Howhaw #8: Poconggg Merah Jambu ~ Production Haws

Howhaw #8: Poconggg Merah Jambu

Assalamu'alaikum....



googlerandom

Mungkin semua orang pernah ngalamin yang namanya jatuh cinta. Mungkin juga semua orang juga pernah ngalamin yang namanya jatuh cinta diam-diam. Jatuh cinta diam-diam berarti sang pencinta hanya bisa diam atau hanya menjadi pemuja rahasia orang yang dicintainya.

Ane sebagai pribadi yang juga termasuk dalam "semua orang", juga pernah ngalamin jatuh cinta diam-diam yang berarti ane menjadi pemuja rahasia. Jatuh cinta seperti ini pernah ane alami ketika masih EsEmA. Tapi yang perlu digarisbawahi, ane mujanya nggak pake kemenyan dan dupa lho ya...!!!

Semuanya berawal dari adanya anak pindahan baru ke sekolahan ane. Namanya Randah. Dia salah satu cewek tercantik yang pernah ane temui. Rambutnya hitam panjang, kulitnya kecoklatan, giginya rapi dipagerin, dan senyumnya sangat manis.

Randah adalah siswi pindahan dari Surabaya. Dia pindah karena ikut ayahnya yang juga dipindahtugaskan ke Pontianak.
Dari yang sering ane perhatiin, Randah itu orangnya simple banget. Tak pernah jual mahal kalo ada yang ngajak kenalan. Tak heran, ketika hari pertama masuk sekolah, Randah sudah banyak memiliki teman.

Di sekolah ane, cewek yang juga cantik tidak hanya Randah doang, masih ada beberapa cewek cantik lain. Salah satunya adalah Vita. Ane dan Vita udah kenal lama, kebetulan dia dulu pernah satu EsEmPe dengan ane. Nah, Vita inilah cewek yang jadi pujaan ane.

Iya...Jangan ditanya lagi lah. Ane juga nggak tau kenapa dari tadi ane panjang lebar ceritain tentang Randah. Padahal benar-benar tak ada hubungannya sama sekali.

Orang yang hanya jadi pemuja rahasia dapat mengetahui dengan detail semua informasi orang yang dipujanya, meskipun jarang ketemu. Seperti temen ane, Riko, yang juga jadi pemuja rahasia Wina, tapi tak pernah sekalipun bertegur sapa dengan pujaannya itu. Dia tau kalo Wina itu suka warna pink,  rumahnya berjarak sepuluh menit dari sekolah, mantan pacarnya banyak banget, mulai dari anak Camat, bukan anak Camat, sampai anak Camat yang bukan anak Camat. (nah lho, anak siapa kalo gitu?)

Ane juga tau, kalo Vita itu suka pop music, selalu mesan dua gelas pop ice dan sebuah pop mie, sambil nyimpen duit kembaliannya di dalem celana pop. (beberapa kata terakhir itu tak pernah ane tau, tiba-tiba aja nongol di situ)

Darimana itu semua dapat diketahui oleh seorang pemuja rahasia?

Tentu saja dari teman, dari tetangga, dari Jony yang selalu blak-blakan. Yang jelas, sang pemuja rahasia selalu akan mencari tau tentang semua hal yang ada pada pujaannya itu.  

Seorang pemuja rahasia biasanya akan memenuhi catatannya dengan perasaan hati yang tak tersampaikan. Di buku catatan fisika, Riko menggambar huruf R besar, disertai gambar hati, lalu huruf W besaryang diberikan ornamen kembang.

Saat ane tau apa yang digambar Riko,ane bilang," Norak amat lho." Keesokannya ane ikutan bikin. Tentunya, catatan ane berupa H besar dan V besar.

"Namun pemuja rahasia pada akhirnya hanya bisa mendoakan. Mereka hanya dapat mendoakan setelah capek berharap, pengharapan yang ada dari dulu, yang tumbuh dari mulai kecil sekali, hingga makin lama makin besar, dan semakin lama semakin menjauh." (kutipan sebuah buku)

Dari kenyataan itu, ane jadi berdebar...dag dig dug..tek tek tek tek...tek....alhamdulillah sudah waktunya berbuka....
jantung ane berdatak tak karuan, akhirnya ane nekat untuk memaksakan diri nembak si Vita. Doooorrrr....

Menurut ane, tanggal 1 APril adalah hari yang paling aman buat nembak cewek. Dengan nyali yang hanya segede keringat ketek, ane lebih milih sabar menunggu nembak di bulan April daripada terburu-buru nembak di bulan lain. Semuanya udah ane rencanain dengan mateng.

Nembak cewek pas 1 April itu resikonya bener-bener nggak ada. Kita bisa nembak tanpa dihantui rasa takut buat ditolak. Kalo diterima, alhamdulillah...kalo ditolak, tinggal teriak, "April Mooopp!!!" kita pun terhindar dari rasa malu. Sempurna.

1 April kali ini jatuh pada hari kamis. Sempurna. Kenapa sempurna? liat aja ntar.
Pas istirahat sekolah biasanya Vita ngumpul dengan temen-temennya di depan kelas. Entah apa yang mereka omongkan, tetapi kelihatannya mereka sangat bersemangat. Maklum, temen-temen Vita adalah kelompok yang sangat populer di sekolah, populer karena cantik, populer karena pinter, maupun populer karena selalu terlihat di dalam toilet sambil menyeret-nyeretkan pengepel di lantai.

Sedangkan ane adalah orang yang tidak populer sama sekali di sekolah. Jika ditanyakan kepada teman ane,"Kenal Hawadis nggak?" mereka pasti akan jawab,"Oooo..Hawadis yang tidak populer itu ya..."

Setelah Vita sudah mulai bubaran ama temen-temennya, ane samperin si Vita.

"Vit, ntar sore pulang sekolah jalan yuk..,"

"Ke mana?" tanya Vita.

Buat cari aman, ane udah nyiapin strategi tambahan. Ane pernah denger di radio kalo 97% cowok yang nembak cewek di jalan tol punya kemungkinan besar buat diterima. Apalagi kalo nembaknya pas malem-malem. Ditambah lagi malam jumat,hmmm...Logikanya: si cewek akan takut ditinggalin kalo nekat nolak.

Pertama, ane ajak Vita nonton film horor. Setelah dia ketakutan, lanjut ane bawa muter-mutersampe agak malem. Setelah itu, dia ane anter pulang lewat jalan tol. Nah, selanjutnya ane tinggal nyari tempat sepi dan nembak dengan tampang memelas! Sangat terorganisir.

"Nonton aja gimana?"

"Oh, boleh. Kebetulan hari ini aku lagi males pulang cepat." jawab Vita.

Cocok!

Setelah ane ajakin nonton film horor, muka Vita terlihat ketakutan. Cuma sayangnya, pas di dalem bioskop, ane nggak bisa duduk di sebelah Vita. Karena tiket yang kita dapetin random, ane di F7 sedangkan Vita di D5. (Hadoowwhh)

Setelah keluar dari bioskop, ane anterin Vita ke rumahnya. Tapi seperti rencana awal, ane ajak dia berenti bentar di tengah perjalanan dengan alasan buat ngliatin bintang di langit bentar. Sambil liatin bintang ane buka lagu MP3. Ane percaya, nembak cewek dengan lagu romantis akan meningkatkan mood cewek buat nerima si cowok. Trik ini nggak usah diragukan lagi. Ane pernah lihat adegan di TV, ceritanya tentang seorang cowok yang lagi mau nembak cewek di hutan. Tiba-tiba entah dari mana terdengar lagu romantis. Kemungkinannya hanya ada dua : Pertama, Malaikat ngebantu muterin iPod. Kedua, si cowok udah siap-siap dari rumah bawa radio dan diumpetin di semak-semak ato di balik pohon.

Tak lama kemudian, ane pilih lagu Heal The World-nya Michael Jackson.

"Vit, ada yang mau aku omongin." ane memberanikan membuka pembicaraan.

"Ya?"

Haaahhh...dia cuma bilang 'ya' doang..

Ane deg-degan.

"Emmmm...kita kan udah kenal lama. Emm..aku udah kenal lama kamu, terus kamu udah kenal lama sama aku. Udah 6 tahunan ya?, lama juga ya. Kalo aku parkir sepeda motor di mall selama itu, pasti aku udah nggak bisa bayar lagi. h-e-h-e-h-e."

Monyeeettt...kalimat macam apa ini....

Ane salah tingkah. Kalimat yang udah ane susun mendadak jadi berantakan.

"Kamu sakit ya?" Vita memotong pembicaraan.

phuuiiihhh. Ane udah setengah jalan. Ane gemetaran. Ane udah nggak mungkin lagi buat ngebatalin nembak Vita. Tapi ane juga bingung mau ngomong apa.

"Emmm, Vit. Jangan marah ya."

"Emmm, Vit..."

"Emmm, aduh gimana ya.h-e-h-eee."

Ane bener-bener salah tingkah.

"Emm, Vit...aku sayang kamu. Kamu mau nggak jadi pacar aku?"

Hening....

Vita diam tanpa kata. Ane diam tanpa kata. D'masiv pun Diam tanpa kata.

Jantung ane semakin kencang. Keringat keluar di sekujur tubuh. Rambut mulai rontok. Satu-satunya yang ane pikirin adalah ane pengen boker.

"Lho, kok bisa? h-e-h-e-h-e." Vita ikut-ikutan salah tingkah.

"H-e-h-e-h-e." Vita saja salah tingkah, apalagi ane.

Hening.

Nggak lama kemudian Vita bersuara.

"Emm, sebelumnya aku minta maaf, ya. Aku kenal kamu udah lama. Aku tau kamu orangnya baik. Kamu selalu ada untuk aku. Tapi kayaknya mending kita temenan aja deh.."

PLAK

Yang ane tau: Nembak cewek dengan lagu romantis akan ningkatin mood cewek buat nerima cowok.
Yang ane nggak tau: Heal The World-nya Michael Jackson ternyata lagu yang nyeritain tentang perdamaian dunia. Nggak ada romantis-romantisnya sama sekali.

Jantung ane terhenti. Ini benar-benar jawaban yang tidak pernah ane harepin sama sekali.

Vita diam tanpa kata. Ane diam tanpa kata. D'masiv ikut-ikutan diam tanpa kata.(Monyet! Ini D'masiv dari tadi ngapain, sih!)

Sesuai rencana awal, akhirnya ane ngeluarin senjata pamungkas.

"APRIL MOOPPP!! KENA DEH!! HAHAHAHA KENA APRIL MOOPP, AHAHAHAHA" Ini tertawa termaksa yang pernah ane lakuin.

Vita kaget. Dia terlihat seperti seorang yang kaget.

"K..ka..mu..serius barusan becanda?" suara Vita memberat.

" Ya iya lah! ita kan temenan. Temenan ya temenan aja nggak usah pake kejadian segala. Kena april mop deh.hahaha." ane berusaha sok tegar.

Vita nangis.

Ane bengong.

D'masiv ikutan bengong. (sumpah, ane bener-bener nggak tau dia dateng dari mana)

Ini untuk pertam kalinya ane bikin cewek nangis. Sebelumnya emang pernah sih, tapi cuma bocah lima tahun yang ane sliding tackle gara-gara nekat maen sepatu roda bolak-balik di depan ane. Nggak masuk itungan.

"Kamu tau nggak sebenernay?"

"Sebenernya apa?" ane panik.

"Sebenernya aku tadi nolak kamu cuma becanda doang."

HAAAAAA......

"Aku cuma mau liat reaksi kamu. Pengen liat kamu serius apa nggak, baru abis itu aku terima. aku benar-benar nggak nyangka, ternyata kamu sejahat itu. Ternyata kamu setega itu, Ryan!" (Hah, monyet lagi! kesabaran ane bener-bener abis! Ini si Vita lagi ngomong ama ane apa dengan D'masiv sih! kenapa dari tadi ada D'masiv! kenapa terus-terusan ada D'masiv!!!)

Gantian, sekarang ane yang nangis Vita yang bengong.

Catatan: kali ini nggak ada d'masiv. sekali lagi ada D'masiv ane berenti nulis.

 Akhirnya sepanjang perjalanan pulang, ane dan Vita hanya diem-dieman doang. Ane udah nyoba ngajakin ngobrol, tapi Vita tetep aja diam. Vita seolah nahan air mata, sesekali dia nunduk dan narik-narik ingus.

Ane bener-bener merasa bersalah. Ane merasa jahat. Jahat sejahat-jahatnya orang jahat. Dari sini akhirnya ane ngerti, jatuh cinta..adalah patah hati yang tertunda.

Pesan: Dimana pun yang namanya bohong atau berencana bohong baik dengan orang lain maupun sendiri, baik diperingati bersama maupun sendiri, tetep saja akan menghasilkan hal yang tidak baik(penyesalan) .

( Kisah fiktif terinspirasi dari tulisan Raditya Dika dan Poconggg)
Previous
Next Post »

0 comments

Click here for comments

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon