Laptop Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U, Cocok Bagi Kita Yang Beraktivitas Dengan Mobilitas Tinggi

Assalamu’alaikum…

Saat ini, penggunaan laptop memang tidak dapat dipungkiri lagi sudah menjadi bagian dari kehidupan. Semua aktivitas kita rata-rata memerlukan laptop maupun perangkat elektronik lainnya untuk memudahkan pekerjaan kita tersebut.
laptop keren
1) Pilih laptop yang sesuai dengan aktivitas kita
Aktivitas yang kita kerjakan cukup beragam. Pekerjaan di bidang kita, berbeda dengan pekerjaan orang lain di bidang lainnya. Meski demikian, kebutuhan laptop untuk membantu pekerjaan tersebut cenderung sama. Perlu yang performanya tangguh, mendukung mobilitas tinggi, dayanya tahan seharian, juga harganya terjangkau.

Dari itu, AMD yang bekerja sama dengan Acer, mengenalkan laptop lini utrathin-nya dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Berasal dari series Swift yang memang sudah banyak dikenal, laptop ini ditujukan untuk aktivitas medium yang menuntut tingkat mobilitas yang tinggi.

Nama lengkapnya Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U. Pertama kali saya bertemu dengan laptop ini sekitar pertengahan tahun lalu. Nggak sekali lihat langsung suka, sih, meski tampilannya sangat premium. Melainkan diawali menjajalnya terlebih dulu untuk menjalankan beberapa software dan game yang cukup berat.

Hasilnya, saya cukup kaget. Karena dengan kenyamanan saat pengetikan dan kecepatannya dalam memproses, saya menduga ini laptop murni ultrathin premium, high-end, mahal banget. Ketika saya tanyakan dengan panitianya, ternyata malah berasal dari kelas mid-end.

Walau tipis, kinerja tetap tinggi karena ditenagai Prosesor AMD Ryzen 5 3500U

Merupakan prosesor generasi kedua AMD Ryzen yang bisa memberikan performa ekstra bagi laptop yang berukuran tipis. Prosesor ini memang didesain untuk bekerja, browsing, multitasking, menonton film, serta mengedit konten dan bermain game. Sehingga, jika dibandingkan dengan laptop tipis dan ringan di kelas yang sama, bisa dipastikan yang berprosesor ini bakal jadi juaranya.

AMD Ryzen 5 3500U sendiri memiliki 4 core/ 8 thread dengan Kartu Grafis Radeon Vega 8 yang memiliki 8 CU (Core Unit). Kartu grafis ini bisa dibilang memberikan kinerja selevel kartu grafis diskrit low-end. Dengan berat sekitar 1,4 Kg, serta ketebalan sekitar 1,8 cm, laptop Acer Swift 3 sangat mudah untuk dibawa bepergian.
laptop-untuk-aktivitas-mobile-tinggi
2) Spesifikasi singkat Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, laptop ini sangat cocok bagi pengguna yang memiliki produktivitas dan mobilitas kapan pun dan di mana pun. Tentunya, laptop ini akan memudahkan dalam menjalankan software harian untuk menyelesaikan tugas-tugas, seperti untuk browsing, mengecek email, multimedia, bahkan untuk bermain game maupun editing konten yang ringan.

“Laptop Acer Swift 3 merupakan laptop ultrathin dengan performa handal tanpa mengesampingkan fitur-fitur premium. Apalagi dengan prosesor AMD Ryzen 5 3500U akan memberikan pengalaman yang lebih maksimal dan performa yang lebih optimal. Laptop ini siap menemani pengguna seperti para pekerja maupun content creator yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas yang padat,” kata Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia.

Mari kita intip spesifikasi andalan laptop tersebut

Walau penggunaan prosesor AMD Ryzen 5 sendiri sudah terhitung sebagai kelebihannya, Acer Swift 3 juga masih memeiliki spesifikasi sangar lainnya. Seolah dia lupa diri sebagai laptop kelas ultrathin, mid-end, karena beberapa spesifikasi berikut justru lebih banyak ditemukan di laptop kelas premium.

  • Port koneksi yang lengkap
Laptop Acer Swift 3 dilengkapi dengan 1 slot HDMI, 2 slot USB 3.1 Gen pertama, 1 slot colokan USB Type C, 1 slot USB 2.0, 1 slot SD Card Reader, dan tidak lupa juga 1 slot Headphone Jack 3,5 mm untuk membantu dalam memaksimalkan produktivitas penggunanya.
laptop-kita-semua
3) Port-nya lengkap, mendukung keperluan dalam berbagai aktivitas
  • Keyboard-nya sangat nyaman digunakan
Laptop Acer Swift 3 ini sudah dibekali desain keyboard “chiclet” yang memberikan kenyamanan dalam mengetik. Selain itu, backlit keyboard juga sudah disematkan agar tampilan keyboard dari Laptop Acer Swift 3 ini menjadi lebih ciamik. Juga agar lebih mudah untuk dilihat pada saat digunakan di ruangan gelap sekali pun. Tidak lupa Acer Swift 3 dilengkapi dengan sensor Fingerprint yang dapat meningkatkan keamanan dan privacy penggunanya.

  • Tampilan layarnya jelas dan akurat
Layar dari Laptop Acer Swift 3 ini memiliki ukuran sebesar 14” dengan resolusi Full HD (1920×1080). Selain itu, layar ini juga sudah menggunakan panel IPS dan dilengkapi dengan anti-glare yang tentunya membuat tampilan gambar dari Laptop Acer Swift 3 ini menjadi lebih jelas, warnanya lebih akurat dan nyaman untuk dilihat.

  • Baterainya tahan seharian
Daya tahan baterai yang tinggi dari Laptop Acer Swift 3 ini dapat menjadi salah satu alasan kenapa laptop ini patut untuk dimiliki. Karena sudah dibekali dengan AMD Ryzen 5 3500U yang memiliki rating TDP 15W serta menggunakan arsitektur 12nm+, memberikan penggunaan daya baterai yang lebih efisien.

Sehingga, baterai dari laptop Acer Swift 3 ini dapat bertahan hingga 7 jam 12 menit untuk Video Playback dan lebih dari 8 jam dalam penggunaan untuk web browsing. Untuk digunakan mengetik saja, baterainya malah bisa tahan 10 jam.

  • Dilengkapi dengan SSD NVMe dan RAM yang Upgrade-able
Laptop Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U juga sudah dilengkapi dengan SSD NVMe sebesar 256GB yang tentunya membuat kecepatan dari membaca data menjadi lebih cepat. Walaupun sudah dibekali dengan RAM DDR4 4GB, Acer Swift 3 juga masih menyediakan slot tambahan untuk upgrade RAM yang dapat disematkan hingga kapasitas 16GB.

Dengan spesfikasi begitu, bagaimana pengalamannya saat menjalankan software umum yang cukup berat?

Ini berdasarkan uji coba yang pernah saya lakukan dan juga saat memantau “test drive” peserta lainnya di acara pameran laptop tahun lalu. Saat digunakan menjalankan Adobe CC dan Adobe Premier, sungguh lancar jaya. Bahkan dalam percobaan rendering vidio singkat di Adobe Ater Effect juga tidak bermasalah.
acer swift 3 kita semua
4) Dipakai main game atau editing/render vidio ringan tetap lancar
Pada pengujian menggunakan game seperti Dota, CS: GO, DIRT fps yang dihasilkan terbilang cukup memuaskan. Yaitu berkisar diatas 50 fps, padahal ini laptop kelas ultrathin, loh. Tentunya dengan menggunakan model RAM Dual Channel.

Bahkan laptop ini masih sanggup bermain game AAA seperti Battlefield 1, Shadow of The Tomb Raider, ataupun The Witcher dengan fps yang dihasilkan masih bisa stabil di 30 fps dengan settingan Medium.

Kesimpulannya…
Laptop Acer Swift 3 yang ditenagai oleh AMD Ryzen 5 3500U dengan Kartu Grafis Radeon Vega 8 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni untuk digunakan beraktivitas. Mulai dari bekerja, mengerjakan tugas, bermain game, hingga editing video ringan.

Selain itu, Laptop Acer Swift 3 juga mendukung mobilitas tinggi karena laptop ini sangat tipis dan memiliki berat hanya 1,4 kg. Juga sudah dilengkapi dengan dukungan daya tahan baterai yang sangat lama. Layar pada Laptop Acer Swift 3 juga sudah memiliki resolusi Full HD (1920×1080) dengan panel IPS yang membuat kualitas warna yang dihasilkan oleh laptop ini menjadi lebih tajam.

Oh, iya, harganya belum, ya. Padahal itu juga faktor unggulannya. Laptop ultrathin Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U ini ditawarkan dengan harga sekitar 7 jutaan. Silakan cek toko laptop online kesayangan untuk mengetahui harga terkininya.



Sumber gambar:
1), 2), 4) Review Northboys (https://www.youtube.com/watch?v=u_dCrKcROIk&list=PL-4ry1kXNn_xTjWjimOhHUYvl8RV1ybTx&index=2)
3) Unboxing Tech Pro Advice (https://www.youtube.com/watch?v=HTMOTHPLQck&list=PL-4ry1kXNn_xTjWjimOhHUYvl8RV1ybTx&index=1)
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Laptop Acer Swift 3 Ryzen 5 3500U, Cocok Bagi Kita Yang Beraktivitas Dengan Mobilitas Tinggi Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

2 komentar:

  1. Uwow. Buat gue pribadi (walaupun rada aneh dari kebanyakan) port tuh masih penting sih kalo buat nyari laptop. Makin ke sini kan port2 makin pada abis ya gara2 tipis. Jadi cuma 1atau 2. Males jadinya bawa dock tambahan gitu. Tapi kalo banyak gini mantep nih. Huehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda banyak menggunakan buat ngerekam, denger musik (pake headphone), tranfer data, juga ngeproyektorkan layar. kali aja laptopnya rusak, dicoba laptop ini, senpai...

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~