Kenapa Spongebob Warnanya Kuning?

Kenapa-Spongebob-berwarna-kuning
1) Kenapa kuning, ya?
Assalamu’alaikum…

Sebagai karakter utama dalam cerita kartun, mereka yang terpilih biasanya diberi gambaran penampilan yang unik. Warna dan model rambut yang tidak biasa, pakaian yang terlalu modis, dan tentunya perangai baik yang bisa membuat penontonnya suka. Di beberapa judul serial kartun/anime, penontonnya akan menerima begitu saja tampilan karakter yang diberikan.

Namun, untuk serial Spongebob Squarepants, penontonnya malah banyak bertanya tentang penampilan karakter utamanya. Padahal umumnya orang-orang lebih fokus untuk menanyakan jalan cerita atau kejadian masa lalu yang dialaminya, serta misteri-misteri lain yang dijadikan referensi serialnya. Ini malah menanyakan kenapa karakter utamanya punya penampilan demikian. Tepatnya, mereka menanyakan,

Kenapa Spongebob warnanya kuning?

Kartun Spongebob merupakan kartun yang menceritakan kehidupan di dalam laut. Meski saya sebut kehidupan di dalam laut, aslinya mah ceritanya kayak kisah manusia sehari-hari. Pergi bekerja, dimarahin bos, digaji kecil, tetangga menyebalkan, bermain dengan teman, dan fenomena hubungan sosial lainnya.

Walo cukup suka dengan cerita yang disajikan, saya jarang sekali meniatkan diri untuk sengaja menonton Spongebob. Saya akan lebih dulu mencari tontonan lainnya, jika tidak ada yang menarik, dan kebetulan Spongebob sedang tayang saat itu, barulah saya rela menontonnya. Berbeda dengan kartun lain semisal Dragon Ball, Yu-Gi-Oh, Cyborg Kuro-Chan atau Denny Phantom. Saya akan sengaja memonopoli remot TV sambil menunggu kartun tersebut tayang.

Spongebob. Dari namanya, kita bisa tahu bahwa karakter ini berupa sponge atau spons. Iya, spons yang sama dengan yang kita gunakan untuk mencuci piring. Sekarang, lihat kembali warna spons pencuci piring di rumah kita. Berbentuk kotak dan apa warnanya? Kuning, bukan?
spons-cuci-piring
2) Spons cuci piring

Sampai di sini, harusnya pertanyaan tentang kenapa Spongebob berwarna kuning tersebut sudah terjawab. Nah, jika kita pernah melihat di salah satu episode di mana orang tua Spongebob datang ke Bikini Bottom, kita nggak perlu kaget terheran. Kok, emak bapaknya warnanya cokelat? Itu bukan cookies, ya, emak bapaknya Spongebob berwarna cokelat memang sesuai kenyataannya.

Spons yang sering digunakan (tua), lama-kelamaan warnanya akan menjadi kuning gelap, dan berubah jadi berwarna cokelat. Kita bisa memperhatikan spons di rumah kita yang sudah digunakan dalam waktu sangat lama. Atau kita juga bisa melihat spons (busa) di sofa yang telah dibuang. Warna sponsnya juga pasti sudah kusam berwarna kecokelatan.

Namun, kenapa spons pencuci piring itu harus berwarna kuning?

Dalam sejarahnya, orang-orang baru ramai-ramai menggunakan spons buatan pencuci piring seperti di rumah kita tersebut sekitar tahun 1950-an. Sedangkan industri pembuatan spons buatan itu sendiri baru didirikan pada tahun 1940-an. Sebelum itu, orang-orang menggunakan spons laut untuk membersihkan alat makan dan perabotan lainnya.
spons-laut
3) Spons laut yang dijual

Sponge atau spons laut yang digunakan tersebut merupakan makhluk laut dari jenis hewan berpori (porifera). Hewan ini termasuk hewan multiseluler yang belum memiliki organ, sistem organ, maupun jaringan. Bisa berkembang biak secara vegetatif dengan membentuk kuncup atau koloni, serta bisa juga berkembang biak secara generatif.

Bentar, ini nggak perlu dilanjutkan lagi bukan tentang apa itu makhluk dari filum porifera-nya? Lupa-lupa juga saya perihal ciri-ciri dan pembagian kelas-kelasnya.

Nah, Spons laut yang digunakan oleh orang-orang tadi umumnya memiliki warna kuning. Sehingga, saat spons buatan mulai diproduksi, warna kuning tersebut tetap diadopsi oleh produsennya. Taktik tersebut berhasil menarik minat orang-orang untuk membelinya. Karena warna dan fungsinya masih terlihat sama seperti spons laut yang dulu biasa mereka gunakan.

Begitu ceritanya…

Makanya, agar mudah dikenali karakternya, Spongebob yang merupakan makhluk berpori atau spons juga diberi warna yang sama seperti makhluk laut aslinya. Sehingga, kita yang menontonnya bisa sambil belajar tentang sifat-sifat spons yang beberapa kali ditunjukan dalam adegannya.

Seperti dapat memeras badannya untuk membuang air yang terserap, juga akan sakit (flu, berlendir) jika lama tidak digunakan untuk mencuci dan malah terus direndam. Jadinya, kita bisa larut dalam pengarakterannya dan ikutan ber-IMAJINASI.
imagination
4) I-Ma-Ji-Naaaa-Si



Sumber gambar:
1) https://paling-top21.blogspot.com/2018/05/kenapa-banyak-tokoh-kartun-yang.html
2) https://headtopics.com/id/resep-kue-serupa-spons-cuci-piring-yang-viral-15565125
3) https://www.alamy.com/stock-photo/greek-sponges-shop.html
4) https://www.popbela.com/career/inspiration/niken-ari/kena-tegur-kpi-ini-7-adegan-spongebob-squarepants-yang-paling-diingat
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kenapa Spongebob Warnanya Kuning? Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

8 komentar:

  1. Dulu sih pertanyaan saya sewaktu nonton Spongebob cuma: kenapa anaknya kepiting tuh ikan paus? Eh, syukurnya ada penjelasan di salah satu episodenya bahwa dia cuma anak adopsi. Ibunya terdampar dan tewas, dia diselamatkan sama Krab. Haha.

    Sekarang jika nonton ulang Spongebob justru merenung. Kerja mendapat upah rendah sungguh mewakilkan. Itu dia ditampilkan banyak tersenyum dan tertawa kayak seolah-olah dipaksa banget buat menikmati hidup. Atau dia ketawa karena sadar hidupnya penuh tragedi makanya dibikin komedi. Tapi, siapa yang tahu kalau sebenarnya Spongebob dead inside. Hidup di realitas kan mayoritasnya gitu. Jangan perlihatkan kesedihanmu, tunjukkan kebahagiaan. Tai.

    Bahas yang kuning-kuning gini saya masih gampang terpicu sama mbaknya, ya Allah. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. spongebob adalah gambaran orang yang nggak perlu memasukkan hal buruk ke hati dan nggak perlu mendengarkan ucapan buruk secara berlebihan. makanya senyum terus. ditindas saja tetap senang. makanya dia dibikin dari spons yang ditekan kek mana pun tetap utuh lagi. ada beneran orang kek dia gatau dah.

      mbak baju kuning yang perlahan wajahnya memudar dalam bayangan.

      Hapus
  2. Dulu film spongebob ini adalah salah satu film favorit yang harus ditonton sebelum berangkat sekolah. Pertama kali menonton Spongebob banyak hal unik yang menjadi pertanyaan. Mulai dari rumahnya yang berbentuk nanas tapi Spongebob bisa memelihara Gary si siput yang ukurannya harusnya lebih besar dari rumah nanas. Dulu nonton spongebob hanya nonton saja gak mikir kemana-kemana. Gak sempat kepikiran bahwa film ini menggambarkan kehidupan orang di dunia nyata.


    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya nonton spongebob dulu, pasti telat ke sekolah. jauh bray... jalan kaki berkilo-kilometer.

      bahkan ada yang bilang kartun itu untuk dewasa karna banyak jokes kotornya,

      Hapus
  3. "Aku suka Spongebob karena Spongebob warnannya kuning, saya suka warna kuning" - anak SD pakai baju pramuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. temenmu ya Njus itu? kan dulu pernah nge-RP jadi anak SD kelas empat yang nggak tahu...

      Hapus
  4. Spongebob ini tontonan wajib waktu gue masih duduk di bangku sekolah. Saking sukanya, enggak mau berangkat sekolah kalau belum nonton 1 cerita Spongebob. Paling sebel sama karakter Squidward, tapi makin ke sini, gue makin mengerti perasaaannya Squidward saat berhadapan dengan tetangga rese atau mengganggu seperti Spongebob hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah anda deket bener ya sampe masih sempet nontoooonnn...


      ini nggak ada yang ngerasa jadi makin mirip plankton aja apa. squidward melulu prasaan..

      Hapus

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~