Berapa Jumlah Beras Sekarung dan Berapa Lama Menghitungnya?

Assalamu’alaikum…

Pandemi masih memberi ancaman. Dalam situasi seperti ini, sangat sulit menemukan bahan makanan pokok yang didiskon. Kemarin saat membeli beras 5 kg, tiap produk berasnya berada di harga tertinggi. Di hari normal, biasanya akan ada produk beras yang di-diskon. Misal harga aslinya RP64000, maka akan di-diskon dengan harga RP56000. Kemarin, semuanya benar-benar dipatok di harga tertingginya.
beras
1) Menghitung beras sekarung

Kenapa Kalo Suaranya Terdengar Jelas, Posisi Kuntilanaknya Malah Jauh?

Assalamu’alaikum…

Sekarang kita dianjurkan untuk tetap di rumah agar pandemi ini bisa lebih mudah diatasi. Dulu, sewaktu kecil, saya juga sering disuruh untuk di rumah saja, terutama saat malam hari sepulang mengaji. Nggak dibolehin main petak umpet atau permainan luar lainnya. Diceritakan, bahwa kalo saya keluar rumah, bisa-bisa bakal diculik makhluk halus.
distorsi
1) Udah dipilih yang nggak serem ini gambarnya

Apakah Bakteri Baik Yakult Akan Terjerumus Maksiat Saat Dicampur Soju?

Assalamu’alaikum…

Awal tahun kemarin lagi ramai-ramainya itu becandaan tentang nasib bakteri baik dalam Yakult. Hal ini dimulakan oleh orang yang punya kebiasaan mencampur berbagai minuman dengan Yakult. Awalnya, Yakult-nya tersebut hanya dicampur dengan jus buah, lalu mulai dikreasikan dengan Fatigon Hydro, Kratingdaeng, Sprite, Soju, dan minuman beralkohol yang lebih keras.
soju
1) Bagaimana nasib bakteri baiknya?

Kenapa Orang Lebih Mencintai Selingkuhannya?

Assalamu’alaikum…

Seminggu kemarin saya ngikutin anime Pokemon 2019, ya, sehari satu sampai dua episode. Animenya sendiri masih terbilang belum jauh karena baru ada belasan. Ada hal yang unik di episode terbaru, seekor pokemon bernama Gengar kena ghosting trainer-nya (pemiliknya). Gengar ini ditinggalkan diam-diam sama pemiliknya pada saat si Gengar lagi setia-setianya. Dia dibiarin nunggu di depan rumah kosong, sementara trainer-nya pergi mencari pokemon baru dan tak kembali lagi.
selingkuhan
1) Gengar yang malang

Reinkarnasi Sepertinya Masuk Akal

Assalamu’alaikum…

Reinkarnasi ini menjadi konsep yang sangat menarik saat saya masih kecil. Perihal reinkarnasi ini tidak saya ketahui dari ajaran agama sendiri atau buku-buku, melainkan dari sinema elektronik yang saya tonton di rumahnya tetangga. Di rumah, saya nggak punya TV. Kalo nggak salah ingat, di sinetron tersebut, diceritakan bahwa pemeran utamanya meninggal, terus rohnya terbang dan bertemu semacam dewa gitu. Dia diberi dua pilihan agar bisa hidup kembali di dunia, sama seperti roh orang lain yang dia lihat di tempat tersebut, lalu dikasih pilihan dan direinkarnasi terlebih dulu.
babi
1) Reinkarnasi

Nggak Bisa Jadi Blogger Review Lagu

Assalamu’alaikum…

Bagaimana tahun barunya? Mungkin ada yang menganggap pertanyaan ini sudah telat, tapi, ya, bagi saya dan beberapa orang lainnya, tahun baru ini bahkan belum mulai. Tahun 2020 belum benar-benar berjalan, sebulan kemarin baru trailer dan lima bulan ke depan masih tahap pre-order. Mulainya bulan Juni. Tentu saja ini hanya anggapan seorang pengecut seperti saya yang merasa kalah dengan apa yang terjadi beberapa minggu terakhir. Pokoknya kalo masih saja tentang kejadian tidak baik, saya menganggapnya 2020 belum mulai, kalo udah ada hal baiknya, nah, itu berarti awalnya.
lagu
1) Sedih pokoknya mah kalo diceritain

Makan Kulit Pisang Karena Kandungan Nutrisinya?


Assalamu’alaikum…

Manusia itu emang udah dari sononya kali, ya, suka dengan hal-hal ajaib. Kayaknya dari sejak kampung saya belom mengenal listrik, sampai sekarang yang sudah merasakan listrik saat malam doang, ada aja hal aneh yang diajaib-ajaibkan. Air klorofil, gelang magnet keseimbangan, koyo penyerap racun dari telapak kaki, batu penyembuh, ikan lohan keberuntungan, atau retwit foto pulpen. Terus di dunia kuliner kemarin juga heboh dengan makan kulit pisang, yang katanya bisa mencegah kanker, diabetes, tumor, menurunkan kolestrol dan memenuhi kebutuhan serat tubuh.
pisang
1) Makan kulit pisang?

Nggak Logis Kalau Menjauhi Orang Karena Kekurangannya

Assalamu’alaikum…

Beberapa hari ini saya tidak membuka media sosial, tidak sesering sebelumnya, setidaknya. Walo banyak info penting yang tersebar di sana, tapi melihat hal-hal atau status atau twit yang diviralkan berupa hal yang “embuh” dan bikin emosi saja, ya, mending jauhi dulu. Menjauhi beberapa media sosial tersebut bukan karena di sana banyak kekurangannya saat ini, melainkan karena banyak yang berlebihan.
jelas
1) Media sosial mulai berlebihan

Asal Mula Mitos Kalau Makan Biji Buah, Nanti Bijinya Tumbuh Dalam Perut

Assalamu’alaikum…

Ketika media sosial Twitter lagi rame tentang apartemen di Yogyakarta dan misteri penguasa Laut Selatan, ada yang berkomentar bahwa itu hanyalah mitos. Hanya kebohongan, hoaks, menyesatkan. Saya tidak mau mengulas tentang misterinya, sudah banyak yang paham dan mengerti juga masalah fenomena arus ombak RIP Current dan hubungan warna baju dengan air lautnya. Fokus saya pada pernyataannya tentang mitos itu suatu kebohongan dan menyesatkan.
biji
1) Mitos larangan makan biji buah

Punya Ekspektasi Tinggi Itu Hal Yang Wajar, Jangan Takut!

Assalamu’alaikum…

Kecewa muncul karena adanya ekspektasi, begitu kata orang-orang. Makanya, kita sering sekali diingatkan untuk nggak memasang ekspektasi apa-apa. Namun, apa iya kita bisa menghilangkan ekspektasi pada semua hal? Karena berdasarkan pengalaman sendiri, nggak ada satu pun yang akan dilakukan tanpa sebuah ekspektasi.
kecewa
1) Ekspektasi

Kenapa Berharap Pada Manusia Bikin Kecewa?

Assalamu’alaikum…

Apa kalian pernah merasa kecewa? Sudah berusaha mati-matian sekuat tenaga, tapi semuanya nggak ada hasilnya. Terasa sia-sia. Bagaimana rasanya? Menyakitkan tentunya. Bahkan rasa sakitnya bisa berlangsung sampai berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Belum lagi kalo kecewanya itu karena perbuatan orang lain.
kecewa
1) Kecewa itu artinya pas di-translate

Ribet dan Banyak Pilihan Merupakan Tanda Kemajuan

Assalamu’alaikum…

Meskipun masih terhitung sebagai negara berkembang, Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang. Namun, tentu saja kemajuan tersebut tak banyak dirasakan semua masyarakatnya. Ini disebabkan, selain tidak bisa meratanya kemajuan tersebut, juga karena permasalahan yang muncul bertambah banyak pula. Majunya sudah empat langkah, eh, masalah yang menyertainya juga ikutan bergerak tiga langkah. Hampir nggak kerasa kalo ada kemajuannya.
ribet
1) Pertanda Adanya Kemajuan

Kenapa Orang Beralasan "Kamu Berubah" Saat Akan Memutuskan Hubungan?

Assalamu’alaikum…

“Kamu berubah.”

“Memangnya aku pawer renjes?”

Siapa pun yang masih ngejokes begitu, enyahlah. Nggak lucu. Mungkin sudah beberapa kali mendengar atau merasakan sendiri, seseorang mulai memutuskan hubungan atau menjauh dengan alasan pasanganya sudah berubah. Tidak dijelaskan di sana apa perubahannya menjadi baik atau buruk. Setelah mengatakan, “Kamu berubah”, dengan nada marah atau suara parau pelan, dia akan memutuskan pergi atau mematikan teleponnya.

berubah
1) Yang penting nggak beruban.

Kenapa Celaka Itu 12? Sedangkan I Love You Malah 3000?

Assalamu’alaikum…

Belakangan ini semakin sering terjadi perdebatan dan pergunjingan yang diakibatkan oleh sesuatu yang dianggap simbol. Mulai dari segitiga yang diartikan sebagai simbol penyembah illuminati dan dajjal, sampai sajadah yang dianggap sebagai simbol umat Islam dan gaboleh dipake main oleh anak kecil. Serta simbol “:)” yang tiba-tiba mendatangkan ketakutan dan perasaan nggak enak. Semuanya serba simbol.

simbol
1) Simbol satu mata

Mencintailah Seperti Perokok

Assalamu’alaikum…

Rokok merupakan lintingan tembakau dengan kertas yang dinikmati dengan cara dihisap setelah ujungnya dibakar. Saya memang belom pernah merokok, atau lebih tepatnya tidak sampai menikmati candunya merokok. Sebab, semasa kecil, waktu pertama kali mendapat kesempatan mencoba rokok, saya malah dapat pecutan setelah dilaporkan teman. Pecut (cambuk) beneran yang biasa dipake buat mecut kuda atau sapi itu.

rokok
1) Merokok

Keadaan Kosong Yang Membuat Kesal Sekaligus Bahagia

Assalamu’alaikum…

Barusan saya terngiang lagu Kosongnya Dewa 19 yang entah kenapa bikin ngerasa lagi dalam keadaan tersebut. Tubuhnya di sini, jiwanya entah di mana. Walo sudah pergi ke pasar yang ramai biar nggak perlu mecahin gelas, tetap saja merasa sepi. Sendiri memikirkan kamu lah pokoknya. Sepulangnya dari pasar, saya melewati rumah yang tak terurus. Rumah kosong dong itu. Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran.

kosong
1) Kosong

Langkah Agar Menjadi Biasa, Lebih Sulit Dari Jadi Istimewa

Eh… apa lebih enak judulnya “menjadikan semuanya terbiasa”, ya? Terserahlah, ya, pokoknya, assalamu’alaikum…

Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh kemarin, serta ditambah merayakan hari raya lebaran, hari-hari selanjutnya akan menjadi biasa lagi. Orang-orang mulai mengeluhkan kegiatan harian setelahnya yang melelahkan seperti biasa. Padahal sebelumnya, kan, kegiatan hariannya itu sudah menjadi kebiasaan. Dan yang namanya kebiasaan atau hal yang biasa, biasanya, akan lebih mudah dijalani, iya, nggak, sih?


biasa
1) Kayak gitu biasa, saya gimana...

Efek Plasebo Dalam Hubungan

Assalamu’alaikum…

Di kampung saya, saat orang lagi sakit dan berobat ke dokter, mereka selalu minta disuntik. Jika hanya diberikan obat, mereka merasa sakitnya akan lebih lama. Uniknya, hal tersebut beneran berpengaruh. Orang yang sakit dan diberikan pengobatan dengan suntikan, keesokannya langsung baikan malah ada yang langsung sembuh. Padahal, suntikan yang diberikan oleh dokter hanyalah berupa vitamin. Nggak ngaruh banyak ke sakitnya.

plasebo
1) Kepala yang sakit kok lengan yang disuntik, hidup ini gak adil

Benarkah Kita Harus Mandi Setelah Melayat?

Assalamu’alaikum…

Kembali lagi kita mengulas tentang mitos. Mungkin bagi beberapa orang, membahas mitos atau hal mistis merupakan kesia-siaan. Memelihara kebodohan, karena mitos dianggap sebagai petuah yang nggak berdasar. Orang-orang di zaman dulu dianggap asal sebut saja untuk mengatasi suatu permasalahan. Ditambah lagi, kemajuan teknologi sekarang sudah sangat pesat. Masa harus percaya dengan hal-hal yang nggak jelas.
melayat
1) Logika Mitos

Pendek Itu Keistimewaan

Assalamu’alaikum…

Pertengahan bulan kemarin, saya ikutan melakukan perjalanan pendek ke puncak gunung Gede Pangrango. Dua hari satu malam, doang waktunya, udah lengkap ama naiknya, turunnya, istirahatnya, poto-potonya, keujanannya dan antrenya. Gela, walo udah di wilayah pegunungan, nggak ada kendaraan, nggak ada ATM, nggak ada pom bensinnya juga, masih aja ngantre. Jadinya, kami hanya bisa melangkah pendek-pendek.

pendek
1) Jalan bertangga jalur cibodas