Kegagalan Hidup sebagai Manusia

Assalamu'alaikum...


Siapa musuh kita??? Perang tidak selamanya dengan orang lain, tidak selamanya dengan bangsa asing.

Pernah ga nonton wayang??? #saia bersyukur karena pernah tinggal di Pulau Jawa yang masih ngadain pertunjukan pewayangan.


hawadis howhaw
Dalam pewayangan terdapat 2 inti cerita, pertama Ramayana dan kedua Mahabarata. Dari kisah pewayangan ini kita dapat membuktikan bahwa peperangan ga selamanya dengan bangsa lain.

Ramayana adalah pertempuran murni antar negara yang berbeda segalanya. Sedangkan Mahabarata adalah perang paregreg, perang saudara, sedarah, sedaging. Jadi meskipun itu saudara sendiri, perang bisa tersulut.

Zaman sekarang pun begitu, walau tidak tampak secara kasat mata, tapi perang sedang terjadi. Perang politik, perang fashion, perang teknologi. Tak sedikit pula yang sedang berperang secara fisik.

Dalam peperangan, kemenangan memang mungkin didapatkan. Tapi apakah dengan menang semua akan selesai???? tidak. Akibat yang didapat setelah perang akan terus berlanjut. Dendam akan terpelihara. Dan ketika memuncak, perang akan terulangi lagi. 

Kemenangan yang didapat saat perang tak sebanding dengan indahnya kehidupan yang dianugerahkan Tuhan. Tak sebanding dengan kebahagiaan saat bersama-sama membersihkan selokan kota. Saat saling menjenguk ketika sakit. Saat saling membantu ketika ada yang membutuhkan. Saat bermain bersama di padang yang luas. Saat saling mendukung dalam permainan yang menebar tawa. Saat berangkat bersama ke tempat kerja dengan berboncengan. Saat berlari bersama menikmati rintik hujan. Saat makan bersama di acara kelurahan. Saat saling menyemangati ketika musibah terjadi. 

Haruskah perang antar "kita" terjadi????

Manusia belajar terbang seperti burung dan berenang di lautan laksana ikan, tetapi mereka justru sering gagal hidup di bumi sebagai manusia yang diciptakn Tuhan untuk saling menyayangi.

Ku tatap dunia
Terasa perih luka di dada
Pertempuran manusia
Yang buta indahnya perbedaan
Oh indahnya..

Ku bisa engkaupun bisa
Melupakan kebencian yang ada
Bersama kita terluka
Bersama kita bisa tertawa
Dan tertawa..

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Bayangkan dan senyumlah
Mahkota emas tiada artinya
Ketika raja dan ratu
Memimpin dunia semua bersatu
Dan bersatu..

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Jabat erat tanganku kawan
Kau tak akan pernah sendiri
Hancurkan dendam dengan cinta di dada
Untuk semua, manusia

(Lirik Superman-Is-Dead - kuat kita bersinar)
 
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kegagalan Hidup sebagai Manusia Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

0 Comments:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~