Apanya yang Mati pada Laut Mati?

Assalamu’alaikum…

Saat ini, hampir semua orang berusaha untuk menjadi orang yang humoris. Latar belakang usaha mereka tersebut pun bermacam-macam. Ada yang untuk mencari uang, menyembunyikan perasaan sedih mendalam, dan ada juga yang untuk menggaet gebetan. Katanya kan, pria humoris itu merupakan idaman perempuan.

Mungkin lagi berusaha untuk menjadi pria yang humoris, kemarin di kantin kampus ada yang berbicara lantang, “Kalian tau laut mati?” yang lain ngangguk, dia lanjut berbicara dengan intonasi sombong, “Itu aku yang ngebunuhnya.” Ehe he he heh. 

-_- Ya Alloh itu recehan zaman kapaaaaaaaaaaannnnnn?

Dulu, saat pertama kali mendengar kata “Laut Mati”, langsung timbul pertanyaan di benak, “Apanya yang mati?”.

Mengapa Saat Mencuci Pakaian Harus Menggunakan Detergen?

Assalamu’alaikum...

Berkegiatan sepanjang hari, terutama dengan melakukan aktivitas yang menyebabkan pakaian penuh noda, bisa menciptakan kerepotan lainnya. Pakaian menjadi kotor. Mau nggak mau kita harus mencucinya agar memiliki baju yang bisa dipakai di hari berikutnya. Untuk mencuci pakaian kotor tersebut, kita disarankan atau diajarkan untuk menggunakan detergen agar kotoran yang menempel pada pakaian menghilang. Lalu, pernahkah kalian berpikir, kenapa mencuci baju mesti menggunakan detergen? Apakah tidak bisa jika hanya menggunakan air saja?

Kenapa Warna Pakaian Memudar Saat Dijemur?

Assalamu’alaikum...

Ketika pertama kali belajar ngucek, nyuci, jemur, kita biasanya akan diingatkan agar ketika menjemur, pakaiannya mesti dibalik dulu. Tujuannya agar warna pakaian nggak pudar. Atau tepatnya, hanya bagian dalamnya yang pudar, luarnya nggak. Tapi kenapa, ya? Matahari bisa membuat warna pakaian memudar? Padahal kainnya, kan, nggak luntur.

Kenapa Mimpi Terasa Lama Padahal Hanya Tidur Sebentar?

Assalamu’alaikum...

Mimpi merupakan bunganya tidur. Kadang bunga tersebut terlihat indah, kadang juga terlihat suram. Meskipun hanya sebuah bunga dalam tidur, namun, seseorang yang bermimpi sering kali merasakan bahwa mimpinya tersebut adalah kenyataan. Tak hanya itu, mimpi juga memiliki durasi yang terasa lebih lama dibandingkan waktu aslinya. Misal, dalam mimpi kita sedang berperang melawan Akatsuki seharian penuh, itu pun sudah termasuk petualangan mengumpulkan tujuh dragon ball, padahal kita hanya tertidur 15 menit.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Gelas Kaca Tebal Malah Lebih Mudah Pecah, Kenapa?

Assalamu’alaikum...

Ada banyak bentuk penyajian minuman, mulai dari yang dingin sampai yang panas. Ternyata, dalam penyajiannya, material gelas yang digunakan juga harus diperhatikan. Seperti minuman panas yang lebih disarankan disajikan dalam gelas kaca dibanding gelas plastik. Namun, ketika menuangkan air panas ke dalam gelas kaca, sering dijumpai gelas kaca yang digunakan tiba-tiba retak/pecah. Padahal gelas kaca tersebut cukup tebal. Anehnya, saat air panas yang sama dituangkan ke dalam gelas kaca yang lebih tipis, malah tidak terjadi apa-apa. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Alasan Kabel Listrik Dipasang Secara Kendur

Assalamu’alaikum...

Listrik merupakan sumber energi dari barang-barang elektronik. Karena setiap rumah di masa sekarang memiliki barang elektronik untuk melakukan kegiatan, maka listrik telah menjadi kebutuhan yang vital. Untuk menyalurkan energi listrik ke tiap rumah, PLN menggunakan kabel-kabel yang saling terjalin di tiap wilayah. Salah satunya kabel yang dipasang di pinggir jalan.

Penyebab Tidur Di Kasur Lebih Nyaman Dibandingkan Tidur Di Lantai

Assalamu’alaikum...

Selama manjalani keseharian, pasti kita pernah dihadapkan pada suatu keadaan di mana kita tidak bisa tidur di kasur. Atau malah tidak pernah sama sekali tidur di kasur. Hingga akhirnya kita harus tidur di lantai.

Tubuh kita akan merasakan sakit saat tiduran di lantai. Berbeda dengan ketika tiduran di kasur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena kasur lebih empuk. Iya. tapi, kenapa tempat empuk lebih terasa nyaman dibanding tempat yang keras?

Penyebab Ban Kendaraan Menjadi Kempis Setelah Lama Tidak Dipakai

Assalamu’alaikum...

Liburan merupakan sesuatu yang istimewa. Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak demi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan. Semakin jauh tempat liburan, juga bisa menjadi patokan semakin tinggi tingkat keseruannya. Namun, karena jauhnya tempat tersebut, mau tidak mau kita harus meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan membiarkannya tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama.

Sepulang dari liburan, mungkin kalian pernah mengalami suatu kejadian, yaitu ban kendaraan pribadi kita menjadi kempis. Padahal tidak terdapat kebocoran pada ban tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Mengapa Saat Pakai Kipas Angin, Badan Tetap Gerah?

Assalamu’alaikum...

Dalam suatu waktu, khususnya di musim kemarau, kita pasti pernah merasakan kepanasan yang teramat sangat. Meskipun seharian nggak keluar rumah, namun kita tetap saja merasa panas dan pengap. Mau nyalain AC, nggak punya. Maka pilihan terakhir yaitu menyalakan kipas angin. Anehnya, meskipun kipas anginnya nyala di tingkat kecepatan paling tinggi, tubuh kita tetap merasa panas dan gerah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kenapa Membuat Es Krim Perlu Pakai Garam?

Assalamu’alaikum...

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, bagaimana mamang penjual es krim (es dungdung) bisa membuat es krim di rumahnya? Padahal dia tidak memiliki freezer. Serta mengapa es krim yang dijualnya sejak pagi tetap membeku? Padahal cuma disimpen dalam dandang doang.

Sewaktu masih esempe, guru saya pernah menjelasakan bahwa dalam pembuatan es krim tersebut diperlukan adanya garam. Jadi di bawah dan sekeliling wadah (dangdang) tersebut terdapat es batu yang sudah diberi garam, sehingga adonan es krim bisa membeku dan terjaga dinginnya. Hal tersebut terjadi karena garam menyebabkan es batu mengalami penurunan titik beku (titik lebur).

Apa Sih Peranan Bulan Bagi Bumi?

Assalamu’alaikum...

Indah, terang-teduh tidak menyilaukan. Begitu rata-rata tanggapan orang terhadapa bulan. Meskipun bulan memiliki banyak fase dan fenomena, namun fungsi bulan yang sebenarnya tidak begitu terasa.

Bulan tidak hanya sebagai penghias langit. Bukan sekadar gantian shift dengan matahari. Tapi bulan memilki peranan penting yang lebih dari itu.

Kenapa Orang Memukul Kulit Durian Saat Akan Membelinya?

Assalamu’alaikum...

Di Kalimantan Barat, sekarang lagi musimnya buah durian. Sebenarnya sih bulan lain juga bisa jadi musimnya, karena iklim wilayah Khatulistiwa susah diprediksi. Hal tersebut menyebabkan tanaman bisa tumbuh subur, padahal di tempat lain mungkin saja akan mati.

Sarang Lebah Kenapa Berbentuk Segienam?

Assalamu’alaikum...

Saat berbuka tadi, di antara pilihan yang manis terdapat madu. Iya, yang dibuat ama lebah itu. Yang rasanya manis. Gak bisa basi dan memiliki banyak khasiat. Namun, meskipun madu itu manis dan memiliki banyak manfaat, seorang istri tetap saja tidak menyukai 'madu' suaminya.

Bisakah Memanfaatkan Kulkas Sebagai Pengganti AC?

Assalamu’alaikum...

Di bulan Ramadan ini, keluhan tentang cuaca semakin meningkat yang juga meningkatkan keinginan untuk minum yang dingin-dingin. Sepulang berpanas, kita langsung membuka kulkas. Bukan untuk minum, tapi ngadem. Kan lagi puasa, sedangkan AC gak punya. Saat ngadem di depan kulkas, sempat terbersit dalam pikiran kita, bisa gak ya kulkas dijadikan pengganti AC untuk mendinginkan ruangan saat pintu kulkasnya dibuka terus-menerus?

Kenapa Kamar Mandi Bisa Membuat Suara Indah?

Assalamu’alaikum...

Hampir semua orang suka bernyanyi dan suka pada penyanyi. Terlebih kalo gebetannya yang menyanyi. Meski tidak semua orang memiliki suara yang nyaman didengar, ada satu tempat yang bisa membuat suara siapa pun menjadi indah. Kamar mandi.

Kenapa Dinding Gelas Minuman Dingin Bisa Basah?

Assalamu’alaikum...

Tadi siang waktu saya dan teman saya makan di kantin, kami memesan minuman cola dingin. Selang beberapa saat, teman saya bilang,

‘Air yang menempel di gelas minuman cola dingin ini, asalnya dari dalam kan? Tapi kok jumlah air cola-nya gak berkurang ya.’