Howhaw #200: Ayo Berpikir Yang Aneh-Aneh

Assalamu’alaikum…

Program AI memang harus disempurnakan dulu sebelum robot diproduksi masal. AI itu semacam otak bagi robot, fungsinya untuk berpikir. Kalo robotnya gak punya program AI, pikiran robotnya bisa kosong. Kalo pikiran robotnya kosong, khawatir akan mengalami kesurupan. Kan, bahaya kalo robotnya minta kopi pahit. Bisa konslet. Rusak. Rugi besar.

Namun, untuk apa saya memikirkan hal aneh begitu? Kagak jelas. Mungkin ini akibat sakit leher tadi pagi. Bangun-bangun leher udah terasa ngilu. Kata embah saya, itu sakitnya karena salah bantal. Embah bilang, bantalnya harus dijemur dulu sambil sesekali dipukul. Saya bilang, saya tidurnya nggak pakai bantal. Berarti salah kasurnya, harus dijemur itu kasur dan sesekali dipukul-pukulin.

aneh
1) Berpikir aneh-aneh terus

Howhaw #199: Berlebihan Tidak Selalu Buruk

Assalamu’alaikum…

Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan di dunia perfilman saja ikut menganut hal tersebut. Saat penjahat mengutus anak buahnya yang banyak, berlebih, untuk menyerang, pasti aktor utamanya jadi mudah mengalahkan mereka semua. Berbeda kalo penjahat yang dikirim hanya satu atau dua orang. Pasti penjahat tersebut akan terlihat punya kekuatan luar biasa dan aktor utamanya akan kesulitan untuk mengalahkan.

Howhaw #198: Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Benar

Assalamu’alaikum…

Di dunia ini, waktu menjadi salah satu hal yang paling unik, aneh, dan luar biasa. Manusia sering menyombongkan diri karena bisa mengatur waktu. Padahal, justru manusialah yang diatur ketika hal tersebut dilakukan.

“Jam segini aku akan pergi ke sini untuk ketemu ini, setelahnya akan melakukan ini, kemudian pergi ke sini dan ke sini.”

waktu
1) Mengatur waktu

Howhaw #197: Pernah Dijuluki Otak Komputer

Assalamu’alaikum…

Sudah sejak dulu, di Indonesia, ketika para orang tua melihat anaknya main mulu, selalu saja dimarahin. Atasan melihat pegawainya main juga dimarahin. Mereka lalu menyarankan kegiatan lain yang menurut mereka lebih baik, seperti belajar atau bekerja. Iya, saya menekankan negara Indonesia, karena sepengamatan saya, di negara maju seperti Inggris dan Amerika tidak demikian.

Sebagai negara berkembang, Indonesia mau mengikuti jejak negara maju, tapi dalam pelaksanaannya malah membentuk pemahaman yang sangat berbeda. Di Indonesia, main itu adalah kegiatan sampingan dan yang utama itu bekerja atau belajar. Padahal di Inggris justru main itu yang utama. Kalo belajar dan bekerja mah study and work. 

Howhaw #196: Pertanda Hubungan Bahagia adalah Pasanganmu Menjadi Orang Pelupa

Assalamu’alaikum…

Setiap orang pernah mengalami yang namanya lupa dalam siklus hidupnya. Makanya ada istilah “manusia tempatnya salah dan lupa”. Makhluk hidup lain lebih jarang yang ditemui mengalami lupa. Kucing saja yang dimasukkan ke dalam karung dan dibuang, masih ingat jalan kembali ke rumahnya. Bahkan, gajah disebut sebagai makhluk yang selalu ingat sehingga dipakai sebagai icon aplikasi evernote. Kecuali serangga, makhluk tersebut ternyata juga mengalami lupa. Daur hidup serangga itu, kan, telur – larva – lupa – imago.

Howhaw #195: Apakah Maksud Kata "Suri" Pada Timun Suri?

Assalamu’alaikum…

Sejak anime Naruto tamat setelah perang dunia ninja keempat dan dilanjutkan dengan kisah anaknya untuk menjadi ninja, Boruto: Naruto Next Generations, para ninja Konoha sudah tidak lagi melemparkan shuriken. Malah lebih sering melemparkan shuri-teladan.

Normalnya, lelaki sejati itu mau mengalah kepada seorang perempuan” – Uchiha Sarada.

Ayo Perbaiki Kualitas Udara dengan Mendukung Sistem Ganjil Genap dan Makin Rajin Naik Transportasi Umum


Assalamu’alaikum…

Setelah berakhirnya Asian Games 2018, bisa dikatakan bahwa peran Indonesia sebagai tuan rumah ajang perhelatan olahraga terbesar di Asia itu sangat berhasil. Karena selain meraih jajaran posisi teratas, wilayah Ibukota yang jadi tempat para atlet berlaga banyak yang dibenahi. Seperti perbaikan infrastruktur, pembersihan sungai, bahkan dilakukan pengaturan lalu lintas yang lebih ketat agar tercipta lingkungan yang lebih baik. Baik dalam sirkulasi, baik dalam penyebaran informasi, baik dalam sosialisasi dan baik dalam pengendalian polusi.

Howhaw #194: Kenapa Cewek Matre Disuruh Ke Laut Aje?


Assalamu’alaikum…

Dalam memilih pasangan, kita dianjurkan untuk memilih orang yang sifat dan perilakunya baik. Semisal setia, pekerja keras, taat beragama, berpakaian sopan, ramah, murah senyum dan sebagainya. Atau yang semakin digaungkan beberapa tahun terakhir ini adalah yang sifatnya dewasa. Walau nggak dijelasin lebih detail dewasa yang seperti si(apa)?

Dalam pemahaman umum, dewasa berarti tidak seperti anak-anak lagi. Nggak mudah ngajak berantem, nggak mudah ngambek, bisa mengontrol emosi, dan mandiri. Namun, kalo kita melihat orang yang dewasa sendiri, yang ditemukan malah hal-hal kebalikannya. Pertengkaran, perselingkuhan. Apalagi kalo melihatnya di sinetron televisi.

Howhaw #193: Kenapa Nyamuk Membenci Orang Yang Tidak Tidur?


Assalamu’alaikum…

Ada satu hewan dari species serangga yang selalu menimbulkan masalah di mana pun berada. Nyamuk. Bahkan, menurut berita, nyamuk merupakan pembunuh manusia terbanyak nomor satu di dunia. Tiap jenis nyamuk memliki ketahanan tubuh berbeda-beda dan dipengaruhi oleh lingkungan tinggalnya. Tadinya saya pikir nyamuk-nyamuk kota tidak sekuat nyamuk-nyamuk di kampung saya yang lingkungannya penuh rawa-rawa dan kubangan. Nyatanya tidak, nyamuk kota jauh lebih kuat dibanding nyamuk kampung.
nyamuk
1) Nyamuk ngisep serat pakaian

Howhaw #192: Masa Depan Yang Malah Ada Di Belakang


Assalamu’alaikum…

Nggak ada manusia yang menyukai kehilangan, terlebih kehilangan sesuatu yang sangat disukainya. Membuat kesal dan terus kepikiran. Seperti malam ini, saya kehilangan celana dan baju saya setelah dilaundry. Jadi kepikiran, ini kalo celana panjang yang lagi dipake udah kotor, entar kalo bepergian mau pake apaan? Mana dari kampung nggak bawa banyak celana panjang. Celana panjang yang lain malah udah nggak muat gegara perut yang mulai membuncit.

Sering sekali saya berkeinginan bisa berada di masa dengan bebas mencari pengganti pakaian atau barang tanpa perlu memikirkan keadaan finansial. Namun, sampai sekarang masih belum tiba di masa tersebut. Moga aja di hari depan yang nggak jauh-jauh amat. Amin.

Howhaw #191: Pengaruh Keinginan Untuk Menikah Terhadap Masakan Yang Menjadi Asin


Assalamu’alaikum…

Bulan lalu, saya sama dua orang temen saya nyobain makan ramen di tempat baru. Baru buat saya sih sebenarnya, nggak tahu kalo buat mereka. Ketika pesanan datang dan ramennya dicobain, temen saya bilang kuah ramennya keasinan. Pas saya cobain, nggak asin padahal. Dicobain lagi ama temen saya yang satunya, asin juga katanya. Sampe ditambahin air putih lagi sambil bilang,

Ini yang masak pasti udah kebelet nikah, nih.”

Howhaw #190: Menjadi Orang Yang Nggak Jelas Atau Orang Yang Jelas Itu Situasional


Assalamu’alaikum…

Ketika lahir di dunia, keadaan manusia sangat lemah dan penuh ketidaktahuan. Sehingga dalam pertumbuhannya, manusia yang baru lahir tersebut harus dilindungi, dijaga, dan diajari berbagai pengetahuan atau petunjuk. Berdasarkan pengertian dalam KBBI, petunjuk adalah sesuatu yang menjadi isyarat, penanda atau ajaran yang berfungsi untuk memberi tahu untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Howhaw #189: Bisakah Kita Berdoa Sebelum Berdoa?


Assalamu’alaikum…

Sebelum memulai atau sebelum mengakhiri sesuatu, biasanya kita dianjurkan berdoa. Berdoa sebelum memulai dengan harapan semua rangkaian acaranya lancar tanpa hambatan berarti dan berdoa setelah acara selesai dengan tujuan bersyukur atas kelancaran tersebut. Kepada siapa kita berdoa? Tentu saja kepada Tuhan.

Doa itu adalah harapan. Orang bijak berkata, berharap pada manusia itu selalu menghadirkan kekecewaan, berharap pada Tuhan bisa memberi ketenangan. Kenapa bisa demikian, ya? Ketika harapannya itu sama-sama tidak terkabul, baik yang berharap pada Tuhan maupun yang berharap pada manusia, yang tersalah tetaplah manusia.

Howhaw #188: Gorengan, Mengancam Kesehatan dan Keimanan


Assalamu’alaikum…

“Jangan makan gorengan, Haw! Ingat umur!”

Beberapa waktu lalu, saya mendapat pesan demikian ketika akan berbuka puasa. Setelahnya, kegiatan menyantap hidangan berbuka jadi tidak khusyu’. Terus kepikiran tentang apa hubungannya antara mengingat umur dan makan gorengan. Apakah makan gorengan bisa membuat kita lupa dengan umur sendiri?

Howhaw #187: Kalo Punya Balsem Jangan Ngegas


Assalamu’alaikum…

Hidup ini memang sudah ditakdirkan. Kejadian sekecil apa pun sudah ditetapkan. Termasuk masalah keseleo. Kemarin malam, di kala mengubah posisi saat tarawih, bahu kiri saya terasa pegal dan sakit seperti ada urat yang tertarik. Keseleo. Itu pasti suratan takdir. Bayangin aja, masjid seluas itu, orang sebanyak itu, gerakan salatnya sesama itu, kok, ya, bisa saya yang keseleo.

Selesai tarawihan dan pulang, sambil tiduran, perlahan saya memijat bahu kiri saya yang terasa pegal tersebut dengan tangan kanan. Karena belum hilang juga, saya mengambil balsem di laci meja. Balsem otot geliga. Nggak geli, sih, panas iya pas diolesin ke bahu.

Howhaw #186: Peninggalan Itu Selalu Berharga


Assalamu’alaikum…

Pernah suatu hari saya dan beberapa teman kelas membantu beres-beres di rumah teman saya yang lain. Ibunya dia, yang kami panggil tante, habis beli lemari baru yang akan diletakkan di kamarnya. Karena itu, lemari lamanya yang sudah rusak harus dikeluarkan. Sekalian saja satu kamar yang cukup besar itu dibersihkan, yang artinya tempat tidurnya juga harus dikeluarkan. Ketika lemari diangkat, banyak barang-barang yang kami temukan. Sebelumnya barang-barang tersebut terselip di bawah dan belakang lemari.

Howhaw #185: Tanggapi Dengan Efektif Tiap Ucapan Orang Lain


Assalamu’alaikum…

Sebenarnya saya mau membuat artikel V-sika, tapi beberapa minggu ini udah jarang banget baca-baca materi/teori fisika lagi. Terakhir itu bacanya tentang teori gaya gesek. Kita bisa berjalan dengan seimbang dan tidak mudah jatuh itu ya karena gaya gesek. Secara teori, gaya gesek adalah gaya yang bekerja saat ada dua benda yang bersentuhan dan memiliki arah yang berlawanan.

Howhaw #184: Pentingnya Menjaga Pola Makan dan Tidur Bagi Hubungan Percintaan


Assalamu’alaikum…

Seringkali kita dengar ketika orang berdebat atau memberi masukan terhadap suatu permasalahan bahwa teori itu lebih mudah dibanding praktiknya. Menurut saya tidak begitu, memang ada kalanya teori lebih mudah, tapi sering juga ditemukan sebaliknya. Praktik jauh lebih mudah dibanding teorinya. Yang menjadikannya mudah atau sulit adalah kemampuan diri. Padahal, kemampuan tiap orang berbeda-beda.

Howhaw #183: Kenapa Kita Bisa Membenci?


Assalamu’alaikum…

Tidak bisa dipungkiri, dalam hidup kita akan memiliki sesuatu yang disuka dan dibenci. Hal yang disuka akan membuat kita merasa nyaman, senang, bahagia dan menyebabkan diri untuk terus menjaga apa yang disukai tersebut. Sedangkan hal yang dibenci bisa mendatangkan kegelisahan, kemarahan, dan sikap untuk menjauhi.

Namun, kenapa kita bisa membenci seseorang atau sesuatu?

Howhaw #182: Blog Ini Ternyata Penting Juga

Assalamu’alaikum…

Dalam keseharian, banyak hal yang perlu kita kerjakan. Namun, sering kali waktu dan tenaga yang tersedia tidak mampu mengimbangi banyaknya kegiatan tersebut. Untuk itu, kita diharuskan pandai-pandai mengatur waktu atau memilih mana yang harus diutamakan atau dipentingkan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, penting memiliki makna hal utama atau pokok, sesuatu yang sangat berharga dan posisi yang paling menentukan. Sehingga, jika kita mau menyelesaikan suatu kegiatan, dianjuran untuk menyelesaikan yang sifatnya paling penting.