Howhaw #76: Dua Persen (2%) yang Dimaksud Einstein dalam Teka-Tekinya ~ Production Haws

Howhaw #76: Dua Persen (2%) yang Dimaksud Einstein dalam Teka-Tekinya

Assalamu'alaikum....

Terbilang lama juga saya tidak mencoret-coret blog ini... *maaf ya blog*
Oh iya, tadi pagi saya membaca status teman saya di media sosial yang berupa teka-taki. Nah, teka-teki tersebut merupakan teka-teki lama yang dibuat Einstein, dan konon katanya dari 100% penduduk bumi, hanya 2% saja yang bisa menjawab. Saya jadi tertantang pastinya.


Berikut teka-tekinya:

Ada 5 buah rumah yang masing2 memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dgn kebangsaan yang berbeda2. Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman tertentu, merokok satu merek tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu. Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama, merokok merek rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAANNYA : SIAPAKAH YANG MEMELIHARA IKAN ?

Petunjuk :
1 Orang Inggris tinggal dirumah yang berwarna merah.
2 Orang Swedia memelihara Anjing.
3 Orang Denmark senang minum teh.
4 Rumah berwarna hijau terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna putih.
5 Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
6 Orang yang merokok Pall Mall memelihara burung.
7 Penghuni rumah yang ditengah2 senang minum susu.
8 Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
9 Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.
10 Orang yg merokok Marlboro tinggal disebelah orang yg memelihara kucing.
11 Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.
12 Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
13 Disebelah rumah berwarna biru tinggal orang norwegia.
14 Orang Jerman merokok Rothmans.
15 Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Setelah mengotak-atik beberapa jam, saya menemukan "ORANG JERMAN" merupakan jawabannya. *Bangga lah tuh*. sedikit. hehhee... tapi saya malah semakin bingung, masa iya hanya 2% saja yang bisa menjawab? padahal kan tidak terlalu susah. Saya coba tanya ke teman-teman yang lain, ternyata banyak dari mereka yang bisa menjawab, hanya waktu saja yang membedakan, ada yang cepat ada yang lambat. Bingung saya semakin menjadi, masa iya Einstein mengatakan hanya 2%, dia kan orang yang jenius, sesombong itukah dia? tidak, bahkan dia tidak menyukai popularitas. Lalu mengapa Einstein bisa berkata demikian?

Saya ingat-ingat lagi, Einstein merupakan ilmuwan yang terkenal dengan teori relativitasnya, mungkinkah ada unsur relative dalam teka-teki tersebut? *detective mode*
Lama saya berfikir hingga akhirnya memperoleh beberapa kemungkinan:

Pertama, mungkin memang ada unsur  relative dalam teka-teki tersebut. Bisa saja jawabannya bukan Jerman. Bisa jadi yang lain, petunjuknya juga memberikan kemungkinan tersebut, seperti petunjuk nomor 4, tepat di sebelah kiri bukan berarti pas satu rumah sebelah kiri, bisa jadi dua rumah sebelah kiri, bukannya dua-duanya juga tepat di kiri? lalu bagaimana jika susunan rumahnya berbentuk melingkar? atau grid? tidak linear/memanjang seperti yang dipikirkan? mungkin jawabannya memang relative.

Kedua, relative mungkin memang diselipkan, setelah bersusah-susah menyusun, mengikuti petunjuk dan akhirnya mendapat jawabannya, eh ternyata jawabannya malah berdasarkan kebiasaan bangsa. *Bisa jadi* teka-tekinya menurut logika juga kan? kalo dipikir, bisa saja yang memelihara ikan adalah orang yang suka minum air, ato bisa saja orang yang memelihara ikan adalah dari bangsa 'ini' karena bangsa ini sangat menghormati ikan atau simbolis apa begitu di negaranya. Relative...

Terakhir, dan merupakan kemungkinan terbesar menurut saya, Einstein mengatakan 2% bukanlah untuk dunia teka-teki, tapi dunia nyata. *maksudnya?* Iya, dalam menjawab teka-teki tersebut, kita harus mengikuti petunjuk dengan baik dan benar, berpikir logis, terus mencoba dan bersabar hingga memperoleh jawabannya. Tapi bagaimana dengan dunia nyata?

Banyak orang yang dalam kehidupannya tak mau berusaha lebih keras, tidak mau mengikuti petunjuk dan peraturan yang berlaku serta tidak mau bersabar. Hanya 2% saja orang yang mau begitu, sisanya banyak yang menyerah pada nasib, banyak melakukan kecurangan demi memperoleh 'kesuksesan' yang diinginkan.

Teka-teki merupakan Masalah, jawaban merupakan keberhasilan, petunjuk merupakan aturan dan ajaran. Lalu bagaimana tindakan kita? hanya 2% yang memperoleh keberhasilan dengan mengikuti aturan dan ajaran sehingga masalah terselesaikan. Sisanya *kayaknya 98% bukan sisa lah* mayoritasnya, banyak yang membenci masalah tersebut, banyak yang tak mau berusaha lebih keras dan bersabar, banyak yang tak mau mengikuti peraturan. Ada yang gagal dalam masalah, ada yang mengikuti aturan tapi belum berhasil, ada yang berhasil tapi tidak sesuai dengan aturan dan ajaran. 

MEMANG HANYA 2% YANG MENGHADAPI MASALAH DENGAN ATURAN DAN AJARAN YANG BENAR SEHINGGA MEMPEROLEH KEBERHASILAN

What a brilliant Einstein *sok inggris*

Sekian saja postingan saya mengenai teka-teki Einstein, semoga bisa menjadi renungan dan bermanfaat.

"Kita tidak bisa memecahkan masalah dengan menggunakan cara berpikir yang sama ketika kita menciptakannya."

"Rasa takut akan kematian adalah yang paling dibenarkan dari semua ketakutan."

"Jika A adalah sukses dalam hidup, maka A = X + Y + Z. X adalah bekerja, Y adalah bermain, dan Z adalah menjaga lisan."
  
__Einstein__

hawadis howhaw











Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
13 March 2014 at 04:51 ×

teka-teki macam itu juga relative ternyata hehe

btw boleh minta follow back blog gue ga bro?

Reply
avatar
Anonymous
admin
13 March 2014 at 08:37 ×

Keren nih, baru tau ada teka-teki ini..
Iya sih,relative...

Reply
avatar
Fajrin Hazmi
admin
13 March 2014 at 15:12 ×

Langsung tercerahkan..

Reply
avatar
13 March 2014 at 18:34 ×

Sudah lama gue tahu jawaban teka-teki ini. Tapi belum gue tahu maksud 2 persennya apa. -_- Btw, IQnya berapa, bro? jago amat. :)

Reply
avatar
Hawadis
admin
14 March 2014 at 00:09 ×

udah gan... sejak 2 hari yg lalu malah...

Reply
avatar
Hawadis
admin
14 March 2014 at 00:10 ×

kamu juga keren.
coba dikerjain dulu mbak, waktu berhasil ngejawab ada kepuasan tersendiri lho....

Reply
avatar
Hawadis
admin
14 March 2014 at 00:10 ×

alhamdulillah...

Reply
avatar
Hawadis
admin
14 March 2014 at 00:11 ×

IQ kan bisa dilatih, artinya ga tetap bisa berubah. karena jarang latihan, kayaknya IQ gue mulai jongkok deh...

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon