Howhaw #203: Ketika Sesuatunya Habis, Selalu Dikasih Air

Assalamu’alaikum…

Walo sudah memasuki zaman modern yang semuanya serba teknologi dan kecanggihan, di keseharian tetap akan ditemui hal-hal yang berbau mitos. Misalnya perempuan yang malas nyapu dan bersih-bersih dikatakan akan mendapatkan suami yang berewokan. Atau anak nomor satu dilarang menikah ama anak nomor tiga, karena nanti mertua perempuannya bisa tiba-tiba meninggal. Atau perumahan dan gedung-gedung nggak boleh menggunakan angka empat agar terhindar dari kesialan atau bencana. Atau kalo lagi sakit perut dianjurkan menggenggam batu.

habis

Mitos tersebut masih saja bisa kita dengar dalam keseharian. Bahkan masih dituturkan dan diajarkan oleh beberapa orang tua kepada anak-anaknya. Bagi para manusia modern, mitos itu dianggap omong kosong belaka. Nggak ada latar belakang jelas yang masuk akal. Padahal, untuk menciptakan sesuatu yang dianggap sebagai mitos tersebut diperlukan penelitian atau identifikasi atas fenomena yang berulang-ulang.


Dalam bahasa Jawa biasanya disebut niteni. Memperhatikan atau mengamati. Jadi yang dianggap mitos itu nggak hanya sekadar asal ngomong aja. Seperti melihat awan mendung, dulu orang yang pertama kali melihat mendung pasti kaget. Apa yang sedang terjadi dengan buminya? Kenapa tiba-tiba gelap dan ada suara bergemuruh? Karena awalnya mereka tidak tahu apa itu mendung. Namun, lama-lama setelah memperhatikan mendung yang datangnya berulang-ulang, mereka bisa menyimpulkan bahwa mendung itu merupakan pertanda akan turun hujan.

Sama kayak anggapan bahwa anak yang memiliki pusar kepalanya dua adalah anak yang nakal. Kita bisa setuju dengan itu karena keseringan saat ketemu anak yang nakal dan dicek kepalanya ada tanda yang sama. Sehingga setelah melihat fenomena itu berulang kali, kita bisa sepakat dalam menyimpulkan bahwa anak yang memiliki pusar kepala dua memang anak yang nakal.


habis
Artinya apa? Kita tidak bisa asal menuduh bahwa mitos itu adalah omong kosong. Karena untuk memperoleh kesimpulan yang tertuang dalam hal yang disebut mitos itu diperlukan pengamatan terus-menerus dan berulang-ulang. Berdasarkan cara pengamatan yang sama, ternyata dalam keseharian terdapat suatu fenomena yang unik. Bahwa setiap hal yang habis akan dikasih atau diberi air. Entah itu akan pantas atau tidak dituangkan dalam hal mitos, tapi kita bisa mengamati fenomena tersebut sering terjadi secara berulang.

Pagi-pagi belum bangun, padahal waktu tidur sudah habis, ama emak dikasih air
Itu pengalaman indah jika dikenang sih. Namun, kalo lagi dirasain saat itu juga ya bakal sebel sih. Semaleman nggak bisa tidur push rank. Udahlah dapat tim yang AFK, sebagian yang masih main malah nge-feeder dan bacot terus. Lose streak 7 kali. Tidur jadi nggak nyenyak. Tahu-tahu sudah pagi aja. Diteriakin emak, nggak bangun. Langsung deh dikasih air seember. Basah sekasur-kasurnya. Jadi, kalo waktu tidur sudah habis, kita dikasih air. Bukan hanya perkara belum bangun, tapi pas sudah bangun pun kita disuruh minum air. Biar pencernaan sehat kata dokter. Padahal mah karena emang waktu tidur sudah habis.


habis

Sebangun tidur dan selesai ngerapihin tempat tidur di pagi hari, kita biasanya bergegas mandi. Kepala gatel karena kutu dan ketombe. Mau sampoan, eh samponya habis. Apa yang kita lakukan?

Botol sampo yang habis itu kita kasih air
Iya, kan? Biar bisa dapetin busanya lagi dan bisa sampoan. Sehingga gatal di kepala bisa berkurang karena efek sampo. Gatal yang lain aja yang nggak berkurang. Kudu digrebek istrinya gebetan dulu baru ilang. Setelah sampoan, eh malah sakit perut. Syukurnya lagi di kamar mandi yang ada klosetnya. 


habis

Kalo lagi di jalan, kan repot kudu nyari batu buat digenggam. Yaudah, langsung aja boker dengan santai. Keluarkan semua unek-unek di perut. Bokernya habis, apa yang harus dilakukan? Dikasih air lah. Kalo nggak dikasih air, nggak disiram, orang yang mau nyinyirin Dilan bisa hilang fokus.

Lagi ikutan nyinyir ama Dilan yang bilang rindu itu berat, eh mules. Pas masuk kamar mandi, ada sesuatu yang nggak dikasih air setelahnya.

“Dilan, rindu itu nggak berat, yang berat itu.. … …tadi siapa woiii? Kagak disiram.”

Begitu pun sehabis makan, pasti dikasih atau diberi air
Minum. Kalo sehabis makan tapi nggak dikasih air, bakal serek, Bray. Makanya dalam tiap memesan makanan di warung atau di restoran, ditanyain juga mau minum apa. Tapi, gimana kalo uangnya yang habis? Ya namanya habis, bakal dikasih air. Nggak punya uang mesen air minum yang mahal-mahal, ya bakal diberi air putih doang.


habis

Setelah seharian di luar dan nyampe rumah dengan keadaan capek dan keringetan, baju yang habis dipake bakal diapain entar? Biasanya sih dikasih air ama deterjen. Buat dicuci. Ya, namanya juga habis, pasti setelahnya dikasih air lah.

Sebagaimana juga sehabis main bola atau olahraga lainnya
Tentunya sudah sering terlihat kan para pemainnya dikasih air setelah pertandingan habis. Airnya dipakai untuk minum atau menyiram mukanya yang letih. Karena masa iya saat pertandingannya habis, malah dikasih warga yang kurang mampu. Apaan… …

Jadi sudah jelas kan bahwa apa-apa kalo sudah habis akan dikasih air. Tak terkecuali saat nyawa telah habis di dunia ini. Tetap akan dikasih air. Karena dalam rukun mengurus mayat itu salah satunya adalah dimandikan. Dan dimandikan itu tentunya dengan cara menyiramnya dengan air. Bahkan saya dan teman-teman ngaji pernah disiram air ama pak ustaz saat kesabarannya sudah habis dalam mengajar kami. :(


habis

Begitu pun tentang perasaan…
Sikapnya selalu membuat sakit. Tiap hari bertengkar. Saat berbicara dan bantah-bantahan, dia berbicara dengan keras dan mencari kesalahan. Sudah tak ada lagi manja dan perhatian. Sadarlah, kemungkinan besar saat itu perasaan cintanya telah habis. Karena yang selalu dia beri adalah air...


…mata.





Sumber gambar:
1) http://berawancom.blogspot.co.id/2014/10/kalo-nyapu-yang-bersih-biar-suaminya.html
2) https://me.me/i/pusar-kepalanya-dua-pastinanti-gedenya-nakal-mitos-atau-fakta-11123616
3) http://showbiz.liputan6.com/read/2450102/asyik-tidur-audi-marissa-diguyur-air-oleh-chelsea-olivia
4) http://pelajar.me/11-tips-hemat-super-ekstrim-ala-anak-kost-yang-akan-selamatkan-dompetmu/
5) http://www.kabarmaya.co.id/28788/stop-kebiasaan-minum-air-putih-setelah-makan-ini-bahayanya/
6) http://sehatanalami.blogspot.co.id/2016/10/subhanallah-sungguh-mengharukan-kisah.html
Previous
Next Post »

38 comments

Click here for comments
8 February 2018 at 05:08 ×

Sepertinya ada yang kurang dengan tulusan Hawadis kali ini. Kurang apa ya? Saya kok merasa tulisan ini beda dari tulisan yang pernah saya baca sebelumnya. Apa saya yang salah ya? Maaf nih mas Haw.

Tapi tetep asyik kok. Lucunya iya. Pesannya juga iya.

Reply
avatar
N Firmansyah
admin
8 February 2018 at 07:27 ×

Habis baca endingnya jadi lupa mau komen apa....

Reply
avatar
Adityar
admin
8 February 2018 at 08:01 ×

Endingnya...

Eh kemarin nenek temenku kan berangkat umroh, bisa ditebak barang-barang yang dia bawa: pakaian, makanan, dan batu tiga biji buat jaga-jaga kalau dia mulas...
*true story*

Reply
avatar
8 February 2018 at 08:43 ×

Haw brengsek betuuuuuuuul. Biasanya endingnya mesum gitu eh taunya.... Ini karena kemesumanmu udah habis ya makanya kamu ngasih air ke para pembaca khususnya pembaca yang melankolis kayak aku? :(

Reply
avatar
8 February 2018 at 09:57 ×

Baru mulai mampir lagi ksini (oke, ini kalimat pembuka klise yang sama yg sya tulis ke 3 blog yg udah di bw)

Mas Haw...Sya merasa ikut bersedih, sya bisa ngrasain gmana sedih habis push rank, kalah 7 streak, temnan sma noob yg banyak bacot dan bgadang smpe subuh tpi gak dibangunin emak, soalnya emak lagi dikampung. Jauh soalnya klo mau nyiremin.

Sya juga stuju, jenazah yg abis nyawanya juga butuh dsiram. Berat yg terkulai tak berdaya juga harus disiram, dan endingnya...

Reply
avatar
8 February 2018 at 10:48 ×

ENDINGNYA WOOYY BHANG HAW. KAGAK NAHAN HUUUHUU:'(
Palagi pas bayangin disiram sama pak ustads karena kepayahan ngajarin nak muridnya. :'(
:'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'(

Reply
avatar
Lulu Andhita
admin
8 February 2018 at 11:18 ×

Eumm.. Kata2ku untuk berkomentar telah habis kayaknya. Aku kasih air putih atau air keran aja mau gak, Bang Haw??!

Reply
avatar
8 February 2018 at 16:30 ×

Duh, kok endingnya jadi nyesek gitu? Ha ha ha.

Terlalu banyak mitos, sih. Zaman dulu memang gitu, orang tua sering buat-buat mitos, tapi biasanya cuma buat nakut-nakutin aja, kok... kecuali itu yang terakhir tentang perasaan. :p

Reply
avatar
8 February 2018 at 18:28 ×

Shampoo, odol juga begitu kalo habis dikasih air, mobil mogok juga dikasih air atau bensin atau oli, kalo habis bercinta dikasih air juga bang, mandi junub.

Tapi saya belom pernah merasakan bercinta, baru katanya doang. Dan baca di buku fiqih. Wallahualam bishawab.

Reply
avatar
8 February 2018 at 21:09 ×

Mesum-mesum ngeselinnya padahal saya nantikan di akhir lho, Haw. Malah sedih. :( Kalau ketahanannya dalam bercinta sudah habis, biasanya juga dikasih air. Air yang menyemprot lengket~

Wqwq. Beraaq. Komentar apaan barusan~

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 01:50 ×

ahahaha,... ngapain minta maaf, dah? kalo dirasa ada yg kurang, mungkin benar. karena kalo dibandingin ama tulisan2 sebelumnya, saya emang gak begitu memikirkan untuk mirip sih. paling pola sub judulnya aja yg tetep.

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:11 ×

Makan coto aja bang, saya ngidam coto makassar sumpah...

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:14 ×

beneran? bukannya batu itu buat lempar jumrah yak? xD

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:22 ×

ahahaha... bisa bisaaaaaaa... :-bd

sebenerya ada sih Cha, mesum2nya, tapi udah diapus, tobat dulu. kebayanglah kan kalo udah abis gituan bakal dikasi air diakhir dan mandi wajib. tapi ya biar disimpulin sendiri aja. lagi pengin melow... xD

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:25 ×

ahahaha.. memang menyakitkan kalo 7 kali lose streak. apalagi di antaranya ada yg bisa udha pasti menang eh temen malah afk. keselnya belipet. kalo di kmapung bakal disirem kagak Rey? dulu sih waktu ESDE sering, pas gede udh nggak. xD

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:28 ×

wa wa waaaa... Banguuuuuullll... lama kagak liat berseliweraaaannnn.. saya jarang bw blog juga sih ya.. xD

lah kenapa endingnya, biasa aja kan~
itu beneran kejadian sih, almarhum ustaz saya itu kalo ngajinya pas subuh suka marah2, beda ama waktu ngaji pas magrib, karena dikasitau murid2nya tetep gak tau, abis dah disirem2in. sekalian mandi pagi.

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:29 ×

air zam..zu zi zam aku padamu aja, lu. biar jaran goyang...

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:31 ×

Begitulah cinta, penderitaannya tiada akhir..

ada mitos yg belom dimengerti dan susah diterima logika dan dianggap omong kosong. namun kalo ditelusuri asal muasal aslinya (sebelum dimodifikasi ama generasi penerus) tujuan mitos itu bagus kok.

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:32 ×

ahahaha.. iya bener bener sep... :-bd

mungkin udh merasakan di dunia mimpi~ coba diinget2 lagi~

Reply
avatar
Hawadis
admin
9 February 2018 at 02:52 ×

ahahhaa.. itu ada saya masukin sebelumnya, Yog, tapi saya hapus... xD
tobat dulu jadi perusak generasi muda. entar lanjut ngerusak lagi~

Reply
avatar
Adityar
admin
9 February 2018 at 15:01 ×

Nah itu dia ntar ketuker kan berabe -__-

Reply
avatar
10 February 2018 at 08:04 ×

Lah, ternyata perbedaan waktu magrib bisa mempengaruhi suasana mood pak ustad juga yaa hhahahaha yawlaa

Aku masih berseliweran, tapi tidak kasat mata bhang. Masih sering baca bacain, tapi ga komen hahahaha.
Mari kita ramaikan dunia perbloggeran lagi!

Reply
avatar
Kang Nata
admin
10 February 2018 at 12:00 ×

selain kata orang anak yang memiliki 2 pusar itu nakal, juga anak yang memiliki 2 pusar berbakat menjadi tukang peliharan Ayam. Mitos atau fakta entalah mungkin kebetulan saja. :)

Reply
avatar
10 February 2018 at 14:56 ×

salam kenal mas. baru pertama kali berkunjung di blog :)

Reply
avatar
Andi Nugraha
admin
11 February 2018 at 04:14 ×

Lagi-lagi endingnya... he
Tapi setelah baca, malah fokus ke komen batu ini :D

Haha..jadi kepikiran waktu lari pagi dulu, dan ada teman yang kebelet, yang dilakukan pertama kali bukan cari kamar mandi, tapi cari batu..haha

#TrueStory :D

Reply
avatar
Hawadis
admin
13 February 2018 at 11:58 ×

Ahahaha... kalo ketuker ya gak apa sih... sama2 batu juga. :D

Walo banyak yg menentang karna gak masuk akal, tapi tetep aja banyak yg lakuin karna bagi mereka malah berhasil. Ini fenomena~

Reply
avatar
Hawadis
admin
13 February 2018 at 12:02 ×

Mungkin karena klo subuh2 masih ngantik, jadi emosi gak stabil.

Iya, karena aku jg jarang bw akhir2 ini, jadi gapernah liat lagi. Di twitter juga kamu udh jarang kan Ul...

Reply
avatar
Hawadis
admin
13 February 2018 at 12:04 ×

Ajahahahaha... aku baru tau yg itu. Berarti klo mau dagang ayam idup, kidi nyari temen yg puser kepalanya dua. xD

Reply
avatar
Hawadis
admin
13 February 2018 at 12:04 ×

Iyaaaaa... salam kenal jugaaaa.. :D

Reply
avatar
15 February 2018 at 08:28 ×

Kenapa kalau loading komen sendiri lama bgt ya? Jd komen disini hiks. Padahal pengen curhat juga kalau gue orang yang suka ngasih air ke yang udah abis kaya shampo, odol, sabu, dan mantan. air mata Hiks

Reply
avatar
Wisnu Tri
admin
15 February 2018 at 16:28 ×

Ini habis dapet mata kuliah agama islam sepertinya, makanya endingnya bertemu dengan yang berbau-bau mayat & mengurus jenazah :D

Itu plesetan berat jadi ber@k, hmmmmm lumayan lah...bikin ngikik. Hahaha

Reply
avatar
Amy
admin
16 February 2018 at 07:33 ×

Kalo airnya yang habis terus gimana? :(

Reply
avatar
Hawadis
admin
19 February 2018 at 05:07 ×

Iya maaf, Yunai. Emang kadang eror blognya buat komen. Kudu di jaringan cepet baru lancar. udha dicoba utak atik tapi maish belum ngerti salahnya di mana. :(

sahmponya dikasi air mata?

Reply
avatar
Hawadis
admin
19 February 2018 at 05:08 ×

Ahahaha... soalnya sama-sama dikaish aer.

syukur nangkep.. kadang miss.. xD

Reply
avatar
Hawadis
admin
19 February 2018 at 05:10 ×

berdoa, agar penderitaan kekeringan tersebut tidak diperpanjang, sehingga dikais air.. xD

Reply
avatar
24 February 2018 at 09:48 ×

Mbak Sitti mau nomornya Mas Haw? Sini saya bisikkin.

Reply
avatar
24 February 2018 at 09:52 ×

Salam kenal juga mbak liya :*

Reply
avatar
24 February 2018 at 10:00 ×

Saat daya tampung uretra penuh, juga harus diairkan keluar. Jadilah pipis.

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon