Flash Fiction: Tangkapan Ikan Untuk Ibu ~ Production Haws

Flash Fiction: Tangkapan Ikan Untuk Ibu

Setelah sebulan terakhir lukah (pukat) yang aku pasang tidak memberikan hasil, malam ini aku panen besar. Dengan senyum tersungging aku membayangkan wajah semringah ibu menyambut hasil hari ini. Kami tidak akan kelaparan dan bertengkar lagi. Terutama, aku tidak akan bertengkar dengan penduduk kampung yang ikannya aku curi.

Danau Gunung Tujuh tempat aku memasang lukah, kalau malam terkenal angker. Sudah beberapa hari ini sering ditemukan korban dengan bekas luka cakaran binatang.

“Makhluk jadi-jadian itu harus kita musnahkan!”

“Apa makhluk jadi-jadian ini juga merupakan pengikut Lbei Sakti?”

“Tidak mungkin, Lbei Sakti selalu menjaga kejernihan air danau untuk kita.”

“Jadi siapa makhluk itu? Dan apa tujuannya sampai mengambil jantung korban?”

Ah, itu penduduk sedang berkumpul di rumah pak RT, pasti malam ini ditemukan korban lagi. Tak mau peduli dengan urusan makhluk tersebut, aku langsung menuju larik (rumah).

“Anwar, ibu kamu War! Ibu kamu,” teriak tetanggaku.

“Kenapa dengan ibu?”

“Dia meninggal, tubuhnya terkoyak. Jantungnya pun tidak ada, sekarang sedang dikremasi penduduk di rumah pak RT.”

Aku bergegas ke rumah pak RT. Dalam perjalanan, semua ingatanku sore tadi tentang pertengkaranku dengan ibu karena tidak ada makanan, kembali membayang.

“Aku belum minta maaf. Ibu....”

Bruukkk...
Aku tersandung lalu terjatuh. Sama seperti saat aku berlari meninggalkan ibu di larik saat menuju danau. Saat aku bangkit, muncul di depanku pria tua dengan jubah hitamnya. Iya, pria yang sama, yang aku temui di danau, yang memberitahukan cara menangkap banyak ikan.

“Anwar, kalo kamu memang mau dapat ikan yang banyak, aku akan menghilangkan kesadaranmu dan memberimu kekuatan. Sekarang, ambillah jantung orang yang kau ajak bertengkar terakhir kali sebagai umpan lukah!”


“Diikutsertakan dalam Flash Fiction Pipet. Setting tempat: Kerinci”

hawadis howhaw

Previous
Next Post »

54 comments

Click here for comments
24 May 2014 at 08:35 ×

Jadi, itu yang ambil jantung Ibunya, Anwar? :o

Reply
avatar
24 May 2014 at 08:58 ×

weseh cerpennya mantap, kurang panjang nih bang:))

Reply
avatar
inndah furi
admin
24 May 2014 at 09:21 ×

aku ga jadi sarapan abis baca ini bang Haw .. :O

Reply
avatar
24 May 2014 at 11:28 ×

ikut menyimak.. btw desain blognya keren deh sumfeh :D

Reply
avatar
24 May 2014 at 15:39 ×

Sadis banget sampe nyuruh ambil jantung..

Reply
avatar
24 May 2014 at 18:54 ×

Wuah, keren banget ceritanya :v

Reply
avatar
24 May 2014 at 18:54 ×

gile. nggak nyangka gua ternyata endingnya gitu. parah amat ya. mungkin karena di alam bawah sadar. keren haw

Reply
avatar
wery febri
admin
24 May 2014 at 21:49 ×

Doh hai ikan nya makan jantung

Reply
avatar
Tutia Rahmi
admin
25 May 2014 at 06:43 ×

bener bener flash yg memukau *prok prok*

Reply
avatar
Ali Arsa
admin
25 May 2014 at 08:49 ×

jadi ikannya yang nantinya makan jantung-jantung para korbannya ? *mata berbeling-beling

Reply
avatar
Anonymous
admin
25 May 2014 at 08:58 ×

Ternyata angkernya gitu, dibuat gak sadar biar ambil jantung orang....

Reply
avatar
25 May 2014 at 17:15 ×

kereen banget, merinding gue bang.
good luck ya buat lomba nulis flashfictionnya. semoga menag :)

Reply
avatar
26 May 2014 at 07:49 ×

Ceritanya keren banget bang

Reply
avatar
26 May 2014 at 21:17 ×

Untuk lomba, ya? Good luck, ya :)

Reply
avatar
27 May 2014 at 17:25 ×

Ahhh gila, parah banget jantung ibunya sendiri :O

Reply
avatar
rifqi akram
admin
27 May 2014 at 20:24 ×

Wuih, bener-bener flashfiction!. Keren-keren!. Ceritanya gampang diserap dan penuh makna!.

Sukses GAnya Haw!

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:03 ×

iya kayaknya :D

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:04 ×

Namanya juga flash fiksi... kalo panjang entar jadi CerPan :p

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:05 ×

ga usah sarapan aja, kemarin-kemarin kan udah sarapan... :p

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:07 ×

Kirain nyimak tulisan, nyimak tampilan toh... :p Terima kasih \:D/ moga lain kali yang orangnya yg keren... *ngarep*

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:08 ×

nice comment \:D/

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:10 ×

Biasa ah, romantisme zaman dulu kan tentang mutilasi...kayak "kalo ga percaya, belah dada abang", atau " Coba kau lihat isi jantung abang, pasti terukir namamu".. yg kayak gitu... jadi cerita ini romantis sebenernya :p

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:10 ×

Kmau juga keren mbak Yov... \:D/

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:12 ×

Misteri memang selalu diiringi hal yg tak terduga... ga tau juga sih, ngambil jantung orang itu keren apa enggak... :p

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:12 ×

Daripada makan uang rakyat....

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:14 ×

*Itu mata apa kuda lumping?*

...dan ikan-ikannya dimakan oleh penduduk yg lain.

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:15 ×

hati-hati... sekarang jg banyak yg begitu, diam-diam jantung kita diambil... kemudian dicampakkan... PHP doang *tentang apa ini*

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:16 ×

jangan diliat biar ga merinding.... :p

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:16 ×

komentar kamu ga kalah kerennya

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:16 ×

Iya, terima kasih

Reply
avatar
How Haw
admin
28 May 2014 at 07:17 ×

Kalo ngambil jantung kamu, entar dikira modus :p

Reply
avatar
29 May 2014 at 21:31 ×

Misi bang mau kasih tau kalo ada award buat kamu liat di blog saya atau disini
http://www.andherlyanrw.com/2014/05/the-liebster-award.html jangan dihapus yaaa

Reply
avatar
Gustian R
admin
31 May 2014 at 09:44 ×

sukses kompetisinya bro. wah udah banyak ternyata yg ngasih Award.. ini aku juga mau ngasih tau kalau kamu dapet award dari aku... --> http://bloggustian.blogspot.com/2014/05/the-liebster-award.html :)

Reply
avatar
1 June 2014 at 10:10 ×

Gue aja yang gak peka kali ya.

Reply
avatar
1 June 2014 at 21:40 ×

Jadi, yang ambil jantungnya ibunya sendiri itu anwar sendiri? :O

Reply
avatar
Devananda Kz
admin
2 June 2014 at 09:08 ×

Buset, sadis beudh. Tapi oke lah, ceritanya padat singkat dan jelas :D Sukses GAya brooh :D

Reply
avatar
Iqbal Fauzan
admin
5 June 2014 at 17:46 ×

Baru baca. Lumyan buat merinding :(

Reply
avatar
6 June 2014 at 10:25 ×

haha.cerpan. ada-ada aja.

Reply
avatar
6 June 2014 at 10:29 ×

penyesalan selalu datang terlambat. kita mendapatkan banyak hal positif dari cerita ini.
Goodlauck ya..

Reply
avatar
6 June 2014 at 13:10 ×

bang ada Awardnih dari gua, terima yaa terima *nodong golok* http://syarifatuladibah.blogspot.com/2014/06/liebster-award.html

Reply
avatar
6 June 2014 at 19:33 ×

Beuh, kata-kata tubuh terkoyak buat gw mau muntah, hahaha.. Kebiasaan nih gara-gara menghayati tulisan suka gini gw,, :D

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:05 ×

Iya, terima kasih Qi... sukses juga naskahnya ya... \:D/

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:06 ×

widiw... terima kasih... ga diapus kok... pemberian itu kan banyak mengandung arti... #apasih

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:07 ×

Iya, terima kasih bang Cadel.
widiw... award lagi... :)

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:07 ×

Iya, demi memberikan ikan pada ibunya... #anehkan

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:08 ×

Semoga berkenan :D

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:09 ×

wiw...selamat menikmati kemerindingan, #kayaknya

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:09 ×

terima kasih pak guru.
semoga bisa memberi arti... terserah deh dalam artian apaan. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:10 ×

Aduh... award lagi, terima kasih Ipeh, entar bakal dijawab kok, tapi kalo ga sesuai harepan, ya mohon mangap :p

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2014 at 00:11 ×

dan cara mas Feby menghayati seperti itulah yang gue ingin dapetin.... biar gue bisa dapet feelnya di tiap tulisan \:D/

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon