Howhaw #66: Fakta Menarik Tentang Toilet ~ Production Haws

Howhaw #66: Fakta Menarik Tentang Toilet

Assalamu’alaikum....


Tema pembahasan pada malam ini adalah “Toilet”.
Menurut kamus bahasa indonesia, toilet berarti jamban atau tempat buang air. Toilet sendiri memiliki berbagai jenis, ada yang hanya berupa kamar mandi, hanya berupa closet, hanya berupa urinoir maupun yang memiliki semuanya atau kompleks.




hawadis howhaw
Kalo menyebut toilet, yang terpikirkan biasanya adalah closet. Closet juga ada jenisnya, ada yang duduk dan ada yang jongkok. Namun, karena diimpor dari tradisi barat, orang di Indonesia terkadang menggunakan closet duduk sebagai closet jongkok. Tidak masalah sih, asal jangan closet jongkok dijadikan closet duduk.

Namun, taukah anda bahwa toilet merupakan tempat yang paling disukai makhluk ghaib??? Apalagi toilet yang jarang diurus. Beberapa toilet yang tidak diurus malah biasanya yang bersifat umum, padahal yang bersifat umum kan seharusnya paling terurus. Ini berarti setiap orang masih mementingkan ego masing-masing. “Alah, ntar juga ada orang lain yang make, biar dia yang bersihkan.” Begitu mungkin pikirnya.

Toilet di taman biasanya merupakan contoh toilet yang tak terawat *kebanyakan bau* padahal toilet taman keseringan hanya digunakan buat buang air kecil. Dari itu, saia sarankan kepada perancang taman agar menggunakan toilet alami saja yang tidak memakan biaya banyak untuk pembuatannya, toh yang make juga kadang ga mau peduli. Jadi toiletnya nanti berupa ruang yang berbentuk persegi (hanya sebagai tembok), trus kasi tiang saja dalemnya, jejerin lima tiang. Beres. Alami dan murah.

Seiring berkembangnya teknologi, toilet juga ikutan berkembang. Dari yang pake siraman manual, semprotan sampe yang nyembur otomatis. Yang unik dari perkembangan toilet ini adalah sensor yang berfungsi menyalakan air otomatis. Cuma permasalahannya, sensornya sekarang tempatnya berbeda-beda. Ada yang disamping,ada yang di depan. Toilet pesawat kebanyakan menempatkan sensornya didekat pintu. Sempat bingung juga dulu saat pertama make, bingung gimana nyiramnya, setelah pasrah dan nekat keluar tanpa nyiram (tapi saia sudah sedia tisu basah sebelumnya kok), eh ternyata otomatis tersiram.

Kemungkinannya ya, beberapa tahun lagi seiring makin majunya teknologi, yang keluar mungkin bukan air lagi, tapi tangan yang nyebokin.
*iihhh*
Dan mungkin juga sensornya juga berkembang, tak hanya untuk siram otomatis tapi juga ucapan suara yang kayak di toko-toko. Setiap masuk, sensor bereaksi terus berbunyi “SELAMAT BERAK KAKAAA...”

Terus, kalo sensornya nangkep napas makin berat pertanda makin keras, sensornya bunyi lagi “ SEMANGKA.. SEMANGAT KAKAAA...”

Ngomongin toilet, saia pernah denger cerita dari temen, katanya suatu hari dia pergi ke mini market perginya pun mendadak karena menyiapkan perbekalan untuk keluar kota. Saat keluar dari mini market, entah mengapa perutnya mules tak tertahankan. Kebetulan di samping mini market ada toilet umum yang sekali masuk seribu rupiah. Dia kemudian masuk ke dalam toilet tersebut. Setelah selesai dan mau bayar, eh penjaganya malah ga ada, jadinya teman saia itu pulang ke rumahnya langsung, “Nanti saja bayarnya.” Begitu pikirnya. Eh, malemnya tidurnya tidak tenang dan dalem mimpi dia seperti bertemu malaikat yang menanyainya.

“Kenapa kamu tidak membayar uang toilet tersebut.”, tanya malaikat.

“Orangnya tidak ada, jadi aku berniat nanti membayarnya.”, kata temen saia.

“Memangnya kamu yakin kamu akan bertemu dengannya lagi? Kamu yakin dia akan bertemu kamu lagi? Kamu yakin dia akan hidup sampai nanti? Kamu yakin kamu bakal hidp sampai nanti? Sombong sekali kamu manusia, tak menghargai waktu sekarang dengan beralaskan waktu nanti yang belum tentu kamu temui. Kamu akan mendapat hukuman atas kotoran yang kamu tinggalkan dan tak kamu bayar itu.” Kata malaikat.

“jglekkkkk.....”, ( teman saia jatuh dari kasur dan terbangun)

Dari cerita tersebut, mari kita renungkan, bahwa waktu sekarang sangatlah penting. Jadi hargai setiap “sekarang” karena kita tidak tahu apakah akan berjumpa dengan “nanti”. Serta jangan remehkan hal yang kecil, karena gara-gara TAI saja yang menyangkut diri sendiri bisa membuat kerugian yang besar, apalagi gara-gara hal besar yang menyangkut orang banyak....

Terakhir, jagalah kebersihan toiletmu karena toilet dalam rumah seperti hati dalam tubuh. Jika kotor, orang lain tak akan mau memakaimu dan akan menganggap buruk pemiliknya.

Toilet itu ruang paling sering digunakan dalam rumah, bagitu juga hati, paling sering digunakan saat bersosialisasi (bergaul) bahkan beribadah, jika kotor, adakah yang mau mendekat?????

Previous
Next Post »

0 comments

Click here for comments

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon