Howhaw #63: Belanda Tersenyum, Dunia Memberi Senyum ~ Production Haws

Howhaw #63: Belanda Tersenyum, Dunia Memberi Senyum


Assalamu’alaikum....

Apa kabar? Semoga selalu sehat dalam suasana yang bahagia ya...*amiiinnn..*

Ngomongin tentang bahagia, ternyata suasana hati seseorang dapat mempengaruhi kreatifitasnya lho... Iya, keadaan hati seseorang dapat membuat orang tersebut imaginatif, kreatif dan Talita Latif... *Talita latif itu artis...Dis...!* iya, saya juga tidak tau kenapa tiba-tiba dia muncul, mungkin dia salah satu orang kreatif. Oke, kembali ke topik, riset yang dilakukan oleh William Morris menyatakan bahwa  suasanan hati memberikan informasi kepada kita mengenai kecukupan sumber daya  untuk menemukan kebutuhan saat ini atau yang akan datang. Bila suasana hati baik, individu akan merasa dapat menghadapi tantangan dan resiko, sedangkan bila suasana hati buruk, individu akan kehilangan optimisme dan keyakinan.
hawadis howhaw

Nah, kreatifitas juga muncul akibat suasana hati tersebut, jika suasana hati buruk, kreatifitas cenderung untuk menolong diri sendiri, sedangkan bila suasana hati baik, kreatifitas cenderung untuk menolong banyak hal.

Melihat faktor suasana hati dan kreatifitas tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan riset dan menerbitkan laporan “World Happiness Report” yang menunjukkan negara-negara paling bahagia di dunia, 5 besar diantaranya yaitu Denmark, Finlandia, Norwegia, Belanda dan Kanada. Kali ini saya akan membahas kebahagiaan yang mempengaruhi kreatifitas masyarakat Belanda.
*kenapa  bukan Denmark? Kan Denmark yang nomor-1?*
Iya, tapi kan tema-nya tentang Belanda bukan Denmark..hehehe...

Alasan lain kenapa saya membahas Belanda adalah karena kalau dilihat dari geografis dan geologinya, Belanda kan seharusnya berupa negara kecil yang sebagian wilayahnya tertutup air, tapi kok bisa-bisanya Belanda berada di urutan keempat.
(#ambil perlengkapan detektif, menyelidiki)

Orang-orang Belanda ternyata selalu menjaga suasana hati mereka dengan saling peduli. “Coba deh kamu pergi ke Belanda, dan bilang ‘excuse me...pasti mereka langsung siap membantu”, gitu kata teman saya yang pernah pergi ke Belanda. Mereka juga selalu menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, tau sendiri kan, kalo sedang lapar dan salah makan suasana hati pasti jadi ga baik?

Dengan suasana hati mereka yang selalu terjaga tersebut, mereka bisa menghadirkan kreatifitas yang bermanfaat bagi semua orang. ”Untuk apa kreatifitas jika hanya dinikmati orang tertentu saja.”, kata mereka, sehingga saat ini banyak hasil kreatifitas mereka yang dapat dimanfaatkan orang lain. Kincir angin bermanfaat bagi Belanda dan negara lain karena daya tarik wisata. Transportasi dominan Belanda, sepeda, bermanfaat bagi pengguna sepeda tersebut (sehat), bagi Belanda (tidak macet) dan bagi dunia (mengurangi polusi dan emisi berbahaya).
*Wiihh...keren, kreatifitas  hasil kebahagiaan*

hawadis howhaw

 Kreatifitas mereka juga tidak hanya ditujukan bagi sesama manusia, bagi hewan pun mereka membagi kebahagiaan. Karena ingin membagi bahagia untuk binatang, mereka mendirikan Party for the animals pada tahun 2002 (oleh Marianne Thieme), memiliki perwakilan di parlemen sehingga mereka bisa memperjuangkan hak dan kesejahteraan binatang. 
*so...sweettt...meoonnnggg* <<<kata kucing saya.

Tak hanya itu, karena ingin membagi kebahagian dan kreatifitas dengan Indonesia, Belanda bekerjasama dengan Indonesia dan mengadakan kompetiblog, jadi orang Indonesia bisa pergi langsung ke Belanda hanya dengan menulis di blog. Sungguh kreatif.
*kok,kreatif?* Iya, karena dari program tersebut, orang Indonesia bisa mempelajari kebahagiaan dan inovasi di Belanda secara langsung, dan bagi Belanda, nama mereka akan semakin tersimpan banyak di data search engine sehingga semakin dikenal dunia dengan kemajuannya. Kreatif banget kan???
Previous
Next Post »

0 comments

Click here for comments

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon