Howhaw #129: Cara Mengatasi Perangkat yang Mati Mendadak

Assalamu’alaikum...

Mungkin kalian pernah mengalami suatu kejadian, saat sedang asik-asiknya main game, desain atau edit video, mendadak laptop yang digunakan mati. Ditekan tombol power-nya juga nggak mau menyala. Serta bagian bawah laptop terasa sangat panas.

Hal tersebut tentu sangat merisaukan, apalagi kalo terjadi berulang kali. Ditambah lagi, jika kejadiannya saat kerjaan selangkah lagi selesai. Nyesek sih biasanya. Tapi jangan buru-buru membanting laptop, kesian, entar malah makin runyam.

Untuk mengatasi kejadian tersebut, pertama-tama kita harus mengetahui penyebabnya. Dalam masalah mendadak mati, laptop biasanya dipengaruhi oleh software dan hardware. Kalo dari segi software, ingat baik-baik, apakah hal tersebut terjadi setelah meng-instal suatu software? Jika iya, hapuslah software tersebut.

Menurut pengalaman saya, software jenis utility untuk tune-up juga bisa menyebabkan laptop mati mendadak. Jangan terpengaruh dengan kalimat iklannya yang mengatakan bisa mempercepat ini dan itu. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus dan jangan banyak-banyak menggunakan antivirus. Entar malah cekcok.

Kalo dari segi hardware, pastikan setiap perangkat keras terpasang dengan benar dan tidak kotor. Misalnya RAM yang tidak terpasang dengan benar atau kipas laptop yang tidak berfungsi.

hawadis howhaw

Keseringan, laptop mati mendadak karena overhating (kepanasan). Ada suatu sistem dalam laptop yang memerintahkan untuk “mati” jika terjadi panas yang berlebih. Untuk itu, pastikan laptop selalu dalam keadaan suhu yang terkontrol. Saat menggunakan laptop, letakkanlah di tempat yang rata. Sehingga sirkulasi udaranya lancar. Labih baik lagi jika menggunakan cooling pad (kipas).

****
Menggunakan kipas untuk menjaga laptop tidak mati mendadak saat kepanasan, merupakan cara yang baik. Tapi yang harus diingat, tak hanya laptop yang bisa mendadak mati saat kepanasan, alat elektronik lainnya juga sering mengalami hal yang sama. Dari itu, jika menggunakan kipas laptop, pastikan kipasnya juga dikipasin. Biar kipasnya nggak mati mendadak karena kepanasan.

Seperti di rumah saya, banyak barang-barang yang digunakan sehari-hari yang sering mati mendadak saat kepanasan. Makanya di rumah saya bisa ditemui banyak kipas angin. Kompor saja saya kasih kipas angin biar gak mendadak mati saat kepanasan.

Kepanasan merupakan keadaan hangat yang berlebihan dan dialami oleh suatu benda atau objek, sehingga objek tersebut mengalami penurunan dalam hal fungsional. Keadaan tersebut bisa sangat berbahaya jika dibiarkan dalam tempo yang tidak sesingkat-singkatnya, karena bisa menyebabkan kematian.

Dalam suatu kejadian, saya pernah melihat seekor ikan di tepi pantai pada waktu siang hari terik. Awalnya ikan tersebut melompat-lompat, tapi lama-kelamaan ikan tersebut diam dan mati. Pasti dia mati mendadak karena kepanasan seperti laptop tadi. Kemudian saya bergegas membawanya ke rumah, meletakkannya di tempat biasa ibu meletakkan ikan, terus saya kipasin. Malah jadi ikan bakar.

Tapi setidaknya saya sudah membuktikan, bahwa dengan mengipasi objek yang kepanasan, kita bisa mencegahnya ‘mati mendadak’. Emang sih ikannya tadi mati, tapi kan keluarga saya gak lapar. Bisa melanjutkan kehidupan.

Kalo kalian pernah memperhatikan sinema elektronik di tipi—yang menceritakan kisah suatu kerajaan—mereka juga menggunakan teori tersebut. Angling Darma, misalnya. Saat sang raja duduk di singgasananya, ada dua orang dayang yang mengipasi. Tujuannya jelas, agar sang raja tidak mati mendadak. Kalo rajanya mati, tamat udah.

Jika kalian perhatikan lagi, banyak orang yang mencela sinetron-sinetron Indonesia. Katanya, itu tayangan yang tidak bermutu. Memang, karena sejak dulu, mereka nggak pernah belajar dan tidak pernah mau menggunakan teori “ngipasin agar tidak mati mendadak”.

Lihat saja salah satu scene-nya:

Dalam suatu rumah, besar dan mewah, terjadi pertengkaran antara seorang ibu dan anaknya karena tidak setuju dengan calon istri yang diajukan si anak.

“Ibu, Ratna ini orangnya baik. Cintanya tulus. Tidak memandang harta.”

“Dia pasti penipu, Rama. Semua orang miskin yang dekil sepertinya juga pasti mengaku begitu. Kamu seharusnya menikah dengan orang yang setara dengan kita!”

“Jika ibu tidak merestui hubungan kami, sebaiknya aku keluar dari rumah ini.”

“KELUAR KAMU SANA! DASAR ANAK DURHAKA. BERANI MELAWAN ORANG TUA.”

“IBU YANG MENGAJARI AKU! BUKANKAH IBU JUGA DURHAKA PADA AYAH. IBU BERSEKONGKOL DENGAN TUAN DANI UNTUK MEMBUNUH DAN MENGAMBIL SEMUA HARTA AYAH.”

*PLAAKK..*

“DASAR KURANG AJAR. KAU.. KAU... .... ...”

“Ibuuuu....”

Badan sang ibu roboh. Terjatuh ke lantai. Karena emosi yang terus meluap, tekanan batin membesar, suhu badannya meningkat, kepanasan dan akhirnya mati mendadak. Saat diperiksa ke dokter, katanya kena stroke atau serangan jantung. Basi. Padahal kan karena nggak dikipasin.

Dari itu, ingatlah agar selalu membawa kipas ke mana pun kalian pergi. Agar tak ada lagi kejadian, perasaan pacar mendadak mati karena tak pernah kamu ‘kipasin’.


hawadis howhaw





Sumber Gambar:
https://ict.unm.ac.id/artikel-it/tips-a-trik/656-solusi-untuk-laptop-cepat-panas-dan-sering-mati-sendiri.html

https://gaaraxx.blogspot.com/2013/12/konnichiwa-minna-san-kita-ketemu-lagi.html
Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Howhaw #129: Cara Mengatasi Perangkat yang Mati Mendadak Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

37 comments:

  1. Laptopku itu juga mati-mati sendiri nih Haw :' padahal nggak panas-panas banget sih. tapi kalau sambil di charge mah nggak mati-mati sendiri :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin settingan power optionnya kali Feb. kan ada itu settingan yang kalo menggunakan daya baterain, pada nilai kritical tertentu laptop diperintahkan mati. *menduga*

      Delete
  2. Kemarin laptop gue juga mendadak panas. Gue kasih panadol, alhamdulillah sembuh. :))
    Oke, nanti gue kipasin juga deh kompornya. Biar nggak mati mendadak lagi. Thanks infonya, Gan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran bisa? coba ah. Eh, panadolnya diolesin, dijilet atau dicelupin ke laptop sih?

      Delete
  3. Dari awal baca serius, terus liat gambarnya ngakak setengah idup :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya itu emang sengaja diseriusin, soalnya mau dilanjutin ke jenjang yang lebih formal.

      Delete
  4. Laptop gue juga sering kayak gitu, tapi sekarang-sekarang udah agak bekurang penyakitnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bang, sakit pun gak apa-apa sih. udah ada kartu sehat soalnya.

      Delete
  5. Ternyata bukan laptop saya doang yang suka mati mendadak karena kepanasan... sampai sekarang pakai cooling pad, soalnya kipas mini udah 2 kali mati. karena gak kuat ngipasin laptop saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya kipas mininya juga dikipasin biar gak mati. @@,

      Delete
    2. yah smua itu sudah terlambat mas, kipasnya udah almarhum :p

      Delete
    3. Innalillahi wa innailaihi raji'un.

      Delete
  6. bagus ini infonya..
    cuma ya deskripsinya tentang ibu sama anak,
    coba geh diganti; seorang mantan mati kepanasan ngeliat doi mesra-meraan sama pacar barunya.
    *dihajarwarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. gak mau. abisnya di sinetron yang mati mendadak gitu gak pernah ada adegan ngolok-ngolok mantan. itu hanya terjadi di media sosial.

      Delete
  7. Ilustrasi laptop kepanasan berelebihan deh kayaknya, sampai keluar api gitu, haha.
    Aku baca ini kayak materi stand up ya.. haha. Lucu juga.
    Kompor kepanasan, ikan dikipasin, sekeluarga melanjutkan hidup karena ikan dikipasin, raja dikipasin dikipasin biar nggak mati. Haha.. lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang itu tujuannya, mencoba berlebihan. biar kalo tulisannya gak asik, gambarnya bisa dikomentarin. :p wa wa wa... mungkin aku berbakat jadi stand up komedoan, biar ditarik jadi bintang iklan biore.

      Delete
  8. Wa'aiakumsalam

    Haha.. Berarti intinya, kemana-mana kita harus bawa kipas, ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *alhamdulillah, setelah beratus postingan, baru sekarang ada yang jawab salam*

      Iya, demi kelangsungan hidup.

      Delete
  9. Wkwkwk, kenapa ujung-ujungnya ngebanyol sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis, gak ada yang mau diajak serius sampai akhir sih Mbak.

      Delete
  10. kalo kompornya juga dikasih kipas, kapan kelar masaknya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, bukannya kalo masak sate juga dikipasin? kebetulan ini masak satenya di atas kompor.

      Delete
  11. Besok-besok kalau mau mendadak mati suruh ngasih alarm dulu biar tahu. Jadi bisa dikasih nafas buatan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, nafas buatan itu terbuat dari apa sih Kak?

      Delete
  12. Laptop ku jugak sering panas sih. Mudah-mudahan dia kuat dan bisa selalu bertahan. :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cariin pacar gih laptopnya, biar ada yang nyemangatin tiap hari.

      Delete
    2. Ngga usah. Umurnya uda ngga lama lagi. :'

      Delete
  13. Laptopku malah idup sendiri pas tengah malem, dan itu bikin suasana horor dirumah. #OOT
    Akhir-akhir ini laptopku ga aku kipasin sih soalnya kipas laptop rusak, kipas dirumah rusak, yang ada tinggal kipas dari bambu yang dipake tukang sate, mempan ga yak kira-kira pake itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mempan kok, asal jangan lupa orang yang ngipasin juga dikipasin, takutnya yang ngipasin mati mendadak.

      Delete
  14. Samaaaa, mas :D, laptop saya penyakitnya ini, hihihi. kalau sudah panas, pasti dia ngambek gak mau buka mata, haha. kalau sudah fannya ngedengun agak nyaring, itu bakalan mati. prosesnya terlalu berat. haha, saya ngakak pas baca kipasnya dikipasin. terus saya siapa yang ngipasin? *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. laptop saya setelah diservis, fannya jadi kenceng, gak tahu diapain ama tukangnya. Tapi seenggaknya udah nggak mati-mati lagi. Hati-hati loh, Mas. Mending segera minta dikipasin. Khawatirnya entar malah mendadak.. ... ..

      Delete
  15. pantess lampu di rumah sering mati mendadak. gak pernah dikipasin sih ini. berguna bgt nih infonya. haha

    ReplyDelete
  16. gue baca tulisan ini jadi sambil kipas-kipas nih *kipas-kipas pake duit* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kamu aman, Kak. Selain gak kepanasan, gak kelaperan juga. Tinggal belanjain. @@,

      Delete

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~