Howhaw #152: [Fiksingkat] Jangan Pulang Petang ~ Production Haws

Howhaw #152: [Fiksingkat] Jangan Pulang Petang

Aku berlari semakin kencang untuk segera keluar dari hutan. Meski beberapa kali terjatuh tersandung akar pepohonan hingga kakiku terluka, aku tetap berlari sekuat tenaga. Lebih baik terluka daripada tertangkap oleh Kuyang yang mengejarku di belakang.

“Kalo sudah sore, kamu langsung pulang! Tinggalkan saja kayu bakarnya,” begitu pesan kakekku siang tadi.

Kuyang atau hantu kepala wanita terbang, dengan usus perutnya terburai bergelantungan, merupakan hantu yang terkenal di kampung kami. Sejak kecil aku selalu ditakut-takuti ibu akan dimakan olehnya jika bermain hingga petang. Meski begitu, belum ada warga kampung yang mengaku pernah melihatnya.

“Cuma cara orangtua biar anaknya nggak bandel saja,” begitu pikirku selama ini.

Tapi hari ini, ketika mencari kayu bakar hingga petang, aku melihatnya di dalam hutan. Sebuah kepala perempuan dengan usus berlumur darah bergelantungan sedang menggigiti seekor monyet di atas pohon. Aku terkejut dan menjatuhkan kayu bakar yang pikul. Dia melihat ke arahku. Aku langsung berlari.

“Kuyang di kampung kita tidak hanya mengincar janin. Tapi juga memakan isi perut manusia dan binatang. Kalo kamu melihat Kuyang, kamu harus memukul-mukul panci atau wajan. Bisa juga mengusirnya dengan sapu ijuk,” cerita kakekku suatu waktu.

Tapi bagaimana mungkin aku membawa panci dan wajan saat mencari kayu bakar. Sapu ijuk apalagi. Makanya aku berlari dengan sekuat tenaga. Di depan sudah terlihat rumah penduduk kampung. Aku berlari semakin cepat.

Ketika sampai di perkampungan, aku berteriak minta tolong. Tapi tak satu pun warga yang keluar. Aku kelelahan dan berhenti sebentar. Saat kutoleh ke belakang, Kuyang yang terbang mengejarku semakin dekat. Aku berlari menuju rumah sambil berteriak. Namun tetap tak ada orang yang menanggapi.

Saat sampai di depan rumah, aku menggedor pintu dengan keras sambil berteriak memanggil-manggil kakekku. Tapi tak ada jawaban dari dalam. Kini Kuyang tersebut tepat berada di belakangku, lalu dia melayang ke atas kepalaku. Tetesan darah usus perutnya jatuh ke wajahku. Dia tersenyum menampakkan taring dan langsung mengarahkan gigitannya ke perutku.

Aku berteriak keras dan terbangun dari tidurku. Napasku terengah. Kubuka selimut yang menutupi. Kuraba perutku, tidak apa-apa.

“Apa aku ada dalam mimpimu?” tanya sebuah suara dari arah sudut kamar. Kuyang.

*****
Ini sebenarnya draft #memfiksikan dengan tema “hantu”, tapi gak jadi dipublish karena membuat cerita yang lain. Mohon kritikannya.

memfiksikan
Penampakan Kuyang di Video Yutup
Previous
Next Post »

73 comments

Click here for comments
Aldi Rahman
admin
26 April 2015 at 06:39 ×

menegangkan ceritanya, huh untung hanya mimpi. Pastinya seram sekali melihat kuyang, sepertinya saya pernah melihat kuyang di film. Mimpi buruk sepertinya, atau ada pertanda tidak baik, endingnya bagus, meskipun saya penasaran kalau ada lanjutan ceritanya

Reply
avatar
26 April 2015 at 07:34 ×

Eee bentar, gue mau komen apa yaa?
Lihat share di g+ udah kaget sendiri hahahaha

Reply
avatar
26 April 2015 at 07:45 ×

Duh rasanya perutku langsung kram bacanya :3

Reply
avatar
devina putri
admin
26 April 2015 at 08:26 ×

bacanya udah bener2 di seriusin, udah bener2 nakutin eh ternyata hanya mimpi

Reply
avatar
26 April 2015 at 09:06 ×

wahhh jadi...ini kuyangnya uda nungguin beneran si aku yang baru bangun dari mimpi ya....
hiiyyy....atud banget kalo gitu mah

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
26 April 2015 at 10:42 ×

ALLAHU AKBAR!!!!

Aku langsung gedubrak pas liat foto di bawah. Iss jahat banget kamu, Haaaaaw! Uda ketakutan baca cerpennya, eh pakek ada foto segala lagi. Hih! -_-

Reply
avatar
Slemut
admin
26 April 2015 at 11:13 ×

gue dulu juga sering diceritain kayak gitu ama emak gue.. kalo main sampe surup (petang) dimakan kuyang, kalo gak dimakan kuyang ya diculik wewe gombel.. :v

Reply
avatar
26 April 2015 at 12:26 ×

Kalau di jawa mah mitosnya emang wewe bro.. Kalau nggak wewe gombel ya kalong wewe. Biasanya kan dipukulin benda keras biar dia pergi atau ngembaliin anak yang diculik...

Kalau kuyang kayaknya daeeah kalimantan deh.

Reply
avatar
Anonymous
admin
26 April 2015 at 13:40 ×

Kuyang ya. Pengalaman gue sama kuyang banyak banget. Katanya kuyang itu, kepala yg lepas dari badannya orang, dan bakal balik lagi pas sudah subuh. Serem sih, untung ga pernah liat!

Reply
avatar
Anisah FZ
admin
26 April 2015 at 15:06 ×

cerita kuyang juga rame banget disini. tapi katanya kuyang itu kan manusia, cuma gak sadarwaktu dia jadi kuyang(?)
iyasih itu ceritanya cuma mimpi. tapi tetep aja pas bangun ketemu yang nyata -_-

Reply
avatar
26 April 2015 at 17:01 ×

gue cuma baca sampe itu kuang ada di atas pala lu bang :"D *lambain tangan*

Reply
avatar
Deva Fredeva
admin
26 April 2015 at 19:50 ×

ASTAGFIRULLOH HAL AZIM! TANGGUNG JAWAB LO MAS TANGGUNG JAWAB!! GUE JADI GABISA TIDUR NIH NTAR MALEM ASTAGA .______.
Di tempat gue ada yang begituan juga sih, tapi namanya bukan kuyang, pokpok. Kalo mitos dari daerah setempat sih katanya itu bisa muncul pas mau maghrib, bagi mereka yang tidur jam segitu.

Reply
avatar
26 April 2015 at 20:28 ×

gue malah baru tau itu makhluk yg namanya kuyang bang .. gue pikir itu ibunya si sangkuriang .. kuyang sumbi .. hmmm
Kalo dijawa, mitosnya jangan keluar magrib .. ntar diculik wewe gombel .. dan katanya wewe gombel itu cantik lo .. hmm

Reply
avatar
26 April 2015 at 22:05 ×

Udah bagus si awal-awalnya, akhirnya aja yang kurang klimaks. "Cuman mimpi" coba di ganti jadi apa gitu biar lebih "memakan" pikiran pembaca.
pendapatku aja bro.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:23 ×

Iya, pernah difilmkan. Ada yang versi Indonesia ada juga yang barat. Gak ada lanjutannya. Itu udah end. =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:27 ×

+ 62 buat Wahyu. Yang tinggal di Indonesia.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:30 ×

Kamu mendadak datang bulan, Neng? @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:31 ×

Mestinya nggak sampe diseriusin, kali aja akhir ceritanya bakal lain. :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:32 ×

Iya, Mbak. Begitu. Lebih serem kalo nungguinnya pas lagi nulis/baca cerita ini.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:34 ×

Allah Maha Besar.

Biar ada gambaran aja, Kabeb. Ini aku bales komen gak berani nyecroll ke atas. :p

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:38 ×

Iya. Ditakut-takutin biar nggak nakal.

Gak cuma di kalimantan sih, ada juga daerah lain, tapi namanya beda. Pok-pok, palasik, wak-wak, leak, antu anton, poppo dan suwanggi.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:39 ×

Banyak pengalaman tapi nggak pernah liat. :p

Iya, manusia biasa yang nyari ilmu hitam. Kalo siang suka pake baju yang nutupin leher.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:45 ×

Iya. manusia. Kalo masalah sadar gak sadarnya itu nggak tau. Perlu dicoba keknya nuntut ilmu itu, lumayan buat nambah CV juga.

:(

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 02:52 ×

Padahal ceritanya gak serem. Lebih serem gambarnya.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 03:09 ×

Ta..Ta..Tang...gung.. Ja..wab...? Tapi kan... kita..nggak pernah... ....

Pok-pok berarti wilayah Manado/papua. Wuoh O_o kalo di sini gak boleh tidur pas maghrib karena entar jadi kosong/ngambang, bego lah istilah kasarnya.

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 03:11 ×

Kuyang Sumbi. :|

Yang aku heran yak, kenapa setiap informasi yang kutulis selalu kamu jawab dengan baru tahu?
Mau wewenya cantik kek, seksi kek, bodo amat, aku tetep gak mau ketemu.

Reply
avatar
turyono ari
admin
27 April 2015 at 05:21 ×

ceritanya bagus tapi endingnya udah mulai kebaca dari pertengahan karena aku menerka-nerka ini hanya mimpi, eh ternyata beneran. :p Walah aku aja masih belajar, tapi tak apa lah saling suport :D

Tapi kalau sampai beneran si tokoh di datengin kuyang , wah kasihan banget tuh gak ada warga yang datang. serem serem...

Reply
avatar
How Haw
admin
27 April 2015 at 05:35 ×

Hahaha... Iya, makanya dulu bikin cerita lain yang lebih ngetwist.
kalo cuma sampai mimpi, berarti separoh ketebak.

Reply
avatar
27 April 2015 at 08:07 ×

Kerasa gimana gitu haaaa, rada takut bacanya

Reply
avatar
devina putri
admin
27 April 2015 at 10:07 ×

iya nanti kalo baca mending baca endingnya dulu kali ya wkwkwkk :D

Reply
avatar
Muhae Man
admin
27 April 2015 at 10:24 ×

tadinya berharap ceritanya panjang, karena feelllllll nya berasa banget

Reply
avatar
27 April 2015 at 13:37 ×

kuyang?? kalau di daerahku sih gak ada mitos kayak gitu palingan yang heboh wewe gombel.hehe itupun gak pernah ada.itu fotonya serem banget.cerita horor ditambah fotonya yang serem,haduh makin takut nih mana cuaca lagi mendung lagi ^_^

Reply
avatar
27 April 2015 at 15:01 ×

Fiksingkat kali ini kuyang, bang. Kuyang banyak :)

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
27 April 2015 at 15:13 ×

Engg.. serem amat. Kirain mimpi, ternyata beneran ada si Kuyang.

Kalo di tempatku, Kuyang itu semacam istilah buat makian, Haw. Biasanya yang make anak kecil. "Kuyang ajal!"

Reply
avatar
27 April 2015 at 15:25 ×

Ceritanya bikin saya seneng. seneng banget baca adegan gore begini. saran, biar plot twist dalam plot twist, buat tokoh 'aku' dalam cerita ternyata raja dedemit. kuyang yang ganti disantap. nyam-nyam.

Reply
avatar
27 April 2015 at 15:36 ×

kayaknya kuyang kurang di ekspos gitu ya. lebih banyakan pocong sama kunti. gua kurang tau juga sama setan satu ini. liat penampakannya malah lucu. haha

btw, twistnya bagus. keren elu mah urusan ginian

Reply
avatar
27 April 2015 at 15:45 ×

iye emang, mangkanya gue lewat bang. -____-
tadinya, malem tadi gue mau bales ni komen, tapi inget tema postingan lu jadi urung gw. wkwk

Reply
avatar
Nova Wijaya
admin
27 April 2015 at 17:38 ×

Aku sering pulang petang loh :( ngeri ihhh rumahku lewat sawah2

Reply
avatar
27 April 2015 at 19:00 ×

ENDINGNYA GAK NYANGKA BANGEEEET! :'(

Reply
avatar
Kresnoadi DH
admin
27 April 2015 at 20:25 ×

Tanya dong tanya: Kuyang itu untuk sebutan makhluk itu di daerah mana ya?

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:32 ×

Hahaha...dikira postingan ini kuburan kali ah. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:38 ×

Bisa abang ngerasa takut gitu? Padahal tiap hari sepedaan sendiri bertualang keluar masuk jalanan sepi.

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:39 ×

Aku nggak pandai bikin cerita yang panjang, Kak.

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:40 ×

Iya, wewe gombel emang terkenal di mana-mana. Ceritanya gak serem sih, makanya ditambahi foto.

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:42 ×

Wah iya. Ide bagus tuh. Perseteruan di dunia gaib. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:45 ×

iya, Man. Dulu filmnya cuma satu di bioskop. LEAK. Trus di tipi ditayangnin sekali. Tapi pamornya tetep kalah ama hantu-hantu lain.

Lucu katanya. aneh. Lagu Lingsir Wengi yang lembut pengantar tidur dibilang seram, foto seram dibilang lucu.

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:47 ×

Kalo berangkat kerja, atau kuliah, rumahnya dibawa aja sekalian, kaNov. Biar gak perlu lewat di sawah-sawah lagi. atau perlu ditemenin?

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:48 ×

Kok? padahal yang lain bisa nebak dengan mudah loh. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
28 April 2015 at 02:49 ×

Kalimantan, Di. kalo Bali, Leak.

Reply
avatar
@nabiladung
admin
30 April 2015 at 11:54 ×

Ceritanya singkat, tapi menegangkan. Di daerahku nggak ada mitos tentang kuyang bang

Reply
avatar
How Haw
admin
1 May 2015 at 00:20 ×

Mesen aja ke daerah lain, pake JNE dua hari nyampe kok.

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
1 May 2015 at 08:41 ×

Kalian berdua sama-sama aneh, lingsir wengi sama foto itu sama-sama seram. SERAM!

Reply
avatar
1 May 2015 at 13:22 ×

ngahaha. di bali namanya leak kan ya ?

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
1 May 2015 at 20:23 ×

Hati-hati loh. Jangan sampek yang ada di foto jadi naksir kamu!

Reply
avatar
How Haw
admin
2 May 2015 at 03:55 ×

Kalo naksir aku, aku minta buat jagain Kabeb tiap malem. Tentunya harus nyapa, Kabeb dulu.

Reply
avatar
How Haw
admin
2 May 2015 at 03:56 ×

Iya. Leak. Waktu zaman esde sempet tenar di tipi dulu.

Reply
avatar
How Haw
admin
2 May 2015 at 03:59 ×

Masa'? Coba kalo disuruh milih, tengah malem mati lampu, mendingan denger lingsir wengi entah dari mana atau ngeliat penampakan?

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
8 May 2015 at 09:17 ×

Kok aku? Salah ku apa? Hiks. :'

Reply
avatar
How Haw
admin
9 May 2015 at 01:27 ×

Nggak ada yang salah, aku kan orangnya baik, jadi nyuruh ngejagain Kabeb~

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
13 May 2015 at 17:21 ×

Ah.. Kamu kok baek banget siiiih.. >,<

Reply
avatar
13 May 2015 at 20:15 ×

Ceritanya singkat, padat dan ngena banget alias aku jadi takut kalo tiba-tiba dia datang demgan sendirinya. Tapi kalo gak salah kuyang ini mitosnya orang kalimantan kan?

Banyak yg komen gambarnya nih, untung aku pake browser yg gak menampilkan gambar. Bilang aja lagi gk punya kuota

Reply
avatar
How Haw
admin
14 May 2015 at 01:50 ×

Iya, dong. Kalo nggak gitu, entar yang di foto itu gak dapet makan. :v

Reply
avatar
How Haw
admin
14 May 2015 at 01:51 ×

Iya, di kalimantan. dulu waktu kecil ampe termimpi-mimpi abis diceritain.

Padahal kata Arman itu gambarnya lucu loh.

Reply
avatar
14 May 2015 at 19:33 ×

baru kemarin baca-baca tentang kuyang, ngeri juga sih, duh itu fotonya beneran asli kuyang ?
katanya kalau usus si kuyang ini kesangkut di pohon dan kita nolongin dia, bakal di kasih duit banyak :|

Reply
avatar
How Haw
admin
19 May 2015 at 01:48 ×

Gak tahu, kak. dapet di yutup.
Wa wa wa.. yang itu aku belom pernah denger, mesti dicoba ini. *eee tapi gak jadi deh*

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
20 May 2015 at 09:15 ×

Astaghfirullah. -_-

Reply
avatar
How Haw
admin
21 May 2015 at 01:07 ×

Berbagi itu perbuatan mulya Kabeb. Termasuk berbagi usus sendiri. :-bd

Reply
avatar
Ara AnggARA
admin
21 May 2015 at 07:24 ×

serem gan, ceritanya menegangkan.
Apalagi ada tuh gambar yang makin nambah keseramannya.

Cocok dibaca pas malem nih ceritnya.

Reply
avatar
How Haw
admin
23 May 2015 at 02:30 ×

Syukur deh kalo seremnya kerasa. :D

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon