Tuesday, 11 February 2014

Howhaw #85: Hal-Hal Baik yang Bisa Dipelajari dari Game Flappy Bird

Assalamu'alaikum....

Beberapa hari terakhir, game ini semakin marak dibicarakan. Awalnya hanya tweet singkat dari teman yang nyoba, artis yang nyoba, pacar yang nyoba, kakak yang nyoba, adik yang nyoba, pokoknya dari semua yang nyoba *hidup emang penuh dengan cobaan* dan akhirnya kita ikut-ikutan nyoba. Alhasil, 'Anjrit' 'Kampret' 'Sial' '(banting hape)' dan coba main lagi. Hampir semua reaksi orang yang bermain game ini begitu *begimana?* emosi dan mencaci maki.
Saya heran saja kenapa sesuatu yang berhubungan dengan burung selalu jadi bahan yang memicu dan menimbulkan  emosi? 
Flappy bird



Dulu ada Angry Bird *sekarang masih sih* dari namanya saja udah jelas kan, pasti ada marah-marahnya. Twitter juga, kan artinya kicauan, sama aja dengan burung, dan apa isinya? banyak kicauan yang marah-marah terutama yang berkicau sambil nomensyen. Dulu ada juga lagu yang syairnya mengatakan dirinya laksana burung dalam sangkar emas, dikelilingi emas tapi tidak bisa bebas, bikin emosi. Kemarin-kemarin juga ada emosi yang meledak-ledak oleh para kaum nasionalis, karena 'burung' nasionalnya direndahkan. Temen saya juga pernah marah karena diledekin burungnya kecil. Emang kenapa kalo kecil? bukannya ntar juga gede dan bisa diadu. Masa iya temen saya beli burung merpati cuma karena burungnya kecil doang? kan nggak. Dari itu semua, saya mempelajari satu hal, kenapa cewek suka marah-marah ama pacarnya yang seorang cowok. Ya itu dia, karena pacarnya identik dengan burung. *burung emang selalu bikin marah*

---kembali ke flappy bird--

Berapa skor kalian saat pertama memainkan? 11? 12? 15? atau lebih kecil? dan apa yang kalian rasakan? kesel dan malu kalo ngeliat skor temen yang lebih gede. Ini yang saya maksud tadi, dalam masalah burung, kalo kecil pasti bikin malu. Tapi walaupun gede, ga usah dipamer-pamerkan juga kali. Dan kalian akan semakin berlatih dan mencoba lebih dan lebih agar burung kalian gede, skornya. Di sini si flappy ngajarin bahwa awal mula itu sering ngasilin nilai yang kecil, tapi kita tetap merasa bangga karena itu perjuangan kita sendiri. Sehingga secara perlahan nilai kita akan semakin tinggi, semakin tinggi dan tinggi. Kalo mau lebih cepet tinggi ya minum aja jus gula, biar kadar gulanya tinggi. *mati*   

Si flappy ini kan juga baru belajar terbang, eh langsung dihadang pipa-pipa keparat yang membuatnya langsung nyungsep dengan sukses dan harus mengulang lagi dari awal. Dia itu lagi nunjukin ke kita bahwa siapa pun kamu, tua muda, kaya miskin, laki perempuan, akan selalu menemukan tantangan, halangan dan hadangan bahkan saat kalian masih dalam tahap belajar. Dan akhirnya, kalian jatuh, gagal dan terpuruk. Dan jika kalian dalam keadaan itu, jangan menyerah dan berhenti, ingatlah si flappy, karena untuk setiap Game Over akan selalu ada Mulai lagi.

Terus, coba kalian perhatikan kondisi si Flappy. Badannya bulet, bibirnya dower, mata besar dan sayapnya kecil. Bagi seekor burung, sayap itu merupakan kekuatannya, karena dengan sayap tersebut mereka dikatakan burung. Dan dengan sayap itu mereka bisa bebas dan hebat, bisa terbang. Tapi bagaimana terbangnya lancar kalo sayapnya seiprit begitu? tapi nyatanya, dia terbang, walau dengan patah-patah dan nyungsep-nyungsep. Dan ketika dia berhasil terbang lebih lama, dia langsung dipuja. Hebat. Secara tak langsung, si flappy ini mau ngomong dengan kita, walau kita punya kemampuan kecil, pengalaman sedikit, harta sedikit, dan kaki sedikit *cacat misalnya* jangan takut untuk melakukan hal yang besar, karena ketika kalian bisa melakukannya, kalian akan terlihat lebih hebat dari orang biasanya. Bukankah orang miskin yang sukses lebih terlihat hebat dari orang kaya yang sukses? dan juga bukankah orang yang tidak punya kaki bisa bermain selancar air terlihat lebih hebat dari yang punya kaki?

Kemarin, tanggal 10 Februari 2014, game ini mulai ditarik dari peredaran yang artinya ga bakal ada game ini lagi di google store *tapi di tempat lain kayaknya masih ada* dan apa respon orang-orang yang mengetahuinya? iya, YANG MENGETAHUINYA bukan hanya yang memainkannya. Mereka ngerasa kehilangan. Yang belum pernah main ngerasa telah ngelewatkan sesuatu yang luar biasa. Meskipun mereka masih memiliki gamenya, tapi yang namanya penarikan itu mengindikasikan larangan untuk dimainkan lagi, begitu. Mereka mulai menanyakan, kok game seseru ini, seasyik ini dilarang dimainkan orang lebih banyak lagi sih? 

Padahal ketika mereka pertama kali mengenal si flappy, umpatan yang mereka berikan. 'Burung bodo' 'siapa sih yang buat game keparat ini?' bahkan ada yang buat aplikasi lain untuk membunuh si flappy sebagai tanda kekesalan. Nah, dari itu kita dingatkan oleh si flappy, bagaimanapun tanggapan orang terhadap kita, yang kesel, yang marah, yang mencaci, yang mengumpat, yang membenci bahkan yang berencana balas dendam, tetap akan merasa kehilangan kita saat kita sudah pergi, menjauh dan menghilang. Jadi, jangan pernah kamu ngerasa ga dianggap oleh siapa pun, ngerasa ga dipedulikan oleh siapa pun, karena kebanyakan orang yang paling peduli adalah mereka yang tidak menunjukkan kepeduliannya padamu. Namun, saat kamu hilang, dia yang akan menjadi nomor satu untuk menemukanmu. Selalulah berpikir positif, bukan membuat anak orang positif..!!!

Mungkin sekian saja pembahasan tentang makna tersembunyi si flappy. Jika ada benarnya silahkan ikuti dan amalkan. Jika ada salahnya, tolong diingatkan, karena saya juga baru belajar dan sering nyungsep.


Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Howhaw #85: Hal-Hal Baik yang Bisa Dipelajari dari Game Flappy Bird Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

16 comments:

  1. Hahaha. Justru dihilangin katanya biar ngga menimbulkan korban lebih jauh .:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, masa korbannya yang paling parah adalah Pembuatnya yang ketenangannya hilang mendadak....

      Delete
  2. Hei, keren nih melihat flappy bird dari sudut pandang yang berbeda :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya ngelihatnya ngintip dari dalem pipanya.... :D

      Delete
    2. Hahaha iya ngga gitu juga sih masa neropong :p

      Delete
    3. Kalo ga neropong,saya keluarnya dan bisa ngelihat cuma di level 999....

      (gue mario bross yg muncul di level segitu)

      Delete
  3. Sebenernya flappy bird itu bukan kayak burung tapi kayak lalet yang super kampret :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi bisa jadi....Lalatnya bermutasi mungkin abis ngisep yang aneh-aneh karena pengen besar....

      Delete
  4. wkwkwk ambigu banget sih kalo mbahas burung,
    ngomong2, sampe detik ini skor tertinggiku adalah 7.... *ngenes bgt*

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, sejak kapan kata 'burung' yang biasa saja, menjadi 'burung' yang ah sudahlah... *perlu diteliti*

      Tinggal dimainin lagi kok, ntar juga tinggi... #percaya deh

      Delete
  5. hahaha nice. semua karna burung wkwkwk

    ReplyDelete
  6. *burung emang selalu bikin marah* akronim nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sesuaikan dengan yang ada di piirannya masing-masing.... :)

      Delete
  7. Wach saya blm prnh main game flappy bird :(.
    Mau tanya donk, apa benar org yg punya hobby pelihara burung org y suka pemarah, pokoknya sensitif ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget... apalagi kalo burungnya dilepas, disembelih atau dijual diam-diam.....

      *gitu*

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~