Tips Berbelanja Online Agar Hematnya Dilipatgandakan Saat Ramadan ~ Production Haws

Tips Berbelanja Online Agar Hematnya Dilipatgandakan Saat Ramadan


Assalamu’alaikum…

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, bulan yang kalo kata ustaz saya merupakan bulan yang utama. Apa-apa dilipatgandakan. Maksudnya, dalam bulan tersebut, kegiatan yang kita lakukan akan bernilai lebih besar dibanding bulan-bulan lainnya. Tidur di siang hari, yang kalo di bulan-bulan lainnya dinilai “malas”, ketika Ramadan akan bernilai ibadah. Seolah dikasi bonus ekstra walo hanya diem doang.

tokopedia

Lalu bagaimana dengan perbuatan tidak baik? Dapat ekstra juga. Bonus berupa tambahan kalimat sindiran “puasa-puasa masih saja nggak bener” di luar tampolan, cacian dan amukan yang sudah default. Berbicara tentang ekstra, di sekolah kita diperkenalkan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan bonus di luar kegiatan akademik.


Hal unik dalam menjalani kegiatan ekstra adalah saat menjalani/selesai mengikuti kegiatan tersebut, kita akan mendapatkan kesenangan. Pernah dulu saya kesel harus ikutan pramuka yang jadi kegiatan ekstra di sekolah. Sepulangnya kok, ya, jadi ketawa-ketawa. Pas ikutan kegiatan pesantren kilat pun demikian, awalnya saya merasa ogah-ogahan, tapi pas mulai kegiatannya kok ya seru. Ampe berhari-hari jadi perbincangan kelas setelah acaranya selesai.

Ketika dihadapkan dengan bulan Ramadan, ada satu hal lagi yang terpikirkan, lebaran berarti sudah makin dekat. Kalo sudah menyinggung lebaran, tak akan lepas dari belanja-belanja. Biar seru dan menggembirakan, tentu belanjanya ketika bulan Ramadan, soalnya pernah saya belanjanya tiga hari seabis Ramadan, nggak ada seru-serunya. Nggak ada bahagia-bahagianya. Nggak ada rame-ramenya juga.

Namun, yang namanya belanja, terlebih belanja menjelang hari raya, kita akan dihadapkan dengan pemborosan dan capek berdesak-desakkan. Bagi yang badannya kuat hantam kiri kanan sih nggak masalah, bagaimana dengan yang kecil dan nggak sempet ke pusat perbelanjaan? Syukurnya teknologi sudah maju. Belanja sekarang bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Pas lagi tiduran, kek, lagi toilet, kek, bahkan pernah saya lihat orang belanja online ketika dia lagi belanja di pusat perbelanjaan.

Karena dalam belanja online ada biaya tambahan untuk pengiriman, kita harus pandai-pandai dalam melihat peluang. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisa menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Pilih marketplace yang sudah teruji dan terpercaya dalam pelayanan dan memberi jaminan pada konsumennya
Saya sudah melakukan beberapa transaksi online di beberapa marketplace dan kebanyakan sudah mencoba memberikan yang terbaik untuk konsumen. Setelah melakukan transaksi di Tokopedia, dalam pembelian pulsa, pakaian dan aksesoris, tak pernah ada permasalahan yang saya alami. Malah sangat puas karena ketepatan dan kecepatan pengiriman. Untuk itu, Tokopedia sangatlah cocok jadi pilihan pertama jika mau berbelanja online di Ramadan kali ini.

Hmmm…

tokopedia

Bandingkan harga setiap toko online
Karena memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita mudah untuk membandingkan harga berbagai produk yang kita butuhkan. Tinggal ketik di kolom pencarian, dan barang yang kita inginkan akan muncul di beberapa toko online yang tergabung di Tokopedia. Lalu pilih toko mana yang memberikan harga yang sesuai dengan perkiraan kita. Jika tetap bingung mau berbelanja di toko online yang mana karena hal jaminan, kita bisa lihat rating dan testimoni yang diberikan konsumen sebelumnya. Makin besar ratingnya, makin terpercaya.

Hmmm…

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Dalam menyikapi Ramadan Ekstra, bukan berarti kita harus memilih barang yang hanya mewah dan membuat pengeluaran ekstra, bukan. Berdasarkan penjelasan ustaz, dikatakan bahwa boros itu sifatnya setan, terlebih saat bulan Ramadan, masa iya mau boros dengan beli barang luar negeri? Meski berlabel buatan lokal, tapi soal kualitas tak kalah dengan barang impor. Jadi dengan berbelanja di Tokopedia, kita bisa lebih hemat sambil terus menahan diri tetap dalam jalan ibadah dengan memilih produk lokal yang berkualitas.

Hmmm…

Cari toko online terdekat
Berbelanja online berarti barangnya akan diantarkan ke alamat yang kita berikan, yang artinya ada biaya tambahan di luar harga produk. Karena dalam jasa pengiriman biaya dipengaruhi jarak, secara logika dengan memilih toko online terdekat, pastinya akan lebih menghemat pengeluaran.
Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Hmmm…

Pilih cara pembayaran yang tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Hmmm…

Pilih metode pengiriman paling efisien
Ada berbagai jasa pengiriman yang bisa kita pilih di Tokopedia. Mulai dari kurir instan, konvensional dan bahkan transportasi online. Pilih saja yang harga kirimnya termurah biar hemat. Namun, yang perlu diingat, hemat itu tidak hanya tentang biaya, ada juga tentang waktu. Nggak enak soalnya kalo kelamaan menunggu, yekan~

Hmmm…

Manfaatkan promo dan diskon
Nah ini yang paling penting kalo ngomongin cara berhemat. Belanja lebih banyaklah ketika ada promo atau diskon. Maksudnya, barang yang didapatkan lebih banyak dibanding dengan hari biasa dengan jumlah pengeluaran yang sama. Tokopedia sering sekali memberikan promo dan diskon, terlebih jika ada hari-hari perayaan tertentu, jadi mari sering-sering memantau melalui aplikasi atau website-nya langsung.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Sehingga akan membuat pengalaman berbelanja online di Tokopedia pada Ramadan kali ini menjadi lebih spesial.

tokopedia

Sebagai konsumen yang sering melihat dan dapat diskon dan promo ketika hari biasa, nggak mungkin rasanya kalo Tokopedia hanya memberikan diskon biasa dengan hari biasa dalam Ramadan Ekstra kali ini. Ekstra itu akan memberikan kebahagian ketika menjalaninya, kalo sama aja kayak hari biasa, kayaknya kurang bahagia deh. Kalo dalam hari biasa itu ada promo dan diskon, maka dalam Ramadan harusnya promo dan diskon tersebut dilipatgandakan.

Hmmm…


Sumber gambar:
1) http://www.masjidalfurqon.net/ramadhan-tiba/
2) https://www.tokopedia.com/ramadan/
3) https://www.telunjuk.com/promo/tokopedia-24/tokopedia-ramadan-ekstra-3464
Previous
Next Post »

11 comments

Click here for comments
Kanianingsih
admin
9 May 2018 at 12:39 ×

Ramadan banyak godaan nih termasuk yg ini :D

Reply
avatar
Rifqi Banyol
admin
9 May 2018 at 15:03 ×

Ini nih yg kadang bikin khilaf pas Ramadan. Hehe...

Reply
avatar
salaminzaghi
admin
10 May 2018 at 13:19 ×

apalagi seminggu terakhir ramadhan tuh, diskonnya gila2aaaan

Reply
avatar
11 May 2018 at 12:50 ×

Lama-lama saya mikir kalau tidur dapat pahala ini malah jadi alasan untuk males-malesan. Wqwq. :)) Tapi ya gimana, leyeh-leyeh memang nikmat, sih~

Atau barangnya dilipatgandakan juga gitu, ya. Beli satu gratis satu :3

Reply
avatar
13 May 2018 at 23:17 ×

Lu kata toped kantong doraemon, Yogs :v

Reply
avatar
13 May 2018 at 23:18 ×

Haw, tapi seringkali, momen diskonan selalu bertepatan dengan momen belum gajian. Kalau begini, bagaimana solusinya, Haw?

Reply
avatar
Hawadis
admin
16 May 2018 at 03:27 ×

Kalo saya dan sobat misqin lainnya jelas bakal kegoda~ :D

Reply
avatar
Hawadis
admin
16 May 2018 at 03:33 ×

Belinya pas udah berbuka, Nyol, aman walo khilaf. taudha apaan hubungannya.

Reply
avatar
Hawadis
admin
16 May 2018 at 03:34 ×

kalo di mall ampe ada konsumen yang nyundul pembeli di depannya.

Reply
avatar
Hawadis
admin
16 May 2018 at 03:36 ×

Nggak apa, Yog, mau dijadiin alesan juga. ibadah itu kan maisng2, yang penting udah diingetin~

barang yg dibeli dibungkus pake kotak yang dalamnya pake alas kertas kayak cermin, jadi barangnya terlihat dobel, May.

Reply
avatar
Hawadis
admin
16 May 2018 at 03:37 ×

justru karena itu, makanya didiskon, kalo udah gajian mah ngapain diskon, beli yg mahal juga ayuk...

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon