Howhaw #81: Alasan Nyeleneh Orang Mau Berpacaran ~ Production Haws

Howhaw #81: Alasan Nyeleneh Orang Mau Berpacaran

Assalamu'alaikum....

Sebelumnya saya pernah bikin tulisan 'alasan nyeleneh orang belum berpacaran' dengan pertanyaan 'kok belum punya pacar?'. Sekarang kita balik tanya kepada mereka,'Kok kamu pacaran sih?'
Dalam tulisan ini, saya mengambil referensi dari buku merah jambu tapi ga pake marmut. yang ditulis oleh Ustad. Tau donk yang mana bukunya. Udah... Putusin aja....
Saya tidak tau dari mana pastinya asal mula orang berpacaran. Yang jelas bukan di zamannya kerajaan Indonesia, karena di tiap prasasti yang menjadi peninggalan kerajaan ga ada yang tertulis di batunya:
'Kanda Mencintaimu Lasmini' atau 'Aku akan mencintaimu hingga ajal menjemput sabagaimana Patih Gajah Mada tak akan bersantai sebelum nusantara bersatu'. GA ADA! 

Ga seperti sekarang yang disemua tempat tertulis cinta, batu, baju, pasir, pohon bahkan tangan yang dikatakan sebagai bukti cinta. Ditulis di pohon, eh ditebang. Ditulis di pasir, keapus ombak.  Disablon di baju, luntur. Dipahat di batu, nyemplung ke sungai. Ditulis pake silet di tangan, eh salah tulis nama.

Pacaran memang banyak yang ga tau asal muasalnya. Tapi mungkin orang pada ingat, kapan pertama kali ngeliat orang berpacaran. Dulu waktu saya masih EsDe, kalo nama kita disandingkan dengan nama lawan jenis, beuh, marahnya bukan main. Malu. di zaman saya itu, kalo orang pacaran, itu aib. Eh, sekarang malah dibangke-bangke dibangga-banggain.  Aib di masa mendatang bisa jadi kebanggaan. 

Pertama kali saya ngeliat orang pacaran itu di film, bukan india. India mah bukan pacaran, cuma suka, nari-nari, ketahuan ayahnya, setuju nikah, ga setuju berusaha mati-matian biar bisa dinikahkan. Kan kalo pacaran, ga perlu persetujuan orang tua donk. Berarti di film india dulu itu bukan pacaran. Trus film apa? Dawson's Creek. Di film itu, tepatnya di thriller iklannya, -lah pertama kali saya ngeliat orang berpacaran, nyatain suka, jalan bareng, gandengan, ciuman. Acaranya malam banget, ga bisa nonton.

Nggak tau kalo kalian awalnya tau dari mana. Yang jelas, kenapa sih harus pacaran? dulu waktu EsEmA, saya nanyain ini ke temen-temen saya, berikut beberapa alasan mereka.

- Ya buat senang-senang saja
Pertama kali dan paling banyak temen saya jawabnya kayak gitu. Buat senang-senang. Senangnya dimana? beneran! saya ga tau pacaran itu senangnya dimana, main game saya tau itu menyenangkan. Tapi pacaran? nggak tau. Senang-senang itu kan main-main. Kalo main-main pasti ujung-ujungnya ada yang nangis, main apa pun itu. Karena mainannya rusak, atau karena dicurangi. 

Kalo mainan rusak, tinggal beli. Kehormatan rusak, siapa yang jual? Dicurangi, laporin mama atau pengawas, yang ngelapor menang. Dikhianati, laporin mama, nambah masalah aja buat orang tua. Lapor pengawas, siapa yang ngawasin? Bosan dengan mainan, buang aja, jadi sampah, trus beli mainan baru. Bosan pacaran, buang aja, tapi ga ada yang mau dibilang sampah, trus cari pacar baru buat dimainin, padahal sama saja. Terus menyenangkannya dimana?  Lagian cewek kalo pacaran, ujung-ujungnya pasti nangis.Udah... putusin aja...

- Pacaran itu menambah semangat belajar
Semangat saat mau ngerebut hati si doi. Biar dibilang pinter. Rajin. Udah dapat, jadi ga ada waktu lagi kan. Pengennya beduaan mulu. Berkhayal mulu. Ga ada semangat lagi. Kalo kamu memang dengan menyukai orang bisa semangat belajar, ya cukup suka saja ga perlu pacaran. Karena suka dipujimu itu yang bikin semangat, bukan pacarannya.
Udah.... putusin aja...

- Mengikat silaturahim
Silaturahim itu menghubungkan keluarga dekat, keluarga dari ibu dan keluarga dari ayah. Kakek nenek, paman bibi, kakak adik. Yang didatengi juga sekeluarga, dan di rumahnya. Bukan ngambil anaknya dan dibawa kemana-mana, apalagi tanpa ijin bapaknya. Udah...putusin aja

- Melaksanakan perintah Tuhan untuk saling mencintai
Itu tau, untuk saling mencintai. Bukan ngucapin sayang-sayangan kan. Bukan untuk gandeng-gandengan kan. Kalian juga tau kan printah Tuhan yang jangan berzina dan mendekatinya pun ga boleh? Kalian juga tau kan yang mana aja yang disebut zina? patuh Tuhan kok milih-milih yang sesuai nafsu. Udah...putusin aja...

- Penjajakan nikah
Penjajakan itu kan tes. Coba coba. Katanya ga mau jadi kelinci percobaan, tapi kok nawarin diri buat dicobain. Lagian apa sih yang kalian coba dari dia? apa yang dicoba dari berpacaran yang dapat menjadi patokan kenyamanan menikah nantinya?   

'Nyoba rasa sayangnya gimana sama kamu?'
Yang namanya nafsu ingin mendapatkan pasti besar, rasa sayangnya pun pasti besar juga, tapi kalo tidak ada ikatan formal, dia akan bebas menyakiti dan meninggalkan karena ada yang namanya bosan dan nafsu mendapatkan lebih dan yang lain.

'Nyoba bagaimana dia memberikan nafkah?' Melalui hadiah yang dia berikan untukmu itu ga mencerminkan bagaimana dia menafkahimu nantinya. Karena pada pernikahan, nafkah itu murni dari pemberi nafkah, bukan dari orang tua serta diberikan berdasarkan kebutuhan setiap hari, bukan hanya saat ulang tahun atau tanggal jadian. Memangnya siapa yang makan setahun sekali atau seminggu sekali?

Atau yang lebih parah namun nyata 'Nyoba bagaimana rasanya 'tidur' dengannya?' begitukah? terus kalo ga enak, cari yang lain, coba lagi sampe nemu yang enak? hina sekali.... makanya Udah...putusin aja

- Karena udah menikah
Aneh sih, tapi bener. Kalo mau melakukan tindakan pacaran ya menikah dulu. Kalian sudah sah, dan melakukan 'hubungan' pun ga salah, tentunya dengan istri. Kalian mau ngapain juga terserah, bahkan kalo sudah menikah, melakukan kegiatan-kegiatan berpacaran itu malah jadi ibadah. sipp dah...


hawadis howhaw
NyunyuImage

Dari itu, renungkan dengan ajaran agama kalian, karena kalo cuma dipikirkan ga akan ngaruh. Untuk apa pacaran kalo ujung-ujungnya berzina. Iya, memang ga semua yang pacaran itu berzina, tapi semua zina diawali dengan pacaran. Makanya, Udah...putusin aja.

Master Deddy sempat ngatain JKT48 saat ditanya kenapa ga pacaran yang dijawab oleh member,'langsung nikah aja.'
'Orang yang pacaran aja bisa cerai apalagi yang langsung nikah.' katanya.
Orang yang pacaran tujuannya nikah. Jadi pacaran itu tali pertama (informal) dan nikah tali kedua (formal). Jadi kalo tali nikahnya putus (cerai) yang tersisa tali pacaran. 

'Gue dah cerai nih, tapi gue masih pacaran ama dia' itu namanya hubungan gelap.

Sedangkan nikah tujuannya pacaran. Jadi saat tali pacarannya putus, masih terikat tali pernikahan.
'Gue bertengkar sama suami nih.' 'Tapi dia kan masih suami kamu'
Lagian, orang yang pacaran bisa cerai... (kayak Deddy dan artis-artis yang heboh diberitakan...)
Apalagi yang gak pacaran... (Siapa yang ga pacaran cerai?)

Oke sekian saja tulisan ini, kalo ada benarnya. Ikuti. Kalo ada salahnya, tolong komentari. Dan terakhir, mulai sekarang kalo kalian ngelihat kuntilanak nangis, jangan bacain ayat kursi, tapi dekati dan bilang 'Udah...putusin aja..'


Previous
Next Post »

19 comments

Click here for comments
19 February 2014 at 06:26 ×

kata-katayang terakhir yang di blok, bikin gue ngakak, hahahahaha

Reply
avatar
19 February 2014 at 08:50 ×

kalo gue, semangat belajar. pernah, garagara putus pas mau ujian akhir dulu, semangat belajar gue turun. dan dampaknya nilai nggak bisa dibilang sempurna. ini semua garagara mantan. mantan~

Nice Post! :D

Reply
avatar
Anonymous
admin
19 February 2014 at 10:17 ×

Eh tapi bisa aja loh, di prasasti2 itu ada yg nulis tentang cinta. Kan jaman dulu gak ada twitter/facebook. Jadi Gajah Mada nulisnya di prasasti gitu. Duh.. So swit. :3

Hmm.. Bahas pacaran ya. Harusnya ini dipasang tali "Zona Terlarang Jomblo" sih. Tapi yasudahlah, gue terlanjur baca.
Alasan-alasan orang pacaran itu bisa masuk akal juga sih, kenapa mikirnya gak positif aja, kalo mikirnya negatif ya semua bisa menjadi hal buruk. Bahkan nikah pun bisa jadi hal yang buruk kalo mikirnya negatif. #halah

Reply
avatar
lilis rusmia
admin
19 February 2014 at 11:54 ×

setuju maksimal ^^9
buat apa pacaran kl cuma buat gaya2an dan nambahin beban pikiran. not important yeeeeah :D

Reply
avatar
19 February 2014 at 19:49 ×

Apapun alesan pacaran... UDAH PUTUSIN AJA! Aku emang pernah pacaran, setelah putus dan baca ini semakin yakin ini keputusan yang tepat banget. Kalo jaman-jaman SMA gini ya terutama, masih belum butuh pacar deh ya, mending meluaskan networking dgn cara memperbanyak teman. Nungguin cowok yg dateng ke rumah terus ngelamar itu.... AKKKK kayaknya so sweet banget hahahaha xD

Reply
avatar
Doni Jalenai
admin
19 February 2014 at 21:43 ×

Pacaran itu apa yah? aku masih polos kakaaaa

Reply
avatar
19 February 2014 at 21:52 ×

Gue pernah nanya ke temen gue yang pacaran, dan yang dia bilang malah "Supaya pengen cepat kawin" itu gmana ceritanya ???

Reply
avatar
a s h i m a
admin
19 February 2014 at 23:36 ×

Hahaha lengkap. Ngga sekalian ditambahin tips-tips buat mutusin pacar yang udah bertahun-tahun pacaran?

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:26 ×

jangan lupa dipraktekin... :P

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:28 ×

Jangan salahkan mantan...karena kamu dulu sering membenarkannya...

#sokbijak

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:29 ×

Ga ada gan... dulu itu wanitanya pemalu, dan prianya hormat banget. Bahkan raja aja kalo suka ama wanita, orang tuanya yang didatangi langsung...
:D

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:31 ×

kalo gue nungguin cewek di rumah, itu so sweet juga nggak sih?

*lha?*

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:33 ×

pacaran itu hal yang sudah ada banyak di tempat umum. kayak muka.
'Ih, mukanya pacaran'

*gitu*

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:35 ×

Itu alasan penjajakan nikah... ada di atas tuh...

kalo pengen cepat kawin, minta dilamar atau melamar aja... ga harus pacaran dulu.... hemat, peduli, tegas....

Reply
avatar
How Haw
admin
20 February 2014 at 00:36 ×

Mungkin ashima lebih mengerti tentang hal mutusin.... gue tunggu postingannya tentang hal itu....

karena udah bertahun-tahun, ga usah diputusin, nikahkan aja....

Reply
avatar
27 February 2014 at 12:32 ×

haha kata-kata yg terakhir bikin gue ngakak. gue juga punya saran nih kalo ada si pocong nangis deketin aja sambil bilang "udah cong tembak aja daripada lo keduluan sama si vampir" wkwk

Reply
avatar
How Haw
admin
28 February 2014 at 00:15 ×

boleh juga itu..... hehehe

Reply
avatar
24 March 2015 at 11:27 ×

hahaha jadi apapun alasannya,putusin aja ya? hehe kalimat terakhir bikin ngakak duh :D

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon