Ketika Sesuatunya Habis, Selalu Dikasih Air

Assalamu’alaikum…

Walo sudah memasuki zaman modern yang semuanya serba teknologi dan kecanggihan, di keseharian tetap akan ditemui hal-hal yang berbau mitos. Misalnya perempuan yang malas nyapu dan bersih-bersih dikatakan akan mendapatkan suami yang berewokan. Atau anak nomor satu dilarang menikah ama anak nomor tiga, karena nanti mertua perempuannya bisa tiba-tiba meninggal. Atau perumahan dan gedung-gedung nggak boleh menggunakan angka empat agar terhindar dari kesialan atau bencana. Atau kalo lagi sakit perut dianjurkan menggenggam batu.

Memilih Jodoh Berdasarkan Teori Unsur Perancangan Arsitektur

Assalamu’alaikum…

Sadar atau tidak, pembahasan mengenai nikah dan jodoh makin sering terdengar beberapa tahun terakhir. Pembahasannya tidak hanya tentang anjuran dalam memilih, melainkan juga seperti menciptakan keadaan agar orang terpaksa untuk segera menikah. Menjauhi zina, katanya. Padahal, kalo niatnya emang mau zina, mau nikah atau nggak juga tetap bisa terjadi. Makanya sampe ada istilah pelakor pebinor segala.

Karena makin seringnya pembahasan tentang pernikahan, banyak orang yang mendadak menjadi pakar dalam hal memilih jodoh.

Makin Cepat Makin Terbeban, Itu Sudah Hukum Alam

Assalamu’alaikum…

Beberapa hari lalu saya menonton kembali film Shaolin Soccer. Sungguh menyenangkan ketika aksi beladiri dihadirkan dalam kegiatan olahraga. Yang bisa terbang lah, bergerak cepat, perutnya punya daya hisap, semuanya jadi nilai lebih saat digunakan dalam bermain bola. Namun, yang jadi fokus utama saya saat menonton adalah ketika pemeran utamanya menendang.

Yang Datar Dan Rata Itu Malah Jadi Impian Banyak Orang, Loh, Sis!

Assalamu’alaikum…

Dalam keseharian, tiap manusia memiliki hal yang bisa ditonjolkan. Entah itu sifatnya, sikapnya, maupun bagian tubuhnya. Hal yang bisa ditonjolkan tersebut biasanya menjadi daya tarik bagi orang lain. Misalnya saja kepintaran. Orang yang menonjol dalam bidang ilmu pengetahuan biasanya membuat orang lain jadi tertarik. Kadang gurunya, temen kelasnya, atau mungkin produk susu. Pake iklan yang modelnya anak pinter, kan, lebih meyakinkan~

"Di Atas Langit Masih Ada Langit Malah" Jadi Pepatah Untuk Menyombong

Assalamu’alaikum…

Ada pepatah bijak yang mengatakan bahwa di atas langit masih ada langit. Kalimat tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan seseorang untuk terus bersikap rendah hati dan tidak sombong. Karena sehebat apa pun kita atau pencapaian kita saat ini, masih ada hal lain yang lebih hebat lagi. Jika kalimat pepatah tersebut diformulakan, bisa dianggap sebagai berikut:

Stasiun Yang Membuat Teringat Dengan Kenangan

Assalamu’alaikum…

Di beberapa kisah romansa atau update-an sosial media, untuk menunjukkan keromantisan atau membangkitkan kenangan mereka selalu saja menyebut kopi, senja dan hujan. Selalu saja ketiga hal tersebut yang ditunjuk. Sampai-sampai saya bosan dan jengah tiap kali melihat atau mendengar tulisan atau bendanya secara langsung. Saking jengahnya, tiap ke kafe atau warung kopi, saya mesennya es susu atau nutrisari mangga.

Hubungan Pacaran Selalu Diawali Kecurangan

Assalamu’alaikum…

Sudah sejak lama mantan menjadi bahasan yang selalu diperbincangkan sebagai objek bersalah. Mantan itu awalnya berstatus sebagai pacar. Namun, karena ada tindakan dia yang dianggap menyimpang, curang dan salah, akhirnya hubungannya dikandaskan. Menurut saya, seorang pacar yang berbuat curang atau kesalahan itu merupakan perbuatan wajar. Kenapa? Karena sedari awal jadian, emang dimulai dengan kecurangan.

nembak


Kejadian Luar Biasa Dalam Hidup

Assalamu’alaikum…

Pernahkah terlintas di kepala kalian untuk bunuh diri? Ketika menghadapi berbagai situasi dan permasalahan dunia yang memberi tekanan hebat pada pikiran dan jiwa, saya terkadang memiliki pikiran demikian. Namun, karena sedari kecil dididik untuk berakhlak baik, saya nggak pernah mencoba merealisasikan pikiran tersebut.

Guru ngaji saya pernah bilang, membunuh itu perbuatan yang dilarang. Baik membunuh orang lain atau pun membunuh diri sendiri. Balasannya pasti berupa siksa dalam kubur. Sehingga, ketika bunuh diri, yang niatnya agar terlepas dari segala masalah, malah menjadikan masalah tersebut tak berkesudahan.

Cara Cepat Agar Menjadi Orang Yang Kuat

Assalamu’alaikum…

Orang yang kuat selalu dipuji. Begitu pun sebaliknya, orang lemah akan selalu dihina, dibully dan diperolok-olok. Makanya banyak orang yang mau jadi kuat. Siapa juga yang mau diolok-olok, kan? Hanya gara-gara kesal main Moba Lejen dibilang lemah, gamau datang di undangan orang yang sempat menjadi pemilik hati dikatain lemah, makan ayam geprek level 1 ngeluh kepedasan diejek lemah, binatang tawon disebut lemah, sisa-sisa rontokan gorengan juga dbilang lemah-lemah.

Kenapa Perempuan Tidak Menyukai Lelaki Yang Terlalu Baik?

Assalamu’alaikum…

Sedari kecil kita diajarkan untuk berbuat baik seperti berbicara dan berperilaku sopan, menghormati orang yang lebih tua, menolong teman yang sedang kesusahan dan membantu nenek-nenek menyeberangi jalan. Dari beberapa ajaran tersebut, sepertinya saya masih belum bisa menyebarkan kebaikan dengan membantu nenek-nenek menyeberangi jalan. Susah dapat momennya.

Di kampung saya, jalanannya nggak begitu besar dan nenek-neneknya masih pada perkasa. Walo sudah menyandang gelar “nenek”, mereka masih kuat menggendong keranjang yang berisi durian atau sayur dari kebunnya. Sehingga membantunya untuk menyeberangi jalan bukan suatu kebaikan. Mereka lebih suka kalo hasil kebunnya dibeli.

Cara Mengubah Tempe Menjadi Baja

Assalamu’alaikum…

Awalnya saya mau menulis tentang jodoh, tapi nggak jadi. Karena jodoh itu dituliskan oleh Tuhan, kalo saya yang nulis, entar orang mengira saya Tuhan. Nggak mungkin, sih. Namun, mental seseorang siapa yang tahu. Nyatanya, ada yang menuhankan uang dan menuhankan gugel. Aneh, ya, Tuhannya itu gugel. Oh, makanya banyak yang mencari rezeki melalui gugel. Terus apa-apa disuruh gugling dulu, itu maksudnya berdoa minta petunjuk ke Tuhan, ya. Hmmm… ai si ai si.

Pengaruh Kecintaan Pada Buku Terhadap Keinginan Untuk Mencuri

Assalamu’alaikum…

1.1 Latar Belakang
Buku diibaratkan sebagai jendela dunia. Dengan membaca buku, kita seolah bisa melihat seisi dunia dengan mudah. Layaknya duduk dan menatap ke luar jendela. Namun, yang namanya jendela, bisa juga kotor dan burem. Belum lagi kalo jendelanya jenis jendela nako yang biasanya pake kaca item. Bikin nggak jelas dan malah menimbulkan prasangka dan praduga. Begitulah kalo mendapatkan buku yang kurang baik.

Syukurnya, buku-buku yang seperti kaca burem itu jumlahnya tidak banyak. Sehingga dalam membaca buku, tidak perlu muncul perasaan khawatir. Palingan yang perlu dipertimbangkan adalah selera pribadi. Suka jendela yang menampilkan laut, gunung, pasar, jalan raya atau sawah.

Menikahlah Ketika Sudah Sama-Sama Baik

Assalamu’alaikum…

Minggu lalu, entah kenapa saya lagi ingin melihat keriuhan Facebook setelah cukup lama saya tinggalkan. Di antara status yang dibuat teman-teman saya di lini masa, ada status yang membagikan status orang lain yang berisi link artikel dengan judul “Perempuan Yang Bersekolah Tinggi Memang Tidak Berniat Menikahi Akhi-Akhi Cupet”. Sebaga lelaki gagal baku, saya bingung, apa itu cupet? Samakah dengan pencuri dompet?

Memang Takdirnya! Ketika Pergi Selalu Bersih, Sedangkan Pulangnya Jadi Kotor

Saat itu kita sedang serius
Merencanakan waktu untuk pergi bermain
Seriusan? Kamu mengajak ke tempat jual mainan?

Di sana…
Ada yang serius bergaya seperti mainan
Ada yang lagi bermain dengan serius
Disaat kamu memperhatikan seseorang dengan serius
Kutarik tanganmu mengajak bermain-main

Kamu menurut sambil tetap serius menatap jauh
Aku pun mulai lebih serius mengajakmu bermain lebih jauh

Kukatakan bahwa dia alien yang sedang bermain
Kamu menanggapiku dengan serius

Ah... kamu selalu saja serius
Bahkan ketika aku memberikan hati untuk bermain
Kamu mempermainkan hatiku dengan serius

Mari Membully Agar Makin Banyak Orang Sukses

Assalamu’alaikum…

Beberapa minggu terakhir, banyak berita tentang orang yang bunuh diri. Dari orang terkenal sekelas Chester Bennington, hingga orang yang memamerkan proses bunuh dirinya secara live di Facebook. Entah apa penyebabnya. Alasan orang bunuh diri biasanya agar terlepas dari masalah yang dialaminya saat itu, misal sakit hati karena dihina terus ama para tetangga. Padahal kata ustaz, orang yang bunuh diri itu pasti dapat siksa kubur. Jika siksaannya berupa hinaan dari tetangga, kan, malah jadi berabe yak.

Mana yang Pantas Disebut Janji dan Mana yang Omong Kosong

Assalamu’alaikum..

Untuk meyakinkan seseorang atau untuk melakukan kesepakatan bersama, biasanya kita melakukan perjanjian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, janji merupakan ucapan atau kesepakatan antara dua orang atau lebih yang menyatakan kesanggupan dan kesediaan untuk melakukan sesuatu. Dalam pemenuhannya, janji terikat oleh keadaan atau waktu tertentu. Misalnya, akan memenuhi janjinya setelah dia mendapatkan sesuatu, atau akan memenuhinya pada tanggal tertentu di hari mendatang.

Parodi: Inilah Alasannya Kenapa Pencuri, Perampok dan Pemerkosa adalah Orang yang Pantas Dijadikan Pasangan Hidup Kamu

Assalamu'alaikum...

Secara pribadi, saya sangat ingin jadi penulis di hipwee, terutama yang jurusan “relationship”. Namun, bukan sebagai kontributor, melainkan penulis tetap. Menurut saya, hipwee sangat menginspirasi melalui tulisannya tentang hubungan percintaan. Mereka bisa membuat semua orang, dari profesi apa pun, sifat apa pun, bisa dijadikan pasangan hidup. Hebatnya lagi, saran mereka berbeda dari orang kebanyakan. Mereka keluar dari pakem “pilihlah pasangan yang baik”. Karena bagi hipwee, memilih pacar yang rajin salat itu adalah alasan yang konyol.

Menjadi Orang yang Lebih Baik Itu Nggak Boleh

Assalamu’alaikum…

Di artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan bahwa cara membuat orang lain tetap bahagia itu dengan membuat diri kita terus-terusan jelek dan tetap menjadi rusak. Tentunya hal tersebut bertentangan dengan pesan yang selalu disampaikan orang bijak. Harusnya, kan, kita menjadi manusia yang lebih baik tiap harinya.

Awalnya memang saya berpikir demikian, menjadi pribadi yang lebih baik pastinya akan disukai banyak orang. Siapa, sih, yang nggak suka dengan orang baik. Yekan? Tapi, setelah melihat yang terjadi di keseharian, menjadi pribadi yang lebih baik itu malah membuat banyak orang tidak suka.

Cara Cepat dan Mudah Menghapus Dosa-Dosa Kita

Assalamu’alaikum…

Sejak kecil, kita sudah diperkenalkan dengan istilah “dosa dan pahala”. Jika kita melakukan perbuatan baik, akan mendapatkan pahala. Sedangkan jika melakukan perbuatan jahat, akan diganjar dosa. Dosa akan menyebabkan kita lebih dekat dengan neraka dan pahala akan menuntun kita pada surga. 

Semakin Ke Timur, Semakin Terbuka

Assalamu’alaikum…

Wilayah Indonesia terbentang dari Barat ke Timur. Di pelajaran IPS, dulu saya sempat menghapal kalo letak Indonesia itu berada di 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Tau deh sekarang udah ngalami penambahan atau pengurangan berapa karena perebutan pulau terluar. Di keseharian, orang-orang mengatakan kalo Indonesia itu menganut budaya ketimuran. Maksudnya, budaya Indonesia lebih condong pada budaya yang katanya lebih sopan dan tertutup dalam berpakaian.