpangnya berubah arah. Yang sebelumnya marah karena delay, jadi marah karena rasanya. “Makanan apaan ini? Cuiihh..”

Ketika demo, kegiatan bagi-bagi makanan juga diletakkan di akhir kegiatan. Biar apa? Biar demonya lebih berasa, lebih emosional karena perutnya lagi lapar. Demo selesai, tinggal ademkan dengan nasi bungkus. Emosinya gak kebawa sampe rumah deh.

makan

Setelah makan dan tenang, kita kadang merasakan kantuk. Kantuk berhubungan dengan istirahat dan tidur. Sama seperti makan, tidur ini juga sangat penting dalam keseharian. Sehingga, tidur pun harus dijaga polanya agar teratur.

Karena kurang tidur juga menyebabkan emosi yang tidak terkontrol
Makanya orang yang begadang dan kurang tidur biasanya dianjurkan untuk makan yang banyak. Biar kontrol emosinya bisa terjaga. Selain itu, kekurangan tidur juga menyebabkan badan jadi mudah lemas dan capek. Lagi-lagi orang menganjurkan dengan menambah porsi makan.

Padahal, cara tersebut bukan hal yang tepat. Seperti kata para pakar kesehatan, obat capek dan lemas karena ngantuk itu ya tidur. Istirahat yang cukup. Nyoba hacking dengan makanan malah bisa membuat imun tubuh menurun dan pola tidur jadi berantakan. Yang ujung-ujungnya mengancam kesehatan.

makan

Tidur itu penting, bahkan ada istilah, jangan mengganggu singa yang tidur. Kenapa? Karena orang yang tidurnya diganggu dan menyebabkan kurang tidur akan membuat orang itu mudah emosi dan makin beringas. Walo setelahnya badannya langsung lemas dan kecapekan.

Untuk itu, jangan pernah ganggu orang yang sedang makan dan tidur
Karena itu untuk kesenangan dan kebahagiaan tubuh mereka. Dalam pergaulan sehari-hari juga disebutkan untuk nggak mencampuri urusan orang lain. Walo menurut kita orang itu bertindak salah, kali aja itu salah satu caranya menyenangkan diri dalam menjalani beratnya kehidupan. Misalnya orang yang tidur terus atau makan terus dan diaplot ke media sosial. Kita nggak perlu menggunjing mereka.

makan

Makanya, sejak lama saya nggak mau ikut campur urusan kesenangan orang lain. Terlebih kesenangan dalam tidur dan makan. Sehingga ketika saya melihat orang makan roti yang dicampur racun, ya, saya biarin aja. Mungkin itu hobinya yang bikin senang, makan roti campur racun. Pernah juga saya melihat orang di jurang tertimpa motor, nggak bisa berdiri. Saya biarin aja, mungkin itu kesenangannya. Tiduran sambil ditimpa motor di bawah jurang.

Seorang ibu pernah berpesan sama anak perempuannya…
“Nak, jika kamu sudah menikah nanti, kamu harus menjaga makan dan tidur suamimu. Jangan sampai dia telat makan dan jangan sampai tidurnya kurang atau terganggu. Dengan menjaga dua itu, rumah tangga kalian bisa lebih terjamin keharmonisannya.”

Kalo melihat dari fenomena yang terjadi dan berdasarkan pembahasan ilmiah tadi, orang yang cukup makan dan cukup tidur akan lebih terjaga emosinya. Lebih kuat dan kebal terhadap penyakit, serta tidak mudah lemas dan capek. Memikul beban rumah tangga kan perlu itu semua.

Makanya…
Banyak pasangan ketika pacaran selalu mengingatkan untuk makan dan nggak begadang, biar cukup istirahat. Itu bukan semata-mata karena nggak punya bahan obrolan atau basi-basi perhatian. Namun, itu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hubungan. Karena kalo pacarmu sudah kurang makannya dan kurang tidurnya, pacarmu akan mudah capek. Padahal capek itu adalah penyebab hubungan seseorang kandas.

“AKU UDAH CAPEK AMA KAMU!”


Jadi, kamu udah makan? Semalem nggak begadang, kan?


Sumber gambar:
1) http://radarpekalongan.co.id/20620/khasiat-dibalik-lezatnya-nasi-goreng/
2) https://www.merdeka.com/sehat/orang-mudah-marah-saat-lapar-apa-sebabnya.html
3) http://www.tribunnews.com/nasional/2015/09/15/guru-honorer-makan-satu-bungkus-berempat-saat-demonstrasi
4) http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/JKRl5l5b-5-tanda-kamu-kurang-tidur
5) http://www.starjogja.com/2015/08/22/negara-ini-larang-upload-foto-makanan-di-instagram/
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
3 April 2018 at 12:51 ×

Ta-tapi aku nggak pernah diingetin makan sama pasangan. Berarti doi gamau menjaga keberlangsungan hubungan dong ya. huhuu

Ta-tapi aku sering ngingetin doi makan, tapi tetep aja diputusin pake ucapan, '' aku tuh capek ama kamu! ''

*krai

Reply
avatar
Hawadis
admin
3 April 2018 at 16:32 ×

Udah, ul. Mungkin dia lupa dengan pelajaran penjaskes. Karena kalo capek, dianjurkan istirahat, lalu ngelanjutin lagi. Bukannya putus..

Reply
avatar
Lulu Andhita
admin
8 April 2018 at 11:13 ×

kalo mo makan nasi goreng aja pake sgala ngapalin teorinya, dijamin, pas udh kelar berteori lgsg mati kelaparan.. :'))) paling mending ya udh keburu dimakan kucing lah, emangnya kucing doyan nasgor ya? doyan gak sih? tnya kucing dlu deh.

HAH, AKU CAPEK BACA POSTINGAN INI!
MENDING MAKAN AJADEH BIAR GAK CAPEK.
ATAU TIDUR? ATAU TIDUR SAMBIL MAKAN? MAKAN SELAGI DI ALAM TIDUR? HMMM.

Reply
avatar
10 April 2018 at 03:42 ×

Kok kampret juga ya yang soal teori dan praktik itu. Makan nasi goreng bisa jadi sepanjang itu. Bisa banget kamu, Haw. :)

Saya termasuk orang yang nggak pernah nanya udah makan belum itu lagi dalam 4 tahun terakhir selama pacaran. Kalo soal tidur, itu apalagi~ Ngingetin diri sendiri aja susah. Gegayaan ngingetin orang lain. Wqwq.

Makan udah dong, tapi maaf saya habis begadang. Orang yang sering tidur larut kudu banyak makan, sih. :(

Reply
avatar
10 April 2018 at 17:32 ×

Vangkeeee jadi ngeskip definisi makan ama nasi goreng wakkakkak
Haw emang jagonya memutar mutar keilmiahan hahahha

Hmmm tapi aku baru dengar emang ada ibu ibu yang pesan ke anak perempuannya gitu wakakak
Btw savage banget tu yang bagian ga nyampur tangani orang yang suka makan dicampur racun

Ahhh, jadi inget klo pacaran blom ditanya uda maan blom, apa met bobo #huek berasanya ada yang kurang, kebanyalan cewe sih pada manyun ahhahahahha

Reply
avatar
jasa gb pb
admin
11 April 2018 at 21:46 ×

kalau saya mah gak teratur mas ,, tanks ya semoga bermanfaat ok

Reply
avatar
12 April 2018 at 00:19 ×

Lagi-lagi observasi yang menarik. Ini nulisnya udah makan dan nggak begadang ya? Hahahaha

Reply
avatar
17 April 2018 at 22:38 ×

Dulu saya punya pasangan dan memakai metode yang berbeda-beda, tapi hasilnya sama aja bang mau ditanya udah makan atau belum ujung-ujungnya putus juga.

Sebenernya makan nasi goreng itu harus dengan nasi yang "pera" kalo yang "pulen" hasilnya kurang enak, makanya kalo jadi suami harus bisa memilih mau yang gadis atau yang janda?

Yhaaa

Reply
avatar
Arum Kusuma
admin
19 April 2018 at 06:50 ×

Aku capek sama teorinya, panjang betul eh. Mungkin aku kurang makan dan tidur. Ehehee

Aku sering diingetin makan tapi sedikit yang ajakin. Jadi tetep lupa. Eeh... Hehehee

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon