Howhaw #133: Penyebab Munculnya Tempat-Tempat Khusus

Assalamu’alaikum...

Pantas tidaknya suatu tindakan, mengacu pada adab dan budaya yang berlaku di lingkungan tempat tinggal. Dalam keseharian, ada tindakan yang pantas dan tidak pantas dilakukan di tempat umum. Untuk itu, sebagai makhluk sosial, kita harus sadar tempat dalam berbuat atau bertindak.

Suatu tindakan yang dianggap oleh masyarakat umum tidak wajar, tidak baik atau tidak sopan, sering kali memaksa pemerintah atau badan yang terkait, untuk membuat peraturan yang melarangnya. Namun, dilihat dari kepentingannya, tindakan yang dianggap tidak sopan tersebut juga merupakan kepentingan pribadi. Sehingga, pelarangan yang dibuat harus memberi pengecualian.

Kalau dilihat dari cara penanganannya, setiap tindakan yang dilarang di tempat umum tersebut, pasti selalu diberikan tempat khusus agar tidak mengganggu yang lain. Singkatnya, jika suatu tindakan dilarang dilakukan di tempat umum, maka akan diberikan tempat khusus untuk melakukan tindakan tersebut dengan leluasa. Berikut beberapa tempat khusus yang digunakan sebagai pengalihan dari tempat umum.

Tempat khusus merokok
Meskipun semua orang sudah tahu bahayanya merokok, namun pelarangan merokok secara mutlak masih sulit diterapkan. Hal tersebut karena ‘kebaikan hati’ pemerintah kepada warganya yang merasa membutuhkan. Serta karena perusahaan rokok banyak membantu pemerintah dalam berbagai bidang. Sehingga, meskipun sudah jelas berbahaya, merokok tetap diperbolehkan selama bukan di tempat umum. Bahkan diberikan tempat khusus untuk merokok. Istimewa sekali.

howhaw
Tempat Khusus Merokok

Tempat khusus menyusui
Menyusui anak merupakan kepentingan pribadi. Namun, karena menyusui di tempat umum dianggap tidak sopan, maka banyak bangunan publik yang menyediakan tempat khusus untuk menyusui. Demi menghargai kepentingan para kaum ibu.

howhaw
Tempat Khusus Menyusui
Blok G Tanah Abang
Pedagang kaki lima yang berjualan di jalan umum sekitar Tanah Abang, dianggap sebagai penyebab kemacetan. Sehingga, para pedagang tersebut dialihkan dari jalanan umum ke tempat khusus berjualan.

howhaw
Tempat khusus pengalihan PKL Tanah Abang

Gang Dolly
Eng.... sama seperti yang disebutkan tadi, tempat khusus ini muncul karena terjadi pelarangan ‘begituan’ di tempat umum.

howhaw
Tempat Khusus 'Main'

Bagi yang baru denger, itu nama suatu website ya. Tepatnya, website khusus anak muda yang sok tahu karena banyak tahu. Cara tepat menangani pacar yang kesurupan aja mereka tahu. Jadi kalo kamu-kamu merupakan anak muda yang banyak tahu atau pengin tahu banyak, mending main-main ke yaelah.co gih! Website ini muncul karena anak muda yang sok tahu dilarang muncul di depan umum. Beda kalo yang sok tahu orangnya udah tua. Oh, dunia.

howhaw
Tempat Khusus Anak Muda Banyak Tahu

Pacarku
Jangan tanya dia siapa! Orang ini muncul secara khusus, karena di depan umum kamu pernah menolak cintaku dan melarangku mendekatimu lagi. Bhay!

howhaw
Tempat Khusus Hatiku

Jadi begitu, setiap tindakan yang dilarang dilakukan di tempat umum, sering kali malah menyebabkan tindakan tersebut diistimewakan. Iya, diberikan tempat khusus. Tapi, itu para pembegal kok tidak dimasukkan ke ‘tempat khusus’ ya? Jangan-jangan membegal itu tidak dilarang oleh masyarakat umum. Padahal, anggota dewan saja diberikan bangunan khusus, karena memang, kehadiran mereka tidak diterima oleh rakyat secara umum.





Sumber Gambar:
https://www.loveindonesia.com/news/en/news/detail/15283/cover-story-smoking-room-jadi-tempat-penitipan-sepeda
https://www.tribunnews.com/nasional/2011/09/20/perusahan-wajib-berikan-fasilitas-tempat-khusus-menyusui
https://www.tribunnews.com/metropolitan/2013/08/22/relokasi-pkl-tanah-abang-gebrakan-penting-duet-jokowi-ahok
https://www.kaskus.co.id/lastpost/53a13d5596bde6ad7a8b45c2
https://sutarni.pustakasekolah.com/biodata-foto-terbaru-sarah-shafitri.html


Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Howhaw #133: Penyebab Munculnya Tempat-Tempat Khusus Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

24 comments:

  1. nice banget ini maksud terselubungnya :)))
    mneurut gue, mau sampai kapanpun rokok bakal tetap merajalela karena pemerintah cinta pajaknya. *pura-pura nggak tau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((MAKSUD TERSELUBUNG)))
      hahaha...
      Pemerintah juga bingung sebenarnya kalo masalah rokok. Dilema. Gue pernah bikin pstingan tentang rahasia rokok. Seacrh aja di sini "Surat Wasiat Zombiegaret"

      Delete
  2. DI Indonesia emang ada ya tempat menyusui itu . .?? baru tau gue . .?? Boleh kapan2 maen kesono *ehh
    btw Dolly udah tutup tuhhhh bang. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, meski belom banyak. Gue di kampus kalo udah bikin tugas rancangan bangunan publik, pasti selalu ditanyain tempat khusus menyusui.

      Mau gue kasih alamat tempat sejenis yang masih beroperasi nggak, Ka?

      Delete
  3. tempat khusus para jomblo gak ada ya? soalnya kan banyak tuh yang ngeledek, ya seperti tidak diterima dipublik ahahah , :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... Udah banyak, Kak. Gugling aja kalo nggak percaya "Tempat Khusus Jomlo"

      Delete
  4. Kalau misalnya dikasih tempat, pembegal mau ditaroh mana kak? :v

    ReplyDelete
  5. ciyeee mas howhaw tukeran link sama yaelah.co ciyeee

    ReplyDelete
  6. aku jadi gak yakin didepan umum si dia pernah nolak.. hihihi :P

    ReplyDelete
  7. Kayaknya gue mau "main" di tempat khusus deh.

    ReplyDelete
  8. Banyak juga ya tempat-tempat khusus yg disediain pemerintah. gue jadi pengen masuk ke tempat menyusui. Muehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bagus itu. masuk ke "ruang khusus menyusui" khusus lelaki aja. di sana kamu bisa nyusu sesuka hati kok. tapi yang namanya khusus lelaki, isinya juga laki semua.

      Delete
  9. keren juga ni mas bro....khusus untuk blok g tanah abang....saya salut dgn pemprov DKI karena berhasil melokalisir PKL dgn tertib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. salut juga ama kepatuhan PKL-nya. padahal kalo pengalihan itu, keuntungan yang didapet jadi turun drastis.

      Delete
  10. Oh, ini posting-an promosiin website? Lomba, job review, apa gimana, Haw? :p
    Ah, itu pacar siapa? Masih jomlo, kan? Ada nomor teleponnya nggak? *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. cuma ngepromosiin aja. Websitenya menarik sih.

      Lo beneran nggak tahu itu gambar siapa, Yog? *mestinya tadi lo nonton "Kembalian Elsa Kepadaku" di Terangstipi*

      Delete
  11. Itu pacar tempat hati ya.. Kirain.. :P

    ReplyDelete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~