Reinkarnasi Sepertinya Masuk Akal

Assalamu’alaikum…

Reinkarnasi ini menjadi konsep yang sangat menarik saat saya masih kecil. Perihal reinkarnasi ini tidak saya ketahui dari ajaran agama sendiri atau buku-buku, melainkan dari sinema elektronik yang saya tonton di rumahnya tetangga. Di rumah, saya nggak punya TV. Kalo nggak salah ingat, di sinetron tersebut, diceritakan bahwa pemeran utamanya meninggal, terus rohnya terbang dan bertemu semacam dewa gitu. Dia diberi dua pilihan agar bisa hidup kembali di dunia, sama seperti roh orang lain yang dia lihat di tempat tersebut, lalu dikasih pilihan dan direinkarnasi terlebih dulu.
babi
1) Reinkarnasi
Yang pertama, akan dilahirkan kembali sebagai hewan yang disayangi manusia. Lalu yang kedua, dia nggak jadi dimatikan, alias rohnya bakal dibalikin ke tubuh asalnya yang manusia, dengan catatan nggak boleh jatuh cinta. Pilihan itu ada karena si pemerannya ini orang baik, yang meninggalnya karena mau nyelamatin orang lain. Saya lupa waktu itu umur berapa, sudah masuk SD apa belum. Namun, saat mendengar konsep reinkarnasi seperti itu, saya jadi meyakini bahwa kalo kita mati, nanti akan dihidupkan kembali sebagai makhluk yang berbeda. Bisa juga tetap sebagai manusia. Tergantung perbuatan kita saat hidup sebelumnya.

Keyakinan akan konsep reinkarnasi ini makin dikuatkan oleh film-film vampir dan Happy Ghost di RCTI yang sering saya tonton sepulang sekolah, di rumah teman tentu saja. Sampai-sampai saat bermain kelereng, dan ada yang curang, kami menakut-nakuti dia akan direinkarnasi menjadi binatang yang dibenci.

Semua makhluk hidup bereinkarnasi
Begitu kira-kira yang dikatakan oleh seorang guru di film vampir itu. Terkhusus hewan dan manusia. Saat mengalami kematian, sebagai hukuman perbuatannya, dia tidak hanya disiksa di dunia arwah, melainkan juga dihidupkan lagi ke dunia dengan garis takdir yang penuh penderitaan. Begitu juga sebagai balasan perbuatan baiknya, dia akan hidup kembali ke dunia sebagai makhluk hidup yang mengalami banyak keberuntungan.

Jika dia jadi kucing, ya, dia akan dapat perlakuan sangat baik dari makhluk hidup lainnya. Tentu, ingatannya di kehidupan sebelumnya bakal dihapus. Biar dia punya rekam jejak baru buat diadili lagi untuk kehidupan selanjutnya. Walo tetap ada kemungkinannya, tetap memiliki ingatan dan sikap semasa manusia, biar keinginanannya terdahulu bisa dirasakannya. Waktu manusia ingin merasakan nikmatnya terbang dengan sayap, misal. Begitu kira-kira konsep paling dasarnya dari reinkarnasi ini.
babi
2) Anjing plaing beruntung, kok, bisa seberuntung itu, ya?
Jadi, hewan pun punya kesempatan hidup sebagai manusia. Manusianya pun tak akan lepas dari mengalami kehidupan sebagai hewan. Mungkin ini untuk menunjukkan adanya keadilan bagi semua makhluk hidup, yang ketika dilahirkan pernah menyesal terlahir sebagai makhluk hidup tertentu. Kita bisa terlahir menjadi makhluk berbeda, tergantung perbuatan kita. Atau juga biar dunia arwah nggak penuh karena jumlah makhluk hidupnya nambah terus.

Makanya beberapa kali sering kita dengar, saat lagi mengalami keberuntungan yang nggak masuk akal, teman kita tak jarang berkomentar, jangan-jangan dulu kamu adalah seorang yang berkorban nyawa demi negara. Meninggal dalam membela negara, ya, perbuatan sangat terpuji, dong. Bisa jadi keberuntungannya itu karena perbuatan di masa lalunya tersebut. Karena perbuatannya saat ini emang nggak ada baik-baiknya.
reinkarnasi
3) Saat diri lagi ngerasa apes terus
Memangnya reinkarnasi itu masuk akal?
Susah membuktikannya. Terlebih ini berhubungan dengan kematian, bereksperimen nyoba mati bersama juga nggak bisa. Meski ada kejadian atau pengalaman seseorang yang dianggap mengalami reinkarnasi dan masih mengingat kehidupan sebelumnya. Misalnya kasus James Leininger yang mengingat dulu dia meninggal saat perang menggunakan pesawat tempur melawan Jepang, pengakuannya detail. Ada juga kasus Gus Taylor, Ruth Simmons, Cameron Macauley dan Imad Elawar.

Namun, karena yang mengalami dan menunjukkannya hanya beberapa orang saja dari milyaran manusia yang ada, konsep reinkarnasi ini mulai dilupakan. Pokoknya kalo mati, ya, nunggu sampai hari akhir dan masuk surga atau neraka. Padahal, kalo melihat tingkah laku makhluk hidup saat ini, konsep reinkarnasi tersebut bisa saja benar.

Reinkarnasi itu hidup kembali dengan identitas yang baru. Reinkarnasi ini dialami oleh makhluk hidup, baik manusia maupun hewan. Manusia bisa bereinkarnasi jadi hewan, dan hewan bisa menjadi manusia. Dalam reinkarnasi, ada saja kemungkinan masih memiliki ingatan dan sifat di kehidupan sebelumnya.

Lalu, lihat situasi kehidupan saat ini
Kita pasti pernah melihat hewan yang begitu berperasaan, menolong hewan lain dan manusia, juga sangat pintar. Padahal, hewan itu dikatakan hanya hidup berdasarkan insting, mereka tidak memiliki perasaan atau akal seperti manusia. Hanya menolong dan peduli pada spesiesnya saja. 

Lalu, kenapa ada kucing yang menolong mengawasi bayi manusia agar tidak main dekat tangga? Ada anjing yang rela mati melawan kobra karena ada anak kecil di dekatnya. Malah, ada ular kobra yang menjaga anak-anak anjing yang jatuh ke sumur kering. Bukankah itu manusiawi sekali sebutannya? Jangan-jangan mereka dulunya memang manusia.
babi
4) Identitas spesies yang tertukar
Kemudian kita lihat manusianya. Ada senior yang membabi buta memukul murid baru. Ada orangtua yang membuang anaknya.  Juga ada yang pergi begitu saja setelah berhasil merenggut keperawanan seseorang. Jangan-jangan mereka dulunya bukan manusia.

Reinkarnasi ini kayaknya emang beneran. Mari pikirkan lagi, kurang masuk akal apa coba? Banyak sekali sekarang ditemukan binatang yang tingkahnya pintar seperti manusia. Lalu, sangat banyak pula manusia yang sikapnya seperti binatang. Hasil reinkarnasi itu pasti.

Kalo iya bener, gaperlu heran lagi saat melihat perilaku hewan babi yang doyan kotor-kotoran mandi lumpur. Jangan-jangan dia dulunya manusia. Muslim lagi, tahu perintah baiknya, tapi perilakunya buruk. Dalam ajarannya, kalo nyentuh babi, harus dicuci tujuh kali, salah satunya harus pakai tanah.

Mungkin babi itu masih ingat dengan kehidupan masa lalunya. Sehingga, setiap hari dia selalu mandi dengan air yang bercampur tanah (lumpur). Sebab, setiap hari pula dia menyentuh dirinya sendiri.


Sumber gambar:
1) https://timstaples.com/2019/is-reincarnation-in-the-bible/
2) https://intisari.grid.id/read/03774391/pantas-anjing-anjing-ratu-elizabeth-ii-disebut-anjing-paling-beruntung-di-dunia-menu-makanannya-saja-sangat-mewah
3) https://twitter.com/kearipan/status/1232651417099227136?s=20
4) twitter.com/@JUSTAMAZlNG
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Reinkarnasi Sepertinya Masuk Akal Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

6 comments:

  1. Analogi babinya menarik. Coba dong dijadikan cerpen. Hahahaha.

    Sekarang jadi mikir kalau mungkin anjing di kehidupan sebelumnya adalah makhluk yang bodoamat dan doyan selingkuh lalu menyesal dan bereinkarnasi menjadi makhluk yang sangat setia dan suka menolong. Mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda itu yg hobi bikin cerpen, saya mah kalo lagi mood saja. lagipula, ngapain pula bikin cerpen babi babi... heheehe...

      iya, juga. jangan2 begitu. Lalu bagaimana dengan bapaknya sangkuriang?

      Delete
  2. Ini jika enggak salah baca pernah nemu bentuk ringkasnya di twitmu, ya? Akhirnya dikembangkan.

    Saya pernah baca tulisan orang indigo tentang dewa-dewa Yunani yang masih direinkarnasi sampai sekarang, bahkan entah kapan, hingga tugasnya tuntas.

    Ada vampir dan manusia serigala juga. Terus, apakah ketika mereka bertarung itu dilakukan secara gaib atau cukup saling hina di medsos? Ahaha. Penasaran juga sama politikus dulunya jenis apaan. Masa sih betulan tikus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pernah, Yog.

      Jangankan yang Yunani, kalo kamu pernah ikut pengajian yg ada label jamaah-jamaahnya gitu juga mereka masih menceritakan atau diakui sebagai reinkarnasi nabi, kok (selain nabi Muhammad dan Isa).

      wkwkwkw... namanya juga kita nggak banyak tahu tentang hal gaib, berteori di dalamnya dan mengulasnya jadi lebih bebas. Jadiin fabel aja, Yog. Lumayan, belom ada dongeng untuk anak kecil yg nyeritain kalo koruptor seperti tikus.

      Delete
  3. Yang reinkarnasi itu berarti arwahnya kan? Kalau memang benar reinkarnasi itu ada dan dikemudian hari bisa dibuktikan secara ilmiah, apakah berarti stok arwah ada pada jumlah tertentu?

    Ataukah Tuhan tetap akan menciptakan arwah yang baru? Kan kalau reinkarnasi, berarti 're-cycle' (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang saya singgung dengan menjaga jumlah kuantitas makhluk hidup biar dunia arwah nggak penuh. tentu belom bisa dibuktikan, tapi jika melihat ajarannya (yang maish belum banyak saya tau), recycle itu memang dilakukan. Namun, menciptakan arwah baru (atau makhluk baru) juga bukan larangan, itu kekuasaannya. mau nambah atau ngurangi itu terserah Dia.

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~