Howhaw #138: [Puisi] Melapor ~ Production Haws

Howhaw #138: [Puisi] Melapor

Melapor

“Kau nggak perlu berletih-letih menunggu angkot lagi, Dik.”
Begitu katanya, Pak
Dengan semua tabungan hasil kerja
Ditambah uang hasil menjual tustel kesayangannya
Dia membelikanku sepeda motor

Waktu itu aku sampai menangis, Pak


Padahal tustel itu barang satu-satunya peninggalan ayah
Tak ada tanah maupun rumah
Sejak kami tinggal berdua
Dia yang membiayai semua kebutuhan
Memeras keringat tak peduli lelah
Menabung dan akhirnya membelikan motor
Biar aku nyaman bersekolah

Sepulang dari apotek kemarin malam
Di tikungan dekat pekuburan Hidayah
Nah, di situ...Di situlah, Pak

“Kak, aku tadi dibegal. Motornya diambil.”
Waktu aku bilang begitu, dia kecewa dan marah
Kecewa sekali, Pak
Tak pernah aku melihat tatap mata,
yang penuh kecewa seperti malam itu sebelumnya

Mendadak dia mengambil parang di kamar
Lalu pergi setengah berlari
Pergi ke tempat aku kena begal
Tapi tentu saja pembegalnya tidak ada
Mereka pasti sudah pergi ke penadah
Tapi dia tetap menunggu, ingin memuaskan emosinya
Mungkin saja akan ada pembegal lainnya

Saat menunggu itulah, tiba-tiba banyak warga yang bermunculan
Melihat kakakku memegang parang,
mereka langsung berlari ke arahnya
Bermaksud menangkapnya

Kakakku berontak, berteriak ‘bukan pembegal’
Tapi tak ada yang percaya
Malah langsung menyiraminya dengan bensin dan sulutan api
Menertawai dan meneriakinya dengan serapah
Ada juga yang memotretnya untuk diunggah
Hingga ada banyak yang berkomentar, “RASAKAN BEDEBAH!”

Lalu sekarang,
Bapak cuma bisa memberikan nasihat
'Menghindari begal dengan tidak pulang larut malam?'
HAH?


*****
Ternyata bikin puisi susah. *garuk-garuk kepala* Oh iya, puisi mbeling ini dibuat dalam rangka #memfiksikan yang sudah masuk minggu ketujuh dengan tema “Begal”. Yang mau ikutan, silakan buat cerita fiksi dan share di Twitter dengan tagar #memfiksikan, trus mention @memfiksikan. Lumayan buat belajar.


howhaw


“Tak ada yang nyata tiap hari Jumat di sini, arena semua hanya fiksi”






Previous
Next Post »

29 comments

Click here for comments
Beby Rischka
admin
6 March 2015 at 05:55 ×

Jadi si kakak meninggal? :( *syedih*

Reply
avatar
6 March 2015 at 06:17 ×

Baca puisi diatas gue malah jadi gagal paham..... Duh -_- ampuni gue bang haww...

Reply
avatar
6 March 2015 at 06:17 ×

Baca puisi diatas gue malah jadi gagal paham..... Duh -_- ampuni gue bang haww...

Reply
avatar
zza chann
admin
6 March 2015 at 09:09 ×

Itu puisi, Bang Haw? Kok ngga kaya puisi :(( malah mendekati prosa kayanya. Eh, soktau banget gue ._. Nggausah didengerin, Mas.

Ini pasti lokasinya di Tan*erang, deh. :/
Oh jadi pembegal yg dibakar itu kakaknya si korban begal... :o

Reply
avatar
6 March 2015 at 09:30 ×

Biar gue tebak biar ge tebak . . jadi si kakak disangkain pembegal sama para warga, terus dibunuh gitu kan bang . .??
Oo berarti begal yang dibakar di tangsel kemaren itu ??

Reply
avatar
6 March 2015 at 10:20 ×

terus yang di bakar itu bukan begal asli tapi orang yang di bagalnya gitu mas ?

Reply
avatar
Putri Devina
admin
6 March 2015 at 14:42 ×

bikin puisi emang susahsusah gampang ,, pemilihan kata alias diksi harus tepat dan pantas :D

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
6 March 2015 at 17:14 ×

Temanya begal-membegal nih, hehe.
Iya Haw, bikin puisi itu susah, menurutku. Dan tiap kali baca puisi, aku jadi sedih. Sedih karena nggak ngerti. :/

Reply
avatar
6 March 2015 at 20:47 ×

kayak gini puisi juga ya? hahaha. keren sih. twistnya selalu dapet kalau lo bikin fiksi.
warganya pada sok tau tuh, begal mana yang gak pake motor? masa berdiri sambil megang parang langsung dibakar. kasian bgt ;(

Reply
avatar
6 March 2015 at 21:24 ×

Puisi? Haha. Nggak ada nyawanya, Haw. Gue pikir ini cerita biasa. FF tepatnya. :))

Reply
avatar
6 March 2015 at 21:25 ×

Puisi? Haha. Nggak ada nyawanya, Haw. Gue pikir ini cerita biasa. FF tepatnya. :))}

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 02:57 ×

Iya. Mati dibakar. =(

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 02:57 ×

Iya, aku yang bikin aja gak paham kok. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 02:59 ×

Nggak tahu, Za. Puisi tapi bukan kali. Gak ada muka-muka pusinya.

idenya emang dari situ sih.

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 03:00 ×

Ini bukan soal tebakan, Ka.
Iya gitu.

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 03:02 ×

Iya. tapi aku jarang bikin puisi yang ngandelin diksi sih. :p

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 03:03 ×

Makanya kalo bikin puisi, aku lebih ke arah kontemporer apa adanya. Gak mentingin diksi. *kurang kosa kata sih sebenernya*

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 03:07 ×

Aku nggak tahu, Man. hahaha... meski bukan puisi, aku sebut puisi aja deh. :p

Iya juga sih. Tapi ada kok yang begitu. mereka pengeksekusi aja, kawannya yang ngasih info dari ujung jalan pake hape kalo ternyata ada mangsa yang empuk. trus 2 personil yang eksekusi tadi langsung menodong menghalangi ke tengah jalan, mengambil motor, lalu kabur.

Reply
avatar
How Haw
admin
7 March 2015 at 03:10 ×

hahaha. Iya, Yog. Ini puisi Failed kali ya. :ng Mestinya memang dijadiin cerpen aja ini.

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
7 March 2015 at 07:18 ×

Sedih karena gak ngerti, hahaha
Iya banget :"

Reply
avatar
7 March 2015 at 10:02 ×

Mengenaskan banget. -___-
Padahal, kan, bukan dia begalnya. :(
Main hukum sendiri! Dasar masyarakat! :(
Huh.

Reply
avatar
7 March 2015 at 21:26 ×

Kayaknya ceritanya lebih cocok buat dijadiin cerpen deh, Bang. Soalnya kalo dijadiin puisi menurutku kurang nyambung ._. Btw, apa jangan-jangan yang di Tangerang itu kejadiannya kayak yang dicerita ini ya?

Reply
avatar
How Haw
admin
8 March 2015 at 00:20 ×

Saya Hawadis, bukan tragis. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
8 March 2015 at 00:22 ×

Iyah, begal mereka semua, Rima. Tusuk lehernya kayak yang kamu lakuin itu.

Reply
avatar
How Haw
admin
8 March 2015 at 00:25 ×

Iya, banyak yang nyarananin begitu. Namanya juga nyoba, mungkin kalo secara tulisan emang gak puitis, tapi kalo diperdengarkan (dibaca; dengan intonasi kecewa) bisa jadi puisi kok.

Semoga aja nggak. semoga.

Reply
avatar
How Haw
admin
8 March 2015 at 00:28 ×

Emang mesti belajar mengenal banyak diksi dan susuanan kata dulu kayaknya. Biar bisa menikmati puisi. :-d

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon