Kenapa Mimpi Terasa Lama Padahal Hanya Tidur Sebentar?

Assalamu’alaikum...

Mimpi merupakan bunganya tidur. Kadang bunga tersebut terlihat indah, kadang juga terlihat suram. Meskipun hanya sebuah bunga dalam tidur, namun, seseorang yang bermimpi sering kali merasakan bahwa mimpinya tersebut adalah kenyataan. Tak hanya itu, mimpi juga memiliki durasi yang terasa lebih lama dibandingkan waktu aslinya. Misal, dalam mimpi kita sedang berperang melawan Akatsuki seharian penuh, itu pun sudah termasuk petualangan mengumpulkan tujuh dragon ball, padahal kita hanya tertidur 15 menit.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Gelas Kaca Tebal Malah Lebih Mudah Pecah, Kenapa?

Assalamu’alaikum...

Ada banyak bentuk penyajian minuman, mulai dari yang dingin sampai yang panas. Ternyata, dalam penyajiannya, material gelas yang digunakan juga harus diperhatikan. Seperti minuman panas yang lebih disarankan disajikan dalam gelas kaca dibanding gelas plastik. Namun, ketika menuangkan air panas ke dalam gelas kaca, sering dijumpai gelas kaca yang digunakan tiba-tiba retak/pecah. Padahal gelas kaca tersebut cukup tebal. Anehnya, saat air panas yang sama dituangkan ke dalam gelas kaca yang lebih tipis, malah tidak terjadi apa-apa. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Alasan Kabel Listrik Dipasang Secara Kendur

Assalamu’alaikum...

Listrik merupakan sumber energi dari barang-barang elektronik. Karena setiap rumah di masa sekarang memiliki barang elektronik untuk melakukan kegiatan, maka listrik telah menjadi kebutuhan yang vital. Untuk menyalurkan energi listrik ke tiap rumah, PLN menggunakan kabel-kabel yang saling terjalin di tiap wilayah. Salah satunya kabel yang dipasang di pinggir jalan.

Penyebab Tidur Di Kasur Lebih Nyaman Dibandingkan Tidur Di Lantai

Assalamu’alaikum...

Selama manjalani keseharian, pasti kita pernah dihadapkan pada suatu keadaan di mana kita tidak bisa tidur di kasur. Atau malah tidak pernah sama sekali tidur di kasur. Hingga akhirnya kita harus tidur di lantai.

Tubuh kita akan merasakan sakit saat tiduran di lantai. Berbeda dengan ketika tiduran di kasur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena kasur lebih empuk. Iya. tapi, kenapa tempat empuk lebih terasa nyaman dibanding tempat yang keras?

Penyebab Ban Kendaraan Menjadi Kempis Setelah Lama Tidak Dipakai

Assalamu’alaikum...

Liburan merupakan sesuatu yang istimewa. Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak demi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan. Semakin jauh tempat liburan, juga bisa menjadi patokan semakin tinggi tingkat keseruannya. Namun, karena jauhnya tempat tersebut, mau tidak mau kita harus meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan membiarkannya tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama.

Sepulang dari liburan, mungkin kalian pernah mengalami suatu kejadian, yaitu ban kendaraan pribadi kita menjadi kempis. Padahal tidak terdapat kebocoran pada ban tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Mengapa Saat Pakai Kipas Angin, Badan Tetap Gerah?

Assalamu’alaikum...

Dalam suatu waktu, khususnya di musim kemarau, kita pasti pernah merasakan kepanasan yang teramat sangat. Meskipun seharian nggak keluar rumah, namun kita tetap saja merasa panas dan pengap. Mau nyalain AC, nggak punya. Maka pilihan terakhir yaitu menyalakan kipas angin. Anehnya, meskipun kipas anginnya nyala di tingkat kecepatan paling tinggi, tubuh kita tetap merasa panas dan gerah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kenapa Membuat Es Krim Perlu Pakai Garam?

Assalamu’alaikum...

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, bagaimana mamang penjual es krim (es dungdung) bisa membuat es krim di rumahnya? Padahal dia tidak memiliki freezer. Serta mengapa es krim yang dijualnya sejak pagi tetap membeku? Padahal cuma disimpen dalam dandang doang.

Sewaktu masih esempe, guru saya pernah menjelasakan bahwa dalam pembuatan es krim tersebut diperlukan adanya garam. Jadi di bawah dan sekeliling wadah (dangdang) tersebut terdapat es batu yang sudah diberi garam, sehingga adonan es krim bisa membeku dan terjaga dinginnya. Hal tersebut terjadi karena garam menyebabkan es batu mengalami penurunan titik beku (titik lebur).

Apa Sih Peranan Bulan Bagi Bumi?

Assalamu’alaikum...

Indah, terang-teduh tidak menyilaukan. Begitu rata-rata tanggapan orang terhadapa bulan. Meskipun bulan memiliki banyak fase dan fenomena, namun fungsi bulan yang sebenarnya tidak begitu terasa.

Bulan tidak hanya sebagai penghias langit. Bukan sekadar gantian shift dengan matahari. Tapi bulan memilki peranan penting yang lebih dari itu.

Kenapa Orang Memukul Kulit Durian Saat Akan Membelinya?

Assalamu’alaikum...

Di Kalimantan Barat, sekarang lagi musimnya buah durian. Sebenarnya sih bulan lain juga bisa jadi musimnya, karena iklim wilayah Khatulistiwa susah diprediksi. Hal tersebut menyebabkan tanaman bisa tumbuh subur, padahal di tempat lain mungkin saja akan mati.

Sarang Lebah Kenapa Berbentuk Segienam?

Assalamu’alaikum...

Saat berbuka tadi, di antara pilihan yang manis terdapat madu. Iya, yang dibuat ama lebah itu. Yang rasanya manis. Gak bisa basi dan memiliki banyak khasiat. Namun, meskipun madu itu manis dan memiliki banyak manfaat, seorang istri tetap saja tidak menyukai 'madu' suaminya.

Bisakah Memanfaatkan Kulkas Sebagai Pengganti AC?

Assalamu’alaikum...

Di bulan Ramadan ini, keluhan tentang cuaca semakin meningkat yang juga meningkatkan keinginan untuk minum yang dingin-dingin. Sepulang berpanas, kita langsung membuka kulkas. Bukan untuk minum, tapi ngadem. Kan lagi puasa, sedangkan AC gak punya. Saat ngadem di depan kulkas, sempat terbersit dalam pikiran kita, bisa gak ya kulkas dijadikan pengganti AC untuk mendinginkan ruangan saat pintu kulkasnya dibuka terus-menerus?

Kenapa Kamar Mandi Bisa Membuat Suara Indah?

Assalamu’alaikum...

Hampir semua orang suka bernyanyi dan suka pada penyanyi. Terlebih kalo gebetannya yang menyanyi. Meski tidak semua orang memiliki suara yang nyaman didengar, ada satu tempat yang bisa membuat suara siapa pun menjadi indah. Kamar mandi.

Kenapa Dinding Gelas Minuman Dingin Bisa Basah?

Assalamu’alaikum...

Tadi siang waktu saya dan teman saya makan di kantin, kami memesan minuman cola dingin. Selang beberapa saat, teman saya bilang,

‘Air yang menempel di gelas minuman cola dingin ini, asalnya dari dalam kan? Tapi kok jumlah air cola-nya gak berkurang ya.’

Kenapa Haus Tidak Hilang Saat Minum Air Laut?

Assalamu’alaikum...

Dalam suasana liburan, banyak orang yang memilih liburan ke daerah pantai atau laut. Ada yang sekadar berfoto-foto, memancing, berenang, berjemur, bahkan memancing orang yang sedang berjemur. Tapi yang namanya liburan, tentu banyak melakukan gerakan, apalagi berlarian main kejar-kejaran di pantai.

Mengapa Meniup Minuman Panas Itu Sia-sia?

Assalamu’alaikum...

Minuman panas seperti kopi atau teh sering kali menjadi konsumsi setiap hari. Ada yang menyajikannya di pagi hari, sore hari atau malam hari sebagai teman begadang. Dalam menikmati minuman panas, seringkali kita jumpai orang yang meniup permukaan minuman tersebut, sesaat sebelum meminumnya. Apakah hal tersebut efektif? Nggak.

Bagaimana Cara Hantu Menampakkan Diri?

Assalamu’alaikum...

Film horor merupakan film yang bisa memberikan kengerian. Mulai dari TV yang nyala sendiri, kursi yang bergerak sendiri, sampai pintu yang terbuka sendiri. Tapi kalo melihat kejadian tersebut, sepertinya bukan ngeri yang ditimbulkan, tapi rasa kasihan. Sudah bergerak sendiri, hidup sendiri, terbuka sendiri, semua sendiri, gak ada yang menemani, kasihan banget kan?

Mengapa Kapal Selam Bisa Mengapung dan Tenggelam?

Asslamu’alaikum...

Di film-film yang sering saya tonton, dalam adegan pertempuran di laut, banyak pasukan yang menggunakan kapal selam sebagai kendaraannya dibanding menggunakan kapal biasa. Selain bisa menyerang musuh yang menggunakan pesawat (saat terapung), kapal selam juga bisa menjadi kendaraan berlindung atau bersembunyi dari pandangan luar karena bisa dengan mudah tenggelam.

Apa Penyebab Air Panas Lebih Cepat Membeku Saat Didinginkan?

Assalamu'alaikum.... 

hawadis howhaw

pernah ada yang bertanya,:


"Kenapa orang asing yang baru datang ke Indonesia kok lebih peduli terhadap budaya Indonesia dibanding orang Indonesianya sendiri?"
"Kenapa orang yang baru masuk kepercayaan tertentu kok ketakwaannya lebih tinggi dari yang sudah percaya sejak lahir?"


"Kenapa orang yang awalnya musuh kita, namun ketika berteman dengannya, dia malah menjadi teman yang paling menyenangkan?"


Kalo di fisika itu namanya efek mpemba (air panas akan membeku lebih cepat saat dibekukan dibanding air dingin). Itu karena adanya sifat elastis (seperti karet). Ketika ada gaya yang menarik berjauhan, saat itu pula ada gaya pembalik (sama seperti efek lenting atau pantul), dan ketika gaya tersebut hilang, karet akan cepat kembali ke bentuk semula.

Makanya, orang yang awalnya tak peduli akan suatu hal, ketika sadar hal yang tak dipedulikan itu baik, dia menjadi bersungguh-sungguh. Itulah kenapa taubat menjadi sangat berharga, karena orang yang bertaubat (beneran taubat) dia akan bersungguh-sungguh menjadi pribadi yang baik.

Intinya adalah gaya pembalik yang cepat (kesadaran secara bersungguh-sungguh). Di FTV-FTV juga sering ada kan? yang awalnya paling dibenci, eh malah jadi yang paling dicinta. Ngomongin cinta, perasaan cinta dua orang itu seperti saling memegang karet. Jika ujung yang satunya menjauh, maka yang satu lagi harus menguatkan pegangan. Dan ketika salah satunya lepas, yang lain akan merasa kesakitan. Ah..Cinta. Pesan saja sih, kalo kalian punya pacar yang sangat mencintai, hati-hati, bisa-bisa dia bakal jadi mantan yang paling dibenci.

#kayaknya fenomena Mpemba juga terjadi di Jakarta, yang jadi gubernurnya malah orang Solo..heheheh..... 
Yang penting, mari bersungguh-sungguh..........