Suzuki Karimun Wagon R: Mobil SUPER Murah, Kualitas SUPER Mewah

Assalamu’alaikum...

Pada masa sekarang, kebutuhan akan kendaraan yang dapat memudahkan pekerjaan dan perjalanan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak hanya tentang memiliki kendaraan, melainkan juga tentang spesifikasi dari kendaraan tersebut, sehingga kendaraan yang dipilih benar-benar bisa memudahkan keseharian. 

Seiring gencarnya pengadaan kendaraan, khususnya kendaraan roda empat, pemerintah membuat wacana mengenai mobil murah yang ramah lingkungan dan dituangkan dalam Peraturan Presiden (PERPRES) No. 41/2013 dan Peraturan Menteri Perindustrian (PERMENPERIN) No. 33/M-IND/PER/7/2013 yang mengatur produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau dikenal juga dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC).

Akibat dari peraturan tersebut, banyak produsen mobil yang memangkas kualitas dan spesifikasi mobil yang dibuatnya demi mengejar harga murah. Namun, beberapa waktu lalu, sebuah produsen mobil ternama mengeluarkan desain mobilnya yang tidak hanya murah dan ramah lingkungan, melainkan juga dipenuhi spesifikasi berkualitas tinggi. Setelah meraih kesuksesan dengan Karimun Estilo dan New Estilo, kini pihak Suzuki mengenalkan penerus terbarunya. Karimun WagonR. Dengan tagline ‘SUPER’, Karimun WagonR keluaran Suzuki ini sudah siap menjadi mobil yang bisa membantu keseharian anda.

hawadis howhaw


“Keunggulan apa yang ditawarkan Suzuki Karimun WagonR yang SUPER ini?”

Dalam suatu desain yang digunakan oleh manusia, dikenal adanya istilah Firmitas, Utilitas dan Venusitas. Firmitas merupakan ketahanan atau kekuatan suatu model desain yang bisa menjamin dan mendukung kelancaran aktifitas manusia dalam keseharian. Utilitas adalah kegunaan dari suatu model desain yang mencakup jaminan keselamatan dan kemudahan dalam menggunakannya. 

Sedangkan Venusitas adalah keindahan atau estetika dari suatu model desain yang dapat memberikan kesan nyaman, kebahagian dan ketenangan. Jika salah satu aspek tersebut hilang atau tidak diperhatikan, maka suatu model desain akan menimbulkan permasalahan, termasuk bahaya kecelakaan. Suzuki Karimun WagonR ini memperhatikan semua aspek tersebut dengan sangat baik, bahkan bisa dibilang melampauinya, karena tidak hanya tentang desain yang ditawarkan, tapi juga kemudahan untuk mendapatkan dan kemudahan dalam perawatannya.

Mari kita lihat tampilan Suzuki Karimun WagonR secara detail untuk melihat penerapan Firmitas, Utilitas dan Venusitas tersebut.

FIRMITAS – Ketahanan dan Kekuatan

SUPER yang menjadi tagline mobil ini sudah mencakup sebagian besar aspek yang disebutkan. SUPER yang menjadi andalan mobil ini terdiri dari Spacious, Useful, Practical, Efficient, dan Reasonable, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Spacious – Luas dan Lapang
Berbeda dengan mobil LCGC lainnya yang cenderung menggunakan platform hatchback low profile, Suzuki Karimun WagonR tampil maksimal dengan model boxy yang otomatis meningkatkan kapasitas muatan. Dengan begitu, ukuran horisontal mobil ini lebih tereduksi dan interior mobil pun jadi semakin lapang dan lega. Posisi pengemudi dibuat lebih tinggi sehingga dalam berkendara, pengemudi bisa memantau jalan lebih mudah dengan luasnya pandangan. Dimensi mobil WagonR yaitu 3,6m x 1,475m x 1,7m, memang terlihat mini dari luar, tapi jangan tertipu, karena anda akan terkagum dengan luasnya di dalam.

hawadis howhaw
Tampak Atas
hawadis howhaw
Tampak Samping

Kekuatan yang dihadirkan dalam Karimun WagonR ini tidak hanya tentang space ruang yang tinggi, tapi juga pada tempat duduk dengan tinggi 710mm yang kuat menopang tubuh anda dan pintu mobil yang tahan meski dibuka hingga 77 derajat. Sirkulasi yang mudah, tentu juga membuat pengendara jauh dari masalah. Selain untuk penumpang, barang bawaan juga dimanjakan, dengan bagasi yang luas dan masih bisa lebih luas lagi dengan melipat kursi belakang. Memindahkan barang ke dalam bagasi juga jadi mudah dengan tinggi bagasi yang hanya 710mm dari tanah. Anda tak perlu tenaga yang kuat, karena walau terlihat mini, Suzuki Karimun WagonR ini sangat kuat.

hawadis howhaw
Pintu Terbuka 77 Derajat
hawadis howhaw
 Bagasi Sparepart

2. Useful – Bisa Diandalkan
Anda sering bepergian jauh dan melalui jalur yang sempit? Tenang saja, dengan mobil Karimun WagonR ini, anda tidak akan kesulitan melaluinya bahkan saat parkir di tempat sempit sekalipun. Kemudahan tersebut karena ukuran body–nya yang terbilang mini serta proses handling yang sangat lancar. Jarak rodanya sekitar 2400mm dengan ground clearance sekitar 170mm serta radius putaran 4,6m menjadikan mobil ini ringan dikendarai. Jika mobil murah lainnya menggunakan plat tipis dan membuat rawan kerusakan bahkan kecelakaan, Karimun WagonR dibalut dengan  plat yang tebal, sehingga anda akan aman dari keadaan yang tak diinginkan.

hawadis howhaw
Bisa Diandalkan

3. Practical – ­Mudah Digunakan
Dalam berkendara, mobil ini sangat mudah digunakan. Handling yang ringan dan bisa membawa banyak muatan, menjadikan Karimun WagonR mobil pilihan yang multifungsi. Seperti yang diuraikan sebelumnya, bagasi mobil ini bisa bertambah luas dengan bangku belakang yang dapat dilipat. 

hawadis howhaw
Bagasi Yang Luas

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan under seat tray atau tempat penyimpanan tambahan dibalik kursi depan. Kelengkapan fasilitas ini bisa meningkatkan keamanan, terutama saat mobil berada di parkiran. Mobil yang memiliki kelengkapan seperti ini tidaklah banyak dan harganya sangat mahal. Tapi dengan memilki Karimun WagonR yang murah ini, anda bisa menikmati fasilitas mahal tersebut.

hawadis howhaw
Under Seat Tray

Tidak hanya untuk barang bawaan yang besar, mobil Karimun WagonR ini juga disediakan tempat penyimpanan untuk benda-benda kesayangan anda yang berukuran kecil, untuk menyimpan minuman atau hanya untuk menaruh recehan. Meski anda berencana membawa banyak barang, mobil WagonR ini masih tahan.

hawadis howhaw
Penyimpanan Multifungsi

4. Efficient – Efisien/Hemat
Suzuki Karimun WagonR menggendong mesin generasi terbaru, K10B dengan kapasitas 998cc dan didukung tiga silinder. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan teknologi DOHC yang sangat bertenaga, Multi Point Injection serta penggerak roda depan sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 68 PS pada putaran 6200 rpm. 

Sangat kuat mengantarkan anda bepergian walau dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Mesin mobil ini juga dilengkapi dengan Intake Manifold yang bisa meminimalkan radiasi mesin dan penguapan bahan bakar, serta didukung bahan yang terbuat dari plastik, menjadikan mesin mobil Karimun WagonR ini ringan, responsif dan efisien. Selain itu, mobil Karimun WagonR ini juga dilengkapi dengan Metal Timing Chain yang membuatnya mudah dirawat dan tahan lama.

hawadis howhaw
Mesin Karimun Yang Bandel

Gear Shift Indicator yang memudahkan pengemudi melakukan pemindahan gigi perseneling juga bisa ditemui pada mobil Karimun WagonR ini. Tidak hanya perkasa, tapi juga menghemat biaya, terlebih lagi menghemat tenaga.  

hawadis howhaw
Gear Shift Indicator

5. Reasonable – Layak Dimiliki
Harga Karimun WagonR mulai dari Rp77juta untuk tipe GA, Rp89,9juta untuk tipe GL, dan Rp99,9juta untuk tipe GX, ketahanan dalam perjalanan, tempat yang melegakan, bagasi yang luas, hemat bahan bakar dan kelengkapan keamanan, menjadikan Suzuki Karimun WagonR ini memang layak dimiliki. Harga menengah ke bawah, fasilitas mobil mewah dan tampilannya yang ‘wah’ mengharuskan kita untuk bisa memilkinya dengan sah.

hawadis howhaw
Karimun WagonR Layak Dimiliki

Meskipun tagline ‘SUPER’ tersebut sudah membuatnya pantas dijadikan mobil incaran, Karimun WagonR masih dilengkapi dengan fasilitas tambahan lainnya demi memenuhi dan melampaui aspek Utilitas dan Venusitas. Berikut beberapa fitur-fitur super yang menjadi andalan dalam memenuhi aspek tersebut.


UTILITAS – Kegunaan, Keamanan dan Kenyamanan

hawadis howhaw
Power Steering
Suzuki Karimun WagonR dilengkapi dengan teknologi Elektric Power Steering, yaitu sistem kemudi yang menggunakan tenaga hidrolik untuk memudahkan ketika berbelok.

hawadis howhaw
Air Conditioner
Faktor kenyamanan ketika berada di dalam mobil harus diperhatikan. Karimun WagonR sudah dilengkapi dengan AC, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan cuaca yang dapat mengganggu anda saat mengemudi.

hawadis howhaw
Power Window
Karimun WagonR dilengkapi dengan jendela yang mudah dibuka dan ditutup dengan tombol untuk memudahkan berhubungan dengan orang di luar mobil. Selain itu, jendela tersebut juga dilengkapi dengan sistem lock button untuk keamanan.

hawadis howhaw
Safety Belt
Sabuk pengaman dengan kualitas yang bagus dan elegan akan memberikan jaminan keamanan anda berkendara bersama keluarga.

hawadis howhaw
Child Proof Door Lock
Karimun WagonR juga memperhatikan keselamatan anak anda ketika berada di dalam mobil. Dengan fitur tersebut, pintu mobil anda akan terbebas dari ‘terbuka secara tidak sengaja’.

hawadis howhaw
Immobilizer
Dengan adanya indikator alarm, mobil Karimun WagonR semakin terjaga keamanannya dari tindak pencurian.

hawadis howhaw
Roof Rail
Barang yang tidak bisa dimasukkan ke bagasi masih bisa dibawa dengan meletakkannya di atap mobil. Tapi jika anda tidak mau memasangnya, rail tersebut bisa juga dilepas. Praktis.




VENUSITAS – Estetika, Keindahan

hawadis howhaw
Front Grill Menawan
Dengan tampilannya yang mewah, front grill Karimun WagonR bisa menjadi saingan mobil mahal yang berkeliaran.

hawadis howhaw
High Lights Blue Eyes
Tampilan lampu mobil yang dinamis dan elegan serta bercahaya terang, bisa membuat jutaan mata ikutan terpukau kala memandang.



hawadis howhaw
Dashboard yang Keren
Meski harganya tergolong murah, namun dengan instrumen yang ditata dengan gaya elegan dan modern menjadikan Karimun WagonR tidak kalah dengan mobil mahal mewah.

hawadis howhaw
Cluster Meter yang Sporty
Speedometer, odometer, gear shift indicator dan fuel indicator dirancang dengan tampilan sporty. Karimun WagonR tidak hanya bisa tampil mewah tapi juga bergaya anak muda.

hawadis howhaw
Pilihan Warna
Karimun WagonR terdiri dari delapan warna, pilih yang sesuai dengan selera anda, atau selera pasangan anda.




 

Type Karimun WagonR

Suzuki Karimun WagonR, terdiri dari beberapa tipe, yaitu WagonR GA, WagonR GL dan WagonR GX. Berikut spesifikasi dari ketiga tipe tersebut:

hawadis howhaw



Kemudahan Pelayanan

PT Suzuki Indomobil Sales sudah menyiapakan layanan 3S (Sales, Service, Spareparts) bagi produk Karimun WagonR. Sekitar 6.678 wiraniaga Suzuki mendukung penguatan penetrasi pasar Karimun WagonR di Indonesia, dengan jaringan penjualan 3S dan 1S dengan total 244 yang telah memenuhi standar Suzuki dan telah tersebar di seluruh Indonesia. 

Selain itu, pihak Suzuki juga telah menyiapkan terakomodirnya suku cadang Karimun WagonR di seluruh jaringan bengkel Resmi Suzuki di Indonesia, serta kesiapan tenaga mekanik yang berkualitas, sehingga konsumen Suzuki di Indonesia telah yakin dengan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari produk Karimun WagonR. Bahkan sejak tanggal 1 April 2014, Suzuki memberikan layanan servis gratis bagi semua mobil Suzuki sampai dengan 50.000Km tanpa batasan waktu.

hawadis howhaw
Servis Gratis Suzuki


Efek Negatif Yang Akan Didapat

Mobil dengan kemampuan SUPER tentunya juga akan memberikan efek negatif yang super, antara lain:
  • Tetangga dan kerabat anda akan sering meminta anda jalan-jalan untuk ikut merasakan ke-SUPER-an Karimun WagonR.
  • Petugas SPBU yang cemberut menatap anda, karena jarang menghampiri untuk mengisi bahan bakar. Kalau bahan bakarnya masih banyak, untuk apa diisi? Mobil hemat.
  • Kemacetan akan timbul saat anda berkendara, karena mobil lain malu mendahului dan mobil lainnya berhenti untuk melihat kecantikan Karimun WagonR anda.
  • Garasi sepeda anda akan kosong, karena anda akan lebih memilih meletakkannya dalam bagasi, selain lebih aman juga bisa dipakai sewaktu bepergian ke desa atau ke taman kota.


Setelah melihat spesifikasi Suzuki Karimun WagonR tersebut, apakah anda masih mau melirik mobil lain yang hanya berlabel murah tanpa desain dan fitur yang ‘wah’?


Untuk lebih jelasnya tentang Suzuki Karimun WagonR ini, anda bisa menghubungi pihak Suzuki melalui:

Telepon: Halo Suzuki (0800-1100-800) – Bebas Pulsa 24 Jam
Website: https://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r
Twitter: @karimun_wagonr
Facebook: Karimun WagonR
Atau mengunjungi langsung dealer Resmi Suzuki Indonesia terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia.


_____________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________
Referensi Gambar:
https://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/
Suzuki Mobil Jogja
lipsus.kompas.com
pertamax7.com
bosmobil.com

Referensi Tulisan:
https://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/
"7 Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R". Autonetmagz.com
Suzuki Karimun Wagon R Menonjol di POMS Kedua 2013". InfoTransyogi.com
"Peluncuran Wagon R Diserbu Calon Pembeli". SuaraMerdeka.com



“Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Suzuki Karimun WagonR”

hawadis howhaw

Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Suzuki Karimun Wagon R: Mobil SUPER Murah, Kualitas SUPER Mewah Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

2 komentar:

  1. kalau menang traktir ya...
    entar deh kalau udah ada uang, ini bisa jadi referensi.
    good luck ea...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin sih.
      tapi ga yakin, ngeliat postingan peserta lain, minder banget jadinya....

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~