Howhaw #144: [Fiksingkat] Harinya Ayah ~ Production Haws

Howhaw #144: [Fiksingkat] Harinya Ayah

Kuletakkan perlahan kue ulang tahun ayah di atas meja dapur. Hari ini aku bermaksud menjadikannya sebuah kejutan. Sudah lima tahun ayah dan ibuku bercerai dan setelah perceraian tersebut, aku belum pernah sekalipun memberinya hadiah ulang tahun tepat pada waktunya. Biasanya, aku menemui ayah dan memberinya hadiah satu hari setelah tanggal ulang tahunnya. Anjuran ibuku.

“Kan nggak ada bedanya mau diberikan kemarin atau sekarang,” begitu ucap ibuku.

Meskipun telah bercerai, hubungan ayah dan ibu tetap harmonis. Tak terlihat ada kebencian dan aura pertengkaran saat mereka bertemu. Makanya aku menyimpulkan, sebenarnya mereka mau rujukan.

“Ini sudah jadi keputusan ibu dan ayah. Apa pun yang terjadi, ibu dan ayah tidak mau rujuk. Ini buat kebaikan kita bersama,” begitu jawab ibu saat kupinta untuk rujukan.

Pagi hari di hari ulang tahunnya, ayah biasanya akan menemui orang yang dipanggilnya ‘guru’ untuk sekadar merayakan selamatan kecil-kecilan. Menjelang pukul dua siang, dia biasanya sudah pulang. Berarti sebentar lagi. Saat merapikan kembali kue ulang tahun yang kusiapkan, telepon genggamku berdering. Telepon dari ibuku.

“Sebenarnya kenapa sih ibu dan ayah bercerai? Juga kenapa kalau mau memberikan hadiah ulang tahun buat ayah, mesti sehari setelahnya? Ceritain dong, Bu! Yana kan udah gede sekarang,” ucapku setelah beberapa obrolan tentang makan apa siang tadi.

“Ayahmu itu sebenarnya baik. Sangat baik malah. Tapi kalo sudah tiba hari ulang tahunnya, terutama setelah selamatan ama gurunya, dia mendadak aneh. Seperti orang kesurupan. Dia seperti tidak mengenali kita lagi...”

Saat ibu bercerita tentang ayah, terdengar suara mobil. Ayah sudah pulang. Aku sigap untuk mengangkat kue yang kusiapkan, sambil mendengarkan cerita ibu.

“...Puncaknya, sepanjang hari di hari ulang tahunnya...”

Ayah sedang membuka pintu depan. Aku berdiri di tengah ruangan untuk menyambutnya.

“...dia selalu berusaha buat ‘meniduri’ kamu. Entah kenapa. Makanya, kamu jangan menemui ayah di hari ulang tahunnya ya!”

*****
Hola. Fiksi singkat ini dibuat dalam rangka #memfiksikan dengan tema “ayah”. Mestinya di-publish kemarin sih, tapi karena kehabisan kuota, yaudah sekarang aja.

howhaw
Oh, iya, jangan tanyakan kenapa fiksi yang saya buat kebanyakan isinya tentang selingkuh dan sejenisnya. Saya juga nggak tahu, sama nggak tahunya kalo ditanyain kayak gini. Yaudah, lupakan sejenak tentang fiksi dan lihat kenyataan. BBM naik lagi kan ya? Tapi nggak apa-apa juga sih, karena kenaikan BBM juga ada untungnya. Terutama bagi yang punya pasangan. Kayak yang dibahas ama yaelah.co di sini.

Previous
Next Post »

51 comments

Click here for comments
28 March 2015 at 16:18 ×

Iya nih fiksi lo pasti selalu berbau "gituan" bang . . :D
Tapi keren, walaupun yang ini gue masih belum nangkep, kenapa si Ayah pengen "niduri" anaknya sendiri . .??
Ayah tiri kah . .??

Reply
avatar
28 March 2015 at 16:18 ×

Anjir. Cerita apaan ini? -___-
Horor abis. Masa anaknya sendiri mau ditidurin? Sakit jiwa tu orang. Bakaaar! -___-
Tapi, keren. Twist-nya selalu dapet. Pffft~ :))

Reply
avatar
28 March 2015 at 18:18 ×

The kampret moment of Meniduri..... Njirrr jadi horror gini -_- jangan jangan bapaknya punya guru yaranaika deh. Ah elah....

Reply
avatar
28 March 2015 at 18:48 ×

bentar bentar bentarrr...ini yang bagian meniduri aku agak ambigu nih, bisa tolong jelaskan ga,
mpe kubaca berulang-ulang

Reply
avatar
28 March 2015 at 19:47 ×

ah. ini utk keperluan ilmu hitam apa gmn? bejat nih bapaknya

Reply
avatar
28 March 2015 at 19:56 ×

Mungkin seharusnya ada narasi yang ngejelasin kenapa bapaknya pengen nidurin anaknya ini.

Mungkin deng, heheh salam kenal bro

Reply
avatar
28 March 2015 at 21:14 ×

Endingnya itu lho Mas bikin deg pas ngebacanya, bikin kaget banget ternyata alasanya kayak gitu. Tapi aku mau sih kalo jadi kayak bapaknya :D *eh

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:33 ×

Nggak tahu juga. Mungkin sebaiknya kita tanya pada orang yang dipanggilnya "guru" itu.

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:36 ×

ini hanya cerita memberikan hadiah ulang tahun aja, kok. =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:39 ×

iya, sejenis itu lah.

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:45 ×

*aku gagal* singkatnya, tiap hari ultahnya, si ayah kerasukan makhluk entah dan 'tertarik' dengan anaknya. Penyebabnya, hanya dia dan orang yang dipanggilnya "guru" yang tahu.

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:46 ×

Iya. begitu. ada perjanjian di masa lalu.

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:49 ×

terima kasih sarannya. :-d

tapi kalo dinarasiin, entar malah jadi cerpen. karena inti ceritanya cuma tentang kenapa tidak boleh menemui saat ulang tahun doang.

Reply
avatar
How Haw
admin
29 March 2015 at 01:50 ×

woooiiiii.... :ng

Reply
avatar
29 March 2015 at 04:34 ×

Aku yang kurang cerdas atau gimana nih. Ynag dipanggil "guru" itu kayak semacem orang yang memberikan ilmu hitam kah?

Kesurupan sama mabuk lem apa bedanya, sama-sama bikin otak nggak bisa mikir yang bener. Padahal bentar lagi aku juga dipanggil ayah. Cuma untungnya aku nggak ikut-ikutan punya "guru". Malah aku sendiri yang guru. Jangan-jangan dia salah satu muridku. HUAHAHAHA....

Reply
avatar
29 March 2015 at 06:40 ×

Ckckck perjanjian terlarang. Anaknya itu kayak kena jebakan betmen.
Ini keren, Haw. Keren bangat!

Reply
avatar
Deva Fredeva
admin
29 March 2015 at 17:12 ×

Ebuset ujung-ujungnya malah pengen niduri. Lagian kenapa anaknya tinggal sama bapaknya segala sih .____.

Reply
avatar
Asep Haryono
admin
29 March 2015 at 23:16 ×

Wahahahaha gokil ceritanya, Hiehehiehie. Ujung ujungnya udah mau ndurin aja deh
Waaaaaaa HOROR abis

Reply
avatar
nur shodiq
admin
30 March 2015 at 01:01 ×

Endingnya keren.... bikin gue kaget dan bertanya-tanya hehe.


Reply
avatar
30 March 2015 at 06:28 ×

Oalah. Twist yang keren. :D
Huwahaha. Haw memang bajingan. Demen banget selingkuh. Kali ini ama anak sendiri. XD

Reply
avatar
wery febri
admin
30 March 2015 at 07:36 ×

Kalo nggak bunuh-bunuhan pasti kayak di atas endingnya..
pikir td mau dibunuh ama bapake ..
=)D

Reply
avatar
Aldi Rahman
admin
30 March 2015 at 08:21 ×

cerita fiksinya bagus, keren, meski ada gitunya

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
30 March 2015 at 11:08 ×

Mungkin ayahnya Yana punya pesugihan atau lagi nuntut ilmu ngga bener, makanya mau nidurin anak kandungnya sendiri gitu.. ._.

Serem iss!

Reply
avatar
Kresnoadi DH
admin
30 March 2015 at 13:24 ×

Ini gue yang bego apa gimana ya. Agak kurang ngerti. Hehehe.

Reply
avatar
devina putri
admin
30 March 2015 at 15:13 ×

endingnya kok si ayah jadi pengen niduri anaknya sih,,kenapa mesti gitu?? :D

Reply
avatar
30 March 2015 at 18:31 ×

gue nangkepnya sih, si ayah ini ikut ajaran sesat gitu, nah si guru itu yang ngajarin ajaran sesatnya :D
ya kan, ya kan? iya aja deh :D

Reply
avatar
Arie Je
admin
30 March 2015 at 22:30 ×

Asik, kerja sama bareng yaelah juga brot?

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:38 ×

hahaha....bisa aja Pak guru. kalo muridnya udah punya anak yang udah gede gitu, pak Guru sekarang umurnya berapa? O_o

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:39 ×

...tapi tetap gak bisa bikin terharu kayak fiksi lu, Gung.

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:41 ×

Gak tinggal ama bapaknya, Dev. :(

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:50 ×

mumpung fiksi, Kang. bisa dibuat sesuka hati. meski udah bnayak yang menjadikannya kenyataan sih. :(

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:52 ×

oke. mau nanya apa kalo boleh dibantu? :ng

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:53 ×

Gue udah menjadikan lu sebagai kiblat, Yog. hehe Kan yang sering dibilang bajingan elu, tapi elu juga yang mudah dapet pacar. baru jadian lagi. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:55 ×

eh iya, kan bisa make ending bunuh-bunuhan aja ya. biar gak serem-serem amat.

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:55 ×

(((ADA GITUNYA)))

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:56 ×

Iya, Kabeb. begitu.

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 02:57 ×

hahaha... cuma yang demen sinetron dan drama sih yang ngerti.

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 03:03 ×

gak tau, kak. padahal endingnya mau dibikin si anak berubah jadi ranger pink, tapi takut garing.

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 03:03 ×

Iya, emang begitu maksudnya kok. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
31 March 2015 at 03:04 ×

Iya, brot. meski kita berbeda, tapi kita memandang takdir yang sama.

Reply
avatar
31 March 2015 at 10:51 ×

Endingnya :o
Bikin tercengang banget :o Memang pendek ya ceritanya? Lanjutin dong kak!

Kak, izin follow blognya ya ^.^ Sekalian kenalan, saya pertama kali main kesini. Makasih ^.^

Reply
avatar
Muhae Man
admin
31 March 2015 at 11:59 ×

wah wah tragis nih tentang mau menidurinya,,, tapi keren lah

maaf bro, lo gue ikutin liebster award ya

Reply
avatar
Anonymous
admin
31 March 2015 at 23:04 ×

Errrrrr... kalimat 'meniduri'nya itu agak agak gimana gitu :D

Reply
avatar
How Haw
admin
1 April 2015 at 01:04 ×

Iya, lebih suka fiksi singkat soalnya. Biasanya tiap hari Jumat bikin lagi kok. Oke, salam kenal ya, Put.

Reply
avatar
How Haw
admin
1 April 2015 at 01:06 ×

haha...smeoga entar gak jadi ayah yang begitu aja ya. :)

terima kasih atas liebsternya.

Reply
avatar
How Haw
admin
1 April 2015 at 01:09 ×

padahal itu aku udah milih yang sekiranya sopan dibanding temen-temen semaknanya. :ng

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
2 April 2015 at 06:57 ×

Itu yang pengen nidurin Yana bukan ayah Yana berarti ya, tapi yang merasuki. Bejat juga ya.. Apalagi kalo ternyata Yana itu cowok, Yayat Supriyatna. :|

Reply
avatar
How Haw
admin
3 April 2015 at 01:32 ×

Nggo...please... :ng

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
17 April 2015 at 18:53 ×

Kata dosennya temen gue : enggak ada cerita fiksi yang benar-benar fiksi, pasti ada aja yang menyandur pengalaman si penulis, teman si penulis atau siapanya penulis.
Jadi... kenapa kak Haw kalau buat fiksi gak jauh dari hal seperti itu, ya karena itu :p

Reply
avatar
How Haw
admin
18 April 2015 at 01:27 ×

Oh...iya. Ceritanya banyak disadur dari tipi penulis. Sinetron dan berita kriminal. ;)

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon