Kolaborasi AMD dan MSI, Luncurkan MSI Alpha 15, Laptop Gaming Pertama dengan Teknologi 7nm

Assalamu’alaikum…

Harga laptop yang mahal, terutama untuk laptop gaming, sering dijadikan patokan bahwa laptop tersebut adalah yang terbaik. Padahal, dalam menilai suatu kualitas laptop gaming, harga bukanlah segalanya. Karena pengalaman bermain game yang menakjubkan di laptop bukanlah hak kaum “atas” saja. Semua orang berhak mendapatkan pengalaman yang sama. Misi untuk membagikan pengalaman bermain game yang mengagumkan itulah yang mendasari kolaborasi MSI dan AMD untuk mengeluarkan laptop kategori gaming terbarunya.
alpha 15
1) Kolaborasi MSI dan AMD
Kolaborasi AMD dan MSI di ranah komputer portable atau laptop sebenarnya sudah dinanti sangat lama oleh pegiat game. Secara pengalaman, MSI dan AMD sendiri sama-sama memiliki rekam jejak yang sangat bagus di lini gaming. AMD dengan prosesor dan kartu grafis garangnya, sedangkan MSI dengan kekuatan hardware yang ketahanannya banyak dipuji player game. Makanya, saat diumumkan tentang kolaborasi mereka, banyak orang yang menyambut gembira.

Selasa kemarin, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri launching produk laptop gaming hasil kolaborasi MSI dan AMD tersebut di 100 Eatery and Bar, Century Park Hotel. Selain dihadiri oleh berbagai media yang antusias dengan launching laptop gaming kolaborasi MSI dan AMD, pada acara tersebut juga hadir NXL dan Alter Ego Esports Team. Sebagai pegiat langsung dan sering mewakili Indonesia di kancah pertandingan e-sports global, mereka tentunya juga tertarik dengan perkembangan laptop saat ini. Sudah seperti sebuah PC, kah, kalo dipakai main game?

Acara dimulai dengan mengenalkan fitur yang digunakan
Dibuka oleh tim AMD, Armawati Cen dan Donnie Brahmandhika tentunya yang menjadi pembicara. Melalui penjelasan mereka, laptop gaming yang baru hadir di Indonesia ini memiliki teknologi grafis AMD Radeon terbaru, dengan arsitektur 7nm. Itu berarti, laptop tersebut merupakan laptop gaming pertama yang menggunakan teknologi paling baru. Ditambah pula dengan prosesor AMD Ryzen 7, membuat laptop ini menjadi laptop gaming unggulan karena akan sangat mampu mengoptimalkan performa saat bermain game.
alpha 15
2) MSI Alpha 15, dengan teknologi 7nm pertama
Dilanjutkan oleh tim MSI Indonesia, Ralph Wang dan Digga Febriawan Putra, yang menjelaskan beberapa kelebihan lainnya dari segi hardware. Ungkap mereka, laptop yang baru hadir di Indonesia ini nggak akan mudah panas. Karena dilengkapi dengan modul pendinginan dengan 7-heatpipe, yaitu Cooler Boost 5, sehingga walopun game yang dimainkan cukup berat dan dimainkan dalam waktu yang lama, penyaluran termalnya tetap lancar dan membuat pengalaman bermain game tetap optimal.

Laptopnya MSI Alpha 15 A3DD dan MSI Alpha 15 A3DC
Saat kemunculannya, kedua laptop ini dibawa dari arah belakang pengunjung menuju ke panggung mini di depan. Pembawa laptopnya adalah Michael Winata selaku Head Coach dari tim Alter Ego dan Anisa Rahim selaku bidadarinya Tim NXL. Konsep dari panitianya, saat laptop ini akan dibawa ke panggung mini, di layar depan panggung mininya akan ditampilkan terlebih dulu berbagai fitur unggulannya.
aplha 15
3) Harta, tahta, Anisa lagi bawa MSI Alpha
Namun, ya, karena yang ngebawanya si Anisa Rahim, baru juga perempuan ini muncul dari pintu belakang peserta, awak media langsung ngumpul di depan dan mengarahkan kamera ke belakang. Ngalangin layar jadinya. Video trailer tentang fitur unggulannya nggak disimak. Ini bukan kesalahan konsep anda wahai panitia. Emang si Anisa Rahim saja yang mudah mengalihkan mata peserta. Ehe.

Lalu apa saja kelebihan laptop ini sehingga layak jadi pilihan?
Kalo cuma laptop keluaran terbaru dan nggak ada istimewanya, ngapain sampai dibikinin acara launching segala, kan? Pasti ada hal baru yang sebelumnya belum ada dan bisa menyelesaikan permasalahan yang mungkin banyak ditemui di laptop terdahulu. Laptop MSI Alpha 15 A3DD dan MSI Alpha 15 A3DC ini berprosesor AMD Ryzen 7-3750H, yang merupakan prosesor AMD Ryzen Mobile terbaru dan tertinggi.

Ditambah pula dengan grafis AMD Radeon RX5500M 4GB GDDR6 untuk MSI Alpha 15 A3DD dan AMD Radeon RX5300M 3GB GDDR6 untuk MSI Alpha 15 A3DC, yang merupakan teknologi 7 nanometer pertama dan diklaim mampu menjalankan game berat 1080P dengan fps di atas 60. Memainkan game seperti CS:GO, LOL, Forza Horizon 4, Battlefield V, Borderlands 3 atau PUBG akan sangat lancar.
alpha 15
4) MSI Alpha 15 dengan prosesor dan grafis AMD
Belom lagi dengan adanya fitur AMD FreeSync 144/120Hz dengan layar 15,6 inch FHD Panel IPS, game yang dimainkan nggak akan nge-lag dan gambarnya nggak akan patah-patah. AMD FidelityFX juga disematkan di laptop MSI Alpha 15 ini, sehingga tampilan game yang dimainkan akan semakin tajam dan smooth tanpa mengorbankan performanya. Apalagi RAM bawaannya sudah 8 GB DDR4 dengan memori penyimpanan 512 GB SSD, tentu akan mengoptimalkan performa dari game yang dimainkan.

Selain memiliki sistem pendingin Cooler Boost 5, laptop gaming juga menuntut aspek penting lainnya, yaitu audio. Laptop MSI Alpha 15 ini mampu menghasilkan suara yang lantang, baik menggunakan speaker yang tersemat maupun menggunakan headphone. Karena desain Giant Speaker pada laptop MSI Alpha 15 dirancang khusus untuk menghaislkan suara yang jernih dengan memberikan ruang speaker yang 5x lebih besar. Suara yang dihasilkan juga sudah mendukung resolusi tinggi, sehingga nuansa pertempuran atau suasana kemegahan scene dunia dewa di game yang dimainkan akan begitu terasa.
Keyboard yang digunakan juga sudah keliatan gamers banget. Per-Key RGB Gaming Keyboard dari SteelSeries, untuk MSI Aplha 15 A3DD. Jadi, tiap tombol di laptop tersebut, warna lampunya bisa disesuaikan. Gunanaya buat apa? Kalo yang menggunakan laptop hanya untuk mengetik, backlit ya fungsinya untuk ngetik saat gelap. Namun, untuk yang sering main game, fungsi backlit ini lebih besar lagi.
alpha 15
5) Keyboard yang tiap tombol warnanya bisa disesuaikan
Kita bisa menyesuaikan warna backlit keyboard dengan skill pada game yang dimainkan. Bermain game MOBA dan MMO saja letak tombol di keyboard jelas berbeda, kan? Nah, dengan pengaturan backlit per tombol di laptop MSI Alpha 15 ini, maka player game akan semakin terbantu dalam memainkan game-game yang berbeda.

Terakhir, harganya berapa? Karena dengan prosesor kualitas tinggi dan grafis terintegrasi DDR6, laptop gaming 15 inch biasanya memiliki harga minimal 20 jutaan. Itu malah ditambah berbagai fitur bagus lainnya. Tenang, di sinilah salah satu kelebihannya. Walopun hadir dengan fitur-fitur tinggi, harga laptop ini hanya sekitar 15 jutaan (untuk Alpha 15 A3DD) dan 13 jutaan (untuk Alpha 15 A3DC). Dalam pembeliannya, kita juga akan diberikan game gratis, loh, Borderlands 3 atau Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint. Benar-benar mau memberikan pengalaman hebat bermain game bagi semua kalangan.

Jadi, haruskah jadi gamer dulu kalo mau laptop MSI Alpha 15 ini?
Tentu tidak. Serinya memang dikategorikan bagi player game, karena memang untuk bermain game di laptop dibutuhkan performa laptop yang tinggi. Namun, kalo kita juga berurusan dengan software berat lainnya dan membutuhkan performa laptop tinggi, ya, silakan dimiliki seri Alpha 15 tersebut. Karena laptop ini akan sangat membantu untuk urusan mengolah data program berat semisal 3DSMax, Lumion, CAD, SAP2000, REVIT, Adobe After Effect atau software rendering video lainnya.
Spesifikasi MSI Alpha 15
alpha 15
Memang, sih, kalo sudah punya PC berkualitas tinggi, urusan olah data tadi juga bisa diatasi. Namun, ya, jangan sampai kejadian kayak saya. Udah jauh-jauh untuk ketemu klien, eh, minta revisi di tempat bersama-sama. Laptopnya nggak mampu, ya, nambah perkara…


Sumber gambar:
1) Dokumentasi pribadi
2) https://www.msi.com/Laptop/Alpha-15-A3DX/Overview
3) Dokumentasi pribadi
4) instagram.com/indonesiangamers
5) https://www.msi.com/Laptop/Alpha-15-A3DX/Overview
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kolaborasi AMD dan MSI, Luncurkan MSI Alpha 15, Laptop Gaming Pertama dengan Teknologi 7nm Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

1 comment:

  1. Makin ke sini, laptop keluaran terbaru makin tak sesuai kantong ini. Harusnya laptop yang mahal juga dibarengi gaji yang tinggi ��

    ReplyDelete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~